Re: [syiar-islam] MECCA MEAN TIME - Idul Fitri di Hari yang Sama

  • A Nizami
    Message 1 of 13 , Oct 1, 2007
      Wa'alaikum salam wr wb,

      Sebetulnya kalau bedanya hanya menit atau jam itu
      biasa dan dimaklumi. Subuh di Arab dengan Indonesia
      juga selisih 4 jam. Nah kalau beda sholat Ied di Arab
      dgn Indonesia hanya selisih 4 jam tak masalah.

      Yang masalah kalau sholat Iednya selisihnya sampai
      beda hari atau 28 jam. Arab sholat Ied hari Jum'at,
      Indonesia sholat hari Sabtu.

      Padahal menurut hadits Nabi, jika ada yang sudah
      melihat bulan, kita wajib berbuka atau sholat Ied:

      „Dari Ikrimah melalui Ibnu Abbas. Ia berkata,
      „Seorang Arab Badui telah
      datang kepada Rasulullah SAW. Dia berkata, „Saya
      telah melihat awal bulan
      Ramadan.“ Rasulullah bertanya kepadanya.
      „Adakah engkau mengaku bahwa tidak ada
      Tuhan selain Allah?“ Ia menjawab, „Ya.“
      Rasulullah bertanya lagi, „Adakah
      engkau mengaku bahwa sesungguhnya Muhammad itu utusan
      Allah?“ Jawabnya, „Ya,
      sudah!“ Saya mengaku (artinya saya orang
      Islam).“ Lantas Rasulullah SAW
      memerintahkan, „Hai Bilal, beritahukan hal itu
      kepada orang banyak supaya
      mereka berpuasa esok harinya.“ (Riwayat 5 ahli
      Hadits, kecuali Ahmad).

      Hadits di atas menunjukkan bahwa meski orang yang
      melihat bulan tidak tinggal
      bersama Nabi Muhammad SAW (dari tempat lain) sehingga
      Nabi terpaksa menanyakan
      keyakinannya, tapi jika orang Muslim dan melihat
      bulan, seluruh ummat Islam
      harus berpuasa keesokan harinya. Itu adalah awal
      Ramadan. Hal yang sama berlaku
      juga untuk awal Syawal!

      „Ibnu Umar telah melihat bulan. Maka
      diberitahukannya hal itu kepada
      Rasulullah SAW. Lalu Rasulullah SAW berpuasa dan
      beliau menyuruh orang-orang
      agar berpuasa pula” (Riwayat Abu Daud)

      “Dari Amir Mekkah, Al Harits Ibnu Hatib. Dia
      berkata, „Rasulullah SAW telah
      memerintahkan kami supaya puasa dengan melihat bulan.
      Jika kami tidak dapat
      melihat bulan itu, supaya kami puasa dengan kesaksian
      dua orang yang adil (yang
      melihat bulan).“ (Riwayat Abu Daud dan
      Daruqutni).

      Dari 3 hadits di atas dinyatakan bahwa jika orang
      lain melihat bulan meski
      mereka tinggal di tempat lain, kita harus puasa
      keesokan harinya atau itu
      adalah tanda dari 1 Syawal.

      Jika ada perbedaan kembalikan pada Al Qur'an dan
      Hadits. Maukah kita merujuk kepada Al Qur'an dan
      hadits?

      Wassalam

      --- rusli juhaini <rusli_blt@...> wrote:

      > Assalamuallaikum,
      >
      > setuju dengan pak saeful,
      > sama halnya saat waktu berbuka puasa,
      > kenapa disetiap daerah di indo berbeda2 walau hanya
      > dlm hitungan menit sesuai lokasi masing2,
      > kenapa satu indonesia tidak disamakan saja saat
      > berbuka puasa sesuai waktu di Arab ?
      > ini jelas karena letak kita tinggal jauh berbeda
      > posisinya.
      >
      > mohon penerangan atas hal ini, mohon maaf
      >
      > Wassalam,

      http://search.yahoo.com/search?fr=oni_on_mail&p=summer+activities+for+kids&cs=bz

      ===
      Ingin belajar Islam sesuai Al Qur'an dan Hadits?
      Kirim email ke: syiar-islam-subscribe@yahoogroups.com

      Catch up on fall's hot new shows on Yahoo! TV. Watch previews, get listings, and more!
      http://tv.yahoo.com/collections/3658
    • Ummu Hanif
      Message 2 of 13 , Oct 1, 2007
        Waalailumsalalam wr wb..

