Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.

Re: [silatindonesia] Pitung

Expand Messages
  • O'ong Maryono
    Sahabat Silat Ada pendapat jika kita menanyakan nama tokoh legendaris Si Pitung di daerah Koja Jakarta Utara pendekar dan jagoan Tanjung Priok. menurutnya Si
    Message 1 of 144 , Apr 1 8:39 PM
    View Source
    • 0 Attachment
      Sahabat Silat

      Ada pendapat jika kita menanyakan nama tokoh
      legendaris Si Pitung di daerah Koja Jakarta Utara
      pendekar dan jagoan Tanjung Priok. menurutnya Si
      Pitung adalah pendatang dari Bugis, yang tinggal di
      Marunda yang sekarang rumah si Pitung di jadilkan
      museum.

      Diakuinya Si Pitung orang Betawi tetapi berasal dari
      darah Bugis.
      Orang Bugis sudah aktif berdagang di Sunda kalapa
      sejak didirikan, jiwa Pitung sebagai petualang adalah
      bagian dari kultur orang Bugis bukan orang Sunda lebih
      senang menikmati alam menurut legenda Sangkurinag di
      negeri sendiri.
      Jurus permainan Pitung adalah permainan silat Sending
      seperti digunakan oleh Jagoan Lagoa yang meninggalkan
      nama dan daerah Lagoa di Tanjung Priok.
      Waktu itu belum ada istilah betawi atau ethnic group
      betawi, orang Tanjung priok dan orang kalibata masih
      belum dapat merasakan bahwasanya kita berasal dari
      satu ethnic group. Orang Belanda menyebut het
      inlandeer.
      Semenjak VOC bangkrut dan Batavia diserahkan ke
      pemerintah belanda berganti nama Nederland Indiche
      dalam percaturan politik didalamnya berdirilah
      organisasi pemuda seperti joung Sunda, Joung Java,
      Joung Sumara en joung Betawi. Sejak saat itu
      diproklamerkan Betawi oleh Husni Thamrin penggunaan
      istilah het inlandeer berubah menjadi orang
      betawi.Istilah Betawi tergolong baru dibandingkan
      dengan orang Sunda atau orang Jawa
      Mungkin jadi Si Pitung juga berasal dari keturunan
      Cina seperti cina Benteng di Tangerang, Cina Benteng
      adalah keturunan Cina yg tidak merasa sebagai orang
      Cina lagi.
      Menurut Guru Yana bagaimana ?

      Wassalam


      Wassalam


      --- Sarkam <alam_kerok@...> wrote:

      > Ada yang bilang Pitung itu termasuk etnis Tiong hoa
      > ( Pie Toeng)
      > dan ada Pitung banyak berhubungan dekat kekerabatan
      > dengan etnis-etnis Tiong Hoa.
      >
      > Benarkah begitu?
      >
      > --- On Wed, 4/2/08, SASTRANEGARA THARYANA
      > <silatpdusa@...> wrote:
      > From: SASTRANEGARA THARYANA <silatpdusa@...>
      > Subject: Re: [silatindonesia] Pitung
      > To: silatindonesia@yahoogroups.com
      > Date: Wednesday, April 2, 2008, 2:08 AM
      >
      >
      >
      >
      >
      >
      >
      >
      >
      >
      >
      > Sahabat Silat,
      >
      > saya telah mengurai tentang asal kata "SI"...KI, DI
      >
      > sebagai kata penghormatan untuk orang yang banyak
      >
      > nolong lingkungan dan kepentingan orang banyak.
      >
      > SI sebagai kata depan dari nama orang (Si Pitung) ,
      > di
      >
      > tatar sunda bisa dianggap menak / ningrat.
      >
      > Kemungkinan Si Pitung keturunan darah sunda menak
      > yang
      >
      > banyak nolong orang miskin yang di jajah orang
      >
      > Belanda.
      >
      > Persamaan dengan Prabu Siliwangi dari Pajajaran juga
      >
      > banyak mementingkan rakyatnya dari pada DIRINYA.
      >
      > Maka Prabu Siliwangi harum namanya ibarat Si Pitung
      >
      > hingga sekarang. Keduanya dalam waktu yang berbeda
      >
      > ahli maenpo / ulin sunda.
      >
      >
      >
      > Rahayu
      >
      > Kang Yana
      >
      > --- O'ong Maryono <oong53@yahoo. com> wrote:
      >
      >
      >
      > > Sahabat silat
      >
      > >
      >
      > > karena sejak jaman Sunda Kelapa sudah banyak
      > emigran
      >
      > > yang tinggal di Jakarta ini ditambah datang nya
      > VOC
      >
      > > dengan sengaja mendatangkan orang asing untuk
      >
      > > dijadikan bekerja termasuk Tiong hwa, kemungkinan
      >
      > > besar Si Pitung yg dikatakan berasal dari Rawa
      >
      > > belong
      >
      > > mungkin juga salah.....besar , bisa jadi pendatang
      >
      > > dari Santhong karena pesilat -pesilat pengawalnya
      >
      > > Admiral Chengho sudah menggunakan senjata api
      >
      > > mungkin
      >
      > > enggak hipotesa ini ?
