Re: [t-net] Politik Opinion leader terhadap Capres 2014

  • JT
    Message 1 of 8 , Dec 1, 2012
      Setuju pa Tjandra, JK ketika jadi Wapres reputasinya sangat baik. Bahkan yang dulunya "anti" kepada JK akibat rencana "afirmative action" yang dia canangkan, lama2 menjadi berubah. Di milis ini juga dulu cukup ramai pertentangan antara yang pro dan kontra terhadap JK, sampai2 member t-net yang Tionghoa yang pro JK, dicap sebagai "Cina anti Tionghoa" oleh kelompok Tionghoa yang anti JK.

      Afirmative action yang dicanangkan JK, sebenarnya bertujuan baik yaitu mengurangi kesenjangan sosial antara pengusaha Tionghoa kaya dengan pengusaha non Tionghoa yang rata2 usahanya tidak sebesar pengusaha Tionghoa. Policy ini intinya untuk memberi kesempatan bagi pengusaha kecil dan menengah non Tionghoa untuk bisa mengembangkan usahanya, agar tercapai pemerataan pendapatan yang lebih baik. Tujuannya untuk mengurangi kesenjangan sosial yang rawan konflik rasial.

      Tapi entah bagaimna, policy yang dicanangkan JK ini ketika sampai ke telinga orang Tionghoa berubah menjadi isu rasial anti Cina, dengan berbagai bumbu penyedap yang sarat dengan monosodium glutamat dan penuh dengan bahan pengawet natrium benzoat dan natrium metabisulfit yang bisa menimbulkan kanker. Secara logika tentu kita bisa menduga, siapa yang akan bertahan untuk menggagalkan afirmative action dari JK tsb. Padahal waktu itu JK pernah menjelaskan, bahwa partner business dia sebagian besar orang Tionghoa, dan dia sama sekali tidak anti Cina. JK sebagai orang Makasar, ucapan2nya lebih zakelijk (to the point), tidak muter2 seperti mantan atasannya dulu.

      Hanya masalahnya, di Indonesia ini yang mayoritas penduduknya berasal dari suku Jawa, dan sampai sejauh ini primordialisme di Indonesia masih sangat kental, tampaknya agak sulit bagi JK untuk menduduki posisi RI-1, tampaknya kalau dipaksakan akan mentok sampai posisi RI-2 saja. Ini kurang lebih sama dengan kesempatan yang diberikan bagi Ahok. Sehebat apapun prestasinya, tampaknya kelak Ahok untuk menjadi B-1 juga hampir mustahil, pasti akan mentok pada posisi B-2 saja. Mungkin masih perlu waktu cukup lama untuk menghilangkan kemusutahilan tsb, tapi bukan berarti tidak bisa.

      Salam
      JT