Re: [sekolahrumah] belajar tentang robot

  • G. Lini Hanafiah
    Message 1 of 27 , Jan 26, 2012
      salam kenal mbak Indah,
      kebetulan saya pakai robotika juga. anak2 umur 8,5 n 6 th
      dulu saya trainer di sebuah tempat kursus robotika yang pake merek LEGO
      ada yang bisa dibantu?

      Salam Damai,
      G. Lini Hanafiah
      Via Lattea Foundation
      Via-Lattea[dot]org <http://www.via-lattea.org>
      YukNulis[dot]com <http://www.yuknulis.com>
      @thegaris

    • indah Sari
      Message 2 of 27 , Jan 27, 2012
        Wah salam kenal juga mba lini.^_^

        banyak banget nih pertanyaan yang berkecamuk dipikiran saya :

        1. Dimana kah saya bisa mendapatkan source pembelajaran robotika dasar, serta tips-tips berkreasi dengannya
        2. Kalo mau beli peralatannya yang murah dimana ya mba? dan kira-kira berapa budget yang dibutuhkan untuk ini
        3. Bisa kasih tips pertama kali mengenalkan robotika kepada  anak?
        4. Apa mba lini punya silabusnya yang dibuat sendiri? cuma mau tau aja contohnya gimana

        maaf ya mba nanyanya borongan, karena penasaran dan antusias ^_^

        maaf kalo kurang berkenan dan terima kasih atas jawaban-jawabannya.

        ________________________________
[...]

        YukNulis[dot]com
> [...]

        >Saya ingin mengajarkan anak saya nabila (5)  dengan menggunakan media robotika, tapi karena saya masih awam jadi bingung...

      • Widoyo
        Message 3 of 27 , Feb 1, 2012
          Salam kenal mbak Indah dan mbak Lini,

          Link ini menjual kit robot:
          1. geraicerdas.com
          2. indorobotika.com

          Namun menurut saya ini robot elektronik yang dirakit sendiri, perlu
          mengerti tentang rangkaian elektronik dan pemrograman yang bayangan
          saya belum bisa dipakai untuk anak usia 5 tahun.

          Kecuali mungkin menyusun permainan yang membentuk robot, seperti
          disampaikan mbak Lini.

          --
          Widoyo
        • kamilah hidayat
          Message 4 of 27 , Feb 2, 2012
            salam kenal untuk semuanya :),
            ikut nimbrung sekedar berbagi belajar robot buat newbie/pemula (level anak-anak 5+ keatas), bila belajar robotnya di dasarkan pada  perancangan sendiri, semisal pembuatan robot line tracer,langkah-langkahnya sebagai berikut:1.pngenalan komponen dasar seperti resistor, variabel resistor, led, photodiode, transistor dan op-amp [tentu ke anak kita berikan penjelasan dari masing-masing komponen sesuai level usia dengan menyederhanakan bahasa, angar anak mudah menngkap maksud kita:)]2.mulai masuk ke sisi aplikasi, sebagai contoh misal pembuatan line tracer, tentu diawal kita harus memahami blok rangkaian dari pembuatan line tracer, adapun blok diagram pembuatan line tracer secara sekuensial terdiriri atas:sensor-->comparator-->motor driver-->motor selanjutnya ke tahap berikutnya,3. desain mekaniknya yaitu pembuatan/design chasisnya sesuai selera bagaiman bagusnya agar mobil line tracernya kelihatan menarik untuk anak-anak:), yang penting design dari chasis
            mempertimbangkan peletakan batere dan sensor.
            semoga bermanfaat dan selamat mencoba:)
            salam,ummu ammar

            Message 5 of 27 , Feb 3, 2012
              MBak Indah,

              Barangkali untuk anak 5tahun belajar dengan Lego (link di bawah ini)
              mungkin lebih tepat kepada obyek yang dipelajarinya. Jikalau belajar
              tentang rangkaian elektronik, pemrograman, perakitan dan sebagainya
              sasaran belajar tentang Robotnya menjadi berkurang.

              http://nextsys.web.id/edukasi/lego-mindstorms-nxt

              --
              Widoyo