      >
      > >
      >
      > > Wassalam
      >
      > >
      >
      > > O'ong maryono
      >
      > >
      >
      > >
      >
      > >
      >
      > > --- amal <amalihsan@mail. tempo.co. id> wrote:
      >
      > >
      >
      > > > Si Pitung tidak ada kaitan sejarah dgn cingkrik
      >
      > > atau
      >
      > > > silat betawi lainnya.
      >
      > > > Beberapa sesepuh silat betawi yg sy temui
      >
      > > > membenarkan hal ini.
      >
      > > >
      >
      > > > Pitung tdk bermain silat seperti di film tetapi
      >
      > > > mengandalkan kekejaman dan
      >
      > > > senjata api hasil curian. Kemana-mana pitung
      >
      > > > menenteng pistol revolver
      >
      > > > lengkap dgn ikat pinggang berpeluru ala koboi.
      >
      > > Untuk
      >
      > > > menghemat peluru, lawan
      >
      > > > yg tdk berdaya dihabisi dgn golok atau pisau.
      >
      > > >
      >
      > > > Aml
      >
      > > >
      >
      > > > On 10/03/08 15:00, sarungkampret wrote:
      >
      > > > > huehhehehehe yang jelas silat itu Bahasa
      >
      > > > Indonesia..
      >
      > > > >
      >
      > > > > silek itu bahasa minangnya silat
      >
      > > > > pencak bahasa silatnya jawa timuran kesana..
      >
      > > > > betawi silatnya menyebutnya main pukulan..
      >
      > > > >
      >
      > > > > sudah dengar bahasa 'baku hantam' versi orang
      >
      > > > makassar belum beh?
      >
      > > > >
      >
      > > > > mungkin si Pitung itu disebut JISAU itu karena
      >
      > > > silatnya main golok kalee
      >
      > > > > beh..
      >
      > > > >
      >
      > > > > kalau main bambu disebutnya ENGGRANG.... .
      >
      > > > >
      >
      > > > >
      >
      > > > > --- On Mon, 3/10/08, O'ong Maryono
      >
      > > > <oong53@yahoo. com> wrote:
      >
      > > > >
      >
      > > > > From: O'ong Maryono <oong53@yahoo. com>
      >
      > > > > Subject: Re: [silatindonesia] Re: Just FYI
      >
      > > > > To: silatindonesia@ yahoogroups. com
      >
      > > > > Date: Monday, March 10, 2008, 5:24 AM
      >
      > > > >
      >
      > > > >
      >
      > > > >
      >
      > > > >
      >
      === message truncated ===


      O'ong Maryono
      La Cascade Condominium, Apt 10C
      1/15 Ekamai Soi 10
      Bangkok 10110
      Thailand.
      Mobile Phone: +6641058853

      E-mail:oong53@...
      www.kpsnusantara.com
    • eddi kurnianto
      ini penjelasan kang iwan, jago silat betawi tahun 1760 an... yang tuaan dari beliau ini udah pada punah bareng dinosaurus... ... [Non-text portions of this
      Message 144 of 144 , Apr 21 11:32 PM
      View Source
      • 0 Attachment
        ini penjelasan kang iwan, jago silat betawi tahun 1760 an...
        yang tuaan dari beliau ini udah pada punah bareng dinosaurus...


        On 4/21/08, iwan setiawan <wan711225@...> wrote:
        >
        > Kalo aliran Sabeni mah....coba dibandingkan ke maenan Kemanggisan,
        > ketiga guru Sabeni sendiri mungkin salah satunya adalah orang yang ahli
        > maenan Kemanggisan. Beberapa teknik tata gerak ada kemiripan....berarti akar
        > ini tak terlalu jauh larinya. Sementara akar dari maenan Kemanggisan bang
        > Ochid sendiri masih nyari tuh....
        > Memperhatikan beberapa teknik Sabeni, baik langkah dan teknik jatuhan
        > sedikit ada kemiripan dengan beberapa teknik silek namun ada juga yang sama
        > dengan penca Sunda. Tapi Colokan Cina punya Sabeni mirip dengan aliran
        > kuntao. Nah...kalau kita lihat semua itu menandakan kecerdasan seorang
        > Sabeni dalam merangkum semua pelajaran baik dari sang guru maupun dari
        > kenyataan di lapangan.
        >
        > Kalo Beksi mah emang maenan Cina.....kalo Cingkrik ade lok be itu seperti
        > pendapat saya di bawah....tapi kalo Cingkrik lebih ada kemiripan dengan
        > Bandrong. Coba tanya ke kang Udin Rudy...atou kita bandingin Sabandar ama
        > Syahbandar, Pamacan ama Silau Macan,...Pangeran Papak di Garut ama yang
        > disini...atau laennya
        >
        > Pengaruh bahasa Cina dalam bahasa maenan Betawi dikarenakan minimnya kosa
        > kata yang ada dalam kaidah bahasa "baru" Betawi. sehingga seorang pendekar
        > yang memiliki tata gerak namun belum memiliki nama dan kaidah penamaan
        > meng"adopsi" kata dari Cina yang kita tahu jauuuuuh lebih tua dan kaya akan
        > makna dan kaidah.....
        >
        > Kalo berpendapat mah....tiap kepala yang kita tanya, bakalan banyak yang
        > kita dapet. Namanya juga pendapat.....(beda-beda dikit wajar....kayak
        > pendapatan juga kan gitu...?!)
