Re: RSGISForum: gabungin theme di arc view

  • beni raharjo
    Message 1 of 12 , May 1 12:39 AM
      Untuk optimalnya menggabungkan theme di arcview memang harus memiliki Field
      yang persis sama. Tapi setahu saya juga kalau field theme tidak sama tetap
      bisa merge tapi jumlah field menjadi gabungan keduanya. Misalnya di theme
      pertama ada field *keterangan *di field kedua ada field *ket,* maka theme
      hasil merge akan memiliki kedua field tersebut (keterangan dan ket). Jangan
      lupa juga proyeksinya harus sama. Saat merge jangan ada fitur yang sedang
      terpilih, atau kalau mau dipilih harus dipilih semua.

      Yang kang kus kus lakukan tidak bisanya bagaimana ya, apa di tengah jalan
      error atau fieldnya tidak mau gabung?.

      beni

      On 5/1/07, kus kus <endlesslove0912@...> wrote:

> [...]
      >

      > Untuk gabungin beberapa theme di arcview 3.* gunakan
      >
      > file - extention, kemudian pilih geoprocessing ( ini untuk megaktifkan
      > extenstion geoprcessing)
      >
      > Setelah aktiv, buka theme yang akan digabungkan, kemudian dari menu view
      > pilih GeoProcessing Wizard. Maka akan muncul beberapa pilihan
      >
      > 1. Dissolve
      >
      > 2. Merge theme together
      >
      > 3. Clip
      >
      > 4. Intersection
      >
      > 5. Union two theme
      >
      > Coba pilih salah satu diatas yang sesuai dengan kebutuhan.

    • kus kus
      Message 2 of 12 , May 1 6:21 PM
        gak mau gabung sama sekali
        biasanya habis perintah merge kan langsung ditampilin di view
        itu gak ada perintah sama sekali dan hasil merge juga gak ada
        terima kasih

      • adiwan fahlan
        Message 3 of 12 , May 1 6:57 PM
          Salam

          benar yang dikatakan oleh pak beni, untuk merge data tidak perlu memiliki field data yang harus sama persis. namun untuk merge harus pada jenis data yang sama (point-point, atau polyline-polyline atau polygon-polygon).

          saya sudah mencoba pada Arcview saya dan ternyata tidak ada masalah dengan menggunakan geoprocessing wizard pak Hartono. Jadi kemungkinan data pak kus kus yang bermasalah atau justru software arcviewnya.

          sekian dari saya

          Regards

          Adiwan FA

          kus kus <endlesslove0912@...> wrote: gak mau gabung sama sekali

          Message 4 of 12 , May 1 7:01 PM
            Saya udah nyoba tapi tetap tidak bisa
            teman saya nyoba juga gak bisa
            ada sebagian yang bisa ada yang tidak bisa
            tapi tadi saya coba pake extension lain dan sepertinya bisa

            terima kasih

          • Ade Adnan
            Message 5 of 12 , May 2 1:59 AM
              Mas Adiwan,

              Cobalah dengan menggunakan script Avenue di ArcView
              3.X seperti contoh di bawah ini :
              Tahap pertama field-field antara theme tsb hrs sama.
              Active kan kedua field tersebut kemudian lakukan
              script tsb.

              Semoga berhasil,

              Salam,

              Ade Adnan

              =============== Start Script
              theView = av.GetActiveDoc
              themesToMerge = theView.GetActiveThemes

              outFName = av.GetProject.MakeFileName("theme", "shp")
              outFName = FileDialog.Put(outFName, "*.shp", "Output
              Merged Shapefile")
              if (outFName = Nil) then
              exit
              end

              fieldList = List.Make

              for each f in themesToMerge.Get(0).GetFTab.GetFields
              if (f.GetName = "Shape") then
              continue
              else
              fCopy = f.Clone
              fieldList.Add(fCopy)
              end
              end

              shapeType =
              themesToMerge.Get(0).GetFTab.FindField("Shape").GetType
              if (shapeType = #FIELD_SHAPELINE) then
              outClass = POLYLINE

              elseif (shapeType = #FIELD_SHAPEMULTIPOINT) then
              outClass = MULTIPOINT

              elseif (shapeType = #FIELD_SHAPEPOINT) then
              outClass = POINT

              elseif (shapeType = #FIELD_SHAPEPOLY) then
              outClass = POLYGON

              else
              MsgBox.Error("Invalid shape field type.", "Merge
              Themes")
              exit

              end

              mergeFTab = FTab.MakeNew( outFName, outClass )
              if (fieldList.Count > 0) then
              mergeFTab.AddFields( fieldList )
              end

              for each t in themesToMerge

              av.ShowMsg( "Merging"++t.GetName )
              inFTab = t.GetFTab
              if (inFTab.GetSelection.Count = 0) then
              theRecordsToMerge = inFTab
              numRecs = inFTab.GetNumRecords
              else
              theRecordsToMerge = inFTab.GetSelection
              numRecs = theRecordsToMerge.Count
              end

              for each rec in theRecordsToMerge
              av.SetStatus( (rec / numRecs) * 100 )
              newRec = mergeFTab.AddRecord
              inField = inFTab.FindField( "Shape" )
              outField = mergeFTab.FindField( "Shape" )
              mergeFTab.SetValue( outField, newrec,
              inFTab.ReturnValue( inField, rec ))

              if (fieldList.Count > 0) then
              for each f in fieldList
              fName = f.GetName
              inField = inFTab.FindField( fName )
              if ( inField <> Nil ) then
              outField = mergeFTab.FindField( fName )
              aValue = inFTab.ReturnValue( inField, rec
              )
              mergeFTab.SetValue( outField, newRec, aValue
              )
              end

