Umbrella School

  • dini murbarani
    Message 1 of 10 , Nov 1, 2010
      Halo... untuk semua, mohon info lengkap tentang Umbrella School dan penerapannya
      di Indonesia. bagaimana payung hukumnya?
      terima kasih.

    • Sumardiono
      Message 2 of 10 , Nov 1, 2010
        Mbak Dini,

        Kebijakan tentang Umbrella School itu pernah dibahas dan dirancang oleh
        Diknas beberapa tahun yang lalu. Saya termasuk salah seorang praktisi HS
        yang diminta masukan dalam salah satu sesi pembahasan mengenai ini.
        Tetapi, kemudian tak ada lagi kabar berita mengenai hal ini.
        Kelihatannya rancangan kebijakan ini tak berkembang dan tak pernah
        terlahir menjadi sebuah kebijakan.

        Dalam prakteknya, umbrella school itu berjalan karena inisiatif dan
        keberanian dari pengelola sekolah. Mereka membuka diri untuk praktek itu
        karena berbagai alasan. Mungkin mereka menilai isunya lebih ke masalah
        administrasi pendidikan, bukan pada esensi proses belajarnya. Ada juga
        yg membuka diri karena itu artinya adalah pemasukan bagi sekolah.

        Model umbrella school yang ada di lapangan beragam: mulai yang
        mengizinkan masuk hanya beberapa kali seminggu hingga mengizinkan ikut
        ujian di tingkat akhir. Pada model ujian di tingkat akhir, pendaftaran
        dilakukan di awal masa sekolah pada kelas terakhir (kelas 6 SD, 3
        SMP/SMA). Selanjutnya siswa didaftarkan ikut ujian akhir untuk tahun
        depannya.

        Demikian, mudah2an membantu.

        Salam,
        Aar

        On 01/11/2010 4:37, dini murbarani wrote:

        > Halo... untuk semua, mohon info lengkap tentang Umbrella School dan
        > penerapannya
        > di Indonesia. bagaimana payung hukumnya?
        > terima kasih.

      • Buddy Winz
        Message 3 of 10 , Nov 1, 2010
          Apaan tuh Umbrella school? Jd ingat Umbrella corporation yg di game & film Resident Evil :)

          Regards,

          Buddy Winz
          Sent from my HTC Touch Pro 2 & Telkomflexi

          Halo... untuk semua, mohon info lengkap tentang Umbrella School dan penerapannya
          di Indonesia. bagaimana payung hukumnya?
          terima kasih.

        • Siska Konda
          Message 4 of 10 , Nov 10, 2010
            umbrella schiil adalah sekolah 'payung' yang memayungi kebutuhan peserta
            homeschooling agar dapat terdaftar di sekolah formal. semoga penjelasan ini
            dapat membantu. terima kasih.

            ________________________________

            Message 5 of 10 , Dec 14, 2010
              mohon info lbh lanjutnya...:)
              bgm payung hukumnya? bgm karakteristik sekolah yg boleh/mampu menjadi umbrella school?
              apakah di Indonesia sdh ada yang menerapkan hal itu? kalau sdh ada, bgm teknis pelaksanaannya?
              apakah itu berarti anak terdaftar sbg siswa reguler, hanya pembelajarannya saja yg mengacu konsep homeschooling, ataukah ada pengelompokkan khusus?

              maaf ya kalau pertanyaannya bertubi, he...he...
              terima kasih...:D

              Message 6 of 10 , Dec 14, 2010
                Pak Aar,
                Terima kasih atas infonya. Apabila payung hukumnya sendiri belum ada, bgm pelaksanaan di lapangan? Apakah selama ini pelaksanaan Umbrella School mendapat dukungan dari Diknas, mengingat seringkali informasi mengenai Homeschooling & pelaksanannya justru belum benar-benar dipahami oleh Diknas Kota, terutama di kota-kota kecil.

                Ma'af ya, pertanyaannya bertubi, he4.Terima kasih:)

> [...]

                > Halo... untuk semua, mohon info lengkap tentang Umbrella School dan

                > penerapannya

                > di Indonesia. bagaimana payung hukumnya?