        >
        > Kang Amal ini penanya tajeeemmmm....ati ati kalo do'i ngambek (bisa nyolok
        > mata..), Meski dia tour and kelilingnya jauh lebih banyak ke berbagai kota
        > and banyak pengalaman tapi rendah ati...(kadang suka makan ati..),
        >
        > Sebagai kota "kosmopolitan jaman baheula" wajar kalo ada akulturasi dalam
        > bela dirinya, jadi asli ame "asli sono" nye kadang nyampur...bikin kita rada
        > bingung. Ane sendiri bingung kalo ditanya maenan Betawi asli.....(soalnye
        > sampe hari ini belon ketemu ame jago silat Betawi asli kelahiran taon 1756
        > -an....kalo ketemu ntar ane kabarin Kang Amal, Kang O'ong ame kang Didit
        > dll...ane juga bingung ape ade ye?!)
        >
        > itu pendapat orang ceuleupeung kayak saya....
        >
        > salam
        >
        >
        > wans
        > nb: ngebandingin diri jangan ame si Iwan....dia mah gelo...mending ame
        > kang O'ong (misalnya kang Amal kurus, kang O'ong hhhiiii......de)
        >
        > amal <amalihsan@... <amalihsan%40mail.tempo.co.id>> wrote:
        > On 18/04/08 04:00, eddi kurnianto wrote:
        > > kang amal menulis:
        > >
        > > " Akarnya dr betawi sendiri dan dr daerah2 lain. Ada beberapa aliran yg
        > > bisa dilacak sumber akarnya dari daerah2 lain (termasuk sunda) lewat
        > sejarah
        > > perguruan/aliran. Tapi beberapa aliran (yg sy sebut "silat asli betawi")
        > > tidak bisa dilacak asal daerahnya karena besar kemungkinan memang lahir
        > dr
        > > tradisi di betawi sendiri. "
        > >
        > > menarik, tapi saya baru dengar tentang budaya betawi atau tradisi 'asli'
        > > betawi.
        >
        > Coba perhatikan kata-kata sy diatas. Sy bicara ttg 'silat asli betawi' dan
        >
        > bukan soal budaya scr umum.
        >
        > Yg sy sebut silat asli betawi adalah perguruan/aliran silat yg tdk bs
        > dilacak
        > asal daerahnya berdasarkan sejarahnya, dan karenanya, patut diduga lahir
        > di
        > betawi. Mari lngsng masuk ke contoh kasus. Aliran Sabeni.
        >
        > Mari kita lihat sejarahnya. Tidak ada yang menyebut aliran ini berasal
        > dari
        > banten, atau sunda, atau daerah lain. Sejarahnya berhenti pada guru-guru
        > alm.
        > babe sabeni yg berasal dan tinggal di betawi. Mari kita lihat unsur2
        > geraknya. Kalu sy perhatikan unsur2 geraknya, berbeda dengan silat2 sunda
        > yang pernah sy jumpai. Mari kita lihat istilah2 yg digunakan. Tidak ada
        > istilah2 yg menandakan berasal dr suatu daerah lain.
        >
        > Maknanya, tidak ada bukti sabeni dipengaruhi maenpon sunda atau silat dari
        >
        > daerah lainnya. Sy malah melihat sedikit persamaan dgn giek-sao yg
        > diperagakan seorang sespuh. Apa kang didit punya bukti bahwa sabeni
        > dipengaruhi oleh maenpo sunda? Kl ada aliran sunda apa yang mempengaruhi
        > sabeni dan mari kita konfirmasi bersama dgn guru-guru dan praktisi sabeni
        >
        > Mari kita lihat Cingkrik. Mari kita lihat sejarahnya, yg dr penuturan
        > seorang
        > sesepuh, tidak ada hubungan dan pengaruh dr daerah lain. Mari kita lihat,
        > unsur2 geraknya, yg menurut Mas O'ong mirip dgn giek-sao 12 naga. Mari
        > kita
        > lihat istilah2nya, seperti Lok-Beh, yg ada juga d Beksi, Mustika dan
        > lainnya.
        > Mengapa ada kemiripan istilah dan unsur2 gerak ini? Mari kita teliti
        > bersama
        >
        > Kl anda mempertanyakan bukti, bukankah anda juga seharusnya memaparkan
        > bukti
        > atas asumsi anda sendiri? Sy hanya memaparkan pandangan sy disini. Tidak
        > ada
        > niatan merendahkan orang lain apalagi memaksakan pendapat di forum ini.
        > Siapalah sy ini?
        >
        > Pengetahuan sy jauh tipis dibandingkan Mas O'ong Maryono yg sudah meneliti
        >
        > silat sampai ke negeri-negeri seberang. Pemahaman sy jauh lemah
        > dibandingkan
        > Kang Iwan Setiawan yg mengenal unsur2 gerak ratusan aliran. Pengertian sy
        > juga bukan apa-apa dibanding Kang Yana yg memperjuangkan silat di negeri
        > asing. Apalagi dibandingkan dgn Kang Didit yg sudah menjelajahi pelosok
        > nusantara untuk bertemu dgn praktisi2 silat.
        >
        > Mohon maaf kl ucapan sy menyinggung perasaan. Bisa jadi sy memang termasuk
        >
        > orang yg sok-pintar seperti dikatakan kang iwan atau orang yang cuma bisa
        > menebak2 sj spt kang didit bilang. Mohon bimbingan untuk bisa selalu
        > handap
        > asor rendah hati spt para pendekar sekalian. Sekali lagi mohon beribu
        > maaf.
