Re: RSGISForum: Koordinat TM 3Derajat

  • Tono Saksono
    Message 1 of 3 , Mar 8 9:05 PM

      Sedikit tambahan juga. Bidang proyeksi pada TM adalah
      sebuah silinder yang posisinya menyinggung bola bumi
      (atau spheroid) tapi posisi sumbu silinder tegak lurus
      dg sumbu putar bumi (terletak pada bidang equator).
      Itulah sebabnya dinamakan transverse. Posisi silinder
      unt UTM tidak menyinggung, tapi memotong bola bumi
      (atau spheroid). Zona 3 derajat pada TM itu ditetapkan
      unt menghindari distorsi yang terlalu besar pada tepi
      peta.

      Nah kalau posisi sumbu silinder berimpit dengan sumbu
      putar bumi, jadilah proyeksi Mercator.

      Memang rumit juga yah? Semoga enggak nambah pusing.

      Salam,
      Tono Saksono

      --- Hendro Wicaksono <hendrow@...> wrote:
> [...]
      > mulai bujur 138 derajat Timur s/d 141 derajat Timur
      >
      > 9. Batas Lintang : 6 derajat Lintang
      > Utara dan 11 derajat
      > Lintang Selatan
      >
      > Proyeksi TM-3 derajat ini mengacu pada ellipsoid
      > referensi WGS '84 yang
      > kemudian disebut sebagai Datum Geodesi Nasional 1995
      > (DGN 95) dengan
      > parameter ellipsoid referensi sebagaimana disebut di
      > atas
      >
      > Demikian Pak Tri semoga dapat menjadi sekedar
      > tambahan informasi. Dan
      > saya harap teman-teman dari BPN untuk ikut

      Yahoo! Search - Find what you�re looking for faster
      http://search.yahoo.com
    • Tri Muji Susantoro
      Message 2 of 3 , Mar 14 5:47 PM
        Terima Kasih atas penjelasannya,
        sehingga saya jadi tahu tentang TM 3 derajat tersebut,
        Maaf baru membuka Email sekarang karena saya habis cuti

        Salaam
        Tri Muji Susantoro
[...]

        1.. Dimulai zone no.46.2 mulai bujur 93 derajat Timur s/d bujur 96 derajat Timur
        2.. Zone no 47.1 mulai bujur 96 derajat Timur s/d bujur 99 derajat Timur
        3.. Zone no 47.2 mulai bujur 99 derajat Timur s/d bujur 102 derajat Timur
        4.. Zone no 48.1 mulai bujur 102 derajat Timur s/d bujur 105 derajat Timur
        5.. Demikian seterusnya sampai zone terakhir yaitu zone no 54.1 mulai bujur 138 derajat Timur s/d 141 derajat Timur

        ---