RE: [AntivirusClub] OE

  • Vaksin.com
    Message 1 of 1 , May 6, 2002
      Informasi praktis untuk mencegah virus :

      Dulu (beberapa bulan yang lalu) ada beberapa informasi yang diberikan
      oleh komunitas internet mengenai cara mencegah virus :
      1. Non aktifkan automatic send and recieve. Guna mencegah kalau virus
      mau mengirimkan dirinya dia tidak otomatis terkirim sehingga antri dulu
      di outbox dan kita setiap mau klik send/recieve lihat outbox dulu. Hal
      ini terbukti membantu ketika saya sempat terinfeksi satu virus lokal
      yang ngantri (resiko usaha... harus cobain semua virus :( ) di outbox
      dan sempat saya cegah .... untungnya virus lokal tersebut attachmentnya
      besar sehingga ngga sempat terkirim dan membuat malu.
      Tetapi sekarang virus baru seperti Klez menggunakan setingan mailserver
      sendiri dan kalau gagal dia bisa cari mailserver diluar sehingga hampir
      tidak mungkin untuk dicegah dan kiat di atas jadi ngga laku ....
      2. Ada juga yang memberikan saran buat satu username dummy dengan awalan
      ! dan kosongkan sehingga kalau virus cari ke address book akan gagal.
      Tetapi sekarang virus udah canggih, selain cari ke addressbook dia cari
      di temporary internet files atau sluruh file di komputer untuk dapatkan
      email.
      3. WSH, nonaktifkan windows scripting host agar virus yang manfaatkan
      WSH (waktu itu) tidak otomatis jalan.
      Resep ini cukup manjur untuk mencegah Sircam tetapi virus baru sekarang
      juga ngga perlu WSH untuk menyebarkan dirinya.

      Begitulah perkembangan virus yang sangat dinamis ini sehingga metode
      yang hari ini laku untuk mencegah virus akan dihindari / diakali oleh
      pembuat virus lain sehingga anda harus selalu keep updated, salah
      satunya ikuti berita terakhir mengenai virus.

      Dua saran yang sampai saat ini masih laku (belum basi) adalah :
      1. Update selalu software anda secara teratur dari security hole.
      Security hole akan selalu ditemukan, karena itu anda perlu secara
      teratur mengupdate security hole dengan patch yang disediakan oleh
      vendor anda.
      Menurut pendapat saya, software MS mungkin diklaim paling banyak SHnya
      tetapi tidak bisa dipungkiri merupakan software yang friendly user dan
      paling banyak dipakai, disamping itu walau ada SHnya yang penting kan
      dari MS cepat dan tanggap segera memberikan update jika ditemukan
      security hole. Saran menggunakan eudora atau mail client yang lain
      menggantikan Outlook saya pikir kurang valid karena sekarang virus juga
      menyerang dari Browser dan jaringan :(.
      2. Install antivirus dan update secara teratur.
      Ini hal yang selalu disebutkan tapi yah memang itu hal terbaik yang
      dapat dilakukan karena vendor antivirus khan selalu mengikuti
      perkembangan virus terakhir dan segera memberikan update pengenal setiap
      kali ada virus baru yang datang. Ibaratnya kalau musuh kita menyerang
      setiap saat, kita harus punya pertahanan yang bertahan setiap saat.
      Karena itu saya juga condong menyerankan agar menggunakan antivirus yang
      melakukan update secara otomatis, jangan manual. Jangan gunakan
      antivirus bajakan karena update otomatisnya kemungkinan besar tidak akan
      berhasil karena SN antivirus yang dibajak dengan mudah dapat
      diidentifikasi oleh vendor antivirus (kecuali anda download manual) ...
      tapi pertanyaannya .. apakah virus menyerang ketika anda ingat update ??
      Tidak, virus akan menyerang ketika anda lupa / alpa update.

      salam,
      Alfons

      -- www.vaksin.com --
      Certified :