Re: RSGISForum: Inisiatif Merapi...?

  • hartanto
    Message 1 of 27 , May 1, 2006
      mas Risky, mas Aria, mas Mul dan rekan yth,

      terimakasih, banyak masukan yang sangat berharga, dan sepertinya kita
      bisa segera ujudkan kegiatan ini.
      sambil jalan, mohon koreksi, dan juga usulan-usulan untuk perbaikan.

      sementara saya buatkan "template" untuk menempatkan taut (link) data
      spasial di alamat:

      http://inisiatif.rsgisforum.net/merapi/

      isi masih kosong melompong, dan menunggu partisipasi dari rekan semua.
      untuk kontak sumbangan data/peta/dll, bisa ke saya atau mas Miki atau
      mas Laju (via japri) atau ke email: rsgisforum @ yahoo.com atau
      inisiatif @ rsgisforum.net.

      ohya, pada "template" ini saya sertakan dua aplikasi sederhana, yaitu
      visualisasi 3 dimensi (menggunakan VRML, virtual reality modeling
      language, harus install plugin untuk browser masing-masing) dan juga
      webgis (juga harus install J2SE). semua taut untuk mengunduh plugin
      ada pada halaman tersebut.

      --
      salam
      hartanto
    • Hadi Purwanto
      Message 2 of 27 , May 1, 2006
        Dear all,

        Nampaknya peta-peta inisiatif Merapi sudah mulai terkumpul.
        Adakah satu ide kecil saja yang bisa kita kerjakan bersama - sama ?

        Informasi terkini bisa diperoleh dari berbagai media.
        Sedang yang tulisan formal bisa diperoleh dari Sitrep (Situation Report) beerbagai lembaga yang konsen ke Merapi. MIsal OCHA, Pusat Study Bencana UPN, Oxfam dan masih banyak lagi tentunya.

        Salam,
        Hadi P

        Ketut Wikantika <ketut@...> wrote:

        Dear All,

        Saya mendukung penuh Inisiatif Merapi RSGISForum.
        Usul dari saya, pada situs inisiatif tersebut ditampilkan juga berita
        dan informasi terkini dari Merapi.
        Bahkan banyak kekhawatiran warga asing terhadap kondisi Merapi (ini bisa
        juga ditampilkan pada situs tersebut).
        Mudah2 an respon RSGISForum akan memberi manfaat kepada kita semua.

        salam,
        ketut

      • Agustiar Hamdani
        Message 3 of 27 , May 2, 2006
          sekedar sharing, disini http://edcftp.cr.usgs.gov/pub/data/disaster/merapi_volcano/ ada citra ASTER & Landsat acc date 2006 untuk Gunung Merapi kalo gak salah. Belum sempet download.
> [...]

          language, harus install plugin untuk browser masing-masing) dan juga
          webgis (juga harus install J2SE). semua taut untuk mengunduh plugin

          -------------------
          Situs Inisiatif RSGISForum (data spasial untuk Aceh dsk)

          Message 4 of 27 , May 2, 2006
            terimakasih mas Agustiar,
            sudah saya cek dan saya masukkan dalam taut di web inisiatif.
            hari ini ada peta Oxfam yang sudah di upload (thx).

            masih ditunggu peta/data lainnya.

            --

            On 5/2/06, Agustiar Hamdani <adoet@...> wrote:
            > sekedar sharing, disini http://edcftp.cr.usgs.gov/pub/data/disaster/merapi_volcano/ ada citra ASTER & Landsat acc date 2006 untuk Gunung Merapi kalo gak salah. Belum sempet download.
          • Ketut Wikantika
            Message 5 of 27 , May 2, 2006

              Message 6 of 27 , May 28, 2006
                Halo Semua ;

                Mas Hartanto, dan yang lainnya.

                Mengingat kondisi saat ini akibat Gempa di Wilayah Prop. DI Yogyakarta dan Jateng
                Bagaimana kalau juga dibentuk inisiatif Gempa Jogja ?

                Message 7 of 27 , May 28, 2006
                  Ok Mas. Relawan yang dilapangan tentu sangat butuh bantuan data spatial, syukur klo ada citra terbaru pasca gempa seperti Aceh Nias.

                  Terakit Pendidikan Geografis/Keruangan ; Barangkali Inisiatif RSGIS Forum kali ini tidak hanya mengumpulkan dan merilis nya di Web. Bagaimana kalau sekaligus diajarkan terutama ke anak - anak apa itu Geografi secara konkrit pada Bencana Gempa ini, tentu dengan cara-cara yang secara psikologis dapat membantu mengurangi trauma.

