Final ToR Jambore Sawa

  • ahfi hidayat
    Message 1 of 23 , Apr 2, 2007
      JAMBORE NASIONAL SAHABAT WALHI DAN PERINGATAN HARI BUMI 22 APRIL 2007

      Pendahuluan

      Sudahkah anda peduli, seberapa pedulikah anda.......???

      Persoalan lingkungan hidup dari hari ke hari terus menjadi problem yang menimbulkan dampak lingkungan secara serius, baik bagi lingkungan ekosistem maupun berakibat pada jatuhnya korban manusia (baca: bencana alam) yang terus mengalami peningkatan dan meluas. Tidak bisa dipisahkan memang peran kebijakan pemerintah dan kolaborasi dengan korporasi modal yang diberikan kewenangan banyak hal untuk mengeksploitasi sumber-sumber kehidupan. Akibat eksploitasi ini, lingkungan banyak mengalami degradasi yang akut, mulai semakin rusaknya kawasan ekosistem hutan, ekosistem Daerah Aliran Sungai, ekosistem peisisir, perkotaan, problem ketidakadilan lainnya terkait akses dan kontrol publik atas sumber-sumber kehidupan tersebut.

      Gerakan lingkungan hidup yang dilakukan WALHI saat memasuki tahun ke 27 sejak dia berdiri pada tahun 1980, telah banyak hal yang dicapai baik kuantitatif maupun kualitatif. Mulai dari peran kontrol, pressure group, pendidikan lingkungan hidup, pengorganisasian masyarakat korban lingkungan, perluasan jaringan, penyebaran informasi lingkungan dan peran-peran dinamisator lainnya dalam jejaring gerakan ketika WALHI menegaskan posisinya sebagai organisasi publik.

      Pra dan pasca gerakan reformasi 1998, banyak berdiri lembaga organisasi sosial kemasyarakatan yang juga mulai concern ke persoalan lingkungan hidup, begitu juga partai-partai politik tertentu juga mulai menjadikan lingkungan hidup sebagai salah satu programnya. Meskipun semakin banyaknya lembaga lingkungan hidup yang berdiri ini, tidak sebanding lurus dengan perbaikan kondisi lingkungan dan peningkatan akses-kontrol publik atas sumber-sumber kehidupan. Komersialisasi, privatisasi dan semakin rusaknya lingkungan hidup justru yang terlihat makin membawa dampak serius pada dominasi pengelolaan dan sebab-sebab kerusakan lingkungan.

      Selama 26 tahun WALHI melakukan advokasi, ada potensi sumberdaya yang belum terkelola dengan baik, yaitu publik umum, padahal sebagai sebuah organisasi WALHI yang banyak melakukan advokasi untuk masyarakat, WALHI mempunyai potensi untuk menggalang dukungan publik tersebut. Dukungan ini dalam bentuk relawan yang memberikan tenaga, pemikiran dan ide untuk bersama-sama dengan WALHI meyelamatkan lingkungan hidup. Untuk itu, penggalangan dan pengelolaan relawan telah menjadi salah satu program di Divisi Penggalangan Sumber Daya (PSD) yang baru berdiri sejak tahun 2002 waktu itu, dengan tugas utama menggalang dan memobilisasi dukungan publik baik dalam bentuk uang, orang maupun barang.  Program Penggalangan dan pengelolaan relawan tersebut tak lepas dari kebutuhan WALHI akan perluasan gerakan lingkungan hidup yang melibatkan publik. Sudah mafhum diketahui, bahwa publik mempunyai potensi  dan menjadi sumberdaya tersendiri. Persoalannya menjadi, bagaimana sumberdaya tersebut dikelola dan mengakumulasikannya menjadi pendorong bagi perubahan sosial khususnya dalam perbaikan dan pemulihan lingkungan hidup. Sehingga,  manajemen yang memadai menjadi syarat mutlak, agar terjalin hubungan timbal balik antara WALHI dengan publik.

