Re: [rsgisforum-net] Rahasia Negara

  • GH. Anto
    Message 1 of 13 , Feb 27, 2001
      masalah peta dengan rahasia negara,
      baru2 ini saya sempat diskusi dengan pak Frans (Kapusurta TNI), beliaunya berpendapat bahwa semua kegiatan yang berkaitan dengan pemetaan skala besar sebaiknya dilaporkan saja. Dalam hal ini beliau juga mengatakan pasti akan diberi ijin dalam waktu 1x24 jam. Terutama tentang pemotretan udara, kalo tidak diberi ijin berarti daerah tersebut kemungkinan bermasalah, jadi alasan tetntan ijin tidak keluar kemungkinan tidak akan diberikan karena menyangkut rahasia negara tadi.
      Kami punya pengalaman beberapa kali dengan Surta-TNI , dan hasilnya sampai saat ini bagus sekali.
      Tidak pernah ada halangan dan semua srat ijin keluar dalam waktu singkat dan tidak keluar uang sesenpun kecuali untuk pembayaran Security Officer (resmi).
      Jadi kalo perijinan sudah sedemikian mudah, karena sifatnya mendekati ke- pemberitahuan, apa salahnya kalo kita luangkan waktu juga untuk memberi laporan.
      Dan juga kalo melakukan pemotretan udara didampingi SO akan lebih mudah dan aman saya kira.

      Untuk penggunaan peta yang sudah dipublikasikan saya kira saya setuju dengan mas hartanto.

      salam,
      anto
      From: hartanto <hartanto@...>
      To: rsgisforum-net@yahoogroups.com <rsgisforum-net@yahoogroups.com>
      Date: Friday, May 04, 2001 10:48 AM
      Subject: [rsgisforum-net] Rahasia Negara

> [...]
      >terbatas).
      >
      >hal ini ('peta bumi rahasia negara') juga terkait
      >dengan 'sampai dimana' TNI menggunakan RS/GIS sebagai
      >alat bantu untuk pertahanan negara. informasi ini saya
      >nggak tahu, karena memang ekspose teknologi yang
      >dipakai TNI sangat kurang.
      >
      >ada rekan milis yang mengetahui sejauh mana 'peta
      >bumi' dianggap sebagai 'rahasia negara'? ini saya rasa
      >penting untuk komunitas RS-GIS, jangan sampai ada yang
      >karena nggak tahu langsung di undang ke Polda atau
      >bahkan Gedung Bundar untuk diberi label 'mata-mata

      Yahoo! Groups Sponsor

      Jurnal Remote Sensing dan GIS Indonesia
      http://www.geocities.com/rsgisforum/journal

    • Iwan Gunawan
      Message 2 of 13 , Apr 4 5:58 PM
        Salah satu pemikiran yang pernah saya lempar ke Komisi-8 DPR (S&T dan Env.)
        adalah perlunya di dalam rancangan UU Iptek yang sedang disusun ditegaskan
        bahwa pada prinsipnya semua daerah di Indonesia terbuka untuk penelitian,
        kecuali yang dinyatakan tertutup (seperti instalasi vital).

        Pemutaran paradigma ini yang harus kita dorong terus. Jadi sudah tidak bisa
        lagi negara kita dibuat pada prinsipnya tertutup kecuali yang dibuka dengan
        ijin. Kalau ini yang masih kita pegang berarti kita hanya menutupi negara
        terhadap rakyatnya sendiri. Atau lebih menyedihkan lagi yang kita pegang
        cuman kewenangan memberi ijin yang sering dikaitkan dengan perkeliruan itu.

        Salam,
        Iwan

        Message 3 of 13 , May 3, 2001
          rekan milis yth

[...]

          http://auctions.yahoo.com/
        • Alinda Medrial
          Message 4 of 13 , May 3, 2001
            Pak Hartanto yth,
            Sayapun jadi tertarik nih ! Pengalaman saya, memang orang asing ndak boleh
            membeli peta rupabumi, shg mereka memakai akal (org asing tsb), dg mengambil
            kita sbg mahasiswanya, yg memang butuh peta tsb, untuk ngolah data
            RS...........Krn uang dr mereka, maka kalau saya lulus kelak, tentu peta tsb
            akan menjadi milik mereka..........saya juga jadi curious siapa yg salah
            kelak ? Berapapun dana yg saya butuhkan untuk membeli peta-peta tsb,
            diberikan oleh sensei saya tanpa tanya ba-bi bu. Nah.....jadi serba salah
            yah pak ? Pengalaman teman sekerja saya yg penelitian di China.........China
            juga sangat ketat dlm hal peta-per peta tsb..........Jadi bagaimana nih ?
            ===================================
            Alinda Medrial Zain
            Graduate Student
            Lab. of Landscape Ecology & Planning
            The University of Tokyo
            Telp: 03-5841-7930/Fax: 03-5841-5072
            http://www.ab.a.u-tokyo.ac.jp/las/
            e-mail: aa97013@....u-tokyo.ac.jp
            Alindafm@...

