  • fx sudardjo
    Message 1 of 1 , Oct 19, 2010
      Yth ibu, Bapak, Mbak dan Mas semua,

      Di website PAMSIMAS, saya membaca tulisan.

      "Pada waktu missi Bank Dunia di Kabupaten Wonosobo, ada diskusi tentang kriteria ODF, yang belum ada kesamaan pendapat ".

      Berikut ini saya sampaikan kriteria Desa ODF, yang saya peroleh hasil kunjungan lapang. Dan pemikiran  mekanisme penilaian ODF, yang saya adopsi  dari teman-teman yang melaksanakan penilaian kegiatan WSLIC2  terhadap dampak perubahan perilaku di Sijunjung: Hasil pengalaman kunjungan lapang tersebut saya rangkum sebagai berikut:

      KRETERIA ODF

      1         Semua penduduk sudah mempunyai kebiasaan BAB di jamban sehat.

      2         Tidak ada lagi tinja di lingkungan.

      3         Ada aturan (sangsi) agar tidak ada lagi orang BAB di sembarang tempat.

      4         Ada kegiatan monitoring oleh masyarakat sendiri.

      5         Mempunyai strategi untuk mencapai total sanitasi.

      MEKANISME PENILAIAN DESA ODF

      1         Siapa yang melaksanakan penilaian Desa ODF?

      2         Bagaimana cara melaksanakan penilaian:

      a.        Kriteria  (1) dan (2),  dilaksanakan melalui kegiatan survai dari sampling, FGD dan observasi di lapang.

      b.        Kriteria (3)  dan (4),  dilaksanakan melalui kegiatan menilai dokumen aturan, pelaksanaan, dan survai dari sampling.

      c.        Kriteria (5), dilaksanakan melalui kegiatan menilai rencana kegiatan dan pelaksanaan kegiatan untuk mencapai total sanitasi.

      FORMAT UNTUK PENILAIAN DESA ODF

      Telah ada format yang sangat sederhana untuk penilaian kegiatan WSLIC2 terhadap dampak perubahan perilaku, yang dapat dipakai sebagai acuan untuk menyusun pedoman penilaian ODF (perlu diskusi lebih lanjut untuk membahas hal ini).

      Saya kira melalui sharing pengalaman bapak, ibu, mbak dan mas yang sangat berepngalaman di Kegiatan TSSM, STBM-WSLIC2, PAMSIMAS dan lain-lain akan memperkaya masukan dalam melaksanakan program STBM.

      Terima kasih, mudah-mudahan ada manfaatnya.

      FX Sudardjo.