tampaknya tidak sekedar kasus sumbing biasa (FW: Mohon penjelasan bibir sumbing)

  • Ahmad Fawzy
    Message 1 of 5 , Feb 27, 2009
      Assalaamu'alaikum Wr. Wb.

      Pertama-tama, menilik dari foto yg ibu lampirkan, terlepas dari sudut pengambilan foto baik atau tidak, saya kuatir putri ibu mengidap tidak sekedar kasus sumbing biasa. Kelainan yang tampak selain kecacatan bentuk bibir juga seolah-olah ada kelainan bentuk kepala. Tampaknya seperti sindroma (kumpulan gejala) yg termasuk "facial cleft", yaitu kelainan tulang kepala di mana ada celah yang tidak hanya pada bibir dan langit-langit saja namun meluas hingga ke tulang-tulang tengkorak kepala.

      Sebaiknya ibu bisa berkonsultasi dengan kolega2 saya dokter bedah plastik di klinik bedah plastik RS dr.Sardjito Yogyakarta -- salah satu di antaranya dr.Rosadi Seswandhana, SpBP. Masukan dari saya, mungkin ada baiknya ibu juga memeriksakan (minimal) foto rontgen kepala dari putri ibu, karena dengan pemeriksaan itu dapat dikonfirmasi apakah celah hanya terbatas pada bibir dan langit-langit saja atau meluas hingga ke tulang-tulang tengkorak kepala. (na'udzubillah, mudah2an tidak seperti itu)

      Untuk pertanyaan-pertanyaan yang lain blum dapat saya jawab saat ini, mengingat evaluasi kelainan putri ibu blum dapat saya pastikan.

      Email ibu juga saya teruskan ke kolega2 saya, termasuk dr.Rosadi Seswandhana, SpBP di RS Sardjito sehingga bilamana ibu berniat berkonsultasi beliau sudah tahu permasalahannya.

      Untuk RS dengan penatalaksanaan terbaik, menurut hemat saya setiap RS yang memiliki dokter ahli bedah plastik merupakan RS yg baik utk penatalaksanaan kasus sumbing bibir dan celah langit-langit mulut.

      Wassalaamu'alaikum Wr. Wb.

      (tembusan : dr.Rosadi Seswandhana, SpBP)

      My warmest regard,

      ===================================

      Ahmad Fawzy
      Reconstructive & Aesthetic Surgeon
      Office:
        Klinik Bedah Plastik
        M.H.Thamrin International Hospital
        Salemba Tengah 24-28, Jakarta Pusat 10440
        (021) 3904422 ext. 1210/1222
      Mobile: (021) 93884200 / 08128540345 / 0818414821
      E-Mail: ahmadfawzy@...

      ===================================

      Date: Fri, 27 Feb 2009 09:55:48 +0800
      From: widyailmiati@...
      Subject: Mohon penjelasan bibir sumbing
      To: ahmadfawzy@...

      Assalamu'alaikum wr wb
      Salam kenal dokter, saya Widya.  Saya tertarik untuk mengirim e-mail ke dokter setelah browsing internet dan mendapatakan sejumlah informasi dari dokter melalui internet tersebut.  Jika dokter tidak keberatan, saya ingin konsultasi lewat e-mail tentang anak saya.  Anak saya terkena labiognatopalatochisis. Celah bibir hingga langit-langit. Usianya sekarang 3 bulan dengan berat 4.2kg. Rencana setelah beratnya 5 kg, anak saya akan dioperasi pertama.  Karena saya tinggal di Jogja, rencana akan saya operasi di RS Sardjito.  Menurut dokter bedah disini, operasi pertama nanti adalah bagian bibir saja sehingga hidung bisa menyatu.
      Batang hidung/tulang hidung anak saya tidak tampak.  Beliau menjelaskan itu bisa dioperasi setelah usia 7 tahun.  Yang ingin saya tanyakan, waktu saya browsing saya menemukan kasus bibir sumbing yang lebih parah dari anak saya (di RSUD Umum Ulin Banjarmasin) dan bibir dan hidung bisa dibentuk langsung.  Dan saya juga pernah mendengar bahwa operasi pertama bisa digabung bibir dengan hidung.  Apakah sebenarnya pembentukan hidung itu juga bisa dilakukan pada usia sedini mungkin?  Mengingat jika operasi hidung itu pada usia 7 tahun mungkin akan membuat anak itu menjadi minder. Terus saya juga ingin menanyakan, dimana tempat/rumah sakit yang bisa melayani operasi bibir sumbing terbaik? Mohon bantuan penjelasan dari dokter.  Terimakasih banyak sebelumnya dok.
      Wassalamu'alaikum wr wb

      Apakah demonstrasi & turun ke jalan itu hal yang wajar?
      Temukan jawabannya di Yahoo! Answers!