                  Salam,

                  Ketut Wikantika <ketut@...> wrote:
                  Mas Hadi dan rekan lainnya,

                  Kemarin saya sudah kontak mas Hartanto dan mas Laju.
                  Intinya, inisiatif Jogya-Jateng juga dibentuk.
                  Tahap awal kita berusaha utk mengumpulkan semua data a-spatial dan
                  geospatial berkaitan dengan wilayah terkena gempa.
                  Mekanisme kerja kita persis seperti inisiatif Aceh dan Merapi.

                  Catatan : gempa Jogya kembali menyadarkan kita semua bahwa yang namanya
                  data geospatial sangat penting. Dalam konteks pendidikan, ilmu-ilmu yang
                  berkaitan dengan fenomena/obyek di permukaan bumi perlu mendapat
                  perhatian. Ironisnya (yg saya dengar) matapelajaran Geografi di SMU
                  semakin terpinggirkan ! Dan sudah jelas ini akan memberikan dampak
                  terhadap "geospatial awareness" dan kecerdasan spatial anak didik kita.

                  Diharapkan kontribusi rekan-rekan semuanya.
                  Terimakasih.

                  salam,
                  ketut

                • Diah Kirana
                  Message 8 of 27 , May 28, 2006
                    coba buka web www.bakosurtanal.go.id , kami sudah menyediakan berapa
                    informasi spasial yang tersedia di BAKOSURTANAL, wilayah Jawa Tengah dan
                    DIY.

> [...]
                    > terhadap "geospatial awareness" dan kecerdasan spatial anak didik kita.
                    >
                    > Diharapkan kontribusi rekan-rekan semuanya.

                  • Heri Sutanta
                    Message 9 of 27 , May 28, 2006
                      Rekan2 semua,

                      Saya juga sudah kontak Mas Hartanto & Mas Syarif mengenai inisiatif
                      rsgis forum, bahkan 5 menit sesudah gempa sy telpon Mas Hartanto,
                      karena sy lihat merapi mengeluarkan wedhus gembel dg sangat besar. Di
                      sekitar tpt tinggal kami, konsen nya aalh jangan2 gempa tektonik itu
                      memicu luncuran awan panas. Ternyata yg membawa korban sampai ribuan
                      adl gempa di drh bantul.

                      Saya kemarin sempat ikut men-drop bantuan ke drh Imogiri, Wonokromo,
                      dan Pleret. Kondisinya sangat mengerikan, seperti yg terlihat di TV.
                      Sampai pd tahap kemarin, koordinasi bantuan tampak masih mengalami
                      kendala. banyak inisiatif dr masyarakat yg dilakukan scr mandiri, yg
                      sangat membantu. Sy perkirakan urusan logistik (makan, tenda,
                      obat2an) 1-2 hr ini bisa teratasi. Tahapan rehabilitasi &
                      rekonstruksi yang mgkin membutuhkan banyak data spasial.

                      Sy sdh kontak bbrp teman yang sy perkirakan punya data. Nah, terkait
                      dgn inisiatif, sy sangat mendukung. Bbrp arsip data digital yg ada di
                      Geodesi UGM akan kami siapkan. Relawan dr mhs juga sudah siap utk
                      melakukan survei lapangan. Monggo, bagaimana tindak lanjutnya.

                      Saya lihat di Metro TV kalau TNI AU sudah melakukan pemotretan udara.
                      TNI AU sudah memiliki Digital Mapping Camera (DMC) yg baru.
                      Mungkinkah sensor itu yg digunakan? Ada gak teman2 yg punya kontak di
                      Dinas Foto Udara?

                      sementara sekian dulu,

                      Heris Sutanta,

                      Teknik Geodesi UGM

                      --- In rsgisforum-net@yahoogroups.com, Hadi Purwanto <kpjhadip@...>
                      wrote:

> [...]
                      Geografi secara konkrit pada Bencana Gempa ini, tentu dengan cara-
                      cara yang secara psikologis dapat membantu mengurangi trauma.

                    • Hadi Purwanto
                      Message 10 of 27 , May 28, 2006
                        Mas Hery dan yang lainnya,
                        adakah rencana (terutama para Ahli yang ada di Jogjakarta) untuk bertemu guna membahas peran dan segala yang terkait data spasial dalam penanganan Bencana Gempa ini ?

