RE: Balasan: Bls: Balasan: Bls: [tactictax] sunset policy & AR

  • Moch. Arief Risman
    Message 1 of 13 , Dec 1, 2008
      Pagi jua.
      sama-sama. semoga sukses selalu.
      wass

      Dari: tactictax@yahoogroups.com [tactictax@yahoogroups.com] Atas Nama cita aurelia [cita_aurelia@...]
      Terkirim: 01 Desember 2008 9:25
      Ke: tactictax@yahoogroups.com
      Subjek: Balasan: Bls: Balasan: Bls: [tactictax] sunset policy & AR

      Pagi Pa..
      Makaci banyak atas informasinya. .
      sangat bermanfaat bagi saya..

      arief risman <ariefrisman@ yahoo.com> wrote:
      Yth. Mba Cita
      Selamat kepada para sobat tac tic tax yang telah menggunakan fasilitas sunset policy.
      Fasilitas sunset policy syarat utamanya adalah PPh Kurang Bayar dan spt-nya adalah pembetulan pertama.  Pembetulan SPT Badan karena sunset maka SPT lainnya dianggap betul, jadi karena pembetulan SPT Badan maka SPT masa PPN tidak usah dibetulkan, juga berkenaan dengan penghitungan angsuran PPh pasal 25 tidak berpengaruh. Selain itu sanksi bunga dibebaskan.
      Masih ada waktu sekitar 3 minggu, ayo manfaatkan sunset policy ini. Terima kasih
      wass
      AR

      Dari: cita aurelia <cita_aurelia@ yahoo.co. id>
      Topik: Balasan: Bls: [tactictax] sunset policy & AR
      Kepada: tactictax@yahoogrou ps.com
      Tanggal: Jumat, 28 November, 2008, 4:09 PM

      pak mau nanya..
      misalkan WP Badan mau ikiutan sunset policy
      yang di betulkan adalah :
      menambah omset sekitar 125 juta
      harga pokok penjualan tetap
      biaya tetap
       yang ingin saya tanyakan :
      1. PPH terutang :::>>> berarti yang harus di byar adalah selisih antara pph yg telah dibayar dgn pph terutang karena adanya pembetulan (sunset policy)
      2. PPN kurang Bayar :::>>krn omset kita bertambah berarti hrs ada ppn yg dibyarkan kembali berarti =10%*125 juta...?
      3. Anggsuran PPh Psl 25/bulan :::>>> karena dasar perhitungannya ikut berubah karena pembetulan sunset policy, apakah saldo awal anggsuran PPh psl 25 untuk tahun pajak berikutnya ikut berubah serta bagaimana cara pembukuannya. ..?

      Terimakasih atas perhatiannya. .,mohon jawabanya..

      arief risman <ariefrisman@ yahoo.com> wrote:
      terima kasih mba Yenyen atas tambahan infonya.  Biasanya kalo AR di KPP Pratama ada tugas tambahan yaitu berkaitan dgn SPPT PBB. Itu kan harus disampaikan ke rumah-rumah, jadi jika pas kebetulan lagi dinas untuk urusan yg satu itu, dua hari bakal jarang di tempat.  Lalu apa itu VISIT ? itu adalah tugas AR untuk mengunjungi Wajib Pajak yang jadi WP binaannya dalam rangka perkenalan (jenis usaha WP, dll), sosialisasi peraturan tertentu, melihat langsung kegiatan usaha WP dalam rangka pembuatan profil Wajib Pajak, dll.
      Posisi AR memang agak spesial di era perpajakan modern ini karena tugasnya yang memang agak lebih banyak dibanding posisi lain.
      Sekali lagi terima kasih buat semua
      Wass
      AR

      Dari: Yenyen Oktavia Hartono <yenhar_1881@ yahoo.co. id>
      Topik: Bls: [tactictax] sunset policy & AR
      Kepada: tactictax@yahoogrou ps.com
      Tanggal: Rabu, 26 November, 2008, 6:32 AM

      Met Pagi Pak Arif and Bu Vivih and rekan lainnya...

      saya mau sharing aja ttg masalah susahnya ketemu AR...... moga2 bisa menjadi solusi.
      Waktu awal mau daftar NPWP ke kantor pajak (sy ke Karees) saya emang udah tahu kalo kudu ketemu ARnya dulu buat konsultasi, tapi emang AR-nya sudah ditemui. Akhirnya besok paginya saya telp ke KP tsb, minta ngobrol dgn AR-nya untuk buat janji ketemu, supaya waktunya bisa klop... Akhirnya jadi deh kita ketemuan...