> [...]
            > karena nggak tahu langsung di undang ke Polda atau
            > bahkan Gedung Bundar untuk diberi label 'mata-mata

          • zzzz gr..gr
            Message 5 of 13 , May 4, 2001
              Betul sekali apa yang Ibu sampaikan, bahkan siapa saja yang terlibat proses analisa sumber daya alam yang menggunakan informasi mengenai rupa bumi patut merasa "SUSPECTED". Tapi bukankah selama ini sepertinya ok-ok aja dokumen2 rahasia negara itu berada ditangan orang asing sekalipun.

> [...]
              >juga sangat ketat dlm hal peta-per peta tsb..........Jadi bagaimana nih ?

              Your FREE E-mail at http://bubu.com , Go Get It !

              - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - advertisement - - - - - -
              Limited Time Offer: FREE Products! Pay only shipping and handling.
              Get FREE Software, CDR's, Cellular Accessories, Videos, DVD's, Music,
              Injet Refills and much more.
              Only when you click here now - - > http://www.free-irewards.com/cgi-bin/bmb2
            • Kristanto
              Message 6 of 13 , May 4, 2001
                Melihat perdebatan tentang peta rupabumi, citra satelit, foto udara yang
                sampai sekarang masih jadi barang haram bagi publik saya sangat kecewa. Ini
                sangat ironis. Mengapa?

                Pertama, di saat era keterbukaan dan globalisasi ini, sangatlah dangkal
                sekali dan tidaklah bijak apabila pemerintah masih menganggap data-data
                spasial itu masih dilarang bagi kepentingan publik. Bahkan sikap seperti ini
                dapat dikatakan ini tidak cerdik dalam mengantisipasi perkembangan iptek.
                Bagaimanapun, seharusnya pihak pemerintah (khususnya TNI) harusnya bukan
                bersikap melarang dengan dalih menganggap itu rahasia negara. Tapi berusaha
                untuk mengembangkan supaya daerah-daerah yang dianggap terlarang tidak lagi
                dapat tercover oleh satelit. Ini ibarat orang ketakutan pada bayangannya
                sendiri.

                Kedua, pelarangan dengan menganggap itu rahasia negara pun juga masih
                mengacu pada peraturan lama. yaitu era Orde Baru, yang kebijakannya masih
                menganggap Indonesia masih dalam keadaan darurat. Sehingga semuanya dianggap
                rahasia negara. Akibatnya, muncul peraturan/undang-undang pasal karet.
                Kenapa pasal karet? Karena yang dimaksud rahasia negara itu tidak jelas.
                Yang tahu interpretasinya hanya pihak penguasa saja. Jadi saya pikir
                peraturan itu sudah tidak relevan lagi. Sehingga harus derekontruksi ulang
                apa saja yang termasuk rahasia negara itu.

                Ketiga, kita perlu menggugat peraturan itu. Yang namanya peta rupabumi itu
                'kan dibuat untuk masyarakat, dan dibiaya oleh uang rakyat (dari pajak
                kita). Maka kita perlu menggugat kepada negara karena akses atas informasi
                publik itu dilarang padahal semua penyelenggarakan negara ini diperoleh dari
                pajak yang kita setor.

                Untuk itu, alangkah baiknya kita semua, yang mengetahui apa itu penginderaan
                jauh dan SIG harus cepat-cepat menyadarkan dan menyosialisasikan bagi
                masyarakat semua (pemerintah, militer, dan khalayak umum) agar peraturan
                karet itu direvisi. Hal ini penting agar kita tidak ditertawakan oleh dunia
                internasional dan ditertawakan oleh anak cucu kita. Kalau perlu mulai
                sekarang secara pro aktif memberikan masukan ke DPR yang lagi menggodok RUU
                Pertahanan dan RUU Rahasia Negara serta RUU tentang Kebebasan Mengakses
                Informasi agar peraturan yang merugikan itu dicabut. Selain itu, alangkah
                baiknya juga menyelenggarakan seminar tentang peraturan pelarangan itu dan
                membuat opini publik untuk itu. Bagaimana forum?

                Kristanto
              • Bangun Muljo S.