                        Salam
                        Hadi P

                        wrote:

> [...]
                        Geografi secara konkrit pada Bencana Gempa ini, tentu dengan cara-
                        cara yang secara psikologis dapat membantu mengurangi trauma.

                      • Heri Sutanta
                        Message 11 of 27 , May 28, 2006
                          Sbentar lagi sy ada rapat dg Tim Fak Teknik UGM, sudah ada permintaan
                          data spasial (citra satelit atau foto udara) pasca gempa. Kemarin sy
                          sempat merencanakan kontak ke Digital Globe atau GeoEye, tapi br bisa
                          connect ke internet hr ini.

                          Mohon dibantu,

                          Heri

                          wrote:

> [...]
                          > Geografi secara konkrit pada Bencana Gempa ini, tentu dengan cara-
                          > cara yang secara psikologis dapat membantu mengurangi trauma.

                        • Ketut Wikantika
                          Message 12 of 27 , May 29, 2006

                            Hadi Purwanto wrote:

                            >Halo Semua ;
                            >
                            > Mas Hartanto, dan yang lainnya.
                            >
                            > Mengingat kondisi saat ini akibat Gempa di Wilayah Prop. DI Yogyakarta dan Jateng
                            > Bagaimana kalau juga dibentuk inisiatif Gempa Jogja ?

                          • Yoga Putra
                            Message 13 of 27 , May 29, 2006
                              Salam sejahtera,

                              Gempa yang terjadi di Yogyakarta memang
                              memprihatinkan, dan saya sebagai seorang lulusan dari
                              fak.geografi sedikit memiliki ide yang mungkin bisa
                              dijadikan pembelajaran di kemudian hari. Ide ini
                              tercetus saat saya dan ayah (Bp. I Nyoman S.K, (Ka.LAB
                              Parangtritis)) mengunjungi wilayah bantul hingga
                              pantai.

                              Melihat kondisi bangunan yang rusak berat di sekitar
                              kami dan adanya fenomena pola kehancuran yang tidak
                              merata di sebagian tempat (terutama setelah ring road
                              jogja ke utara) dan kembali menghebat di Kab. Klaten,
                              mungkinkah tim penyusunan basis data spasial ini juga
                              membuat peta pola arah pergerakan gempa dengan
                              meninjau satuan bentuklahan, topografi, dan kondisi
                              geologis (jenis batuan induk, dan tanah)?

                              Peta ini dapat menjadi semacam model atau prototype
                              sehingga untuk di kemudian hari peta ini dapat
                              dijadikan acuan bagi wilayah-wilayah sejenis (terutama
                              di pertemuan lempeng bagian selatan Indonesia),
                              sebagai salah satu bentuk 'early warning sistem' dan
                              antisipasi terhadap wilayah-wilayah mana saja yang
                              mungkin dilalui oleh getaran gempa tersebut.

                              Saya dengar pemerintah juga sudah mengirimkan pesawat
                              hercules atau sejenisnya yang akan melakukan kegiatan
                              pemotretan udara untuk memantau sebaran bangunan yang
                              hancur di yogya dan sekitarnya. Alangkah lebih
                              bergunanya jika data tersebut tidak hanya digunakan
                              untuk kegiatan saat ini tapi juga di masa yang akan
                              datang. Saya rasa contoh2 gempa yang terjadi di
                              Indonesia dapat dikaji untuk menemukan sebuah benang
                              merah sebagai langkah preventif di kemudian hari.

                              Mengenai pembelajaran masyarakat dalam mengantisipasi
                              bencana alam (tidak hanya gempa), saya rasa itu sangat
                              PERLU dilakukan , tapi mulailah dari tahap yang mudah
                              dimengerti masyarakat, terutama ditekankan pada
                              wawasan kedaerahan, orientasi arah, dan kemungkinan2
                              bencana yang dapat terjadi (apalagi kemarin ada isu
                              tsunami pula). Sehingga masyarakat dapat menjadi lebih
                              'smart' dan tidak panik dalam mengatur mobilitas dan
                              tindakan yang dapat dilakukan jika bencana tersebut
                              terjadi.

                              Saya rasa komen dari saya cukup sekian, terima kasih
                              atas segala bentuk perhatian dan simpati yang
                              berdatangan ke Yogya, semoga akan ada lebih banyak
                              lagi hal baik yang dapat kita temukan dibalik semua
                              penderitaan bangsa ini. Maaf jika ada yang salah2
                              kata.

                              Keep positive thinking, cool, and act in smart way.

