Re: RSGISForum: tanya metode evaluasi lahan "Weight Factor Matching"

  • Hermawan Umar Sadik
    Message 1 of 6 , Jan 4, 2007
      Dulu (1998), skripsi saya di bidang evaluasi kesesuaian lahan, dengan metode "matching" dengan persyaratan kesesuaian lahan tembakau dari CSAR, jika ingin diskusi lebih jauh tentang evaluasi kesesuaian lahan, saya ada buku persyararatan kesesuaian lahan. Oya waktu itu untuk Pemetaan/ GIS nya saya gunakan Idrisi dan software evaluasi kesesuaian lahan dengan ALES (Automated Land Evaluation System.

      Kalau ngga salah metode weight factor matching mungkin dengan ALES bisa juga (maklum sudah lama), dengan faktor pemberat di salah satu karakteristik lahan.

      Omong-2 evaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman apa ? dan dimana?

      Hermawan
      "Nr. Wahyudi" <be_wahyudi_as@...> wrote: Dear rekan,

      Saya sedang mencari referensi metode weight factor matching untuk evaluasi kesesuaiaan lahan. Apakah ada rekan yang memilikinya ? thanks in advance.

    • aan aan
      Message 2 of 6 , Jan 16, 2007
        Dear Pak Hermawan dan Pak Wahyudi

        oh iya sebelumnya saya minta maaf kalo saya tidak tau atao baru dengar ada metode untuk mengevaluasi suatu lahan memanfaatkan metode weight factor matching. sebelumnya saya memang pernah mendengar ada metode ALES, tapi saya juga belum pernah menggunakannya. selama ini saya dalam mengevaluasi lahan dengan memanfaatkan GIS hanya menggunakan query dalam ArcView dimana syarat2 tumbuh dijadikan sebagai faktor yang menentukkan sesuai atau tidak sesuainya jenis2 tanaman yang dievaluasi (S1, S2, dst). tentunya sesuai dengan unit2 lahannya.

        kalo saya boleh tau metode weight factor matching ini cara penggunaannya bagaimana?
        apakah sama sperti metode evaluasi lahan yg biasa ada, yg mencocokkan syarat2 tumbuh dari tanaman?

        terimakasih atas informasinya,
        mudah2an kita bisa berdiskusi lebih lanjut.

        salam
        Abd. Rahman As-syakur "Aan"
        Alumni Jurusan Tanah Univ. Udayana

          Message 4 of 6 , Jan 17, 2007
            Salam Kenal

            saya juga belum tahu persis weight factor matching, tapi klo setahu
            saya klo ada istilah weihgt factor berarti ada kaitanya dengan
            pembobotan atau pemberian score pada masing2 kriteria(yang
            berpengaruh bagi pertumbuhan dan produksi tanaman). score tersebut
            berfungsi sebagai parameter untuk menetukan prioritas mana yang
            paling menentukan dalam pembuatan recomendasi evaluasi lahan.
            untuk aplikasinya bisa menggunakan model di Arcview, ataupun PCI
            geomatic.

            VIVA..!

            dengan proses --- In rsgisforum-net@yahoogroups.com, aan aan