Pengantar Program Pendampingan Penulisan Skripsi Independent

  • Vincent Liong
    Message 1 of 2 , Sep 2, 2005
      Kita bisa belajar bersama...

      (Note: Pengantar Program Pendampingan Penulisan
      Skripsi Independent)

      Ditulis oleh:

      Audifax[1]

      Riset atau penelitian, kerapkali menjadi poin krusial
      dalam kehidupan seseorang. Lho? Iya lah. Coba lihat
      berapa orang yang tak bisa memperoleh gelar
      kesarjanaannya gara-gara tak mampu membuat skripsi,
      tesis, atau disertasi. Padahal, mereka telah
      menyelesaikan dengan lengkap jumlah sks mata
      kuliahnya. Lebih ironis lagi. Dalam mata kuliah itu,
      terdapat pula mata kuliah-mata kuliah yang secara
      khusus mengajarkan metodologi penelitian. Ini berarti
      “ada yang salah” dalam sistem pengajaran kita. Yang
      membuat skripsi pun kerapkali seperti belajar lagi
      dari awal, hal-hal seperti statistik, validitas,
      reliabilitas, dan pernik-pernik yang sebelumnya pernah
      didapat di perkuliahan. Bahkan hal sederhana seperti
      statistik pun tak jarang ditemukan salah justru ketika
      sidang.

      Ini belum lagi masalah-masalah seperti penolakan topik
      penelitian karena alasan tak bisa diteliti atau
      urgensinya apa. Lucu, padahal saya beritahukan pada
      anda, tak ada hal di dunia ini yang tak bisa diriset
      (tolong dibaca re-search; dicari ulang). Bahkan daun
      yang bergerak dihembus anginpun bisa kita re-search.
      Bukankah seorang Newton menemukan teori gravitasi
      hanya ketika melihat apel jatuh? Orang lantas berkilah
      bahwa itu adalah kejeniusan Newton. Bukan! Intinya
      adalah Newton bisa melihat hal-hal yang bagi orang
      lain dianggap biasa atau sudah tak dipersoalkan lagi.

      Banyak hal-hal yang tak dipersoalkan lagi, ini adalah
      kesalahan besar yang kerap terjadi dalam pendidikan;
      terutama ketika anda tengah mengajukan topik dan dosen
      dan mengatakan “buat apa diteliti?”. Pada titik inilah
      pertumbuhan pengetahuan terhenti, lalu penelitian
      menjadi terpola dengan cara pandang yang itu-itu saja.
      Bukan hanya itu. Cara pandang yang “sangat terbatas”
      ini berimplikasi pada munculnya berbagai persoalan
      dalam penggarapan skripsi. Pemandangan ini sebenarnya
      sudah saya temui beberapa tahun lalu ketika saya masih
      aktif di sebuah komunitas di salah satu Fakultas
      Psikologi ternama di Surabaya. Dua tahun saya keluar
      dari dunia kampus, namun memori akan pandangan itu
      kembali bangkit ketika Vincent Liong mengajak saya
      untuk berjalan-jalan di sebuah Fakultas Psikologi di
      Jakarta pada 26 Agustus 2005 lalu. Entah kenapa, dari
      pagi hingga menjelang sore saya menemui berbagai
      masalah dalam penelitian yang membuat saya dan Vincent
      kemudian berpikir perlunya suatu terobosan.

      Saya pribadi, lebih melihat bahwa sebagai peneliti;
      mahasiswa yang tengah mengerjakan skripsi kerap
      seperti “pejalan yang kesepian”. Sendiri dalam
      melakukan hal yang dirasanya buta sama sekali. Apa
      sebenarnya yang dibutuhkan? Pada kondisi itu, yang
      dibutuhkan hanya teman yang bisa mendampingi,
      berdiskusi, memberi masukan. Saya, Vincent Liong, dan
      mungkin sejumlah partisipan lain, mungkin bisa menjadi
      “teman pendamping” itu. Kita bisa berdiskusi, bahkan
      kendati saya memang berkecimpung di bidang penelitian,
      saya rasa akan selalu ada hal baru yang bisa saya
      pelajari dari rekan-rekan mahasiswa yang tengah
      menggarap skripsi. Mungkin kita bisa saling berbagi
      metode, teknik, literatur dan berbagai hal lain.

      Ini adalah bentuk pendampingan, bukan bimbingan,
      apalagi joki skripsi. Saya tekankan, dalam
      pendampingan ini, jabatan PENELITI tetap di tangan
      anda. Andalah yang akan mempertanggungjawabkan hasil
      penelitian beserta bahasannya. Anda tak harus menuruti
      masukan saya, pilihan anda bebas. Pun jika anda
      berhadapan dengan dilema antara masukan saya dan
      pendapat dosen pembimbing atau pemegang otoritas lain.
      Saya peneliti, anda juga peneliti, kita bertemu dan
      saling berbagi, kira-kira begitu gambarannya. Jadi
      anda dan saya sejajar. Ini bedanya dengan proses
      bimbingan yang kadang justru hirarkis dan anda berada
      di hirarki terbawah karena dianggap tidak tahu. Saya
      tak menempatkan anda sebagai sosok tidak tahu. Sekali
      lagi, Anda adalah PENELITI, anda adalah sosok yang
      tahu apa yang hendak anda cari.