      Kemudian saya juga harus ke KPP Bojonegara untuk membantu teman mengurus NPWP, berdasarkan pengalaman masa lalu, sebelum pergi, saya telp dulu ke KPP, tanya siapa AR saya, and minta langsung dihubungkan dengan beliau, baru kemudian bikin janji buat ketemu...

      so...ga bakalan buang waktu sia2 karena dah ada janji duluan...

      Kebetulan saya ketemu AR yang sangat kondusif dan enak diajak konsultasi.. ..
      Jadi lebih mudah buat saya mengerjakan kewajiban saya dalam bidang perpajakan.
      Waktu pertama ketemu AR, saya malah ga bawa apa2, cerita aja kaya curhat, kemudian beliau menyodorkan form2 yang kudu diisi.... untung saya udah agak belajar di Tactictax meskipun belom tamat, jadi nggak nge-Blank amat gitu......

      Gitu aja kali ya...

      Trims,
      Yenyen

      Dari: arief risman <ariefrisman@ yahoo.com>
      Topik: Bls: [tactictax] sunset policy & AR
      Kepada: tactictax@yahoogrou ps.com
      Tanggal: Selasa, 25 November, 2008, 6:59 AM

      Ibu VIVIH yang baik
      Saya bisa memahami dan ber-empati atas apa yang telah ibu alami di KPP.  Begini saja Bu, pada saat ibu datang ke KPP, AR-nya tidak ada di tempat, ibu bisa langsung berhubungan dengan atasannya AR yaitu kepala seksi WASKON (pengawasan & Konsultasi). Terdapat 4 seksi waskon, bisa ibu tanyakan siapa kep seksinya.  Jika ternyata KASie nya juga tidak ada, ibu bisa langsung ke Kepala Kantomya sekalian (hubungi dulu sekretariat kep kantor).
      Hal yang seperti ini persis seperti yang disampaikan pak Dirjen Pajak, bahwa program sunset mengalami kendala diantaranya karena hal seperti ini.
      NB : kenapa spt sunset harus ke AR dulu karena memang prosedurnya SPT sunset harus dicek kelengkapannya terlebih dahulu.

      Terima kasih bu Vivih
      Mohon maaf jika pelayanan DJP di bandung seperti yg ibu sampaikan ....
      keep smiling aja ya Bu.

      Wass
      AR
      Dari: Vivih Tanuwiljanto <tanuwiljanto@ yahoo.com>
      Topik: [tactictax] sunset policy & AR
      Kepada: tactictax@yahoogrou ps.com
      Tanggal: Senin, 24 November, 2008, 6:31 PM

