Re: [t-net] Re: Mohon Informasi resiko jika pindah kewarganegaraan india

  • David Kuntadi
    Message 1 of 7 , Apr 1, 2009
      Setuju pendapat Pak JT KECUALI utk satu hal:

      "Perlu diketahui, orang Indonesia yang memilih menjadi WN Asing, tidak
      boleh memiliki property di Indonesia."

      Hal ini benar bila orang tersebut laki2. Bila orang tersebut
      perempuan, sepertinya tidak ada bedanya dalam hal kepemilikan property
      sekarang ini, dalam arti perempuan yang menikah dengan WNA tidak
      berhak lagi memiliki property di Indonesia, KECUALI membuat perjanjian
      harta terpisah sebelum menikah.

      Itu menurut yang saya tahu entah benar atau tidak.

      DK

    • Swan Liong Be
      Message 2 of 7 , Apr 1, 2009
        Kalo diJerman orang indonesia yang kawin dengan orang WN Jerman
        sebetulnya juga menikmati segala jaminan sosial yang juga
        dinikmati WN setempat , kecuali hak pilih.
        Seorang WN asing yang nikah dengan WN jerman pada awalnya biasanya dapat
        izin tinggal selama 3 tahun, nah setelah 3 tahun ini maka izin tinggal
        sementara
        diganti izin tinggal untuk se-lama²nya dimanaorang tsb. boleh kerja dan
        buka usaha seperti orang WN jerman; ini berlaku baik bagi WN asing pria
        atau wanita, tidak pandang gendernya. Juga kalo suami/istri yang WN
        jerman meninggal dunia , pasangan yang berWN asing tetap mendapat
        fasilitas² seperrti WN setempat.
        Saya memiliki WN Jerman dan istri saya tetap memegang WNInya dan tidak
        akan pindah kewarganegaraannya. Karena fasilitas² semua sama kecuali
        seperti disebut diatas hak pilih , dan hampir saya lupa yaitu soal visa
        kalau kenegara lain, seperti ke United Kingdom , USA , Canada dll.dimana
        WN jerman tidak membutuhkan Visa touris, istri sebagai WNI tetap
        membutuhkan Visa., tapi ini bukan hal se-hari². Jadi menurut saya dalam
        hal negara jerman lebih baik WN asingnya tetap dipertahankan.
        Sdr. JT betul sekali dengan anjurannya untk minta keterangan dikedutaan
        (besar) negara bersangkutan, karena tiap negara punya peraturan lain.
        Salam,
        SL Be

[...]

        property di Indonesia. Kalau suatu saat datang ke Indonesia, ybs harus

        ----------

        --- In tionghoa-net@ <mailto:tionghoa-net%40yahoogroups.com>
        yahoogroups.com, Euisy Kufaylah <fay.cantiq@...> wrote:

        > Halo .. Sobat Tionghoa net..
        > Mohon Bantuanya .
        > Saudaraku mau menikah dengan warga Negara India .
        > Rencana dia mau pindah kewarganegaraan ke India.
        > Mohon Informasinya ,
        > 1. Dokumen apa saja yang perlu disiapkan ?
        > 2. Apa resikonya jika dia sudah pindah kewarganegaraan ke India ?
        > 3. Jika sewaktu-waktu , cerai dan ingin pulang ke indonesia dan ingin
        menjadi WNI lagi , kira-kira sulit apa nggak ya.. ?

        > Mohon Bantuanya , Informasi ini sangat penting bagi keluarga kami .
        > Terimakasih Banyak.
        >

        > Selalu bisa chat di profil jaringan, blog, atau situs web pribadi!
        Yahoo! memungkinkan Anda selalu bisa chat melalui Pingbox. Coba!
        http://id.messenger <http://id.messenger.yahoo.com/pingbox/>
        .yahoo.com/pingbox/

      • Swan Liong Be
        Message 3 of 7 , Apr 1, 2009
          Menurut apa yang saya dengar, kalo udah pindah paspor, menjadi WN asing
          sulit sekali untuk kembali menjadi
          WN indonesia.
          Uraian saya dalam posting sebelumnya lupa menjelaskan soal
          penyalahgunaan antara perkawinan antarbangsa; peraturan
          dijerman dengan izin sementara itu juga dimanfaatkan beberapa orang WN
          jerman pria sebagai "masa percobaan" dalam perkawinan; mereka menikahi
          orang perempuan WN asing dan kalo merasa bosan atau tidak cocok mereka
          berusaha menceraikan dalam waktu 3 tahun ini dimana perempuan WN asing
          bisa
          dikeluarkan dari Jerman , kalo perceraian berlangsung lewat 3 tahun
          perempuan WN asing bisa dapat permanent residence dengan segala
          fasilitasnya.
          Sebaliknya undang² ini juga bisa disalahgunakan untuk mendapat izin
          tinggal dengan pura² nikah dengan WN setempat lalu tinggal tunggu 3
          tahun dapat permanent residence. Disini yang berwewenang sering
          mengadakan razzia terhadap orang² yang mereka curigai.
          Salam,
          SL Be

[...]

        • Mulyadi Dharmadi Liu
          Message 4 of 7 , Apr 1, 2009
            Mungkin salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah budaya, adat istiadat,
            bahasa India adalah berbeda dengan kebanyakan kita di Indonesia.
            Dalam perkawinan campur 2 suku bangsa, perlu dipahami bagaimana posisi, hak
            dan tanggung jawab suami dan istri terrhadap pasangan serta keluarganya.
            Juga dalam prosesi pernikahan, jika mengikuti tradisi India, biasanya cukup
            panjang dan melelahkan.
            Saran saya, perlunya suatui kesepakatan yang bersifat netral ataupun bisa
            diterima oleh kedua pihak, untuk menjembatani perbedaan kebudayaan.
            Saya percaya dengan mengenali dan memahami keunikan, aturan serta perbedaan,
            culture shock dan penyesalan dalam kawin campur sudah diantisipasi dan bisa
            dihindari.
            Saya mempunyai banyak teman yang langgeng dan bahagia setelah menikah
            campuran antara suku bangsa (diantaranya India) karena kedua pihak menemukan
            metode yang baik untuk mengatasi perbedaan kebudayaan.
            Salam dan doa bagi saudara anda dan pasangannya.

          • Susan Manuputi
            Message 5 of 7 , Apr 3, 2009
              Kalau bisa WN Indo nya dipertahankan jgn pindah WN krn hidup di Indonesia tetap masih lebih enak dibanding dinegara lain. percaya lah.
              Indonesia tetap negara paling enak untuk tinggal dengan segala yg ada dan cuaca yg cocok..
              nanti saya uraikan lebih detail mengenai jadi imigrant
              tidak enak dan banyak duka nya daripada suka nya

              John Manuputi.