Re: [sekolahrumah] Yahudi yg pandai

  • er_hezk@yahoo.com
    Message 1 of 17 , Feb 11, 2012
      Sependapat dgn Mbak Widya....sy kira tidak ada hubungannya dgn agama. Justru kita harus bs mengambil ibroh (pelajaran) dari satu kultur bangsa dlm hal ini Yahudi. Selama tidak bertentangan dgn prinsip agama (aqidah+sunnah sbgi muslim) yg kita anut, why not??? Toh ini jg buat kemashlahatan umat manusia, supaya generasi ke depan lebih berkualitas.

      Jangan jg dikaitkan dgn perseteruan bangsa Yahudi dgn Palestina yah...
      Wallahu'alam bi shawab
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      From: ridza_mp@...
      Sender: sekolahrumah@yahoogroups.com
      Date: Thu, 9 Feb 2012 14:26:33
      To: sekolah rumah<sekolahrumah@yahoogroups.com>

      Salam hanya ikut bersuara. Sekedar satu orasi saja untuk memotivasi rekan yg muslim.

      Rekan2 yang muslim dan baik, yakinlah sebanyak apa pun orang yahudi, tidak akan melebihi banyaknya umat Islam. Dan umat Islam yang cerdas itu lebih banyak dari sekedar yahudi.

      Ukuran pandai dalam berusaha atau majoring this and that bagi umat Islam selalu dikaitkan dengan taqwa. Umat Islam yang baik adalah yang berusaha dengan jujur. Mereka yang menguasai ilmu dunia itu dibarengi keyakinan bahwa yang memberi ilmu dan kompetensi itu adalah Allaah? Mereka adalah yang berbahagia di dunia dan akhirat.

      Derajat manusia dalam pandangan Allaah Yang Maha Benar adalah dinilai dari taqwanya.

      Hanya yang bertaqwa kepada Allaah saja, yang hidup dalam kualitas tinggi. Umat Islam yang bertaqwa.

      OK, makasih.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      From: ranidewiyani@...
      Sender: sekolahrumah@yahoogroups.com
      Date: Thu, 9 Feb 2012 05:43:02
      To: <sekolahrumah@yahoogroups.com>

      Terima kasih atas infonya..
      Salam,
      Rani
      Sent from BlackBerry® on 3

      Message 2 of 17 , Feb 12, 2012
        Moderator milis 'sekolahrumah' yth.

        Setuju dengan yg disampaikan Widy Agung.
        Saran saya: Topik ini di-moderate aja (distop)
        Terima kasih.
        Amos

      • inimier@yahoo.com
        Message 3 of 17 , Feb 13, 2012
          Asw wr wb,
          Salam kenal dan sejahtera semuanya :)

          Saya mau bertanya tentang kurikulum IB dari Cambridge. Bagaimana cara mendapatkannya? Dan apakah bisa diperoleh perorangan tanpa anak harus bersekolah di sekolah berkurikulum IB?

          Note :
          Pengetahuan awal saya ttg kurikulum IB ini diperoleh minggu lalu, saat jadi guru tamu di BPK Penabur Int. School Bandung. Saya lalu jatuh cinta hehe pada mata pelajaran UoI (Unit of Inquiry) *cmiiw di sekolah tsb.

          Contohnya untuk anak kelas 3SD :
          Tema ttg water.

          Week 1:
          Why is water important for living things.
          What do living things use water for.

          Week 2:
          Sources of water.
          Where can we get water from.
          Where does water go after we use it
          (Mereka meneliti jejak air, dari selokan kecil depan sekolah, lalu ke selokan lbh besar di Jln. Merdeka dekat Balai Kota, lalu ke Sungai Cikapundung yg di Kebon Sirih, lalu ke Sungai Cikapundung yg di Banceuy)

          Week 3 :
          Water Cycle

          Week 4 :
          Distribution and availability of usable water.
          Goal pembelajaran mengenai distribusi dan availabilitas air bersih, kami ingin anak-anak mengerti adanya ketidak merataan dlm distribusi air. Jadi anak-anak dibawa ke tahap problems, untuk kemudian minggu depan mereka bisa berpikir untuk solusi yg bisa mereka lakukan utk membantu masalah kelangkaan air ini. Juga anak-anak sadar bahwa selama ini mereka bisa menggunakan air dgn tidak terbatas tetapi org lain sgt membutuhkan air