        >
        > Aml
        >
        > > cuma orang yang sok tahu kok
        > > hehehe
        > >
        > > 2008/4/17 amal <amalihsan@...<amalihsan%40mail.tempo.co.id>
        > >:
        > > > Mari kita bahas
        > > >
        > > > On 17/04/08 12:09, eddi kurnianto wrote:
        > > > > pertanyaannya jadi sama. jagoan lokal itu akar silatnya seperti apa?
        > > >
        > > > apakah
        > > >
        > > > > sunda atau jawa tengah atau pendatang swarnadipa? karena tiga
        > kelompok
        > > > > itulah yang menghuni wilayah betawi saat itu.
        > > >
        > > > Akarnya dr betawi sendiri dan dr daerah2 lain. Ada beberapa aliran yg
        > > > bisa
        > > >
        > > > dilacak sumber akarnya dari daerah2 lain (termasuk sunda) lewat
        > sejarah
        > > > perguruan/aliran.
        > > >
        > > > Tapi beberapa aliran (yg sy sebut "silat asli betawi") tidak bisa
        > dilacak
        > > > asal
        > > > daerahnya karena besar kemungkinan memang lahir dr tradisi di betawi
        > > > sendiri.
        > > > Dr mengamati sejarah, unsur gerak dan istilah beberapa
        > aliran/perguruan
        > > > silat
        > > > 'asli betawi' itu, sy tidak melihat ada pengaruh silat sunda pd mereka
        > > > tetapi justru sedikit jejak pengaruh beladiri Cina.
        > > >
        > > > Pendatang Cina dtg lebih awal di Sunda Kelapa (jmn Sriwijaya) dr
        > > > pendatang
        > > >
        > > > manapun baik asing (India, Arab, Belanda dll) maupun domestik (Bugis,
        > > > Jawa,
        > > > Bali, Ambon dll), kecuali melayu. Jd sangat masuk akal pengaruhnya
        > juga
        > > > lumayan kuat. Bukti nyatanya, spt kata Pak Baruklinting, pakaian
        > > > pengantin
        > > >
        > > > betawi.
        > > >
        > > > > Suku yang mendiami
        > > > > wilayah betawi saat itu adalah suku Sunda (tidak selalu > dari
        > > >
        > > > padjadjaran,
        > > >
        > > > > banyak kerajaan sunda tua yang tak kalah mumpuni ilmunya) yang
        > tentunya
        > > > > punya dasar ilmu sunda,
        > > >
        > > > Tidak ada kerajaan tua yg mewarisi ilmu beladirinya yg menjadi aliran
        > > > silat
        > > > saat ini. Apa ada aliran silat yg warisan Sriwijaya, Majapahit,
        > > > Salakanegara, Tarumanegara dll? Apa di Palembang ada silat warisan
        > > > Sriwijaya? Apa di Trowulan ada silat warisan Majapahit?
        > > >
        > > > Tidak ada warisan silat dr kerajaan2 tua karena,
        > > > - Karena ilmu militer itu diwariskan ke penguasa/keluarga kerajaan2
        > muda
        > > > spt
        > > > Pajajaran, Cirebon, Mataram dll.
        > > > - Ilmu & tradisi militer kerajaan2 tua itu belum mengambil bentuk
        > sebagai
        > > > ilmu
        > > > beladiri.
        > > > - Beladiri militer/kerajaan hanya diwariskan secara selektif kpd
        > > > keluarga,
        > > >
        > > > pengawal dan prajurit, tidak ke masyarakat umum.
        > > >
        > > > Baru pada jaman kerajaan2 muda, Pajajaran, Sumedang Larang, Mataram
        > dll,
        > > > ilmu
        > > > militer/kerajaan itu "bocor" ke masyarakat luas. Buktinya, ada banyak
        > > > aliran/perguruan saat ini yg sejarahnya bisa dilacak ke Pajajaran,
        > > > Mataram
        > > >
        > > > dll.
        > > >
        > > > > menurut saya pengaruh Silat dari kerajaan padjadjaran dan kerajaan
        > > > > sunda lainnya pasti cukup besar bagi silat betawi,
        > > >
        > > > Pengaruhnya ada tp tidak kuat. Tradisi beladiri kerajaan berbeda
        > dengan
        > > > tradisi silat Betawi. Kultur silat betawi adalah tradisi rakyat
        > jelata.
        > > >
        > > > Lagi2, penelusuran sy thd sejarah perguruan/aliran2 silat betawi yg
        > > > sumbernya
        > > > dr aliran2 silat sunda, br masuk ke Jakarta pada awal2 abad 20. Jd,
        > > > walaupun
        > > > orang betawi itu asalnya orang sunda, betawi agak terlambat kecipratan
        > > > pengaruh silat sunda.
        > > >
        > > > Tradisi militer dari kerajaan2 spt Pajajaran, Mataram, dll, baru
        > > > diwariskan
        > > > dan mengambil bentuk sbg ilmu silat, besar kemungkinan setelah
        > kerajaan2
        > > > tsb
        > > > bubar. Dalam konteks ini, kemungkinan silat baru mengambil bentuk pada
        > > > abad
        > > > 19. Karenanya, sy percaya kultur cina lebih dulu hadir menyumbang ke
        > > > silat
        > > >
        > > > betawi.