      Dari pemikiran tersebut maka tercetuslah kebutuhan alat yang bisa digunakan publik untuk dapat terlibat aktif dalam penyelamatan lingkungan hidup bersama WALHI yang disebut Sahabat WALHI. Sahabat WALHI mulai digagas pada pertengahan Juni 2003 lewat pertemuan KNLH di Bogor, dan direkomendasikan untuk pengembangannya yang akhirnya dengan adanya divisi baru yaitu divisi PSD mulai menginisiasi dalam program kerjanya. Dari fase merintis ini, di eksekutif Nasional WALHI dijadikan tempat untuk pilot project pengembangunan Sahabat WALHI, yang kemudian secara bertahap mulai meluas sampai di kantor-kantor WALHI Daerah. Termasuk juga konsep pengelolaannya yang melahirkan sahabat walhi terdiri dari donatur dan relawan. Dalam perjalanannya tim PSD membentuk tim inti dari komponen publik yang melakukan kerja-kerja pengelolaan dan perekrutan calon-calon sahabat walhi yang baru, lewat evant-evant publik, brosur/leaflet. Dengan berkembang di daerah ada tuntutan untuk memperluas konsep pengelolaan dengan pembangunan organisasi sahabat walhinya. hal ini dilakukan di Yogyakarta oleh Sahabat WALHI yang mereka beri nama sahabat lingkungan yogyakarta (shalink yogya), juga berkembang di Jakarta Sobat WALHI, di Sulawesi selatan Sahabat lingkungan Sulsel, Kalimantan Barat SALAK (Sahabat lingkungan Kalbar), dan lain-lain.

      Di bulan Juli tahun 2006 lalu, ada workshop Pengelolaan Sumber Daya yang salah satunya membahas tentang sahabat WALHI dimana perlunya ada arah yang jelas antara pengelolaan Eksekutif Nasional (EN) WALHI dan Eksekutif Daerah (ED) WALHI. Dan pasca pertemuan itu, kini pengembangan dan pembangunan Sahabat WALHI ditekankan di ED WALHI daerah. Tentunya selain ada divisi di WALHI yang bertanggungjawab dalam melakukan koordinasi dengan komponen pendukungnya, namun perlu ada perumusan secara bersama terhadap kelompok pendukung WALHI (Sahabat WALHI) bersama WALHI secara nasional, sehingga terbangun pola koordinasi yang baik, sinergis, dan sistematis dalam mendorong keadilan lingkungan di Indonesia, demi masa depan anak cucu kita bersama.

      Dan di dalam momentum peringatan hari Bumi yang akan jatuh pada tanggal 22 April 2007 ini, maka Kami ingin melakukan kegiatan Jambore lingkungan hidup Nasional dan aksi bersama dalam rangka memantapkan dan menegaskan pembangunan dan penguatan dari partisipasi publik khususnya Sahabat WALHI akan mampu mencetak dan menjadi para pembela lingkungan di Indonesia

      Nama Kegiatan
      Jambore Lingkungan Hidup Nasional Dan Peringatan Hari Bumi Tahun 2007

      Tema Kegiatan
      Dengan Kepedulian Mu, Kita Selamatkan Bumi dari Bencana

      Tujuan
      a.      Berbagi pengalaman tentang pengelolaan Sahabat WALHI antar daerah
      b.      Merumuskan visioning dan langkah strategis  Sahabat WALHI kedepan dalam rangka mendapatkan kejelasan arah dan visi sahabat walhi agar lebih eksis dan maju
      c.       Menyusun pola koordinasi dan komunikasi SaWA secara nasional
      d.      Membangun komunikasi SaWA secara nasional
      e.       Melaksanakan peringatan Hari Bumi 2007melalui aksi bersama.

      Out put
      1. Tersosialisasinya pengalaman pengelolaan sahabat walhi antar daerah
      2. Terumuskannya visioning dan langkah strategis sahabat walhi ke depan
      3. Adanya pola koordinasi dan komunikasi yang jelas bagi sahabat walhi secara nasional
      4. Terbangunnya forum komunikasi Sahabat WALHI  secara nasional
      5. Terselenggaranya aksi kepedulian bersama di dalam peringatan Hari Bumi Tahun 2007

      Bentuk kegiatan
      Bentuk kegiatan adalah paralel semiloka dengan membahas isu lingkungan, konteks kerelawanan, keorganisasian, partisipasi publik dalam penyelamtan lingkungan, dan diskusi pendalaman. Pertemuan ini  dikemas dalam jambore lingkungan hidup nasional.
      Sedangkan jenis kegiatan yang akan dilakukan adalah :
      1.      Pra kegiatan
      1. Ada pertemuan sahabat walhi di level daerah yang hasilnya akan di bawa dalam pertemuan Sahabat Walhi Nasional. Beberapa hal yang perlu dibicarakan dan dipersiapkan berkaitan dengan capaian tujuan di atas.

      2.      Jambore Lingkungan Hidup Nasional
      1. Seminar  (isu lingkungan , kerelawanan, keorganisasian), waktu ½  s.d 1 hari)
      2. Workshop perumusan (sharing, visioning, keorganisasian sahabat Walhi Nasional)
      3. Aksi simpatik (penghijauan, atauaksi dll)

      3.      Paska kegiatan
      1. Pengelolaan dan diseminasi informasi
      2. Kampanye dan pengorganisasian publik
      3. Penguatan Sahabat WALHI di level daerah

      Waktu dan tempat pelaksanaan
      Acara kegiatan ini akan di laksanakan pada tanggal 21 24 April 2006, bertempat di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan.