        Wah.wah... ini bisa2 bukan jadi solusi untuk persatuan.. tapi malah nambah2
        perbedaan dan kelompok2 yg udah ada..

        On 10/2/07, A Nizami <nizaminz@...> wrote:

> [...]
        >
        > Wassalam
        >
        > ===
        > Ingin belajar Islam sesuai Al Qur'an dan Hadits?

      • Saeful B
        Message 3 of 13 , Oct 2, 2007
          Assalamu'alaikum Wr. Wb.

          Saya tertarik dengan tulisan terakhir dari Pak Ustad A Nizami:

          Jika ada perbedaan kembalikan pada Al Qur'an dan
          Hadits. Maukah kita merujuk kepada Al Qur'an dan
          hadits?

          Jika demikian, apakah pemerintah cq. Menteri Agama dalam menetapkan 1
          Syawal
          pasti merujuk kepada Al-Qur'an dan Hadist?

          Jika ya, 100% kita ikuti keputusannya.

          Kira-kira begitu Pak yang saya maksud makna dari kita tinggal di
          Indonesia.

          Jika saya berdiam di Mekkah (Insya Allah), saya akan turuti pemerintah
          setempat.

          Mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga kita makin diberikan cara
          berpikir yang logis
          oleh Allah SWT.

          Salam hormat,
          Saeful B

          --- rusli juhaini <rusli_blt@yahoo. <mailto:rusli_blt%40yahoo.com> com>
          wrote:

> [...]
          > ini jelas karena letak kita tinggal jauh berbeda
          > posisinya.
          >
          > mohon penerangan atas hal ini, mohon maaf

          <mailto:saeful.b%40stacoinsurance.com> ance.com>

        • Sunarso, Djayus
          Message 4 of 13 , Oct 2, 2007
            Assalamu'allaikum Wr Wb

            Pengalaman tahun lalu ( th 2006 kalau nggak salah ) 1 Syawal antara
            Muhammadiyah- Persis - HTI sebagian NU (Jatim ) dan pemerintah
            juga nggak sama. Muhammadiyah 1 Syawalnya lebih awal satu hari.
            Pada saat Muhammadiyah - Persis - HTI - sebagian NU Jatim melaksanakan
            Shalat Ied, banyak kaum muslimin yang ikut membatalkan shaumnya.
            dan baru besoknya shalat Ied ikut keputusan pemerintah.
            Waktu itu rasanya enjoy saja koq.

            Truss sekarang kenapa malah diributin.

            Satu pertanyaan kalau kebetulan kita berdiam di AS - Australia - Italia,
            pasti negara tersebut nggak mengumumkan 1Syawal.
            Truss saat kita mau berkiblat kemana donk,
            Apakah AS - Australia - Italia tidak boleh disebut Ulil Amri / pemerintah.

            Kreteria Ulil Amri seperti apa yang perlu kita taati.

            Wassalam
            Djayus Sunarso
            Mail to : Djayus.Sunarso@...
            http: //www.schott.com

            __________________

            wrote:

> [...]
            > ini jelas karena letak kita tinggal jauh berbeda
            > posisinya.
            >
            > mohon penerangan atas hal ini, mohon maaf

          • Hasbiyanto
            Message 5 of 13 , Oct 2, 2007
              Pak Nizami sudah menyampaikan solusi yang paling cantik, tapi dasarnya kekeh ya kekeh....

              Sudahlah Pak Nizami, biar saja waktu berjalan begitu saja, yang penting Pak Nizami sdh menyampaikan solusi. Kalau bisa dipahami ya sYukur, kalau tidak di pahami juga nggak apa-2.

              Salam,
              HB

            • Ediyus Hz
              Message 6 of 13 , Oct 2, 2007
                Wa'alaykummussalaam wa rahmatuLLAHI wa barakatuh,
                Saya pribadi juga heran.... Tahun lalu yang diributkan adalah hal yang
                sama dengan yang sekarang diributkan.... Koq gak bosan-bosannya yah.....

                Udah lah, mari kita jalani puasa kita dengan hati yang bersih dari
                kedongkolan atau keributan.... Kalau memang kita sudah yakin hari tsb
                sudah masuk 1 syawal, yang penting jangan lah masih puasa pada hari
                tsb.... Saya khawatir, jika perdebatan berjalan terus, nilai puasa kita
                akan berkurang, atau malah dapat haus dan lapar saja...

                Untuk teman-teman di AS, mungkin sebaiknya mengikuti negara terdekat
                yang mengumumkan tanggal 1 syawal.