      selamat sore pak arief.....mohon maaf mau tanya lagi.....tadi siang aku ke kpp bojonegara.. .mau urusin spt suami...tp katanya harus konsul ke AR...pertanyaannya :
      apakah betul kalo mau betulin spt..harus konsul ke AR dulu....pdhl kan saya sudah belajar brevet pada pakarnya...ceile. ....kata helpdesk.... harus konsul ke AR dulu...takutnya ada yg kurang...uh bkn susah aja..mana AR nya juga ga ada ditempat..lagi visit..bgm sih kita mau jujur n berbakti tapi dibikin ribet pula..bagaimana ini tehhhhh....tolong donk kalo mau jujur n berbakti jangan dibikin ribet2 n susah2...orang2 kan jadi males nih....
      teman2 saya yg dulu sekantor dgn saya, pd mau ikutan sunset policy....krn saya ikut brevet loch...tapi kl dibikin susah n ribetn abis waktu mah .....sori lha yauw....tolong donk...kalo bkn program sunset policy....SDMnya tuh ready to answer and stand in the office..jangan banyak keluar...... .bagaimana ini pak arief...aku tuh udah siap semua sptnya dari thn 2004...tapi sampe helpdesk boro2 diliat..trus harus ke AR...tunggu punya tunggu yg dicari ARnya ga da ditempat.... .yg laen  ga bisa tekel..krn bukan wilayahnya.. .bagaimana donk.....aku rencana besok mau urusin yang aku dikpp soreang-cimareme. .....kalo gitu mah mending ga usah lapor aja...drpd jaoh2...abisin bensin....sampe sana ditolak n dicuekin.... aku tunggu ditegur aja deh......maaf jadi emosi.....haturnuhu n.....

      Message 2 of 13 , Dec 1, 2008
        Met Malam Pak, Pak sy mau nanya utk tahun 2005 utk WP Pribadi bukannya 13.200.000 dan setiap tambahannya 1.200.000? soalnya saya lagi lihat di spt tahun 2005 dengan jumlah ini, terima kasih

        Dari: Moch. Arief Risman <moch.risman@...>
        Topik: [tactictax] ptkp 2004
        Kepada: "tactictax@yahoogroups.com" <tactictax@yahoogroups.com>
        Tanggal: Senin, 24 November, 2008, 10:13 AM

[...]

        Yahoo! sekarang memiliki alamat Email baru
        Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan @rocketmail. br> Cepat sebelum diambil orang lain!
      • Moch. Arief Risman
        Message 3 of 13 , Dec 1, 2008
          Pagi Pak Vic dan sobat lainnya
          PTKP mulai 1 Jan 2005 adalah berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 564/KMK.03/2004 tanggal 29 Nopember 2004.

          --- Pada Sen, 24/11/08, Moch. Arief Risman <moch.risman@ pajak.go. id> menulis:
          Dari: Moch. Arief Risman <moch.risman@ pajak.go. id>
          Topik: [tactictax] ptkp 2004
[...]

        • Vivih Tanuwiljanto
          Message 4 of 13 , Dec 2, 2008
            met siang pak, punten ada tambahan..tadi lupa mo ditanyakan...apakah kalo lapor SPT dlm rangka sunset policy bisa via post....or kurir...jadi ga usah dtg ke kpp...katanya denger2 bisa pak..apakah betul..kan kalo bisa...lebih praktis...ga buang waktu n bensin....thanks

            Dari: Victor Jaya <vic_jaya@...>
            Topik: Bls: [tactictax] ptkp 2004
            Kepada: tactictax@yahoogroups.com
            Tanggal: Senin, 1 Desember, 2008, 10:24 AM

            Dari: Moch. Arief Risman <moch.risman@ pajak.go. id>
            Topik: [tactictax] ptkp 2004
[...]

            Yahoo! Toolbar kini dilengkapi Anti-Virus dan Anti-Adware gratis. Download Yahoo! Toolbar sekarang .
          • arief risman
            Message 5 of 13 , Dec 6, 2008
              sore bu Vivih, maaf emailnya baru kebuka. Lewat pos tercatat dimungkinkan Bu, hanya kita kan khawatir juga jika ada lampiran yang belum lengkap, nanti SAPT dianggap tidak disampaikan karena tidak lengkap.
              Selamat liburan Bu, terima kasih doanya.

              Dari: Vivih Tanuwiljanto <tanuwiljanto@...>
              Topik: [tactictax] lapor by pos/kurir?
              Kepada: tactictax@yahoogroups.com
              Tanggal: Rabu, 3 Desember, 2008, 12:17 PM

              Dari: Moch. Arief Risman <moch.risman@ pajak.go. id>
              Topik: [tactictax] ptkp 2004
[...]

              Terhubung langsung dengan banyak teman di blog dan situs pribadi Anda?
              Buat Pingbox terbaru Anda sekarang!