      Tawaran ini, sebenarnya lebih kami tujukan pada
      mahasiswa yang ingin “lulus”; bukan “lolos”. Jadi anda
      tak harus membayar apa-apa untuk pendampingan ini.
      Kuncinya Cuma mau belajar. Apa imbalan yang sebenarnya
      kita dapat? Pembelajaran! Itu hal penting yang tak
      ternilai. Kita bisa belajar bersama dan tak perlu
      takut salah. Dalam penelitian, sebenarnya tak ada
      benar-salah, yang ada adalah argumentasi. Jika secara
      prosedural anda salah, otomatis argumentasi anda akan
      lemah. Namun, perlu juga dicatat, sebuah kesalahan
      pun, akan memberi sumbangan dalam penelitian.

      Apakah tawaran pendampingan ini terbatas untuk tema
      psikologi? Saya pribadi kok tidak melihat
      pengkotak-kotakkan ilmu ya. Memang tak lantas saya
      berpretensi sebagai ahli di segala bidang, tapi saya
      pikir akan selalu ada ruang untuk belajar. Jika saya
      tidak tahu, secara kelimuan, mungkin saya bisa berbagi
      secara metodologis. Bidang-bidang yang sekiranya dekta
      dengan psikologi, seperti komunikasi, ekonomi, mungkin
      bisa pula berbagi. Tapi, sekali lagi, jangan
      menempatkan saya sebagai sosok yang lebih tahu. Saya
      peneliti, anda peneliti, dan kita bertemu untuk
      berbagi; itu prinsipnya. Jika anda mahasiswa
      komunikasi atau ekonomi, jelas anda menguasai ilmu itu
      lebih daripada saya, namun dalam kemiripan metode
      penelitian dalam ilmu itu, mungkin pengalaman saya
      akan berguna.

      Bagi mereka yang ingin bergabung, saya tawarkan untuk
      bergabung di milis R-Mania[3]. Kenapa? Karena ada
      pertanyaan-pertanyaan tertentu yang sifatnya tipikal
      dan berulang. Jadi saya tak perlu mengulang-ulang
      menjelaskan. Dalam forum itu, kita tak hanya bertanya,
      tapi juga berbagi. Siapa saja bisa memberi masukan,
      usulan, cermatan, bahkan bantuan. Misalnya ada yang
      mau cari responden di Perumka, eh siapa tahu ada yang
      punya akses ke Perumka dan bisa membantu. Atau bisa
      juga saling bertukar literatur. Syukur-syukur kalau
      bisa menjalin networking yang kelak bisa berguna buat
      pengembangan karir.

      Untuk konsultasi ‘Pra-Pendampingan Penulisan Skripsi’
      (sebelum mendapat pendamping skripsi yang tepat)
      silahkan menghubungi relawan kami dengan membuat
      appointment ketemuan sebelumnya:

      * di Jakarta: hubungi Paguyuban Vincent Liong
      ::7x24 Hours Costumer Service Representative Vincent
      Liong::
      Vincent Liong’s Mobile: (62)813-1679-5160
      Drs. Leonardo Rimba,MBA[4]’s Mobile: (62)818-183-615
      Email: <vincentliong@...>,
      <leonardo_rimba@...>
      Groups:
      Phone&Fax: (62-21)-5482193,5348567,5348546
      Address: Jl. Ametis IV blok:G no:22 Permata Hijau,
      Jakarta Selatan 12210 –Indonesia

      * di Surabaya: hubungi R-Mania Surabaya (Research
      Community)
      Hotline: (031)-70209354 (Audifax)
      Email: <audivacx@...>

      IKLAN Penyembuhan Ketergantungan Narkoba
      Bilamana anda atau rekan anda yang terjebak dalam
      Kecanduan Narkoba (jenis apapun) , kami Paguyuban
      Vincent Liong memiliki Produk Terapi penyembuhan
      narkoba dengan metode ala kami sendiri berupa terapi
      konsultasi dan metafisika dalam enam kali pertemuan
      dalam lima minggu. Silahkan hubungi kami. Kerahasiaan
      klien terjamin…
      Baca keterangan lengkap melalui Link:

      Untuk diskusi-diskusi yang lebih khusus, bisa
      menghubungi e-mail saya di: <audivacx@...>.
      Diskusi khusus misalnya anda ingin mengirimkan file
      attachment skripsi anda untuk saya beri masukan. Jika
      anda kebetulan di Surabaya atau saya kebetulan ke
      Jakarta atau kota tempat domisili anda, tak ada
      salahnya juga kita diskusi langsung. Tentu setelah
      kita membuat janjian, agar waktunya tak bertabrakan
      dengan aktivitas lain.