          Week 5:
          Our responsibility regarding water

          Goal pembelajaran minggu depan mengenai distribusi dan availabilitas air bersih, kami ingin anak-anak mengerti adanya ketidak merataan dlm distribusi air. Jadi anak-anak dibawa ke tahap problems, untuk kemudian minggu depan mereka bisa berpikir untuk solusi yg bisa mereka lakukan utk membantu masalah kelangkaan air ini. Juga anak-anak sadar bahwa selama ini mereka bisa menggunakan air dgn tidak terbatas tetapi org lain sgt membutuhkan air. Kurang lebih spt itu, Ibu.
          Powered by Telkomsel BlackBerry®
        • osusanto@gmail.com
          Message 4 of 17 , Feb 14, 2012
            Salam sejahtera, Kawan.

            IB adalah kurikulum dari IBO, yang websitenya bisa diakses di www.ibo.org, bukan Cambridge.

            Saya pernah mengajar MYP (Middle Years Program) di SPH dan disana saya melihat bahwa memang IB DP (Diploma Program) memiliki tuntutan keterampilan berpikir yang lebih tinggi.

            PYP (Primary Years Program) nya malah menyenangkan dan memberikan stimulasi belajar kepada anak2. PYP Students Profile nya juga bagus sekali untuk mengembangkan soft skill dan life skills anak2.

            Hanya saja, saya belum melihat adanya kesempatan bagi para homeschoolers untuk menerapkan kurikulum International Baccalaureate bagi putra-putri mereka.

            Salam,
            Osu

            Message 5 of 17 , Feb 14, 2012
              Yup mb Hezka, baik kita tiru, jelek ya jangan ditiru.
              Setiap bangsa pnya kearifan masing2, kl bs kita ketahui kebaikan setiap bangsa, n kemudian kita tiru, pasti kita semua bertambah baik setiap hari.

              Salam
              Widya

              Message 6 of 17 , Feb 14, 2012
                Tdk usah distop pak Chris, berbagi kebaikan n ilmu itu baik koq. Wong itu yg nulis pak Chappy Hakim tokoh nasional koq, sayang kan kl tdk diketahui banyak org.
                Sy sj berterimakasih pd yg kasih info, soale jarang surfing di internet.
                Kl ada yg kurang pas, ya diberi tahu, setelah itu semua terserah masing2.

              • christopher 6699
                Message 7 of 17 , Feb 15, 2012
                  Betul Widy.
                  Jika untuk diketahui saja, kan sudah dipublish di awal; jadi tidak
                  perlu dibahas (apalagi diperdebatkan) lagi.
                  Sekarang kita fokus pada topik lain berkaitan sekolahrumah

                  Tks,
                  Amos

                • nietzsche mozart
                  Message 8 of 17 , Feb 15, 2012
                    hallo..
                    saya saat ini bekerja sbg asisten guru di salah satu sekolah internasional di Jakarta yg menerapkan PYP. betul seperti dijelaskan oleh kawan osu. tapi, jangan mundur dulu dari keinginan membuat PYP bagi homeschooler, sebab intinya dari yg kulihat dan kurasakan selama 2 tahun di sekolah ini, kita bisa lakukan di rumah saat mendidik si kecil dengan homeschooling dengan tujuan apapun (yg positif bagi si anak, tentunya), termasuk menempatkan soft skill dan life skill dalam goalnya. karena homeschooling memang bertujuan untuk "menciptakan" pendidikan yang sesuai kemampuan penyelenggara, namun dengan goal maksimal, selama kita mampu, dan yang terutama ANAK MELAKUKAN TANPA TEKANAN.
                    -aim-

                    Dari: "osusanto@..." <osusanto@...>
                    Kepada: sekolahrumah@yahoogroups.com
                    Dikirim: Rabu, 15 Februari 2012 13:14
                    Judul: Re: [sekolahrumah] Kurikulum IB Cambridge

                    Message 9 of 17 , Feb 20, 2012
                      Saya malah tertarik bagian bawah tulisan ini:

                      "Tinggal, pertanyaannya adalah, apakah kepintarannya itu banyak manfaatnya bagi peningkatan kualitas hidup umat manusia secara keseluruhan.." <<--- bacanya jd ingat George Soros... ^^

                      "Sebaik-baik manusia adalah yang paling berguna bagi manusia (lain)." (HR. Ath-Thabarani dan Ad-Daruquthni, hadits hasan)

                      UA