[vb-indo] Re: Greeting, Koneksi DBCombo dan DBGrid

  • adiic@hotmail.com
    Message 1 of 2 , May 4, 1999
      Pertama-tama saya mohon maaf sebagai moderator karena kurang tanggap terhadap pertanyaan akhir2 ini.

      Ok kita mulai dengan masalah yang pertama ini

      > Halo nama saya Francis Kartantya. (VB Newbies), saya baru saja bergabung
      > dengan VB-Indo, semoga ada yang dapat menolong saya dalam VB.

      Halo juga Francis. Jangan2 ini Francis yang famili-nya Ibu Widia (Rektor Binus) bukan? Moga2 saran saya berikut ini dapat membantu.

      > Dalam program VB saya mempunyai satu DBCombo dan DBGrid yang diconect ke MS
      > Access database mengunakan ADO.
      > DBCombo dan DBGrid di bound ke table yang sama. DBCombo menampilkan data
      > dari primary key Database sedangkan DBGrid menampilkan seluruh record yang
      > saya punya. Bagaimana caranya pada waktu saya mengclick dan merubah data
      > di DBCombo dapat merubah pointer di DBGrid. Jika dari sebaliknya, jika saya
      > pindah dari satu record ke record yang lain di DBGrid mengunakan up atau
      > down key, data di DBCombo sudah berubah tapi sebaliknya tidak dan keluar
> [...]
      Dalam hal ini, maksudnya mengubah pointer di DBGrid dalam hal apa? Soalnya, di DBGrid ada beberapa properties yang perlu diperhatikan.
      1. Bookmark
      Properti ini digunakan untuk mengatur record ke berapa yang aktif pada DBGrid. Hati2 bookmark itu bukan no record tetapi string yang dibentuk oleh VB sendiri. Untuk mengetahui bookmark, cara "bodoh"nya yah,
      <RecordSet>.AbsolutePosition = <NoRecord>
      MyBookmark = <RecordSet>.Bookmark
      2. FirstRow
      Properti ini digunakan untuk mengatur record yang munculnya di baris paling atas pada DBGrid. Isi dengan bookmark juga bukan no record.

      Kalau mengenai masalah kenapa tidak berubah pada DBGrid, bisa diakibatkan oleh dua hal. Kalau jawaban di atas masih kurang mengena, silakan beri tahu isi properti berikut ini:
      <DBCombo>.DataSource = ?
      <DBCombo>.DataField = ?
      <DBCombo>.RowSource = ?
      <DBCombo>.ListField = ?
      <DBGrid>.DataSource = ?
      Atau kalau mau juga bisa mengirimkan file program dan database-nya ke saya, jangan ke milis, tapi kalau bisa jangan gede2 file-nya.

      > Terima kasih sebelumnya
      >
      > Best Regards,
      >
      > Francis Kartantya

      Ok, no problem,