Skip to search.

Bertemu Dengan 2 "Pendekar" Pendidikan

  • Mohammad Ihsan
    Message 1 of 3 , May 1, 2008
      Kemarin, Rabu 29/4/2008, kami dari beberapa orang aktivis Klub Guru, yaitu Satria Dharma, Ahmad Rizal (Nanang), Bagiono, Darmaningtyas, dan saya (M.Ihsan), berkesempatan untuk berkunjung ke tempat tinggal Pak Gatot HP yang baru di daerah Pondok Indah Jakarta Selatan. Kami disambut dengan meriah oleh "Menteri Jardiknas" beserta istri yang ramah tersebut. Karena kebetulan kami sama-sama berasal dari daerah Jawa Timur maka pembicaraan lebih didominasi oleh bahasa Jawa Jawa Timuran. Sambil menikmati hidangan sate ayam dan sate kambing kami ngobrol dengan gayengnya tentang berbagai hal tentang yang berkaitan dengan pendidikan. Tentu saja Pak Gatot menjelaskan panjang lebar tentang tugas barunya di SEAMOLEC dan kami menjelaskan tentang Klub Guru.

      Klub Guru memang berniat untuk membuka perwakilan Klub Guru Jabodetabek dan kami bahkan sudah menentukan tanggal acara seminar sekaligus peluncuran (launching) Klub Guru Jabodetabek. Teman-teman guru dan aktivis pendidikan dari berbagai elemen sangat antusias untuk membantu kami dan mereka bersedia untuk menjadi panitia seminar dan launching peluncuran (launching) tersebut.

      Lantas apa perlunya menemui Pak Gatot? Pertama ya memang ingin kenal langsung dengan salah seorang mantan pejabat Depdiknas, yang dosen ITB, dan yang punya reputasi sebagai tokoh pembaharu dan inovator di bidang pendidikan. Ternyata meski sebagian besar dari kami baru sekali itu bertemu muka, beliau bahkan sudah mengenal kami dari tulisan kami baik di milis maupun di surat kabar. Ini berarti bahwa beliau betul-betul mengamati apa yang di kami tulis di milis dan siapa menulis apa! Sungguh mengagumkan bahwa beliau yang begitu sibuk masih sempat untuk memperhatikan dan mengamati milis Dikmenjur bahkan tahu siapa-siapa saja yang menulis disana di sana.

      Kedua, kami memang membutuhkan dukungan dari orang-orang yang kami anggap sebagai tokoh muda dan pembaharu di bidang pendidikan agar kami dapat membuka perwakilan Klub Guru di Jabodetabek dengan mudah. Beliau ternyata juga sangat antusias dan bahkan memberikan dukungan sepenuhnya. Bahkan beliau bersedia membuat link antara website Klub Guru dan SEAMOLEC. Artinya website SEAMOLEC dapat dibuka di web Klub Guru dan begitu juga sebaliknya. Beliau juga bersedia membantu membukakan akses kepada bagi para guru dan kepala sekolah di lingkungan pendidikan pada umumnya, khususnya pendidikan kejuruan yang dikenalnya dengan baik, agar dapat terlibat dalam Klub Guru di mana pun.

      Dari mana kami mendapat nama dan akses Pak Gatot HP tersebut? Kami mendapat rekomendasi dari seorang yang sangat mengenal beliau, yaitu Pak Indra Djati Sidi, mantan Dirjen Dikdasmen Depdiknas. Kami memang bertemu dan berdiskusi tentang Klub Guru dengan beliau sehari sebelumnya di Menara Mulia. Beberapa dari kami sudah mengenal baik Pak Indra Djati sebelumnya dan pertemuan tersebut terwujud karena bantuan Pak Bagiono yang mengusahakan terwujudnya pertemuan dengan beliau. Pak Indra Djati juga sangat mendukung dan bersedia membantu sebisa mungkin berdirinya Klub Guru di mana pun di tanah air ini. Beliau juga bersedia untuk mengisi acara Klub Guru di mana pun sepanjang memungkinkan. Beliau jugalah yang merekomendasikan Pak Gatot. Seorang pemimpin hebat merekomendasikan pemimpin hebat lainnya.

      Dengan dukungan dua orang hebat tersebut kami menjadi semakin mantap untuk mendirikan Klub Guru di seluruh nusantara demi terwujudnya impian guru Indonesia yang kompeten dan profesional.

      Melalui milis ini kami mohon dukungan para guru dan aktivis pendidikan di mana pun agar kami dapat menjalankan misi kami dalam membantu meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru melalui Klub Guru.

      Jakarta, 1 Mei 2008

      Regards,
      Mohammad Ihsan,
      Sekjen Klub Guru

      Website: www.klubguru.com
      Milis: edukasiguru@yahoogroups.com
      Email: ihsan@...

    • yanti kerlip
      Message 2 of 3 , May 5, 2008
        Menyedihkan sekali
        tidak hanya orang biasa yang senang sowan ke pejabat eh mantan pejabat
        aktivis klub guru yang didominasi bukan guru pun melanggengkan hal serupa
        Sudah saatnya belajar mandiri, melepas ketergantungan pada pihak manapun
        Organisasi guru harus didirikan dan diurus oleh guru

        Sangat appreciate terhadap teman-teman aktivis yang sangat peduli membangun
        profesionalisme guru. Tapi akan sangat lebih baik jika membangun
        profesionalisme guru
        dengan memberi ruang yang sebesar-besarnya bagi guru itu sendiri untuk
        mengurus
        organisasi profesi dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan tentunya
        meninggalkan
        cara-cara lama yang melanggengkan feodalisme.

        JANGAN TAKUT JADI GURU!
        menjunjung HAM dan melindungi hak-hak anak, membangun profesionalisme dan
        cintai perubahan

        Yantikerlip
        union organizer FGII

        Pada 2 Mei 2008 05:40, Mohammad Ihsan <mohammad.ihsan@...> menulis:

> [...]
        > mana pun agar kami dapat menjalankan misi kami dalam membantu meningkatkan
        > profesionalisme dan kompetensi guru melalui Klub Guru.

      • Mohammad Ihsan
        Message 3 of 3 , May 7, 2008
          mbak yanti, nggak usah bersedih, hehe....

          klub guru akan menemui siapa saja pihak yang kira-kira bisa memberikan
          kontribusi pada upaya peningkatan kompetensi guru: ya pejabat, mantan
          pejabat, pengusaha, profesional, dan tentu saja para guru dan aktivis
          pendidikan..

          para penggerak klub guru di daerah dan termasuk jabodetabek yang akan
          dilaunching kebanyakan juga para guru kok... tapi memang klub guru
          tidak membatasi hanya beranggotakan guru, siapa saja boleh asal peduli
          pada dunia pendidikan dan keguruan...

          masuknya para profesional dari it company, atau wartawan dan penulis
          yang turut bergabung, sangat memperkaya wawasan dan mengasah kemampuan
          para guru untuk menulis dan menggunakan ict dalam pembelajaran...
          bukankah ini sinergi yang menarik? semua terlibat dalam upaya
          mengupgrade para guru indonesia..

          demikian..

          salam edukasi guru,

          mohammad ihsan,