                              Salam,
                              Yoga Putra

                              http://mail.yahoo.com
                            • Jacub Rais
                              Message 14 of 27 , Jun 2, 2006
                                Jakarta 2 Juni 2006

                                Sdr Diah Kirana,

                                Saya minta tolong apakah ada peta geologi daerah Yogya yang terlanda gempa
                                di mana tergambar adanya sesar transform yang menyebabkan gempa kemarin itu.
                                Masih ada 2 pendapat penyebab gempa, apakah subduksi di selatan Jawa
                                mentriger sesar bergerak atau sesar bergerak dan menyebabkan titik gempa
                                terjadi di daerah subduksi (di zona Benioff Wadati) kalau saya coba plot
                                informasi dari BMG pada awal gempa terjadi (dilaut pada suatu kedalaman
                                tertentu). Saya akan datang mengambilnya jika ada.. Tilpon hp saya
                                0812-8111-880

                                Terima kasih atas perhatiaannya

                                Message 15 of 27 , Jun 9, 2006
                                  Salam tuk semua,

                                  Menyambung share informasi sebelumnya tentang Rencana Pemotretan Udara Wilayah yang terkena dampak Gempa. Apakah upaya tersebut sudah terlaksana ?
                                  Jika sudah, apakah kami juga boleh mengaksesnya ?

                                  Salah satu manfaat Citra tersebut antara lain adalah pemetaan Kerusakan Area "Permukiman". rumah - rumah pemduduk dan linkungannnya. Apakah ada yang sudah memetakan kerusakan permukiman dan lingkungannya ?

                                  Teriamakasih banyak atas perhatiannya.

                                  Salam,
                                  Hadi P

                                • GH Anto
                                  Message 16 of 27 , Jun 10, 2006
                                    rekan yth,

                                    pemotretan udara sudah selesai dilaksanakan hari jumat ini oleh DISURPOTRUD-
                                    AU
                                    dan sedang diproses selanjutnya (foto mosaic, dsb)
                                    apabila ada yg berminat menggunakannya, setahu saya harus seijin DITWILHAN
                                    untuk security clearence
                                    apabila data sudah siap semua akan saya informasikan lagi, bagaimana cara
                                    akses besrta perijinannya

                                    salam,
                                    gh

> [...]
                                    > informasi dari BMG pada awal gempa terjadi (dilaut pada suatu kedalaman
                                    > tertentu). Saya akan datang mengambilnya jika ada.. Tilpon hp saya

                                  • Juniawan Priyono
                                    Message 17 of 27 , Jun 11, 2006
                                      Pak Anto,
                                      Terima kasih atas informasinya dan kami tunggu perkembangan selanjutnya.
                                      Kami (tim kecil di Pusat Studi Bencana UGM) sedang mencoba memetakan kerusakan bangunan (individu) dengan citra Quickbird untuk daerah Bantul kota dan sekitarnya. FU hasil pemotretan setelah terjadi bencana sangat kami butuhkan untuk reinterpretasi dan analisis. Semoga hasilnya bisa dijadikan bahan masukan bagi pemerintah (instansi terkait) dalam penentuan jumlah dan tingkat kerusakan bangunan.
                                      Buat Mas Bobby, terima kasih atas bantuannya. Buat Mas Hadi, sampai ketemu lagi di Yogya, semoga saya tidak lama di laut.

                                      salam,
                                      Juniawan Priyono
                                      volunteer di PSBA UGM

                                    • Raptor Migrannet
                                      Message 18 of 27 , Jun 13, 2006
                                        Dear Rekan2

                                        PILI (Pusat Informasi Lingkungan Indonesia)-NGO
                                        Movement akan menerbitkan kembali Lontar Digest 001
                                        no. 02. Lontar Digest merupakan media kumpulan dari
                                        berbagai abstrak jurnal ilmiah, paper-paper ilmiah
                                        ter-review dan buku-buku mengenai manusia dan
                                        lingkungan (botani, zoologi, biologi molekular
                                        (genetika), taksonomi, evolusi, ekologi, antropologi,
                                        agroforestry dan pemberdayaan masyarakat). Bagi rekan2
                                        yang ingin mendapatkan beberapa jurnal atau paper
                                        tersebut secara full text pdf. dapat mendaftarkan diri
                                        menjadi anggota ke email science.sending@...
                                        dengan cc: arif.syamsudin@.... Untuk pendaftaran
                                        cukup mencantumkan nama, alamat, Institusi dan e-mail
                                        kemudian dikirimkan melalui email kami.

                                        Salam hangat,

                                        Wishnu Sukmantoro
                                        Data dan Informasi