Re: [t-net] 97% Tionghoa di Indonesia hidup miskin---menjawab Holy Uncle.

  • D. L Mulya
    Message 1 of 18 , Aug 31, 2002
      masa sich sampe 97%?? kayaknya gak dehhh..

      --------------------- Yang Mudah dan Menghibur ----------------------------

      Hosting menjadi mudah dan murah hanya di PlasaCom. Klik http://idc.plasa.com

      F1 Mania!! Ikuti F1 Game di Obelix Game Corner di http://www.plasa.com/infotel/f1.html

    • tigerwong@hotpop.com
      Message 2 of 18 , Aug 31, 2002
        Anda dapat pergi ke Singkawang, di sana mayoritas Tionghoa hidup di
        bawah garis kemiskinan, hingga tak jarang harus jual anak dan kaum
        perempuan mudanya menjadi amoy, sementara kaum lelakinya kebanyakan
        hanya menjadi buruh tani.

        Tentu anda masih ingat kasus Acun di Kal-Bar yg bunuh diri satu keluarga, karena
        tak dapat lagi menanggung beban kesulitan hidup mereka ?

        Kalau kita mau membuka mata, masih tidak sulit mencari Tionghoa2
        miskin di Indonesia ini. Bahkan di kawasan Tangerang pun masih banyak
        dapat kita temukan kalangan 'Cina Benteng' yg hidup pas-pasan.

        regards,

      • Mildesty
        Message 3 of 18 , Sep 1, 2002
          97% tionghoa di Indonesia hidup miskin itu betul suatu
          fakta.Jika tidak percaya pergi ke Kalimantan Barat
          (pontianak,singkawang,dan kota lainnya)Jangan lihat
          warga yg ada di kota besar.
> [...]
          > tidak pernah melihat Tionghoa yg hidupnya di bawah
          > garis kemiskinan.
          >
          > Anda bertemu saya dg komputer pinjaman di milis ini.

          Yahoo! Finance - Get real-time stock quotes
          http://finance.yahoo.com
        • Leo Johan Susanto
          Message 4 of 18 , Sep 1, 2002
            silahkan beli tiket ke pontianak, kalimantan barat, pak.
            dari lapangan supadio, ada dua belokan
            ke kiri pergi ke Pontianak
            ke kanan pergi ke kampung Kumpai

            ambil yang sebelah kanan ya Pak Daniel.

            Kalau belum puas, ajak papi saya main2 ke sungai Jawi.

            soal 97% itu saya enggak komen deh.
            Leo

          • Daniel H.T.
            Message 5 of 18 , Sep 2, 2002
              Jawab dulu pertanyaan ini; penduduk Tionghoa di Pontianak itu berapa
              persenkah dari seluruh Tionghoa di seluruh Indonesia? Saya tidak
              menyangkal kalau Tionghoa ada yg miskin, tetapi saya tidak percaya kalau
              dibilang 97%. Artinya Cuma 3% yg hidup layak dan berkelebihan? Lihat
              saja di setiap daerah di negeri ini kalau ada kawasan elit (dari aspek
              ekonomi) biasanya mayoritasnya adalah Tionghoa.

              Message 6 of 18 , Sep 2, 2002
                Sebaiknya kita jangan membicarakan masalah kelompok etnis
                yang kaya dan yang miskin, tapi dinilai dari bagian yang
                berperan dan tidak/ kurang berperan. Sebab:
                - Ada yang kaya tapi berperan bagi negeri;
                - Ada yang kaya tapi tidak/ kurang berperan;
                - Ada yang miskin tapi berperan bagi negeri;
                - Ada yang pula yang miskin dan tidak/ kurang berperan;
                Ini sebenarnya yang kalau bisa diteliti, yaitu masalah
                peran sertanya. Oleh karena itu generalisasi keselahan atau
                tuduhan adalah fatal akibatnya, karena yang seharusnya
                tidak bersalah kena getahnya, sedangkan yang semestinya
                dipersalahkan malah lepas tanggungjawab, dst. Tidak
                menyelesaikan masalah kalau kita membuat semacam bipolar
                antara si miskin dan si kaya.

                Salam
                AS

                On Mon, 2 Sep 2002 05:54:11 -0700

                Message 7 of 18 , Sep 2, 2002
                  saya enggak bisa njawab dengan pasti karena enggak ada datanya dari BPS pak.

                  yang saya tahu, banyak dari golongan tionghoa yang masih miskin, dan mereka
                  itu kebanyakan tinggalnya di daerah sehingga tidak ketahuan.
                  Plus saya tidak bisa bilang bahwa hanya di daerah kalimantan barat saja
                  banyak orang2 tionghoa yang tinggal dibawah garis kemiskinan, di sumatra
                  utara, aceh, nusa tenggara, jambi, bengkulu dan lain daerah pasti ada,

                  cuman datanya itu lho.

                  saya tidak brani bilang 97% itu salah karena sekali lagi, saya tidak ada
                  datanya.

                  Leo

                  Message 8 of 18 , Sep 3, 2002
                    Saya tidak akan meng-reply lagi topik ini. Karena akan menjurus pd debat
                    kusir. Memang memasalahkan angka2 seputar itu rasanya mubazir. Lebih
                    baik cari topik lain.

                    Message 9 of 18 , Sep 3, 2002
                      opssssss......memang sudah ada data berapa banyak jumlah orang ' tionghoa '
                      dan ' peranakan ' di indonesia ?.......
                      suryana ( yang aye tahu banyak katepe dobel sih iya :op )
                      +
                      > 97% tionghoa di Indonesia hidup miskin itu betul suatu
                      > fakta.Jika tidak percaya pergi ke Kalimantan Barat
                      > (pontianak,singkawang,dan kota lainnya)Jangan lihat
                      > warga yg ada di kota besar.

                    • zaenal-imanudin
                      Message 10 of 18 , Sep 3, 2002
                        Hhhmmm nggak percaya khan ? kata teman2ku CINO=cilik-cilik
                        ono(kecil2 udah berduit...)