Re: [t-net] seputar SIM(Surat Ijin Mengemudi)

  • suryana
    Message 1 of 14 , Sep 30, 2011
      Seperti uraian Oom JT, mobil box memang seharusnya B1, dan menjadi A karena
      terlalu banyak sopir yg tidak bisa membuat sim B1, karena harga membuat sim
      tsb mahal, akibatnya sim B jarang dipertanyakan lagi.

      Dan supaya lebih aman, saran aku sih lain kali begitu di stop polisi
      langsung saja minta maaf, bila polisi nanya salahnya apa, tinggal sebut saja
      nyetirnya lewat garis putih ditangan, nanti polisinya bingung sendiri.

      Sekarang saya bila di stop polisi langsung minta maaf, hanya lokasinya
      dijadikan alasan, semisal mau ke x meliwati rumah sakit, langsung saja minta
      maaf mau ke rs, karena ada teman sekarat, dan polisi juga langsung bingung,
      semua buntutnya tetap saja tilang atau damai, pusing bila ngotot di tilang
      mah.
      Pernah kejadian dari jalan gng sahari mau belok ke manggabesar ketika hijau,
      aku jalan, dan belum sampai nyampe sudah keburu macet, alih alih malah
      distop polisi, disuruh minggir, aku mah ngerundel dalam hati ajah, setelah
      aku bicara seperti diatas, eh polisinya malah nawarin mau di anter in
      gak......akhirnya aku yg pusing sendiri :o)).

      sur.
      ps.
      Biasanya polisi melihat asal kendaraan dahulu, bila dari lain propinsi
      umumnya akan kena stop, karena dianggap kendaraannya bawa barang usaha yg
      wah, sehingga tidak melalui jasa pengiriman.

      Message 2 of 14 , Oct 1, 2011
        benar pak...saya juga sdh periksa uu lalulintasnya...saya baru print dan akan saya taruh dimobil...bila ada petugas yg ngawur tak tunjukan uulalin nya....dan ini saya lampirkan juga uu lalulintas utk bahan buat kita semua.thank's

        ________________________________
        Dari: "mingtek_lim@..." <mingtek_lim@...>
        Kepada: tionghoa-net@yahoogroups.com
        Dikirim: Sabtu, 1 Oktober 2011 12:26
        Judul: Re: [t-net] seputar SIM(Surat Ijin Mengemudi)

        SIM A untuk mobil angkutan orang atau barang dg berat sampai dg 3500 KG. Jadi sebenarnya Truck PS100 4 ban hanya butuh SIM A saja ttp yg berlaku umum B1.

        Salam
        yusuph
        jakarta

        Message 3 of 14 , Oct 1, 2011
          Weleh berarti selama ini aku juga dikibuli oleh polisi juga yah :o))
          Sopirku dulu suka banget di stop dengan alasan sim nya, dan entah mengapa
          tidak pernah distop karena sim, melainkan ijin bongkar muat doangan, kirain
          beneran kudu SIM B.
          Aya aya wae.

          Terima kasih dah pada informasikan mengenai hal sepele yg sebenarnya penting
          dan menjadi menyebalkan bila tersandung di stop polisi.

          sur.
          Dari: "mingtek_lim@..." <mingtek_lim@...>
        • mingtek_lim@yahoo.co.id
          Message 4 of 14 , Oct 1, 2011
            Ada karyawan saya yg mau bikin SIM C dan saya minta dia urus sendiri saja tanpa lewat biro jasa atau calo orang dalam yg dg tarif sekitar Rp500.000 padahal setelah saya search di internet tarif resmi tidak lebih dari 100.000. Ttp memang kalau baca" pengalaman orang di internet banyak yg terkendala di ujian teori dan ujian lapangan.

            Memang untuk yg sesuai prosedur selalu "diarahkan" untuk pakai calo. Itu hampir terjadi di semua tempat yg berhubungan pemerintahan

            Yg menjadi kendala orang mengikuti prosedur adalah WAKTU orang kerja yg tidak banyak.

            Alangkah indahnya semua layanan pemerintah membuka layanan sampai malam. KTP, SIM, STNK (seharusnya lewat bank saja tanpa ke kantor kecuali yg lima tahun ganti nomer).
            yusuph
            jakarta

            Dari: "mingtek_lim@..." <mingtek_lim@...>

          • AHUA YUSTINUS
            Message 5 of 14 , Oct 1, 2011
              saya juga bingung karna kemarin itu saya juga ditanyakan oleh petugas"apakah kendaraan bapak mempunyai sipa"

              yang saya tau kendaraan saya cuma ada buku kir mengenai sipa dengar juga baru kali ini.setelah saya tanya kepetugas tersebut apa itu sipa dia menjawab"surat ijin bongkar muat".apa benar mobil box harus memiliki SIPA?

              ________________________________

              Dari: "mingtek_lim@..." <mingtek_lim@...>

            • suryana
              Message 6 of 14 , Oct 1, 2011
                Dulu ada SIPA, biasa diberikan barengan dengan Kir mobil, gara gara otonomi daerah, jadi tiap daerah masing masing membuat sipa sendiri sendiri, alhasil bila kita masuk ke 2 kota kita bisa di tagih sipa 2 kali, sedang sipa nya sudah tidak ada, berganti rupa menjadi ijin bongkar muat di pasar.
                Jatuhnya aje gile jadi mahal banget, bila sebelumnya SIPA pertahun sekitaran 160 sd 200 ribu, sejak dicabut menjadi ijin bongkar muat di pasar, maka ijin bongkar muat nya menjadi minimal 4000 perak sehari, bila setahun kita mengirim barang ke satu pasar 100 hari maka sudah ke makan 400 rebu perak. itu baru satu pasar di satu kota, bila kita kelayapan di tiga kota, tinggal kali ajah ilang duitnya.

                Otonomi Daerah memang paling belegug, bila aku jadi presiden, maka otonomi daerah aku hapus lagi, mendingan sentralistis ajah, dah jelas gak pusing dengan masalah sipa segala macam, belum premannya, aku mau masuk daeah bekasi, barang belum ditawarkan dah kena todong 20 rebu, yah gak jadi jualan kesana deh, bisa bisa sakit jantung hehehehe...

                sur.

                Dari: "mingtek_lim@..." <mingtek_lim@...>

              • AHUA YUSTINUS
                Message 7 of 14 , Oct 1, 2011
                  Nah kalau mobil nya melayani kiriman kepasar2x kena bongkar muat atau sipa siah ngk jadi masalah,kalau mobil nya tidak melayani pengiriman pasar bagaimana tuh...apa kena bongkar muat atau sipa tidak.

                  ________________________________

                  Dari: "mingtek_lim@..." <mingtek_lim@...>

                • suryana
                  Message 8 of 14 , Oct 2, 2011
                    Seharusnya sih sudah tidak kena ijin bongkar muat, karena ijin bongkar muat
                    ada bukti pembayarannya, sedang SIPA setahu aku sudah dicabut, sehingga
                    tidak dipakai lagi, hanya bila melewati satu kota biasanya dijadikan alasan
                    untuk membuat SIPA di kota tempat tujuan, padahal lokasi membuat SIPA nya
                    juga ntah dimana, yg pasti polisi mah paling pinter deh nyari nyari
                    kesalahan mah, apalagi sekarang sejak berdiri sendiri, tambah angot
                    sombongnya.

                    sur.