Re: RSGISForum: Please HELP!

  • Rouly Saragih
    Message 1 of 7 , Sep 8, 2003
      Dear Pak Hendr & Pak Rachmat,
      Terima kasih Bapak-Bapak berdua atas bantuan dan hasil perhitungannya. Untuk sementara, ini saja sudah cukup Pak. Kalau ada lagi nanti, saya sudah tahu kemana harus menghubungi. Terima kasih juga untuk Mod RSGIS Forum.
      Your help is highly appreciated.
      Regards,
      Rouly Saragih
      Message 2 of 7 , Sep 9, 2003
        Kalo pingin gampang pake mapinfo 7 mas. Kalo mapinfo 7 ada
        fasilitas itu (utk koordinat dalam bentuk lintang/bujur).
        Saya udah coba pake mapinfo edisi trialnya

        On Tue, 9 Sep 2003 10:16:48 +0700
        "Rouly Saragih" <rouly_saragih@...> wrote:

> [...]
        >
        >Bujur
        >:       1 deg  48
        >'    24 "
        >
        >Mungkin ada diantara para Milister yang bisa membantu
        >dalam waktu segera (instant). Kebetulan saya tidak hafal
        >rumus-rumus untuk melakukan transformasi ini.
        >Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.
        >
        >Salam,
        >Rouly Saragih

        >Yahoo! Groups Sponsor

        >Forum Remote Sensing dan GIS Indonesia @
        >http://www.rsgisforum.net
        >

        >Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms

        "Instan Diskon Setiap Hari"...
        Setiap hari jam 10 malam sampai jam 7 pagi
        Dan setiap Hari Libur..
        berlaku mulai 1 September - 31 Desember 2003,
        Khusus Jawa Timur...
      • tri permadi
        Message 3 of 7 , Sep 9, 2003
          Klo anda pake software ArcInfo anda bisa menuliskan titik koordinat tersebut di notepad dengan extension .txt dan bisa langsung di rubah dengan menggunakan ArcInfo dengan command project file, karena di ArcInfo bisa merubah koordinat dari dms ke dd atau sebaliknya dan dari dms ke utm atau sebaliknya dan kalo anda pake ArcView anda bisa langsung menuliskan data tersebut ke tabelnya ArcView, tapi sebelumnya koordinat yang second dibagi 60 dan yang detiknya di bagi 3600 sebagai contoh 47/60 dan 42/3600, setelah dimasukkan ke tabelnya ArcView aktifkan dulu extension projection utilities wizard yang ada di ArcView dan setelah itu baru bisa di konversi dari geographic ke utm, dengan syarat file yang di konversi dengan menggunakan ArcView harus .shp.

          Semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan dalam menyampaikan caranya dan mungkin diantara rekan2 ada yang lebih tahu dari saya.

          Selamat mencoba.

          Tri

          Yahoo! Groups SponsorADVERTISEMENT

          Forum Remote Sensing dan GIS Indonesia @ http://www.rsgisforum.net

        • Aslan Baco
          Message 4 of 7 , Sep 9, 2003
            sebagai tambahan saja...
            Nilai Lintang/Bujur dinyatakan dalam Derajat, Menit, Detik (DMS) biasanya harus DIKONVERSI terlebih dahulu ke Derajat Desimal (DD) sebelum diaplikasikan dalam software GIS.

            Rumus:

            DD = Derajat + Menit / 60 + Detik / 3600

            Untuk lintang selatan dan bujur barat digunakan:

            - DD = - (Derajat+ Menit/60 + Detik/3600)

            semoga membantu.

            =aco=

          • Teddy Jantapraja
            Message 5 of 7 , Sep 16, 2003
              Salam

              Maaf sebelumnya kalau saya salah dalam memberikan informasi.

              Kalau tidak salah saya pernah men-download software gratis (freeware)
              yang mengalkulasikan atau meng-convert titik koordinat geografis ke
              titik koordinat UTM.
              Itu pun kalau tidak salah, saya men-download-nya lewat search engine,
              dengan kata kunci "gis software". Nama softwarenya (ini juga kalau
              tidak salah) "coordinat convenrtion".

              Bisa lewat google atau DAP search engine.