              end ' for each f
              end ' if count
              end ' for each rec
              end ' for each t

              av.ClearMsg
              av.ClearStatus

              if (MsgBox.YesNo("Add shapefile as theme to a view?",
              "Merge Themes", true).Not) then
              exit
              end

              viewList = {}
              for each d in av.GetProject.GetDocs
              if (d.Is(View)) then
              viewList.Add( d )
              end
              end

              viewList.Add("<New View>")

              addToView = MsgBox.ListAsString( viewList,"Add Theme
              to:", "Merge Themes" )

              if (addToView <> nil) then
              if (addToView = "<New View>") then
              addToView = View.Make
              addToView.GetWin.Open
              end
              mergeTheme = FTheme.Make( mergeFTab )
              addToView.AddTheme( mergeTheme )

              addToView.GetWin.Activate
              end

              =============== End Script

              http://mail.yahoo.com
            • aan aan
              Message 6 of 12 , May 3 1:39 AM
                mungkin ArcViewnya eror. coba di uninstal trus instal ulang ArcViewnya

              • Bambang Surojo
                Message 7 of 12 , May 3 7:34 PM
                  Berikut ini ada titipan dari teman untuk mengisi lowongan di Perkebunan
                  Kelapa Sawit sebagai GIS Asisten:

                  Dear All

                  Kami adalah group perusahaan yang sedang berkembang pesat bergerak
                  dibidang Mill and Oil Palm Plantation, yang tersebar di Kalteng, Kaltim,
                  Kalbar dan Riau.

                  Mempunyai visi ke depan menuju The World Class Company, membutuhkan
                  beberapa tenaga professional dengan Qualifikasi sbb :

                  Posisi : GIS Asisten
                  Pendidikan : D3/S1 bidang Kartografi dan Penginderaan
                  Jauh
                  (Tanah, Kehutanan, Geografi atau
                  Geodesi)
                  Qualifikasi : Minimal menguasai dengan baik
                  MapInfo/ArcView
                  Familiar dengan Survey equipment
                  (Theodolit, GPS)
                  Pengalaman : Tidak diutamakan, lebih disukai pernah
                  bekerja di
                  perkebunan kelapa sawit
                  Umur : Max 32 Th
                  Penempatan : Kaltim dan Kalbar

                  Bagi Yang berminat silahkah kirim lamaran dengan disertai CV, Pas-photo ke :

                  e-mail : Herwanto.yudi@ Yahoo.com atau
                  Yudi.herwanto@... atau

                  Kirim via Pos Ke : Yudi Herwanto
                  Bumitama Gunajaya Agro Group
                  Jl. Sungai Sambas IV No. 24A, Blok B-III
                  Panglima Polim, Jakarta Selatan 12130

                  Terima Kasih
                  Yudi
                • laju gandharum
                  Message 8 of 12 , May 9 4:22 AM
                    salam

                    maaf..ikut dikit..

                    mas aan.

                    kl prosedur sdh dilakukan, tetapi hasil yg diharapkan tidak keluar (error)
                    kemungkinan data (shapefile) yg mas proses, bermasalah.

                    menurut pengalaman saya, shapefile tidak setangguh data coverage arc/info.
                    di arcview mungkin shp bermasalah kalo hanya sekedar didisplay, OK2 saja.
                    tetapi pada saat di proses (spatial-processing), seperti merge, union,
                    dissolve.dll..bisa error.
                    ini terjadi mungkin karena TOPOLOGI data tsb, tidak sempurna.
                    di ARC/INFO.., TOPOLOGI bs di bangun dan diperbaharui dengan peintah CLEAN n
                    BUILD.

                    di arcview standart, hal ini tidak disediakan. Untuk proses editing,
                    termasuk CLEAN didalamnya mas bisa pake
                    perkakas lain, namanya EDIT TOOL. Untuk arcview pc, gratis kok perkakas ini
                    coba mampir ke sini http://www.ian-ko.com/

                    sebelum merge dan lain2, coba aja lakukan QUICK CLEAN yg ada di Edit Tool
                    tsb..
                    setelahnya baru..deh, lakukan proses merge dll..

                    EDIT TOO cukup powerfull lho, kl buat edit2 data....shp

                    smoga membantu

                    salam
                    laju

                    On 5/3/07, aan aan <aan_dpm@...> wrote:

> [...]
                    > terpilih, atau kalau mau dipilih harus dipilih semua.
                    >
                    > Yang kang kus kus lakukan tidak bisanya bagaimana ya, apa di tengah jalan

                  • beni okarda
                    Message 9 of 12 , May 9 8:10 PM
                      Maaf juga ikutan dikit... shapefile format memang non-topological format alias emang ga punya topology trus memang untuk data yang luas dan memiliki tingkat keragaman attribut yang tinggi lebih baik menggunakan ArcInfo coverage format.... atau klo memang data yang error itu hanya karna ada kesalahan geometry, di ArcGIS ada feature reapair geometry di Data Management Tools (klo ga salah)...semoga berguna
                      RegardsBeni Okarda

                      On 5/3/07, aan aan <aan_dpm@yahoo. com> wrote:

> [...]

                      > terpilih, atau kalau mau dipilih harus dipilih semua.

                      > Yang kang kus kus lakukan tidak bisanya bagaimana ya, apa di tengah jalan

                      Back to top

                      Reply to sender

                      Reply to group

                      Messages in this topic