Re: RSGISForum: Istilah kelautan

  • Heri Sutanta
    Message 1 of 9 , Mar 1, 2002
      Yth Pak Eka, terima kasih penjelasannya

      Saya akan kontak Bapak/Ibu di Bako untuk konfirmasinya
      (atau adakah Bapak/Ibu dari Bakosurtanal di milist ini
      yang akan memberi penjelasan tambahan?).

      salam untuk semuanya,

      Heri Sutanta

      --- Eka Djunarsjah <ekadj@...> wrote:
> [...]
      > pada "citra" foto udara, ya sama saja dengan citra
      > Landsat/SPOT, yaitu
      > kondisi muka laut pada saat pemotretan. Namun, kita
      > tidak tahu kalau garis
      > pantai tersebut "diambil dari data lain" (?). Kalau
      > misalnya, dari peta laut
      > Dishidros, boleh jadi itu adalah kedudukan muka laut
      > tinggi (high water
      > line).
      >
      > Sekian dulu.
      >
      > Salam,
      >
      > Eka Djunarsjah
      > Bidang Kajian Aspek-Aspek Geodetik dalam Hukum Laut

      Yahoo! Greetings - Send FREE e-cards for every occasion!
      http://greetings.yahoo.com
    • muhammad helmi
      Message 2 of 9 , Mar 3, 2002
        Yth Pak Djaja,

        Tidak bisa pak, ada baiknya main ke bogor, ke ecolab
        (Dr Vincent;kelautan) atau ke perpus biotrop.

        Sorry baru bisa balas email hari ini, aku ke riau dan
        padang minggu lalu.

        Atau minta tolong staff waindo pak....

        Helmi

        --- "Amanda, Djaja" <damanda@...> wrote:
        > Orang luar bisa akses ke Lab/Library BIOTROP, pak?
        > Tolong kasih tahu gimana prosedurnya dong .....
        >
        > Thanks,
        > Djaja

        Yahoo! Sports - sign up for Fantasy Baseball
        http://sports.yahoo.com
      • Irawan Sumarto
        Message 3 of 9 , Mar 4, 2002
          From: Heri Sutanta <herisutanta@...>
          To: <rsgisforum-net@yahoogroups.com>

          > Bagaimana dengan penetapan garis pantai pada peta
          > topografi 1:25.000 bakosurtanal. Apakah menggunakan
          > MSL atau muka laut sesaat yang tampak pada foto udara
          > yang digunakan utk pembuatan peta tersebut.

          Mungkin perlu difahami pengertian garis kontur dengan ketinggian 0 m dari
          bidang referensi (referensi ini bisa MSL, air rendah ataupun air tinggi).
          Apakah garis kontur 0 m ini merupakan garis batas antara laut dengan daratan
          (garis pantai). Pada foto udara atau citra satelit, yang terlihat adalah
          garis pantai sesaat, yang tingginya belum tentu 0 m. Peta bakosurtanal
          tidak memakai muka laut sesaat, tetapi dia memakai referensi tinggi 0 meter
          hasil penelitian pasut (didefinisikan muka laut rata-rata ????) di Benoa,
          Bali,
          yang kemudian dengan pengukuran sipat-datar dibawa ke P.Jawa dan dinyatakan
          oleh pilar-pilar TTG (titik tinggi geodesi) yang tersebar di seluruh P.
          Jawa. Garis kontur 0 m (yang khayal ini, di fisik bumi sulit ditemukan
          bahkan mungkin tidak ada) secaraa fotogrametris kemudian digambarkan pada
          bidang peta.

          Orang teknik-sipil lebih senang merencana pada peta dengan garis 0 m-nya
          adalah muka air tertinggi.
          Orang pelayaran lebih senang memakai peta dengan garis 0 m-nya adalah muka
          air terendah.

          Untuk Pak Amanda Djaja
          Kalau SAAT pemotretan ataupun pencitraan satelit diketahui (tanggal dan
          jam,menit,detik), maka tinggi muka air SAAT itu terhadap bidang referensi
          yang diacu (air rendah, air tinggi, air rata-rata) bisa ditanyakan pada yang
          mengelola pasut (pasang-surut) (Bako, Dishidros, BMG) dan mempunyai stasiun
          pasut disekitar daerah tersebut. Sehingga tinggi air SAAT terekam pada
          citra (asumsi tidak ada pecahan ombak) bisa ditemukan. RAsanya
          Baakosurtanal mempunyai beberapa stasiun pasut yang dikelola secara on-line,
          dan kaaatanya sudah di"broadcastkan" sehingga bisa diakses melalui internet
          secara real-time.

          Wassalamu'alaikum WW,~~~~~~~~~
          Irawan Sumarto