RE: [t-net] BAHAYA KREASIONISME -->indoshepherd

  • ulysee
    Message 1 of 5 , Nov 1, 2005
      Kalau dari postingnya mas radityo sih sepertinya kreasionisme itu yang
      ada hubungannya sama intelligent design itu tuh.

      Yang sibuk mengulik masalah penciptaan manusia, mempertentangkan ajaran
      ilmu pengetahuan (science/sains) dengan dogma agama begituh.

      Bahayanya, orang jadi enggak berani mencari "yang benar" seturut ilmu
      pengetahuan dan logika sebab bertentangan dengan "kepercayaan"/ dogma
      agama. (tepatnya ditentang sama orang2 yang bawa-bawa panji2 agama, itu
      yang refot)

      Membawa ke jaman kegelapan, barangkali lantaran orang jadi nunut aja
      dibodoni sama dogma agama yang seolah berasal dari otoritas tertinggi
      dan enggak berani menerima terobosan-terobosan baru gitu.

      Bener kaga sih? Artikelnya puanjang buanget sambung menyambung jadi
      kusut benang merahnya, hihihihi.

      However, jaman sekarang, emang agama sama sains masih bertentangan tah?
      Bukannya udah jalan di jalurnya masing-masing?

      Message 2 of 5 , Nov 5, 2005
        Masalah Evolusi vs Kreasionis ini sama sekali BUKAN perdebatan
        agama, melainkan usaha kaum fundamentalis agama (Kristen) yang
        berambisi menumpas ilmu pengetahuan (science), agar mereka bisa
        bebas melampiaskan ambisinya menguasai dunia dan membawanya kembali
        keabad pertengahan (middle ages) atau juga dikenal dengan nama abad
        KEGELAPAN (the dark ages) yaitu seperti di Eropa jaman th.300 s/d th
        1500. Bukan saja ilmu pengetahuan yang macet, tetapi juga
        DEMOKRASI. Dalam abad kegelapan TIDAK ADA ilmu pengetahuan; Yang
        ada justru ANTI ilmu pengetahuan, terbukti a.l. dengan dibakar-
        hidup2-nya astronom Giordano Bruno dan diancamnya Galileo Galilei
        dengan hukuman serupa. Science baru bisa berkembang setelah jaman
        Aufklaerung, sekitar 1700, yang mana juga menjadi landasan buat
        DEMOKRASI modern.

        Jika Eropa bangun dari tidurnya yang lebih dari 1200-1400 tahun (350
        s/d 1550 Reformasi, baru benar2 bangun 1750 Aufklaerung) hingga
        sanggup mengembangkan IPTEK yang hasil2nya gilang gemilang kita
        nilkmati bersama hari ini, maka sebaliknya dunia Islam yang semula
        sudah berada diambang pintu Renesans (filsuf2 Ibn Sina, Ibn Rushd,
        dll.) akhirnya jatuh terjerumus kedalam ajaran fundamentalisme (Al
        Ghazalli, Omar Khayam) yang berkuasa penuh sampai hari ini. Maka
        dari itu, Islam fundamentalis/teroris akan hancur dengan sendirinya
        bila Aufklaerung bisa dicetuskan di Indonesia (salah satu tujuan
        perjuangan Jaringan Islam Liberal).

        Aufklaerung ini bergandengan tangan erat sekali dengan pembrantasan
        Kreasionisme. Jadi, pembrantasan Kreasionisme bukan hanya penting
        buat negara2 yang canggih IPTEK, demi menanggulangi bahaya
        penyelewengan oleh para fundamentalis yang dampaknya akan menghambat
        kemajuan dan menjatuhkan leadership dalam IPTEK, tetapi juga sangat
        penting buat Indonesia, sebab akan membrantas akar2 dari
        Fundamentalisme yang anti demokrasi dan merupakan sumber dari
        hipokrisi, baik Kristen maupun Islam, serta akan memacu perkembangan
        IPTEK, yang sampai hari ini sudah 60 tahun merdeka tapi hasilnya
        tetap NUL-PUNTUL, karena sebagian besar (sekali) masyarakat
        Indonesia SALAH-MENGERTI akan apa yang namanya ilmu pengetahuan.
        Buktinya adalah fenomena Habibie dengan IPTN-nya, Yohannes Surya
        dengan Olympiade Fisika serta Ekono-Fisikanya, dan Mochtar Riady
        dengan nanoteknologi-nya, yang semuanya Huahahahaaaa dan isinya
        terdiri dari KKN melulu.