      Make the most of what you can do on your PC and the Web, just the way you want. Windows Live
    • Rosadi Seswandhana
      Message 2 of 5 , Mar 2, 2009
        Ass wr wb.

        Terima kasih atas informasinya. Seingat saya selama hampir
        9 bulan ini saya belum dikonsuli pasien ini. Akan saya
        coba lacak. Seperti biasa, memang kasus2 sumbing biasanya
        juga ditangani oleh bedah mulut, bisa jadi ke bedah mulut,
        atau residen di depan belum mengkonsulkan ke saya.

        Wass
        Rosadi

        On Fri, 27 Feb 2009 17:30:36 +0700
        Ahmad Fawzy <ahmadfawzy@...> wrote:

> [...]
        >dari dokter. Terimakasih banyak sebelumnya dok.
        > Wassalamu'alaikum wr wb
        >
        > Apakah demonstrasi & turun ke jalan itu hal yang

        ============================
        dr. M. Rosadi Seswandhana, SpB, SpBP
        Divisi Bedah Plastik - Bagian Bedah
        Fakultas Kedokteran UGM / RS Dr. Sardjito
        Yogyakarta
        ============================================================================================================================
        "Flexi - Gratis bicara sepanjang waktu se-Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta."

        "Speedy - Gratis internetan unlimited dari pkl. 20.00 s/d 08.00 se-Jabodetabek, Banten, Karawang dan Purwakarta."
        ============================================================================================================================
        “Nikmati akses TelkomNet Instan Week End Net hanya Rp 1.000/jam. Berlaku untuk Sabtu-Minggu, khusus Jawa Tengah dan DIY s/d

        31 Desember 2008”.
        ============================================================================================================================
        "Kini telah hadir Protector, layanan keamanan online yang dapat digunakan langsung saat menjelajahi internet kapan saja dan

        di mana saja. Dapatkan secara GRATIS layanan Protector hingga 31 Desember 2008. Klik ke: http://protector.telkomspeedy.com".

        ============================================================================================================================

        Ikuti Speedy Blogging Competition 2008, ajang kompetisi Blog yang terbuka bagi semua Blogger dengan tema: Seperti Apa Konten Hebat Menurutmu? Dapatkan hadiah utama 1 Buah Notebook Mininote. Informasi lebih lanjut kunjungi http://lomba.blog.telkomspeedy.com
      • Ahmad Fawzy
        Message 3 of 5 , Mar 2, 2009
          Assalaamu'alaikum Wr. Wb.

          Update terakhir dari ybs, si anak memiliki agenesis corpus callosum dan kelainan ventriculi otak... mungkin ke bedah saraf dahulu (kali).

          Wassalaamu'alaikum Wr. Wb.

          My warmest regard,

          ===================================

          Ahmad Fawzy
          Reconstructive & Aesthetic Surgeon
          Burn Surgeon

          Practice
          :
            Klinik Bedah Plastik
            M.H.Thamrin International Hospital
            Jl.Salemba Tengah 24-28, Jakarta Pusat 10440
            (021) 3904422 ext. 1210/1222

          Consultant :
            YPR Hospital
            Jl.Sawo 56-60 Menteng, Jakarta Pusat
            (021) 31922553

          To: zplasty@yahoogroups.com
          From: adirosadi@...
          Date: Mon, 2 Mar 2009 21:06:59 +0700
          Subject: Re: [zplasty] tampaknya tidak sekedar kasus sumbing biasa (FW: Mohon penjelasan bibir sumbing)

          ============ ========= =======
          ============ ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ====
[...]

        • Aditya Wardhana
          Message 4 of 5 , Mar 6, 2009
            Om dibawa ke singapore general hospital saya lagi stase disini 1 bulan

[...]

            New Email names for you!
            Hurry before someone else does!
          • Rosadi Seswandhana
            Message 5 of 5 , Mar 18, 2009
              Stase apa mas di SGH........luka bakar?..........Bulan Mei
              jadi berangkat lagi?