        > > >
        > > > Sy punya otak-atik tabel event sejarah penting dan kemungkinan
        > > > pengaruhnya dlm
        > > > yang menyumbang pada kultur Maen Pukulan. Mari kita semua
        > memikirkannya
        > > > karena sy sendiri msh bingung
        > > >
        > > > ( Jaman = Pengaruhnya pada budaya silat betawi )
        > > >
        > > > -- Jaman Kerajaan2 Tua Sunda = Minim
        > > > -- Migrasi etnis Cina = Kuat
        > > > -- Migrasi etnis Melayu = ?? (aliran silat Citbitik??)
        > > > -- Jaman Pajajaran = Minim
        > > > -- Serangan Cirebon/Demak/Banten: Jaman Banten = ??
        > > > -- Serangan VOC: Jaman Belanda = ??
        > > > -- Serangan/Jaman Jepang = ??
        > > >
        > > > Sy mendapat banyak pencerahan membaca postingan Hart-cone di forum
        > > > Sahabatsilat.com beberapa waktu lalu. Walaupun cuma otak-atik gatuk tp
        > > > statementnya seperti memukul kesadaran. Mari kita lihat
        > > >
        > > > Maenpo (Sunda) = Maen Pukulan (Betawi) ?
        > > > Mana yg lebih dulu, siapa mempengaruhi siapa?
        > > >
        > > > Maen (Betawi) = Main
        > > > Po (CIna) = Fist ---> Tinju/Pukulan
        > > >
        > > > Suliwa (Sunda) = Seliwa (Betawi)
        > > > Mana yg lebih dulu, siapa mempengaruhi siapa?
        > > >
        > > > Su li/Se li= Xu lie (Cina) = sequence ---> urutan
        > > > Wa = Wa (Cina) = to form hollow ---> kosong
        > > >
        > > > > kemungkinan Budaya Betawi memang berusia lebih muda dari budaya
        > lain,
        > > >
        > > > Budaya dan etnis betawi sudah terbentuk sejak abad ke-10. Budaya dan
        > > > etnis yg
        > > > paling muda adalah Banten.
        > > >
        > > > > didit yang sok tahu
        > > > >
        > > > > On 4/17/08, Sarkam <alam_kerok@... <alam_kerok%40yahoo.com><alam_kerok%
        > 40yahoo.com>>
        > > >
        > > > wrote:
        > > > > > hauhahhahaa lucu nih... saya kenal bang rasyid itu siapa..
        > > > > > mainan betawi tradisional beliau udah banyak kosa katanya..
        > > > > > yang disebutin beliau nih adalah ciri permainan beliau..
        > > > > >
        > > > > > masak yang lebih tahu nanya lagi ciri-cirinya?
        > > > > >
        > > > > > -salam untuk para sahabat silat-
        > > > > >
        > > > > > --- On Thu, 4/17/08, abdul rasyid
        > > > > > <princeofbatavia@... <princeofbatavia%40yahoo.com><princeofbatavia%
        > 40yahoo.com>
        > > >
        > > > <princeofbatavia%40yahoo.com>> wrote:
        > > > > > From: abdul rasyid
        > > > > > <princeofbatavia@... <princeofbatavia%40yahoo.com><princeofbatavia%
        > 40yahoo.com>
        > > >
        > > > <princeofbatavia%40yahoo.com>
        > > >
        > > > > > Subject: [silatindonesia] Re: Silat Betawi
        > > > > > To: silatindonesia@yahoogroups.com<silatindonesia%40yahoogroups.com>
        > > > > > <silatindonesia%40yahoogroups.com><silatindonesia%
        > > >
        > > > 40yahoogroups.com>
        > > >
        > > > > > Date: Thursday, April 17, 2008, 12:47 AM
        > > > > >
        > > > > > Salam,
        > > > > >
        > > > > > salut dengan analisa dan penjelasan Bang Amal..
        > > > > >
        > > > > > emang bener Bang, disamping ada unsur bela diri cina nya tentu ada
        > > > > >
        > > > > > juga unsur asli betawi nya.
        > > > > >
        > > > > > pertanyaan nya adalah bagaimana menentukan unsur2 yang menjadi
        > ciri
        > > > > >
        > > > > > khas maenan betawi?
        > > > > >
        > > > > > 1. apakah permaenan tangan yang cepet dan keras?
        > > > > >
        > > > > > 2. apakah tidak adanya tendangan (seperti di kung fu/karate/dll?
        > > > > >
        > > > > > 3. apakah permaenan khas sabetan kaki?
        > > > > >
        > > > > > 4. apakah jurus/langkah2 yang pendek
        > > > > >
        > > > > > 5. dll
        > > > > >
        > > > > > mohon penjelasan para sahabat,
        > > > > >
        > > > > > wassalam
        > > > > >
        > > > > > --- In silatindonesia@ yahoogroups. com, amal <amalihsan@. ..>
        > wrote:
        > > > > > > Sy agak meragukan pengaruh Pajajaran dalam beladiri betawi.
        > > > > > > Soalnya,
        > > > > >
        > > > > > beladiri
        > > > > >
        > > > > > > kerajaan hanya diajarkan terbatas pada keluarga, pengawal dan
        > > >
        > > > militer
        > > >
        > > > > > > kerajaan alias tidak diajarkan ke masyarakat umum. Itupun
        > berbeda
        > > > > >
        > > > > > antara
        > > > > >
        > > > > > > materi yang diajarkan ke keluarga dan puragabaya dengan yang
        > > > > >
        > > > > > diajarkan ke
        > > > > >
        > > > > > > prajurit.
