Re: Apa yang bisa kita harapkan dari kasus Century

  • gold_dragon
    Message 1 of 2 , Mar 1, 2010
      pak mulyadi,

      permisi pak, tulisannya saya berikan sedikit tanggapan ...

      --- In tionghoa-net@yahoogroups.com, Mulyadi Dharmadi Liu <yohanesmulyadiliu@...> wrote:

> [...]
      > bank Century.
      >
      > Saya perhatikan banyak dari orang yang ribut, sebenarnya tidak tahu arah
      > dan tujuan yang jelas. John Maxwell mengatakan: Tanpa visi, usaha dan
      > pengorbanan akan sia-sia.
      >

      > Karena bukan nasabah bank Century, saya bukanlah pihak yang dirugikan
      > secara langsung. Namun sebagai komponen dari masyarakat, saya cenderung
      > berharap agar semuanya akan menjadi baik. Karena itu sejalan mencuatnya
      > kasus ini, kita perlu membatasi ruang lingkup persolan. Dengan scope yang
      > jelas, kita bisa mendapatkan solusi yang baik dan efektif yang akan

      MD:
      > Mari kita terapkan aplikasinya…
      >

      > Define the problem in solvable terms:
      >
      > Ø Penanganan atas collapsenya bank Century menimbulkan rangkaian urusan
      > yang meluas.
      >
      > Saat ini ada sebuah soal. Apapun urusan benang kusutnya, kita batasi dengan
      > keyakinan bahwa itu pasti ada solusi dan demi solusi.

      gmn jika ada yg menganggap ini bukanlah problem, shg bila tak ada problem, buat apa diperlukan solusi ?

      MD:
      > Set our goals:
      >
      > Ø Kita ingin pemerintah kita BERSIH dan PRODUKTIF.
      >
      > Semua orang memiliki harapan dan keinginan yang beraneka ragam. Karena itu
      > kita perlu membuat patokan yang bisa bakukan, untuk dijadikan arah
      > kebijakan bagi kepentingan kita bersama.

      setuju pak, spy tahu bersih & produktif ya hrs transparan.

      MD:
      > Decide the effective constructive action:
      >
      > Ø Perbaiki kekeliruan dan kebijakan yang tidak tepat agar sistim
      > perbankan Indonesia bisa pada jalur yang baik dan benar.

      seperti yg sdh saya sebutkan di atas, bila sebagian pihak merasa ini bukanlah kekeliruan ya bagi mereka tentu tdk perlu ada perbaikan.

      MD:
      > 2 hari yang lalu, saya menyimak MetroTV.
      >
      > Sekjen DPP PDIPerjuangan memberi pernyaan: Kami saat ini ada
      > dipersimpangan. Kami tidak ingin memperburuk situasi, namun juga tidak ingin
      > terjadi penyimpangan dalam kebijakan dan kinerja keuangan dan moneter
      > Indonesia.
      >

      > Sikap PDI Perjuangan untuk kasus Century adalah sikap konstruktif.
      >
      > Disatu sisi PDI Perjuangan mendukung pemerintah SBY dan tidak mengingini
      > penghukuman-penghukuman.
      >
      > Pada sisi lain, PDI Perjuangan tidak menghendaki penyimpangan terjadi
      > dalam kinerja badan keuangan dan moneter Indonesia.

      saya malahan jd bingung, mengungkapkan suatu kebenaran dianggap memperburuk situasi, saya tdk setuju ini sikap konstruktif, ini hanyalah keengganan utk terbuka smp semuanya terang-benderang ... bila suatu kasus telah melalui proses hukum & keputusannya adalah bersalah ya hukuman dijalankan, konon katanya indonesia negara hukum ?

      MD:
> [...]
      > Robbins. It does not mean that I do not use his NAC theory).
      >
      > Dalam metode kasih sayang ini, walau tanpa ancaman hukuman dan tanpa
      > iming-iming hadiah, beliau bisa memotivasi anak-anaknya untuk berbakti
      > kepada orang tua mereka.
      >

      > Dalam konteks berbeda, saya juga memahami bahwa:
      >
      > Mencari kesalahan tidaklah membuat kita menjadi lebih bersih.
      >
      > Makian tidak berarti akan memotivasi kita.
      >
      > Namun arah yang benar serta dukungan,
      >
      > memberi kesempatan bagi kita melakukan koreksi
      >
      > untuk memperbaiki kekurangan
      >
      > supaya kita bisa bekerja lebih efektif lagi.

      kalau semua urusan pake cinta-kasih & kasih-sayang maka tdk ada lg penjara, para penegak hukum tentu jg tdk dibutuhkan lg, yg korupsi cukup blg eh sorry loh kmaren kita ada korupsi, krn koruptor telah tulus & jujur mengaku ya dimaafkan saja, case closed ...

      silahkan saling mencari kesalahan2 dan disertai bukti2 pendukung, bila terbukti salah maka dpt diberi hukuman yg setimpal atau dilakukan koreksi shg ke depan mudah2an akan menjadi lebih bersih.

      MD:
> [...]
      >
      > Jika kita ingin memiliki pemerintah yang bersih dan efektif, gagasan
      > memberi kesempatan program 100 hari kedua kepada pemerintah SBY adalah suatu
      > pilihan yang baik untuk dipertimbangkan.
      >
      > Kinerja yang perlu diperbaiki itu adalah pemulihan kemajuan ekonomi dan
      > kesejahteraan rakyat.
      >
      > Sambil berjalan, pemerintah juga perlu kesungguhan melakukan koreksi untuk
      > memulihkan kepercayaan masyarakat kepada kabinet.
      >
      > Sementara itu dalam paruh waktu (50hari), kita minta Presiden menunjukkan
      > prestasi kongkrit hasil kerja, termasuk koreksi dan klarifikasi atas kasus

      rakyat sih memang ingin pemerintahan yg efektif & berwibawa, skrg tergantung yg menjalankan roda pemerintahan, apakah mau mewujudkan keinginan rakyat tsb, 100 hari menurut saya memang waktu yg pendek, mungkin lebih baik fokus pd 1-2 hal saja, tdk perlu target yg muluk2, tentunya yg blg kl target tercapai bukan yg menjalankannya, tp rakyatlah yg menentukan, ibarat org jualan tentu semua mengaku barang dagangannya adalah kualitas nomer 1, mana ada kecap nomer 2 ? ...

      gmn pak seandainya di 100 hari jilid 2 kembali muncul kasus2 lg ? nanti program yg dicanangkan berjalan tersendat2 maka yg disalahkan adalah munculnya kasus2, bukannya malah berkonsentrasi utk menyelesaikan kasus2 tsb dgn sebaik2nya & secepat2nya spy dpt mnjalankan program tanpa halangan lg.

      wassalam,
      dragon