      Peserta
      Peserta Jambore lingkungan hidup Nasional ini adalah Sahabat WALHI (donatur dan relawan) dan undangan. Peserta ini dibagi dalam kegiatan konferensi dan aksi simpatik :
      -          Konferensi akan dihadiri masing-masing 4 orang utusan dari 25 daerah = 100 org
      -          Aksi simpatik, mobilisasi Sahabat WALHI dari Jawa dan Lampung 1000 org.

      Perwakilan tersebut meliputi :
      1.      Wilayah Sumatra ; Aceh, Sumatra Utara, Riau, Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan dan Sumatra Barat
      2.      Jawa ; Jawa Barat, Jawa Timur, Jogjakarta, DKI Jakarta, Jawa Tengah
      3.      Bali NTB dan NTT,
      4.      Sulawesi ; Sulawesi Tenggara, Sulawesi selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara
      5.      Kalimantan; Kalbar, kalsel, Kaltim, kalteng.

      Narasumber dan fasilitator
      1.      Isnu Handono Jaringan Kerja Relawan Indonesia
      2.      Adhayksa Dault ( Menteri Pemuda dan Olahraga)
      3.      Chalid Muhammad (Direktur Eknas WALHI,
      4.      Iwan Fals (Publik Figur)
      5.      Rahmat Witoelar (Kementrian lingkungan Hidup RI)

      Fasilitator
      Dani W. Munggoro (Inspirit Inc)
      Saiful (Direktur WALHI Jatim)

      Struktur Kepanitiaan

      Ketua                          : Malika
      Wakil                          : Dodo
      Keuangan                  : Nadya
                                            Reza

      Keskretariatan          : Suhud
                                            Taya
                                Ruli
                                            Dian Guru
                                            Ponco
        Wawan
        Esa
        Mira
        Katel

      Media Relation         :Fahmi
      Andre
                                          Akap

      Logistik                      :Yogan
      Rochim

      ·         Akomodasi           Joker

      ·         Transportasi :       Badak
                  Ahmad
      ·         Konsumsi :           Ega
                  Mamed

      ·         Kesehatan             :           Upit
                  Uti
                  Ifi

      ·         Perlengkapan :     Arshad
      Iman
      Tyo
      Abit
      Beni
      Aan

      Acara                          : Bagoes
                               Desi
                                           Mayang
                                           Dian
                                           Lenca
                                           Terit

      Publikasi                    : Roni

      Dokumentasi                         :Angga
                                          Rima
                                    Uqie
                                          Farhan

      Susunan Acara Jambore Nasional Sahabat Walhi 2007

      Sabtu, 21 April 2007

      • Pembukaan oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup, Direktur Walhi Nasional, Direktur WALHI Jakarta, dan Panitia pelaksana Jambore
      • Pentas seni oleh Sahabat Walhi Nasional

      Minggu, 22 April 2007

      • Aksi simpatik Sahabat Walhi di Bunderan HI dan Tugu Monas untuk memperingati Hari Bumi

      Senin, 23 April 2007

      • Penampilan Kreasi Seni oleh Sahabat Walhi
      • Seminar terbuka
      Dengan Tema: Dengan Kepedulian Mu, Kita Selamatkan Bumi dari Bencana
      • Lokakarya

      Selasa, 24 April 2007

      • Visioning Sahabat Walhi
      • Penutupan

      Akan dibuat acara tersendiri untuk memfasilitasi peserta Sawa yang tidak termasuk dalam peserta lokakarya dan workshop visioning. Penggarapan acara ini membutuhkan satu orang perwakilan sahabat walhi di tiap ED untuk mengelola bersama
      Bentuk acara tersebut diantaranya;
      1. out bond.
      2. perlombaan olah raga (sepak bola,voly, dll)
      3. diskusi ringan dengan artis atau public figure yang peduli terhadap lingkungan
      4. cerdas cermat atau kuis tentang lingkungan

      Sahabat WALHI Daerah diminta untuk mempersiapkan materi untuk visioning, yang mencakup;

      1. profil sahabat walhi daerah
      2. visi misi (kalau ada)
      3. pengalaman pengelolaan sahabat walhi (keorganisasian, penggalangan dana, aktivitas program
      4. program kerja kedepan
      5. Lesson learn pengelolaan sahabat walhi
      6. Rekomendasi untuk Walhi Nasional

      Catatan :

