Re: [SDMList] Apakah Satpam termasuk dalam SK 3 Mentri ?

  • Agus Lubdin
    Message 1 of 14 , Dec 26, 2002
      Ikut sumbang saran :
      Kalau kita coba lihat lagi SKB tersebut, ada beberapa penyebutan seperti HARI LIBUR NASIONAL dan CUTI BERSAMA. Dalam pelaksanaan SKB tersebut, masing-masing perusahaan melaksanakan dengan spirit yang tentunya tidak boleh bertentangan ( baca : dapat merugikan kedua pihak : Perusahaan dan Karyawan ( SP ) ---------oleh karena itu perlu ada kesepakatan ).
      Contoh di tempat kerja saya, diluar yang ditentukan sebagai LIBUR NASIONAL ( tgl. 6-7 Des ), jauh sebelum ada SKB, perusahaan telah mengatur 1 hari sebelum dan sesudah " tanggal merah " tersebut ditetapkan sebagai LIBUR PERUSAHAAN dengan konsekuensi karyawan yang punya hak lembur dan yang masuk kerja karena sifat pekerjaan dan adanya operasional kerja yang harus tetap berjalan maka akan dihitung lembur hari libur. Selebihnya tgl tersebut perusahaan tetap beroperasi dan kita tidak menerapkan CUTI BERSAMA.
      Untuk SATPAM saya pikir sama seperti karyawan yang lainnya, yang membedakan adalah fungsi jabatannya maka mereka harus bekerja dengan sistem kerja shift. Sekarang tergantung perusahaan mensikapi SKB tersebut, Apakah dianggap sebagai LIBUR PERUSAHAAN sehingga berdampak adanya perhitungan lembur atau dianggap sebagai CUTI BERSAMA / KOLEKTIF yang tentunya secara logika bagi mereka yang masuk kerja di hari tersebut artinya mereka tidak menggunakan hak cutinya secara bersama / kolektif dan dianggap masuk kerja seperti biasa dan mungkin bisa diberikan insentif.
      Munculnya pengertian istilah Cuti ditangguhkan mungkin karena didasari pemikiran karena ada CUTI BERSAMA maka bagi yang tidak melaksanakan cuti pada hari tersebut merasa harus ditangguhkan atau diganti hari lainnya........itu sih sama saja dengan pengambilan cuti reguler, asal jangan ada pemikiran cuti itu "diuangkan ".
      Semoga dapat dijadikan pencerahan.
      johanes.a.candra@... wrote:Kepada semuanya:
      seingat saya , ada kententuan yang mengatur bahwa "Cuti tidak dapat
      dibeli/diuangkan", sehingga saya rasa akan mejadi sesuatu yang "break the
      rules" saat kita menyatakan bahwa hari cuti itu kita "beli".
      Akan menjadi lebih "soft" jika kita menyatakan hari tersebut sebagai hari
      libur (baca : tanggal merah) sehingga , mereka yang masuk kerja pada tanggal
      tersebut kita hitung sebagai lembur.

      Menurut saya: walaupun Satpam diantur secara khusus, rasanya yang diatur
      hanyalah jam kerja, status mereka yang merupakan potensi masyarakat di
      bidang keamanan negara. Di luar itu seperti status hari kerja, penggajian
      dll adalah seperti pekerja yang lain, sehingga Sat-pam diperlakukan sama
      seperti pekerja yang lain.
      Menurut saya, janganlah membuat perbedaan yang kelak akan menyulitkan diri
      kita sendiri.

      sekian dan saya terbuka untuk perbedaan

      Message 2 of 14 , Dec 27, 2002
        Mohon dipertimbangkan dasar ini :

        KEPUTUSAN BERSAMA MENTERI TENAGA KERJA REPUBLIK INDONESIA
        DAN KEPALA KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA
        NOMOR: KEP-275/MEN/1989
        NOMOR : POL-KEP-04/V/1989

        TENTANG
        PENGATURAN JAM KERJA, SHIFT DAN JAM ISTIRAHAT SERTA
        PEMBINAAN TENAGA KERJA SATUAN PENGAMANAN (SATPAM)

        Sebagai unsur penertib dan pengaman perusahaan atau Badan Hukum lainnya,
        keterlibatan Tenaga Kerja SATPAM dalam Organisasi Non Struktural
        berpedoman
        kepada petunjuk Kepolisian Negara RI selaku Pembina Teknis, sedangkan
        sebagai
        pekerja pembinaan dan perlindungannya dilakukan oleh Departemen Tenaga
        Kerja RI.

        Dengan demikian jelas SATPAM adalah Tenaga Kerja yang memiliki jam kerja dan
        normative
        yang sama dengan karyawan lainnya.

        Semoga bermanfaat.

> [...]
        > seperti pekerja yang lain.
        > Menurut saya, janganlah membuat perbedaan yang kelak akan menyulitkan diri

      • Debby
        Message 3 of 14 , Dec 29, 2002
          setuju dengan ibu dewi, diperusahaan kami cuti diberikan akan tetapi jika
          masa berlaku cuti telah habis dan masih ada sisa cuti maka sisa tersebut
          kami bayar dengan sejumlah uang.
          Sebagai pembanding untuk SATPAM :
          setelah diberlakukan SK 3 menteri ditempat kami tidak ada perubahan dari
          dulu sampai dengan sekarang jatah cuti untuk satpam selama 1 tahun adalah 12
          hari. Jika satpam bekerja pada tanggal Libur NAsional maka kami hitung
          lembur.
          Terimakasih.