                Afwan jiddan jika tidak membantu....

                Wassalaamu'alaykum wa rahmatuLLAHI wa barakatuh,
                Ediyus Hz
                Jangan Mati Sebelum Berarti, Berbuatlah Yang Terbaik, Karena Hidup Hanya
                Sekali

                wrote:

> [...]

                > berbuka puasa sesuai waktu di Arab ?
                > ini jelas karena letak kita tinggal jauh berbeda posisinya.
                >
                > mohon penerangan atas hal ini, mohon maaf

                Bagi yang ingin menyumbang untuk pendirian TV Komunitas Madani Depok
                bisa transfer ke:
                Bank Syariah Mandiri KCP Margonda Depok. No. Rek. 0670010778 a.n BURSA
                AMAL MADANI
                Mohon konfirmasi nama, besar sumbangan, tanggal ke:
                agusnizami@...
                Contact Person: pak Hafiz 021 92805591 / 08128508057, Al Qudwah, Jl
                Beringin No. 1, Jl. Margonda Raya Depok
                http://islamicbroadcasting.wordpress.com
                Yahoo! Groups Links
              • asepruswandi@umcntp.co.id
                Message 7 of 13 , Oct 2, 2007
                  Saya setuju kita semuanya kita buat enjoy saja.

                  Sara rasa wacana tentang keinginan beridul fitri di hari yang bersamaan,
                  sementara dihentikan saja dulu,gak akan ada titik temu.Semuanya berpulang
                  pada keyakinan masing-masing, toh penetapan 1 syawal semuanya berdasarkan
                  hisab atau rukyat yang kesemuanya adalah ijtihad ulama.
                  Diantara komunitas anggota milis saja susah menyamakan pendapat/pemikiran
                  untuk bisa beridul fitri bersama apalagi pendapat seluruh muslim
                  Indonesia. Yang penting saling menghormati keyakinan masing-masing. Lebih
                  baik beralih ke thema2 yang lainnya.

                  Semoga kita semakin mampu menghadirkan sifat terpuji dalam diri dan
                  menghilang sifat yang tercela.
                  Salam

> [...]
                  setempat.

                  > Mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga kita makin diberikan cara

                • iwan.jiunk
                  Message 8 of 13 , Oct 2, 2007
                    assalamu'alaikum wr wb,
                    kalau tidak salah ingat ada hadits yang menceritakan sahabat Nabi SAW
                    melakukan awal puasa berbeda dengan Nabi SAW, karena saat itu sahabat
                    Nabi SAW berada jauh dari Mekkah..mohon dibantu kalau ada yang ingat
                    hadits tsb.

                    kalau sholat menghadap kiblat sudah jelas perintahnya ada di Al-Quran,
                    dan kebetulan kiblat tsb ada di mekkah,

                    begitu juga kalau wukuf adanya di Arofah dan Arofah itu ada Mekkah,
                    dan perintah puasa arofah sudah jelas...

                    dan begitu juga tentang awal puasa dan akhir puasa, sudah jelas
                    perintahnya untuk melihat bulan, tetapi tidak ada perintah untuk
                    melihat bulan tsb di mekkah, jadi...???? kita taqlid saja pada
                    pendapat ulama, salah satunya pendapat Imam Syafi'i.

                    wassalam

                    Message 9 of 13 , Oct 2, 2007
                      Sekedar menjawab pertanyaan,

                      mungkin hadits ini bisa jadi pertimbangan. Nabi begitu ada orang yang
                      mengaku sudah melihat bulan dan bisa dipercaya, langsung puasa pada
                      awal Ramadhan. Begitu pula jika ada yang melihat bulan untuk awal
                      Syawal, beliau langsung berbuka puasa.

                      Surat An Nisaa':59 sebetulnya memerintahkan orang2 yang beriman untuk
                      taat kepada Allah dan taat kepada Rasul. Ada pun ulil amri (di depan
                      kata ulil amri tidak ada kata "taatilah") ditaati jika mereka mentaati
                      Allah dan rasul. Jika ulil amri dan rakyatnya tak sependapat,
                      kembalikan kepada Al Qur'an dan Hadits (Rasul). Kata "Ulil Amri
                      minkum" (dari antara kamu) menyatakan bahwa ulil amri harus orang2
                      yang beriman. Bukan orang kafir atau muslim KTP.