> [...]
                  >karena nggak tahu langsung di undang ke Polda atau
                  >bahkan Gedung Bundar untuk diberi label 'mata-mata

                • Iwan Gunawan
                  Message 8 of 13 , May 5, 2001
                    Yaah paling tidak kita bisa sama-sama melanjutkan diskusi lewat mailing list
                    ini dari dalam Bui.

                    Salam,
                    Iwan
                  • Triarko-Rita
                    Message 9 of 13 , May 8, 2001
                      Peta dan Rahasia

                      Pada kondisi kemajuan ICT seperti sekarang ini, rasanya sulit dibendung
                      dengan sebuah peraturan yang bersifat teritorial. Saya sendiri masih
                      meragukan konsep 'rahasia' itu. Bagaimana menilainya atau apa ukurannya: Apa
                      saja yang dirahasiakan ? sampai dengan tingkat detail seperti apa yang
                      disebut rahasia ? informasi yang sudah berumur berapa lama masih dianggap
                      rahasia ? dalam kondisi seperti apa informasi itu (dalam bentuk peta atau
                      bukan peta) masih bisa disebut rahasia ? siapa saja yang boleh menimpan
                      informasi 'rahasia' itu ? mengapa mereka ? dst.

                      Sepertinya saya cenderung menilai konsep 'rahasia' yg banyak didiskusikan
                      dikalangan pemerintah, khususnya oleh kalangan militer memiliki content
                      'kekuasaan' atau 'menguasai' jadi beda sekali dengan filosofi ICT yg pada
                      akhirnya akan mendorong kita pada pemahaman "Kita Hidup di Satu Dunia".

                      Jadi lebih baik kita mengembangkan kemampuan memahami sebanyak-banyaknya apa
                      yang dimiliki oleh dunia ini daripada sekedar menyimpan apa yang kita miliki
                      serapat-rapatnya padahal info itu dapat diketahui tanpa kita mengetahui
                      prosesnya. Atau jika tetap ingin menguasainya maka kuasailah secara ilmu dan
                      teknologi yang lebih advance serta segerakanlah mengurus patentnya. Kalaupun
                      banyak cara memperoleh informasi tentang indonesia melalui 'taktik
                      penelitian bersama' maka hasil/produk yang di patentkan secara bersama
                      (termasuk kita sebagai salah satu anggota tim penemu) ini paling tidak kita
                      bisa ikut pantau pemanfaatannya. Disinilah secara moral dan hukum kita dapat
                      mengetahui apa saja yang dimanfaatkan dari segala sumber daya yang ada di
                      Indonesia oleh pihak lain. Apakah akan mengancam atau tidak negara RI dengan
                      adanya pemanfaatan ini..........saya rasa tergantung kepentingannya dan
                      kondisi negara kita pada saat yang bersangkutan. Saya yakin permasalahannya
                      cukup kompleks dalam menilai hal yang terakhir.

                      Dalam konteks GIS misalnya seyogyanya kita jangan hanya 'bermain' dalam
                      kategori informasi dasar apalagi yang sudah menjadi public domain tetapi
                      lebih baik dan bernilai jika menciptakan fine product yang tidak mudah
                      di-imitasi (barrier of immitation yang tinggi). Dengan demikian informasi
                      tingkat lanjut yang dihasilkan melalui bentuk peta/GIS ini tidak mudah
                      direplikasi oleh pihak manapun. Kalaupun itu terjadi maka pihak yang
                      mereplikasi perlu membayar mahal untuk karya cipta itu.

                      arko
                      Jur. Geografi FMIPA UI

                      http://docs.yahoo.com/info/terms/

                      > Yahoo! Groups Sponsor
                      >

                      > Jurnal Remote Sensing dan GIS Indonesia
                      > http://www.geocities.com/rsgisforum/journal

                      >Jurnal Remote Sensing dan GIS Indonesia
                      >http://www.geocities.com/rsgisforum/journal

                    • hartanto

                        Message 11 of 13 , May 9, 2001
                          Salam,
                          Wah, karena rekan Hartanto sudah nyebut nama satu-persatu, saya punya
                          kewajiban moral untuk ikut 'urun rembug' yang saya gali dari pengalaman
                          empat tahun terakhir berkecimpung di bidang 'airborne survey' dengan
                          partner 'luar negeri'.