        > > > > > >
        > > > > > >
        > > > > > >
        > > > > > > Sy melihat pengaruh kultur Cina lumayan dominan menyumbang
        > tradisi
        > > >
        > > > Maen
        > > >
        > > > > > > Pukulan betawi. Kedatangan imigran Cina ke nusantara sudah
        > terjadi
        > > > > >
        > > > > > sejak abad
        > > > > >
        > > > > > > 8-9 Masehi sejak jaman Sriwijaya. Di Sunda Kelapa, pendatang
        > Cina
        > > > > >
        > > > > > juga hidup
        > > > > >
        > > > > > > berdampingan dgn penduduk lokal. Banyak dari pendatang Cina itu
        > > > > > > juga
        > > > > >
        > > > > > memeluk
        > > > > >
        > > > > > > agama Islam, seperti terlihat dalam Sensus VOC yg mencatat jml
        > Cina
        > > > > >
        > > > > > Islam yg
        > > > > >
        > > > > > > cukup signifikan.
        > > > > > >
        > > > > > >
        > > > > > >
        > > > > > > Kl melihat aliran2 silat betawi yg ada skr, hampir semuanya
        > > > > >
        > > > > > memperlihatkan
        > > > > >
        > > > > > > jejak pengaruh beladiri Cina dlm unsur gerak maupun istilah.
        > > > > > >
        > > > > > >
        > > > > > >
        > > > > > > Tetapi bukan berarti penduduk lokal tidak memiliki skill
        > beladiri
        > > > > >
        > > > > > asli. Kalo
        > > > > >
        > > > > > > melihat sejarah beberapa aliran beladiri asal Cina, spt Beksi,
        > > >
        > > > Mustika
        > > >
        > > > > > > Kwitang dll, sejarahnya hampir sama. Jagoan lokal bertemu
        > pendatang
        > > > > >
        > > > > > Cina,
        > > > > >
        > > > > > > berkelahi, yang kalah/menang lantas mengajarkan ilmunya.
        > Artinya,
        > > > > >
        > > > > > sudah ada
        > > > > >
        > > > > > > ilmu beladiri lokal, yg brsinggungan dgn beladiri yg dibawa
        > > > > >
        > > > > > pendatang Cina,
        > > > > >
        > > > > > > yg lalu saling memperkaya.
        > > > > > >
        > > > > > >
        > > > > > >
        > > > > > > Melihat kondisi masyarakat jaman itu yg tidak bisa mengandalkan
        > > > > >
        > > > > > polisi/tentara
        > > > > >
        > > > > > > kerajaan untuk menghadapi gangguan kejahatan, maka bisa
        > dipastikan
        > > > > >
        > > > > > budaya
        > > > > >
        > > > > > > beladiri sudah hadir lama, sebagai bekal bagi tiap lelaki untuk
        > > > > >
        > > > > > menjaga diri,
        > > > > >
        > > > > > > keluarga dan kampungnya.
        > > > > > >
        > > > > > >
        > > > > > >
        > > > > > > Spt diutarakan beberapa sesepuh, hampir tiap kampung atau
        > keluarga
        > > > > >
        > > > > > di betawi
        > > > > >
        > > > > > > memiliki maenannya sendiri yang tidak punya nama. "Kagak ade
        > > >
        > > > namanye,
        > > >
        > > > > > > pokoknye maenannye jelek dan berat," begitu biasanya orang-orang
        > > > > > > tua
        > > > > >
        > > > > > betawi
        > > > > >
        > > > > > > ditanya soal ilmu silatnya.
        > > > > > >
        > > > > > >
        > > > > > >
        > > > > > > Jadi silat betawi darimana? Kl menurut sy, ya, dari betawi
        > sendiri
        > > > > >
        > > > > > -sbg budaya
        > > > > >
        > > > > > > rakyat- ditambah unsur kultur Cina. Setelah pendatang nusantara
        > > > > > > lain
        > > > > > >
        > > > > > > berdatangan sebagai tawanan/budak/ tentara bayaran VOC pd abad
        > 18,
        > > > > >
        > > > > > menambah
        > > > > >
        > > > > > > lagi unsur kultur baru, jawa, bugis, bali, dll dalam membentuk
        > > > > >
        > > > > > tradisi silat
        > > > > >
        > > > > > > betawi.
        > > > > > >
        > > > > > >
        > > > > > >
        > > > > > > Tabik
        > > > > > >
        > > > > > > On 11/04/08 08:56, O'ong Maryono wrote:
        > > > > > > > sahabat silat
        > > > > > > >
        > > > > > > > Setuju sekali sependapat boss, yang menjadi unek unek
        > > > > > > >
        > > > > > > > saya seperti ilat kemanten betawi yang perempuan
        > > > > > > >
        > > > > > > > seperti baju cina dan yang laki seperti baju arab....
        > > > > > > >
        > > > > > > > Dan bagaimana dengan beladiri orang betawi berasal
        > > > > > > >
        > > > > > > > dari mana ???//
        > > > > > > >
        > > > > > > >
        > > > > > > >
        > > > > > > > Tolong minta pendapatnya. ...