        Ini semua saling berkaitan menjadi satu: Kemajuan masyarakat dan
        demokrasi hanya bisa dicapai dengan perombakan global yang tidak-
        bisa-tidak harus mencakup pemberantasan Kreasionisme sebagai akar
        ideologis dari kebudayaan kaum fundamentalis yang didirikan diatas
        hipokrisi dan KKN.

        Salam,
        Indoshepherd

        --- In tionghoa-net@yahoogroups.com, nuance <the_nuance@y...> wrote:

> [...]
        > 1. Apa sih gerakan kreasionisme itu ?
        > 2. Apa sih bahayanya Gerakan Kreasionisme itu ?
        > 3. Kenapa dibilang membawa ke jaman kegelapan ?

      • indoshepherd
        Message 3 of 5 , Nov 5, 2005
          Betul ... "creationism" itu lahir dari kitab Genesis dalam Bible
          yang dipegang oleh kristen fundamentalis, seperti yang diuraikan
          diwebsite <http://en.wikipedia.org/wiki/Creationism>. Kaum
          Kreasionis percaya a.l. bahwa seluruh alam semesta diciptakan oleh
          Tuhan hanya dalam tempo enam hari (1 hari= jam, entah siapa yang
          bikin loncengnya, sebab manusia baru diciptakan pada hari yg ke-6),
          dan bahwa matahari diciptakan pada hari ke-4 sesudahnya siang+malam
          (pada hari ke-3). Entah bagaimana menetapkan panjangnya 1 hari sebab
          bumi baru diciptakan pada hari ke-5. Mereka percaya bahwa seluruh
          manusia adalah keturunan langsung dari Adam + Eva, dan bahwa sesudah
          membunuh saudara kandungnya (Abel) Kain kemudian menikah dengan
          adiknya sendiri (juga anak Adam + Eva yang tidak ada disebut dalam
          Bible), hingga seluruh manusia adalah keturunan dari Kain yang kawin
          incest, dan bahwa bumi dengan segala isinya umurnya tidak lebih dari
          6000 tahun, bahkan persis dengan tambahan bulan, hari, jam, dan
          menitnya sekalian, semuanya di-reka2 dari ayat2 Genesis. Kalau
          kurang cocok, yah ditambahi sendiri aja dah, seperti halnya dengan
          Kain yang kawin dengan saudaranya sendiri.

          Mereka tidak percaya bahwa dinosaurus pernah hidup bermilyar2 tahun
          yang lalu, melainkan dinosaurus hidup ber-sama2 dengan manusia.
          Mereka menuduh para palaeontolog, arkeolog, biolog, geolog dan
          fisikawan itu BOHONG. Jadi pada hekekatnya mereka menuduh seluruh
          SCIENCE itu BOHONG. Gara2 selama ini fisikawan Amerika tidak
          menaruh perhatian dan menganggap enteng kaum Kreasionis (baca kedua
          tuilsian saya yg berjudul Bahaya Kreasionisme basian 1 dan 2), sejak
          beberapa tahun belakangan ini kaum Kreasionis berhasil mendapat
          persetujuan dari pengadilan/hukum untuk melarang ajaran teori
          evolusi dari kurikulum pelajaran SCIENCE disekolah2 menengah umum
          (SMU) dinegara2 bagian selatan AS, sekalipun mereka tidak bisa
          masuk kebidang perguruan tinggi, dan karya2 mereka tidak ada satupun
          yang berhasil lolos peer-review dari majalah2 ilmiah yang
          profesional. Oleh karena itu, akhir2 ini mereka menerbitkan majalah
          *ilmiah* sendiri dan mendirikan perguruan tinggi sendiri.

          Tetapi masalah Evolusi vs Kreasionis ini sama sekali BUKAN
          perdebatan agama, melainkan usaha kaum fundamentalis agama (Kristen)
          yang berambisi menjegal ilmu pengetahuan (science), agar mereka bisa
          bebas melampiaskan ambisinya mengontrol dunia dan membawanya kembali

          ----------- dicut oleh Moderator FJ untuk menghemat bandwith--------