                          Seperti yang disampaikan rekan GH Anto, soal perijinan survey saat
                          ini sudah tidak menjadi masalah. Paradigma di PUSURTA TNI sudah
                          benar-benar berubah sejak Pak Frans memimpin lembaga ini. Hanya
                          beberapa kali saya bertemu dengan beliau dan menceriterakan mengenai
                          perkembangan teknologi Inderaja (sewaktu mengurus ijin survey dengan
                          AIRSAR-nya NASA), beliau langsung meresponse sangat positif.
                          Beliau memberikan jaminan yang, menurut saya, sangat di luar kebiasaan.
                          Pak Frans memberikan nomor telepon 'hot-line'-nya dan bersedia
                          dihubungi kapan saja jika terjadi hambatan dalam mengurus ijin ini.
                          Sampai program AIRSAR selesai, saya belum pernah memutar nomor ini.

                          Menurut saya, yang harus merubah paradigma ya kita-kita ini para pelaku
                          survey di bidang ini, agar proaktif menerapkan peraturan dan prosedur yang
                          berlaku secara 'baik dan benar'. Upayakan agar partner 'luar negeri' kita
                          memahami mekanisme yang harus ditempuh dan yakinkan pihak yang
                          'berwenang' mengatur bahwa dengan peran aktif kita, peraturan dan prosedur
                          yang berlaku dapat dipenuhi.

                          Adalah wajar apabila partner 'luar negeri' kita maunya cepet (waktu adalah
                          uang),
                          dan sedangkan pihak yang berwenang harus menegakkan prosedur dan peraturan
                          yang berlaku. Saya dan Pak Iwan Gunawan pernah 'dikuliahi' peraturan
                          perijinan penerbangan oleh seorang pejabat di Departemen Perhubungan,
                          gara-gara partner 'luar negeri' kita punya persepsi yang salah bahwa
                          prosedur
                          dan peraturan di Indonesia dapat di 'by-pass' dengan 'lobby tingkat
                          tinggi'.

                          Untuk menghindari kasus semacam ini, kuncinya adalah, kita harus dapat
                          memahami secara utuh kait-mengkait antara prosedur dan peraturan yang
                          berlaku, sehingga dari jauh hari kita bisa memberikan gambaran yang
                          utuh kepada partner 'luar negeri' mengenai prosedur yang akan ditempuh
                          dan peraturan yang harus ditaati. Dalam waktu yang sama, kita harus
                          dapat meyakinkan pada yang 'berwenang' bahwa dengan keterlibatan
                          kita (yang telah memahami prosedur dan peraturan) tidak akan terjadi
                          peraturan yang dilanggar dan prosedur yang di 'by-pass'.

                          Untuk itu saya sangat berterima kasih kepada almarhum Pak Pranoto
                          Asmoro yang tidak henti-hentinya menurunkan ilmunya dalam berurusan
                          dengan masalah ini, mulai dari pengurusan ijin, prosedur pengolahan data
                          (di dalam dan di luar negeri), hingga ke persoalan kepemilikan data.
                          Dari beliaulah saya faham bahwa prosedur dan peraturan yang berlaku
                          tidak rumit-rumit amat seta tidak terkesan menutupi rahasia negara
                          secara berlebihan. Insya Allah ilmu yang telah diturunkan kepada saya
                          dan teman-teman di BPPT dapat di amalkan sehingga apapun bentuk
                          peraturannya dan prosedur (baik saat ini maupun yang akan datang)
                          yang belaku, dapat dilaksanakan secara baik dan benar sehingga
                          terhindar dari timbulnya kasus-kasus pelanggaran peraturan dan
                          prosedur yang berkonotasi 'penjualan' atau 'pembocoran' rahasia negara.

                          wassalam,
                          Agus Kristijono

                        • Dimyati
                          Message 12 of 13 , May 9, 2001
                            Pak Hartanto yth

                            Banyak sudah yang komentar tentang rahasia negara. Untuk lebih membuat
                            miling list ini elegant, saya usul RUU Keamanan, RUU Kebebasan Akses
                            Informasi dan RUU yang terkait dengan topik rahasia ini dimuat di sini dan
                            diberi komentar dan masukan. Saya kira ini lebih produktif daripada sekesar
                            kita semua teriak tidak setuju. Syukur kalau bisa Pak Moderator mengcompile
                            dan memberikan masukannya ke DPR. Gimana Pak???

                            Maaf.
                            MD
                          • hartanto
                            Message 13 of 13 , May 10, 2001
                              Pak Dimyati

                              dengan senang hati saya akan coba compile bahan-bahan
                              tsb. ada yang bisa bantu bahan ? pak Kristanto ? atau
                              yang lain ?

                              kalau ada yang bisa bantu, harap kirim bahan tsb ke
                              japri (hartanto@...).

                              salam
                              hartanto

                              http://auctions.yahoo.com/