              • Sumardiono
                Message 7 of 10 , Dec 15, 2010
                  Mbak Dini,
                  Itulah Indonesia. Walaupun payung hukumnya belum ada, improvisasi tetap
                  berjalan di lapangan.. :)
                  Biasanya keberadaan umbrella school itu sepengetahuan pengawas Diknas.
                  Kalau ada kepala sekolah yg berwawasan terbuka, praktisi/komunitas HS yg
                  mendekat, dan pengawas Diknas yg merestui; maka proses umbrella school
                  itu bisa terlaksana.
                  Saya tak tahu detil pelaksanaannya di lapangan. Kalau tertarik, ibu bisa
                  berbincang dengan bu Yayah Komariah, ketua Komunitas Berkemas, Jakarta
                  yg telah beberapa kali bekerjasama dengan umbrella school. Alamat dan
                  nomor telepon bu Yayah bisa di-googling.

                  Demikian, mudah-mudahan menjawab.

                  Salam,
                  Aar
                  PS: mohon maaf terlambat membalas karena sdg ada masalah koneksi
                  internet di rumah.. :(

                • patricia_lt@yahoo.com
                  Message 8 of 10 , Dec 15, 2010
                    Pak Aar, sejak bertahun2 yll kami sdh menjadi anggota milis ini. Sdh sejak lama juga kami mencoba menerapkan sistem semi HS semampu kami. Tapi nyali kami belum ckp besar utk melaksanakan 100% HS. Sy khawatir nanti sy tdk mampu mjd "guru" yg baik buat anak kami.
                    Th ajaran yad, anak kami, saat ini 10 th, akan masuk SMP.
                    Kreativitas dan keberanian utk mengeksplor pengalaman yg kami ajarkan selama ini, membuat kami ragu utk memasukkan ananda ke sekolah reguler, maka kami berpikir utk memberikan bekal pendidikan yg lebih pd anak kami dg mencari sekolah asrama yg melakukan pendidikan dg pendekatan HS. Bgmn menurut Pak Aar?

                    Patricia-Yogya

                    From: Sumardiono <aar@...>
                    Sender: sekolahrumah@yahoogroups.com
                    Date: Thu, 16 Dec 2010 07:57:59
                    To: <sekolahrumah@yahoogroups.com>

> [...]

                    > dilakukan di awal masa sekolah pada kelas terakhir (kelas 6 SD, 3
                    >
                    > SMP/SMA). Selanjutnya siswa didaftarkan ikut ujian akhir untuk tahun

                  • Sumardiono
                    Message 9 of 10 , Dec 16, 2010
                      Mbak Patricia,

                      Saya percaya, setiap keluarga memiliki hak penuh untuk mencari hal-hal
                      yang terbaik untuk keluarganya. Termasuk di dalam urusan pendidikan
                      anak-anak. Setiap keluarga bebas memilih homeschooling ataupun sekolah.
                      Semuanya adalah pilihan.

                      Saya minta maaf, belum pernah mengetahui tentang sekolah berasrama yg
                      menggunakan pendekatan HS. Sebab, secara istilah agak rancu dan sulit
                      dipadukan. Itu seperti 2 sistem yang berbeda, terserah orangtua lebih
                      suka memilih yg mana. Pada HS, tanggung jawab dan proses pengelolaan
                      pendidikan itu berada di tangan keluarga. Sementara itu, sekolah
                      berasrama sudah bisa dipastikan memisahkan anak dengan keluarga dan
                      proses pendidikan sepenuhnya dikelola oleh manajemen sekolah.

                      Dalam pemahaman saya, kita tidak memiliki ruang ideal dan setiap pilihan
                      apapun yg kita ambil pasti memiliki konsekuensinya masing-masing. Yang
                      bisa kita lakukan adalah memaksimalkan setiap pilihan kita agar selaras
                      bersama ideal dan nilai-nilai kehidupan yang kita yakini; sembari
                      menghadapi konsekuensinya dan mencari solusi untuk konsekuensi
                      negatifnya jika ada.

                      Mohon maaf tidak bisa menjawab pertanyaan mbak Patricia.

                      Salam,
                      Aar