        1. Transportasi p/p seluruh peserta ditanggung oleh peserta dari masing-masing daerah.
        2. Peserta jambore dari tiap-tiap daerah maksimal 20 orang, sudah mencakup 4 orang perserta untuk visioning
        3. Setelah sampai di Jakarta, peserta jambore dari daerah langsung menuju ke lokasi jambore di Ragunan, Jakarta Selatan ( peta terlampir via email)
        4. Peserta jambore dari masing-masing daerah diharap sudah mempersiapkan diri untuk pementasan kreasi dan seni pada acara pembukaan tanggal 21 april ( internal opening ) dan tanggal 23 April ( public opening )
        5. Peserta jambore dari masing-masing daerah diharap sudah mempersiapkan diri untuk acara visioning
        6. TOR dan susunan acara ini juga telah dikirimkan melalui email ke masing-masing daerah, mohon dicek dan disosialisasikan dengan baik
        7. Rundown acara lengkap akan dikirim menyusul kemudian via fax dan email
        8. Jika ada kendala dalam jalur komunikasi dan informasi via email hub: kantor walhi jakarta Telp/ Fax : 021-79197814
        9. Untuk memperlancar komunikasi dengan panitia jambore, mohon kirim  segera contact person Sahabat Walhi Daerah anda melalui sms ke inong 0856 130 4274  atau  ponco 0856 919 59330

      RUNDOWN ACARA JAMBORE NASIONAL SAHABAT WALHI 2007

      Waktu
      Acara
      Deskripsi
      PJ
      Sabtu

      19.00-19.30

      19.30-22.00

      Pembukaan
      Direktur Eknas, Direktur WALHI Jakarta, Panitia

      Pentas seni

      Pembuka oleh MC.
      Pemukulan gong, diiringi dengan pembukaan tirai welcome jambore.

      Setiap peserta SAWA daerah menampilkan seni masing-masing daerahnya

      PJ : Bagus, Dian, Enca, mayang,
      MC : bagus coconut, desty
      Minggu

      08.00-10.00

      Aksi
      Tema:
      Peduli Bumi Sendiri

      ( Deskripsi kegiatan aksi menyusul )

      PJ umum: team acara
      Pj aksi:
      Yudiezt, yogan, badaks, bhe-jho
      Senin

      08.00-08.30

      09.00-09.30

      09.30-10.00

      10.00-12.00

      12.00-13.00

      13.00-15.30

      15.30-16.00

      16.00-18.00

      18.00-19.30

      19.30-22.00

      Sarapan pagi

      Pembukaan

      Kreasi seni dan coffebreak

      Seminar terbuka
      Tema :
      -Kerelawanan
      - Isu  lingkungan
      - Organisasi Kepemudaan

      Ishoma

      Lokakarya

      (Message over 64 KB, truncated)
    • ahfi hidayat
      Message 2 of 23 , Apr 2, 2007
        Selamat dan sukses buat Mb.Rahmawati afwan (085669911110)
        yang kemaren berulang tahun pada 2 April..btw yang keberapa neh....

        wah denger2 jg tesisnya dah selesai ya...wah double donk selamatnya...
        sukses ya..

        salam
        wahyu

        ahfi hidayat <shalink_jaemin@...> wrote:
        boss to2n gmn bisa ikut ga????dari jgja kita mo ngrebek jakarta kita mungkin lebih dari 20 orang, ak jg mo ngajakin alain papin jg, dia rencananya  tak suruh nglatih teater lagi..
        ok mpe ktemu

        salam
        wahyu

        esa kimura <yokooso_esa@ yahoo.com> wrote:
        Assalamualaikum,
        Tengkyuuuuuuu. .... Amin ya robbalallamin, makasih doanya buat Wahyu dan Toton,  oya, buat mas toton, setau ku seh ga papa tuh buat ikut soalnya di TOR juga diperlukan 20 orang (max) untuk aksi hari Bumi disana, iya kan Yu? ayo doooooonk!!! kapan lagi gitu lhoo!!! dari SALAK cuma mendelegasikan 5 orang aja (termasuk aku) soalnya kita masih minim SDM dan mesti bagi tugas juga buat persiapan Hari Bumi di Pontianak. Dari Sha-Link berapa orang?? oke deh sampai ketemu tgl 21 April nanti, buat mas toton: DI TUNGGU YA!!! Wassalamualaikum
        -elsa kimura-

        Toton Witono <totonwitono@ yahoo.com> wrote:
        Dear all,

        Met Ultah tuk Mba Elsa nun jauh di Pontianak sono.
        Makin cantik, makin dewasa, makin kaya, ....
        pokokmen makin segala2nya dech..!!
        Semoga.