      Kami menyarankan bagi para calon/pengguna jasa
      pendampingan skripsi untuk join dalam beberapa
      Yahoogroups yang merupakan bagian dari jaringan
      komunitas kami:
      * Paguyuban Vincent Liong
      <vincentliong@yahoogroups.com>
      Link::
      * Psikologi Transformatif
      <psikologi_transformatif@yahoogroups.com>
      Link::

      * R-Mania (Research Community)
      <R-Mania@yahoogroups.com>

      Ok saya tunggu!

      CATATAN-CATATAN:

      [1] Peneliti; Institut Ilmu Sosial Alternatif (IISA) -
      Surabaya

      [2] Vincent Liong saat ini adalah mahasiswa semester
      pertama di fakultas Psikologi Universitas Atma Jaya
      NIM: 2005-70-108. Sejak tahun 2001 telah menulis tiga
      buah buku: Berlindung di Bawah Payung (Grasindo:
      2001), Menjadi Diri sendiri (ditulis tahun 2002 dan
      tidak diterbitkan), Konsep ‘Saat Kiamat’ dalam Ruang
      Individu (ditulis tahun 2003 dan tidak diterbitkan).
      Note: Anda secara otomatis akan mendapat kiriman
      attachment buku-buku ini per email bilamana join di
      maillist Vincent Liong. Sejak bulan Maret 2003
      mendirikan Paguyuban Vincent Liong yang saat ini sudah
      beranggotakan 890 orang, Link:
      Jabatan tetap Vincent Liong adalah sebagai Owner dan
      Maskot paguyuban. Sejak Juli 2004 Vincent Liong aktif
      mengadakan praktek by appointment, training & workshop
      di bidang psikologi non akademik, metafisika,
      spiritual, dsb dengan jumlah peserta/klien mencapai
      ratusan orang. Sekali dalam sebulan paguyuban Vincent
      Liong mengadakan acara bakti sosial di tingkat public
      umum berupa workshop dan praktek menerima pasien.
      Sejak awal tahun 2005 Paguyuban Vincent Liong
      mengadakan program penyembuhan ketergantungan Narkoba
      secara privat one-to-one. Spesifikasi Vincent Liong
      adalah untuk Terapi Perkembangan Spontanitas,
      Sensitifitas dan Kreatifitas dalam menghadapi
      masyarakat. Penyembuhan ketergantungan (secara fisik
      dan non fisik) merupakan spesifikasi dari Drs.
      Leonardo Rimba,MBA.

      [3] Saya(Audifax) dan Vincent Liong, biasanya banyak
      bermain-main di milis psikologi transformatif. Namun,
      saya rasa, kalau memang tujuannya spesifik untuk
      diskusi riset, saya rasa di milis R-Mania akan lebih
      baik. Milis Psikologi transformatif terlalu luas
      topiknya dan lebih banyak mewacana. Milis R-Mania
      lebih banyak beranggotakan mahasiswa yang pada tahun
      2002-2003 mengambil kelas metodologi Penelitian II,
      terutama dari fakultas Psikologi Universitas Surabaya
      angkatan 2000-2001. Jadi, jangan takut mengungkapkan
      atau berwacana. Milis ini tidak “seseram” milis
      psikologi transformatif di mana banyak orang-orang
      yang sudah memiliki kematangan berwacana beradu jurus
      di sana. Saya menangkap ada ketakutan bagi sebagian
      orang untuk berwacana di milis psikologi
      transformatif.

      [4]Drs. Leonardo Rimba,MBA adalah lulusan jurusan Ilmu
      Politik FISIP Universitas Indonesia tahun 1992 dan
      lulus program MBA jurusan Finance dari the
      Pennsylvania State University tahun 1994. Profesi
      sebagai wiraswasta dan konsultan spiritual. Menangani
      konsultasi mencari solusi dengan Tarot untuk umum
      sejak tahun 2003. Melayani terapi penyembuhan
      ketergantungan narkoba secara privat one-to-one sejak
      awal tahun 1999, Info selengkapnya, baca melalui Link:
      Bagian Penyembuhan ketergantungan (secara fisik dan
      non fisik) merupakan spesifikasi dari Drs. Leonardo
      Rimba,MBA. Spesifikasi Vincent Liong adalah untuk
      Terapi Perkembangan Spontanitas, Sensitifitas dan
      Kreatifitas dalam menghadapi masyarakat. Leonardo
      Rimba adalah Co-Partner Vincent Liong dan merupakan
      salah satu Moderator/Pengurus aktif dari Paguyuban
      Vincent Liong.

    • Vincent Liong