Re: [sekolahrumah] Digest Number 1828

  • hdianti
    Message 1 of 1 , Dec 15, 2012
      Dear mom Ero en Chica.

      Saya dulu juga ngalamin yg sama. Sampe bolak balik ditegur sama member disini bahwa tujuan HS bukan ijasah en banyak kurikulum yg bs dicari. Akhirnya karena kbanyakan info yang saya cari saya malah bingung. Saya endapkan, akhirnya pas dibaca lagi satu persatu baru saya paham. Wkwkwkwk.... Malah curcol.

      Saya cerita dulu yah?
      Saya juga kerja. Anak saya 2 Koko Yahya (7y) en Koko Sea Hawk (3y). Dulu Yahya yg maw saya HS, batal krn ortu saya kekeh Yahya harus skolah. Akhirnya setelah masuk SD en skrg klas 2 mulai muncul masalah kayak mom Ero.
      Saya sadar dr balita Yahya sangad kinestetik. Cuman masih nda paham mesti gmn. Akhirnya pas saya tanya guru wali kelasnya soal Yahya di sekolah. Wahhhh....... Langsung panjaaaaaaaannngggggg urusannya. Hahahaha.... Anak saya sangad tidak konsentrasi, sibuk maen sndiri, gak bs duduk diem. Suka ngabur kluar kelas kalo pas les pelajaran tambahan. Nilai gk usah ditanya. Kira2 ajah sndiri menurut mom Ero, hehhehehe...
      Sebenrnya tmn sy yg dlu gurunya Yahya ngaji prnah komplain soal Yahya yg mnurut dia mengganggu bgt tp saya cmn senyum2 ajah.

      Berbekal beberapa komplain, saya bawa koko Yahya ke psikiater anak. Jelas dsana dia kinestetik seperti dugaan saya awalnya. Ada kelemahan Yahya yaitu dia krg bs fokus en td bs blajar dl jumlah org byk (kudu satu lawan satu). Point plusnya, Yahya pantang menyerah, bisa mencari solusi kalo ada masalah.

      Sekarang ke step2 pertanyaan mom Ero.
      1. Ada baiknya bawa anak untuk konsultasi dg pikolog supaya kita paham betul anak kita. Tapi kalo mom Ero yakin sudah taw betul karakter anaknya en tau mesti gimana hadapi anaknya, silahkan ajah maju.
      Setelah tau karakter dan sifat anak, tau cara menghadapinya. Cari buku bacaan pendukung. Saya sih nda bgtu byk pny referensi, cmn saya beli smua karya Munif Chatib (buka promo). Trus krn anak saya yg kdua anak alam, so spy gk susah handel 2 tipe belajar anak dan bs combine. Saya beli ttg pengajaran outdoor.
      Saat ni saya blm mulai krn byk krjaan en masih 1 semester lg Yahya skola so rencananya abis ni say: baca sampai tuntas buku pendukung, konsultasi dg guru skola utk materi plajarn smester brikut en buad jdwal kegiatan. *mohon doa smoga lancar*

      2. Kurikulum bisa pilih maw Cambridge (sayang Indonesia gak trima ni ijasah), maw paket A, B en C (ni ringan punya, sayang ada beberapa jurusan gak maw trima lulusan paket C). Sejauh ni saya taw ini ajah. Rencananya saya maw daptar sama bu Yayah d Jakarta. Sukur2 bisa ke Jakarta konsul dengan belio (skali lg bukan promoy)

      3. Sampai saat ini soal ngajar jg masih jd perdebatan saya dg suami (belio gk dukung HS krn mrsa brhasil dg pndidikan umum. En menurut dia, kegagalan saya en kepedihan saya saat dulu skola umum adalah kebodohan saya semata). Cuman kalo berdasarkan pengalaman beberapa orang tua, ajarkan ajah sebisa yang ortu ajarkan. Kalo ada yang gak dikuasai kn bs panggil org yg bs ngajar kan, bs mahasiswa (ala les gitu) bisa temen kita (yg jago bidang itu) dll.
      Misal: saya bisa soal bhs Inggris tp klo ngajarkn gk taw krn blm coba. Nah kalo matematika saya dulu jelek tapi saya mikirnya saya kn sekarang udah byk pngalaman. Masak perkalian ajah gak bisa, hehehehe..

      4. Ada permainan konsetrasi yang diajarkan sama psikolog anak saya pas kami konsul. Kata belio, lakukan permainan itu 15-30mnt sm blajar. Juga disarankan anak saya untuk belajar berenang utk pelepasan energi.

      Saat ini saya juga sangad mempertimbangkan untuk resign. Sedang tunggu waktu untuk Yahya selesaikan semester ini sambil cari info bu Yayah.