                      Jadi jika Nabi memerintahkan kita berpuasa jika ada orang yang melihat
                      bulan pada awal Ramadhan atau berbuka ketika melihat bulan pada awal
                      Syawal, seyogyanya kita mentaati Nabi. Bukan mentaati Ulil Amri,
                      kecuali Ulil Amri itu mengikuti sunnah Nabi.

                      Jadi lihat saja pada tanggal 11 nanti, apakah sudah ada yang melihat
                      bulan atau belum. Sementara itu kita hindari saja perdebatan yang
                      nanti malah bisa membawa perpecahan.

                      4. An Nisaa'
                      59. Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul
                      (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan
                      pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al
                      Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada
                      Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan
                      lebih baik akibatnya.

                      --- In syiar-islam@yahoogroups.com, "Sunarso, Djayus"
                      <djayus.sunarso@...> wrote:

> [...]
                      > setempat.
                      >
                      > Mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga kita makin diberikan cara

                    • ade
                      Message 10 of 13 , Oct 3, 2007
                        Mau tanya aja nih...dari orang yang sangat bodoh..

                        1. Ulil Amri itu pemerintah atau bukan? Kalau bukan, siapa Ulil amri kita
                        saat ini?
                        Kalau Ulil Amri itu Pemerintah, pemerintah kita itu adalah Muslim KTP dan

                        orang Kafir ya?...
                        2. Darimana kita tahu orang yang pertama kali lihat hilal? Kalau ada
                        beberapa orang yang mengaku lihat hilal dan mengklaim dirinya yang
                        pertama,gimana?
                        3. Kalau saya melihat hilal pertama kali pada siapa saya harus katakan?
                        Apakah orang akan percaya pada saya?
                        4. Jadi siapa yang harus kita percayai dan ikuti?

                        Saya orang bodoh tapi saya ingin tahu..

                        <djayus.sunarso@...> wrote:

> [...]
                        > setempat.
                        >
                        > Mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga kita makin diberikan cara

                      • A Nizami
                        Message 11 of 13 , Oct 3, 2007
                          Wa'alaikum salam wr wb,

                          --- ade <ade@...> wrote:

                          > Mau tanya aja nih...dari orang yang sangat bodoh..
                          >
                          > 1. Ulil Amri itu pemerintah atau bukan? Kalau bukan,
                          > siapa Ulil amri kita
                          > saat ini?

                          Ulil Amri itu adalah orang yang diserahkan untuk
                          memutuskan satu perkara berdasarkan Al Qur'an dan
                          Hadits.

                          4. An Nisaa'
                          83. Dan apabila datang kepada mereka suatu berita
                          tentang keamanan ataupun ketakutan, mereka lalu
                          menyiarkannya. Dan kalau mereka menyerahkannya kepada
                          Rasul dan Ulil Amri[322] di antara mereka, tentulah
                          orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan
                          dapat) mengetahuinya dari mereka (Rasul dan Ulil
                          Amri)[323]. Kalau tidaklah karena karunia dan rahmat
                          Allah kepada kamu, tentulah kamu mengikut syaitan,
                          kecuali sebahagian kecil saja (di antaramu).

                          [322]. Ialah: tokoh-tokoh sahabat dan para cendekiawan
                          di antara mereka.

                          [323]. Menurut mufassirin yang lain maksudnya ialah:
                          kalau suatu berita tentang keamanan dan ketakutan itu
                          disampaikan kepada Rasul dan Ulil Amri, tentulah Rasul
                          dan Ulil Amri yang ahli dapat menetapkan kesimpulan
                          (istimbat) dari berita itu.

                          Nabi saat itu ada di Madinah. Ummat Islam di Thaif, di
                          Mekkah, dan kota2 lain, jika mengalami masalah
                          bertanya ke Nabi. Jika tak bisa ke sahabat yang
                          diserahi Nabi untuk jadi Gubernur di Mekkah, Thaif,
                          dan kota2 lainnya.

                          Itulah Ulil Amri.

> [...]

                          Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu,
                          maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan

                          Kita baca ayat di atas dengan hati2 dan teliti.
                          Pertama "taatilah Allah dan taatilah Rasul". Setelah
                          itu baru kata ulil amri tanpa didahului kata
                          "taatilah".

                          Jangan dibalik dengan mentaati Ulil Amri padahal boleh
                          jadi pendapat mereka tidak sesuai dengan Allah (Al
                          Qur'an) dan Rasul (Hadits). Jika ada perbedaan, ulil
                          amri dan rakyat HARUS kembali pada Al Qur'an dan
                          Hadits. Jadi Ulil Amri tidak mutlak ditaati jika
                          melanggar Al Qur'an dan Hadits.

