Re: [sekolahrumah] PTN yang menerima ijazah homeschooling (paket C)

  • i_qayim@yahoo.com
    Message 1 of 14 , Jun 29, 2011
      Ibu / Mbak Ustin_Dwi dan rekan milis

      Per peraturan semua ptn wajib terima ujian kesetaraan, namun ada beberapa hal yg dapat saya kemukakan:

      1. Sebelum lahir permendiknas ttg penerimaan mhs baru, ptn mempunyai banyak jalur masuk, misal (sejenis 'ujian masuk' dll), snmptn, pmdk dll)

      2. Mulai tahun ini (thn akademik 2011 -2012) ptn hanya ada snmptn dan "mandiri", SNMPTN terbagi 2 yaitu snmptn undangan dan snmptn ujian tulis. Pada kasus snmptn undangan paket kesetaraan agak sulit, krn umumnya sekolah rumah tak punya rapor reguler per semester, padahal undangan hanya pada sekolah dgn kriteria tertentu dan berdasarkan pada nilai rapor. Pada kasus snmptn ujian tulis, tak ada masalah bagi pemegang ijazah kesetaraan utk ikut ujian tersebut (berlaku nasional).

      3. Utk jalur masuk mandiri, tergantung pada kebijakan masing2 ptn. Ada ptn yg mempunyai jalur mandiri berdasarkan rapor, kerjasama dan ujian tulis. Jika jalur mandiri ujian tulis, maka ijazah kesetaraan dapat diterima

      Semoga dapat membantu
      Wass
      IbNul Qayim
      Orng tua anak HS yg baru ikut ujian SMP, alhamdulilah lulus.....sekarang HS lagi, insya Allah

      Sent from my BlackBerry�
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      Message 2 of 14 , Jun 29, 2011
        Mba Ustin,
        Di ITB bisa, ada rekan satu angkatan yang dulu tidak mengikuti pendidikan formal SMA sederajat.

        Harusnya hal ini termuat di dalam website masing-masing PTN, untuk syarat-syarat pendaftaran masing-masing PTN.

        Salam,
        dhani
        E: mohammad_ramadhani@...

        Message 3 of 14 , Jun 29, 2011
          Salam Kenal mbak Ustin,
          Tentang PTN yang menerima lulusan homeschooling, saya ingin sharing sedikit.
          Keponakan saya sekarang semester 6 di Fak Geografi UGM memiliki teman yang
          lulusan homeschooling. Semoga info ini bermanfaat.

          ________________________________
          Judul: [sekolahrumah] PTN yang menerima ijazah homeschooling (paket C)

        • ustin_dwi@yahoo.com
          Message 4 of 14 , Jul 7, 2011
            Terima kasih u pak ibnul qayim, pak dhani dan mbak uli.

            Informasi sudah saya terima dan teruskan ke teman saya.

            Saya sendiri, tampaknya masih jauh ke jenjang kuliah karena anak saya yg HS msh kelas 6SD.

            salam
            Ustin
            Sent from my BlackBerry®
            powered by Sinyal Kuat INDOSAT
          • ustin dwi
            Message 5 of 14 , Jul 11, 2011
              terima kasih u mbak ully, pak dani dan pak ibnul qayyim yang telah menjawab pertanyaan saya.

              Semua telah saya sampaikan kepada rekan yang menanyakannya, dan tentunya juga sangat berguna bagi saya yang mempunyai putri HS kelas 6SD

              matur nuwun
              ustin