        > > > > > > >
        > > > > > > > Trims dan
        > > > > > > >
        > > > > > > > Wassalam
        > > > > > > >
        > > > > > > >
        > > > > > > >
        > > > > > > > O'ong Maryono
        > > > > > > >
        > > > > > > > --- abdul rasyid <princeofbatavia@ ...> wrote:
        > > > > > > > > setuju mas eddi, betawi bukan keturunan budak.. tapi
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > kalo disebut
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > BUDAK (ANAK) BETAWI sih boleh lahh...
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > --- In silatindonesia@ yahoogroups. com, "eddi
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > kurnianto"
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > <eddi.kurnianto@ > wrote:
        > > > > > > > > > kalau betawi di tuliskan sebagai keturunan budak
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > ane nggak setuju
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > (biarpun
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > bukan orang betawi). kebetulan ane pernah ngobrol
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > minta petunjuk
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > sama om
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > heuken waktu membuat dokumenter 'djakarta poenja
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > tjerita' jaman
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > dulu.
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > pertanyaannya darimana itu asal usul suku
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > betawi...
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > dulu itu sebagian besar orang bali, bugis dan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > ambon yang ada di
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > batavia
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > dibawa sebagai tawanan dan bukan budak. mereka
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > memang dipaksa
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > bekerja tapi
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > sebagian besar justru para penentang VOC. yang
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > lainnya justru
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > tentara
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > bayaran yang dibeli JP Coen untuk menghadapi
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > serangan dari banten
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > dan mantan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > penguasa batavia, sultan jayawikarta ( batavia
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > dulunya disebut
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > jayakarta
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > karena nama penguasanya jayawikarta, atau lebih
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > dikenal dengan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > pangeran
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > jayakarta atau fatahillah). Setelah jayakarta
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > dikuasai baru JP Coen
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > mengganti nama menjadi batavia.
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > > Suku betawi merupakan pencampuran etnis dari
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > berbagai suku bangsa
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > yang saat
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > itu berdagang disekitar pelabuhan banten dan sunda
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > kelapa. Etnis
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > utamanya
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > adalah pemilik lahan itu sesungguhnya, yaitu
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > orang-orang sunda,
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > bercampur
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > dengan pendatang yang saat itu sudah berdagang,
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > yaitu bugis, arab,
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > cina dan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > melayu deli. Tentunya juga ada campuran dari
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > imigran paksa dari
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > bali, ambon
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > dan lainnya.
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > > Antropolog Universitas
        > > > > > > >
        > > > > > > > Indonesia<http://id.wikipedia .org/wiki/ Universitas_
        > Indonesia>,
        > > > > > > >
        > > > > > > > > > Dr. Yasmine Zaki Shahab,
        > > > > > > >
        > > > > > > > MA<http://id.wikipedia .org/wiki/ Yasmine_Zaki_
        > > >
        > > > Shahab>memperkirakan,
        > > >
        > > > > > > > > > etnis Betawi baru terbentuk sekitar seabad lalu,
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > antara tahun
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > 1815 <http://id.wikipedia .org/wiki/ 1815>-
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > 1893<http://id.wikipedia .org/wiki/ 1893>.
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > Perkiraan ini didasarkan atas studi sejarah
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > demografi penduduk
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > Jakarta yang
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > dirintis sejarawan Australia, Lance
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > > Castle<http://id.wikipedia .org/w/index. php?
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > title=Lance_ Castle&action= edit&redlink= 1>
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > .
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > > orang Betawi tidak hanya mencakup masyarakat
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > campuran dalam
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > benteng Batavia
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > yang dibangun oleh Belanda tapi juga mencakup
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > penduduk di luar
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > benteng
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > tersebut yang disebut masyarakat proto Betawi yang
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > kebanyakan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > adalah orang
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > sunda. tidak mengherankan, karena sesungguhnya
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > batavia ada didalam
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > wilayah
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > kerajaan tarumanegara. .
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > > Menurut sejarah, wilayah Sundapura atau Sunda
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > Kalapa kekuasaan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > Kerajaan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > Tarumanagara, pernah diserang dan ditaklukkan oleh
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > kerajaan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > Sriwijaya dari
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > Sumatera. Oleh karena itu, tidak heran kalau etnis
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > Sunda di
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > pelabuhan Sunda
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > Kalapa, jauh sebelum Sumpah Pemuda, sudah
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > menggunakan bahasa
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > Melayu, yang
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > umum digunakan di Sumatera, yang kemudian menjadi
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > bahasa melayu
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > kreol yang
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > dipakai oleh suku betawi.
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > > betawi sebagai suku sendiri belum tercatat pada
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > sensus VOC tahun
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > 1815.
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > kemungkinan besar, orang Betawi sesungguhnya
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > adalah orang Sunda-
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > Melayu yg
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > lahir sekitar
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > > abad 10, dengan adanya peristiwa perang antar dua
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > kerajaan itu.
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > Betawi
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > memang suku yang masih muda, tapi keberadaannya
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > yang merupakan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > mixing antar
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > berbagai kebudayaan tua, justru mungkin keragaman
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > budaya dan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > kualitasnya
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > malah lebih tinggi.
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > > maaf sok tahu...
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > > FYI:
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > > Ada dua versi yang menjelaskan mengenai asal
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > muasal istilah Betawi.
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > Versi pertama menyebutkan bahwa nama Betawi
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > berasal dari pelesetan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > nama
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > Batavia. Nama Batavia berasal dari nama yang
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > diberikan oleh J.P
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > Coen untuk
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > kota yang harus dibangunnya pada awal kekuasaan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > VOC di Jakarta.
