Selamat datang!

  • soracca
    Message 1 of 2 , Jun 15, 2006
      Saya senang sekali bisa joint ke milis ini atas undangan moderator utk
      membicarakan hal2 tentang filsafat , budaya dan kerohanian Taoisme.
      Untuk pertama kali, saya ingin menanyakan tentang Dao de jing bab I:

      Dao ke dao fei chang dao,
      ming ke ming fei chang ming
      wu ming tian di zhi shi,
      you ming wan wu zhi mu.

      Gu chang wu yu yi guan qi miao,
      chang you yu yi guan qi jiao,
      ci liang zhe tong chu er yi ming,
      tong wei zhi xuan,
      xuan zhi you xuan,
      zhong miao zhi men.

      Tao if articulable, is not the eternal Tao.
      The name, if can be named, is not the eternal name.
      Heaven and earth start with no name,
      The named is the mother of everything under the sun.

      Thus, with a detached mind, you see the secret,
      with an interested mind, you see the appearances.
      These two grow out of the same,
      but they are named differently,
      They are both mysterious.
      Mysterious and ineffable,
      They are the essence of all secrets.
    • li_tian009
      Message 2 of 2 , Jun 23, 2006
        --- In taoisme_indonesia@yahoogroups.com, "soracca" <daniel3552@...>
        wrote:

> [...]
        >
        > Thus, with a detached mind, you see the secret,
        > with an interested mind, you see the appearances.

        Fu Sheng Wu Liang Tian Zun!

        Sdr.Soracca,
        Bab satu ini pada intinya ingin menunjukkan kepada kita mengenai
        konsep kesunyataan dan kosmologi dari agama Tao.
        Segala sesuatu berasal dari satu inti yang tak berbentuk, tak bernama,
        tak ada awal-akhir, bukan substansi, yang kita sebut Tao. Itu adalah
        suatu kondisi dimana segala sesuatu belum ada, bahkan dualisme belum
        tercipta (mis: ruang dan waktu). Akibatnya segala sesuatu pada kondisi
        unity yang abstrak. Kita secara awam menyebutnya sebagai kekosongan.
        Tetapi kosong itu bukan berarti nihil atau hampa dalam pengertian nol
        absolut secara matematis. (Point ini barangkali perlu saya jabarkan
        lain kali saja).

        Pada intinya, seseorang jushe yang melatih dirinya utk menuju Tao,
        tentu pada titik akhir nanti perlu merealisasi kondisi emptiness
        tersebut. Hal ini terlalu jauh utk dibicarakan pada saat awal diskusi
        ini. Yang jelas, perjalanan ke arah sana haruslah dimulai dengan
        pelatihan moral dan sila. Semua itu adalah dalam rangka untuk
        mengendalikan keinginan dan kemelekatan kita.
        Oleh karena itu dikatakan dalam baris 5 dan 6:
        "Dengan pikiran melekat, anda akan melihat rahasia. Dengan pikiran
        penuh nafsu, anda hanya akan melihat penampakan luar".

        Unity dalam Tao itu melahirkan dualisme. Jadi antara ada (you) dan
        tiada (wu) kedua hal itu saling bergantungan untuk melahirkan segala
        macam fenomena kebendaan maupun keabstrakan spt yg kita pahami
        sekarang dengan pikiran dualitas kita ini. Meskipun demikian, antara
        ada dan tiada ini pun berawal dari yang satu : Tao.
        Oleh karena itulah, maka kondisi unity ini disebut sebagai Daozhu, dan
        dipersonifikasikan dalam wujud Taishanglaojun.

        Personifikasi ini adalah suatu fangbianmen (skillfulmeans) untuk
        memudahkan orang^2 jaman dulu dalam menggambarkan dan memahami konsep
        yg sungguh sangat sulit dan mendalam ini.

        Dao An!
        Li Tian