Informasi : Pengangkatan daratan 2.5m di selatan pulau Nias

  • Josaphat Tetuko Sri Sumantyo
    Message 1 of 3 , May 3, 2005
      Para kolega yth.

      Selamat siang.

      Pada web foundation kami di bawah ini, silakan dilihat citra ASTER yang
      memperlihatkan proses pengangkatan daratan di selatan pulau Nias (125km di
      sebelah barat pulau Sumatera) akibat gempa teknonik pada 28 Maret 2005 yll.
      Hasil analisa pengangkatan daratan 2.5m disimpulkan dari perbandingan
      digital elevation model (DEM) aktual citra ASTER (Level 3A) yang direkam
      pada tanggal 13 Juli 2000 dan 6 April 2005. Anda dapat pula melihat fenomena
      pecahan gelombang yang semakin menjauh dari daratan pada web di bawah ini.

      Web terkait : http://rsrc.pandhitopanji-f.org

      Semoga bermanfaat.

      Salam.

      Message 2 of 3 , May 6, 2005
        Pak Ewin dan rekan2.

        Selamat pagi.

        Maaf sebelumnya kalau saya bukan ahli seismik dan vulkanologi. Kami hanya
        melakukan estimasi pengangkatan daratan dengan menggunakan digital elevation
        model (DEM) citra satelit ASTER (http://rsrc.pandhitopanji-f.org/aster/ ).
        Saya kira sebagian besar wilayah Indonesia selalu bergerak, khususnya
        sumatera yang bergerak ke utara setiap tahunnya sekitar 12 cm (berdasarkan
        data GPS). Setiap adanya gempa bisa saja mengakibatkan pergeseran2 demikian,
        termasuk di Jawa yang saat ini aktif terjadi gempa.

        Kajian pulau Nias ini (http://rsrc.pandhitopanji-f.org) hanya menggunakan 1
        scene saja secara time series, jadi belum bisa disimpulkan kenaikan tsb
        membuat jalur tertentu atau tidak. Bila kita menggunakan citra seluruh
        Sumatera atau setidaknya sebelah barat pulau Sumatera, bisa saja kita
        dapatkan besaran / peta pergeseran tsb. Bila kita kumpulkan data akhir2 ini
        dimana pusat gempa bergeser ke selatan secara berturut2, bisa saja kita
        prediksi saat ini daerah mana yang labil dan mempunyai kans besar menjadi
        sumber gempa berikutnya.

        Perihal super blooming (ledakan hebat dari perut bumi) spt terjadi di daerah
        Siberia beberapa juta th yll, saya pribadi tidak bisa prediksikan. Saat ini
        yang terjadi adalah masa aktifnya pergeseran plate bumi di daerah Ina. Jadi
        kita perlu hati2 saja utk mempersiapkan diri bila terjadi gempa di daerah
        kita.

        Kebetulan meeting kemarin (May 6) mengenai pemetaan global (khususnya daerah
        Asia) menggunakan SAR data yang proposalnya saya ajukan telah didukung
        banyak pihak. Mudah2an dalam 2-3 tahun mendatang kita bisa mendapatkan hasil
        analisa detail pergeseran plate bumi di seluruh dunia dan Asia termasuk Ina
        setelah mengolah jutaan citra SAR dunia.

        Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat walau sangat singkat.

        Regards.

        Message 3 of 3 , May 10, 2005
          Yth. Pak Josaphat & Rekan2x

          Sebelumnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pak Josaphat baru kali ini lagi saya kirim email sekaligus salut atas hasil karyanya yang spektakuler.

          berbicara mengenai pengangkatan 2,5 m di pulau nias, meletusnya gunung talang, gempa dan tsunami merupakan fenomena yang luar biasa yang terjadi di Indonesia dan sampai saat ini setau saya belum ada sistem kontinyu yang dapat memantau dan memprediksi bencana alam tersebut.

          salah satu hal penting untuk mengidentifikasi bencana alam geologi dan vulkanologi yaitu dengan melakukan pemantauan deformasi permukaan bumi spt landslide, land subsidence, vulcano eruption dan gempa bumi. Deformasi merupakan pemantauan permukaan bumi berbasiskan perubahan arah sumbu X, Y, Z, waktu, kecepatan dan percepatan.

          GPS merupakan alat pengukuran yang sering digunakan untuk menentukan deformasi, dengan GPS dapat di ketahui hingga orde milimeter, namun kenyataanya dengan menggunakan data GPS hanya berupa nilai titik-titik pengamatan bukan merupakan luasan/area.

          salah satu teknologi yang ekonomis dan efisien untuk mengetahui area deformasi dengan menggunakan Interferometric Synthetic Aperture Radar (InSAR) dengan membandingkan interferogram t1 dan interferogram t2 untuk mengetahui perubahan permukaan bumi.

          Namun yang jadi pertanyaan sejauh mana metode InSAR dapat menentukan deformasi secara presisi dan akurasi ???

          Mengingat ada beberapa hal penting yang menentukan keakurasian dalam menentukan deformasi dengan menggunakan INSAR, misalkan :
          1.image registration untuk menentukan interferogram
          2.penentuan Baseline (garis dasar interferometrik)
          3.algoritma untuk phase unwraping

          pertanyaan selanjutnya dengan memanfaatkan SAR apakah ada teknik dan metode lain yang bapak telah/sedang/akan kembangkan untuk menentukan deformasi permukaan bumi??

          dari pertanyaan saya dan tanggapan bapak mungkin dapat diambil benang merah untuk dijadikan salah satu topik penelitian yang sangat berguna bagi rakyat indonesia yang hidup bersama bencana.

          terima kasih atas tanggapannya.

          Salam
          Soni Darmawan

          Josaphat Tetuko Sri Sumantyo <jtetukoss@...> wrote:
> [...]

          > mungkin terjadi ?
          >
          > Maaf sebelumnya, karena ini bukan bidang saya,
          > jadi pertanyaannya mungkin tidak terlalu 'ilmiah'. ;-)

          Situs Inisiatif RSGISForum (data spasial untuk Aceh dsk)
          http://inisiatif.rsgisforum.net