        Btw, aku pengin tanya dikit neh.
        Kg wahyu, yg mau ikut Jambore di ragunan siapa aza
        neh?
        Meski bukan sbg utusan (peserta) dari Shalink, boleh
        gak aku ikut? sbg partisipan gitu.. sekalian reunian
        neh.. (sperti kata mba elsa).
        kg dadan jg kayaknya msh di jkt, cuma qt belon
        ketemuan.

        Ciao...!!
        toton
        Hp: +62-815.787. 30630

        --- ahfi hidayat <shalink_jaemin@ yahoo.co. id> wrote:

        > Woe... Abang2 & Empok2
        > temen kita ada yang ultah lo,,,
        > namanye Esa Kimura...... kali ini dianye ultah yang
        > ke 24.
        > neh..
        > Selamat ya BUat Mb` ELsa
        > Semoga di Usia yang ke 24 ini Tambah Sukses selalu
        >
        > BEst ReGard
        > Wahyu

        Sucker-punch spam with award-winning protection.
        Try the free Yahoo! Mail Beta.
        http://advision. webevents. yahoo.com/ mailbeta/ features_ spam.html

        Looking for earth-friendly autos?
        Browse Top Cars by "Green Rating" at Yahoo! Autos' Green Center.

        Lelah menerima spam? Surat Yahoo! mempunyai perlindungan terbaik terhadap spam.
        http://id.mail. yahoo.com/

        Lelah menerima spam? Surat Yahoo! mempunyai perlindungan terbaik terhadap spam.
        http://id.mail.yahoo.com/

      • Toton Witono
        Message 3 of 23 , Apr 4, 2007
          April banyak yg ultah neh..
          Ngucapin ultah, meski telat gpp kah?
          better late than never at all, kan?

          Happy B'day to mba Ara(e-chan).
          Semoga tercapai segala yg diinginkan di tahun
          2007 ini...
          Congratulations.. thesisnya dah selesai. hebat eui...!!
          Btw, msh di Jgja ya? kpn neh mbalik kampung halaman?

          Kg wahyu,
          Inzallah aku ikut jambore di ragunan. gampang deh
          aku sempet2in bolos kerja, demi lingkungan ;-) ;-)
          tapi kalau segalanya msih memungnkinkan..

          Kg dadan, dimanakah?

          Salam,
          toton
          Hp: +62-815.787.30630

[...]

          Now that's room service! Choose from over 150,000 hotels
          in 45,000 destinations on Yahoo! Travel
          to find your fit.

        • ahfi hidayat
          Message 4 of 23 , Apr 5, 2007
            ok deh..boss. di tunggu..
            iya neh..dimana neh kang dadan kabarnya?????
            di tunggu partisipasinya si milis ya.....

            salam
            wahyu

            Sekarang dengan penyimpanan 1GB
            http://id.mail.yahoo.com/

          • da2n firdaus
            Message 5 of 23 , Apr 8, 2007
              Assalamu'alaikum wr.wb..

              halooo temen2 shalink...apa kabar semuanya..?
              soriii baru nongol niy, soalnya rumahku ndesoo ga ada warnet...
              buat elsa ma ara, walaupun telat aku mo ngucapin met ultah...semoga kalian sukses and all the best for you deh..
              aku sekarang lagi di jakarta tapi ya... masih PP (pulang Pergi) JKT-Karawang.
              buat mas toton aku di kramat jati belakang pasar induk cuma ya gitu masih pulang pergi.
              insya Allah aku usahain ikut jambore...aku juga kangen banget ma anak angkatan tuek Shalink, sayangnya tanggal itu kayanya bentrok ama panen...maklumlah pak tani niy..
              aku lagi kampanye tani organik di desaku untuk mengatasi ketergantungan pupuk kimia yang udah parah banget...doain usahaku ini sukses ya....
              buat wahyu, epan, candra, ma ayu kalo 20 anak shalink kurang banyak tuh..
              ayo kita bikin gebrakan di jakarta......
              sampai ketemu di ragunan

              Salam perjuangan,

              da2n_tea
[...]

              8:00? 8:25? 8:40? Find a flick in no time
              with theYahoo! Search movie showtime shortcut.

            • Elmy Wibowo Tatang
              Message 6 of 23 , Apr 10, 2007
                aduh dan ciumanmu nyasar ke aku ha....

                terus maju pak tani, jadi marhaen sejati he...

                salam

                da2n firdaus <da2n_tea@...> wrote:
[...]

                Need Mail bonding?
                Go to the Yahoo! Mail Q&A for great tips from Yahoo! Answers users.