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > Kota Batavia
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > yang dibangun Coen itu sekarang disebut Kota atau
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > Kota lama
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > Jakarta. Karena
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > asing bagi masyarakat pribumi dengan kata Batavia,
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > maka sering
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > dibaca dengan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > Betawi.
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > > Versi kedua menyebutkan bahwa nama Betawi
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > mempunyai sastra lisan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > yang
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > berawal dari peristiwa sejarah yang bermula dari
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > penyerangan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > Sultan Agung
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > (Mataram) ke Kota berbenteng , Batavia. Karena
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > dikepung berhari �
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > hari dan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > sudah kehabisan amunisi, maka anak buah (serdadu)
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > J.P. Coen
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > terpaksa membuat
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > peluru meriam dari kotoran manusia Kotoran manusia
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > yang
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > ditembakkan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > kepasukan Mataram itu mendatangkan bau yang tidak
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > sedap, secara
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > spontan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > pasukan Mataram yang umumnya adalah orang Jawa
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > berteriak menyebut
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > mambu
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > tai�.., mambu tai. Kemudian dalam percakapan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > sehari � hari sering
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > disebut
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > Kota Batavia dengan kota bau tai dan selanjutnya
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > berubah dengan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > sebutan
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > Betawi.
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > > Menurut heuken, saat itu memang orang eropa yang
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > ada di batavia
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > sangat
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > jorok. sesuai dengan kebiasaan abad pertengahan di
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > eropa. Betawi
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > saat itu
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > memang sangat kotor dan tidak higienis, bahkan JP
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > Coen meninggal
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > karena
        > > > > > > > >
        > > > > > > > > > kolera.
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > >
        > > > > > > > > > On 4/4/08, iwan setiawan <wan711225@> wrote:
        > > > > > > >
        > > > > > > > === message truncated ===
        > > > > > > >
        > > > > > > >
        > > > > > > >
        > > > > > > >
        > > > > > > >
        > > > > > > > O'ong Maryono
        > > > > > > >
        > > > > > > > La Cascade Condominium, Apt 10C
        > > > > > > >
        > > > > > > > 1/15 Ekamai Soi 10
        > > > > > > >
        > > > > > > > Bangkok 10110
        > > > > > > >
        > > > > > > > Thailand.
        > > > > > > >
        > > > > > > > Mobile Phone: +6641058853
        > > > > > > >
        > > > > > > >
        > > > > > > >
        > > > > > > > E-mail:oong53@ ...
        > > > > > > >
        > > > > > > > www.kpsnusantara. com
        > > > > >
        > > > > > __________________________________________________________
        > > > > > Be a better friend, newshound, and
        > > > > > know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now.
        > > > > > http://mobile.yahoo.com/;_ylt=Ahu06i62sR8HDtDypao8Wcj9tAcJ
        > > > >
        > > > > [Non-text portions of this message have been removed]
        > > > >
        > > > >
        > > > > ------------------------------------
        > > > >
        > > > > Jembatan Silaturahmi Pesilat Indonesia
        > > > > http://www.silatindonesia.com (Situs Utama)
        > > > > http://www.silatindonesia.com/pustaka/ (Archive Milis)
        > > > > http://www.sahabatsilat.com/ (Webforum)
        > > > > http://www.sahabatsilat.org/ (website English versioan)
        > > > > http://silatindonesia.multiply.com (Blog Foto)
        > > > > http://silat.4-all.org (Milis)
        > > > >
        > > > >
        > > > > Anda juga bisa bergaung dengan Forum diskusi di alamat:
        > > > > http://www.silatindonesia.com/forum/
        > > > >
        > > > >
        > > > > KOMUNITAS PENCAK SILAT INDONESIA
        > > > > ---------------------------------------------
        > > > > SahabatSilat - silatindonesia The Begining Of Global ORientation
        > > > > FP2TS - Forum Pecinta dan Pelestari Silat Tradisional
        > > > > ---------------------------------------------Yahoo! Groups Links
        > >
        > > [Non-text portions of this message have been removed]
        > >
        > >
        > > ------------------------------------
        > >
        > > Jembatan Silaturahmi Pesilat Indonesia
        > > http://www.silatindonesia.com (Situs Utama)
        > > http://www.silatindonesia.com/pustaka/ (Archive Milis)
        > > http://www.sahabatsilat.com/ (Webforum)
        > > http://www.sahabatsilat.org/ (website English versioan)
        > > http://silatindonesia.multiply.com (Blog Foto)
        > > http://silat.4-all.org (Milis)
        > >
        > >
        > > Anda juga bisa bergaung dengan Forum diskusi di alamat:
        > > http://www.silatindonesia.com/forum/
        > >
        > >
        > > KOMUNITAS PENCAK SILAT INDONESIA
        > > ---------------------------------------------
        > > SahabatSilat - silatindonesia The Begining Of Global ORientation
        > > FP2TS - Forum Pecinta dan Pelestari Silat Tradisional
        > > ---------------------------------------------Yahoo! Groups Links
        > >
        > >
        > >
        >
        > ---------------------------------
        > Be a better friend, newshound, and know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it
        > now.
        >
        > [Non-text portions of this message have been removed]
        >
        >
        >


        [Non-text portions of this message have been removed]
      Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.