                          Ayat di atas dimulai dengan "Hai orang2 yang beriman"
                          kemudian diikuti Ulil Amri dari golonganmu. Artinya
                          Ulil Amri itu dari golongan orang yang beriman.

                          Tidak mudah jadi orang beriman. Seorang Arab ketika
                          menghadap Nabi dan berkata dia beriman, Nabi
                          menolaknya. Tidak, kamu Muslim, karena keimanan itu
                          belum masuk ke dirinya.

                          Seseorang dikatakan beriman jika dia beriman kepada
                          seluruh Al Qur'an dan Hadits dan mau menjalankannya.
                          Sebagai contoh jika di Al Qur'an diperintahkan agar
                          pembunuh dan pemerkosa dihukum mati, jika ulil amri
                          itu melaksanakannya berarti dia beriman. Jika tidak,
                          berarti belum beriman. Silahkan anda analisa sendiri
                          kira2 pemerintah kita mau tidak menjalankan syari'at
                          Islam?

                          Dan kita harus melihat konteks Ulil Amri/Pemerintah
                          pada Al Qur'an di zaman Nabi. Pemerintah Islam itu
                          hanya satu dalam Islam. Islam tidak terpecah-belah
                          jadi banyak negara. Zaman Nabi dan sahabat serta
                          dinasti Umayah hanya ada satu pemerintah.

[...]

                          105. Dan janganlah kamu menyerupai orang-orang yang
                          bercerai-berai dan berselisih sesudah datang
                          keterangan yang jelas kepada mereka. Mereka itulah
                          orang-orang yang mendapat siksa yang berat,

                          Jadi tidak ada istilah pemerintah Arab, pemerintah
                          indonesia, pemerintah Qatar, pemerintah Brunei dalam
                          Islam. Yang ada hanya satu Islam.

                          > 2. Darimana kita tahu orang yang pertama kali lihat
                          > hilal? Kalau ada
                          > beberapa orang yang mengaku lihat hilal dan
                          > mengklaim dirinya yang
                          > pertama,gimana?
                          Kan ada TV, Radio, Koran, Internet, Handphone, dsb?
                          Nabi saja pada zaman dulu di mana teknologi belum
                          canggih bisa mendengar jika ada orang yang melaporkan
                          sudah melihat hilal, masak kita tidak?

                          Misalkan para ulama di Arab Saudi tanggal 11 September
                          menyatakan sudah melihat Hilal dan pemerintahnya
                          menerimanya dan kita mendengarnya, maka berdasar
                          hadits di bawah:
> [...]
                          > Rasulullah SAW. Lalu Rasulullah SAW berpuasa dan
                          > beliau menyuruh
                          > orang-orang agar berpuasa pula” (Riwayat Abu

                          Kita segera merayakan Idul Fitri.
                          Jika kita menyimak Al Qur'an surat An Nisaa' ayat 59
                          tentu kita harus mentaati Rasul bukan?

                          > 3. Kalau saya melihat hilal pertama kali pada siapa
                          > saya harus katakan?
                          > Apakah orang akan percaya pada saya?

                          Jawaban di atas kiranya cukup. Jika kesaksian 2 orang
                          saksi yang adil sudah bisa dipakai untuk merayakan
                          idul fitri, apalagi para ulama/pemerintah satu negara.
                          Jadi aneh kalau ada orang 1 negara sudah Idul Fitri
                          sementara yang lain masih puasa.

                          Memang keanehan ini terjadi karena kita belum bersatu
                          sebagaimana ayat Al Qur'an di atas. Jika sudah
                          tercipta 1 negara Islam yang menaungi seluruh ummat
                          Islam seperti zaman Nabi dan para sahabat, kita tidak
                          perlu pusing dan berbeda2 dalam merayakan hari raya
                          idul Fitri.

                          > 4. Jadi siapa yang harus kita percayai dan ikuti?

                          Al Qur'an dan Hadits yang jadi pegangan kita jika kita
                          bingung. Bukan taqlid mengikuti argumen orang lain
                          tanpa dalil.

                          Wassalam

                          > Saya orang bodoh tapi saya ingin tahu..

                          ===
                          Ingin belajar Islam sesuai Al Qur'an dan Hadits?
                          Kirim email ke: syiar-islam-subscribe@yahoogroups.com

                          Moody friends. Drama queens. Your life? Nope! - their life, your story. Play Sims Stories at Yahoo! Games.
                          http://sims.yahoo.com/