Re: RSGISForum: Sotfware RS dan GIS Berbasis Linux

  • Noor Hidayat Suyudi
    Message 1 of 21 , Jun 30, 2003
      Boleh.. apaan..? saya juga ada. grass namanya. tapi belum
      berhasil nginstallnya. mungkin ada yang pernah
      berhasil....

      On Mon, 30 Jun 2003 06:40:30 -0700 (PDT)
      Budi Nugroho <budi_hn@...> wrote:

      >Halo semuanya...
      >Ada yang tahu nggak software RS dan GIS yang berbasis
      >linux?
      >
      >thanks.

      "TELKOMNet Instan Divre VI Kalimantan memberikan DISKON PROGRESSIVE kepada para pengguna
      TELKOMNet-Instan hingga 50% mulai bulan Juli hingga September 2003."
    • Rahmat Hotari Harahap
      Message 2 of 21 , Jul 1, 2003
        Saya sering mempergunakan GRASS, mungkin bisa membantu ....8-)

        rahmat

        ===============
        > "TELKOMNet Instan Divre VI Kalimantan memberikan DISKON PROGRESSIVE kepada
        para pengguna
        > TELKOMNet-Instan hingga 50% mulai bulan Juli hingga September 2003."

      • dwi sunu herutomo
        Message 3 of 21 , Jul 1, 2003
          atau untuk lebih banyak pilihan lagi bisa coba liat di
          www.sourceforge.org.
          situs ini untuk seluruh software yang berada dibawah GPL
          baik windows, unix, sparc, atau sun.
          maju terus open-source
          "TELKOMNet Instan Divre VI Kalimantan memberikan DISKON PROGRESSIVE kepada para pengguna
          TELKOMNet-Instan hingga 50% mulai bulan Juli hingga September 2003."
        • Gempur
          Message 4 of 21 , Jul 1, 2003
            Assalamualaikum,

            Ada yang tahu bagaimana cara convert Mr-Sid (*.sid) file ke *.tiff,
            dengan tool yang free mungkin.

            Saya sudah lihat di http://www.lizardtech.com/download/?f=0&d=1 , untuk
            buka sid di Photoshop,
            tapi kalo ada tool yang free, under linux juga boleh.

            Terima Kasih

            Gempur SR

            ----------
            Longitude : 117,14794
            Latitude : -0,499972
          • Gempur
            Message 5 of 21 , Jul 1, 2003
              Maaf, saya kurang teliti membaca
              ternyata di lizardtech sudah ada cara untuk convert ke tiff,

              maaf sekali lagi

              Gempur SR

              ----------
              Longitude : 117,14794
              Latitude : -0,499972
            • Budi Nugroho
              Message 6 of 21 , Jul 3, 2003
                Bung rahmat, grass yang anda maksud sdh dalam aplikasi
                siap pakai atau yang harus di-compile dulu di bahasa C
                (linux)?
                thanks jawabannya.

                --- Rahmat Hotari Harahap <hotari@...>

                http://sbc.yahoo.com
              • dwi sunu herutomo
                Message 7 of 21 , Jul 3, 2003
                  kalau mas pake distro redhat, grass sudah tersedia dalam
                  paket RPM,
                  mudah gampang tur murah :)
                  On Thu, 3 Jul 2003 00:25:01 -0700 (PDT)
                  Budi Nugroho <budi_hn@...> wrote:

                  >Bung rahmat, grass yang anda maksud sdh dalam aplikasi
                  >siap pakai atau yang harus di-compile dulu di bahasa C
> [...]
                • Tri Agus Prayitno
                  Message 8 of 21 , Jul 3, 2003
                    Pada Thursday 03 July 2003 14:25, Budi Nugroho menulis:
                    > Bung rahmat, grass yang anda maksud sdh dalam aplikasi
                    > siap pakai atau yang harus di-compile dulu di bahasa C
                    > (linux)?
                    > thanks jawabannya.

                    banyak pilihan dalam grass
                    silakan pilih untuk compile dari source atau instal binary-nya
                    saya pake mandrake, dan grass ada dalam distribusinya
                    memang masih command line untuk frontend (gui) nya juga masih ada pilihan
                    untuk pake tcl/tk (gratis) atau grassxmi (bayar sekitar 2 juta utk personal
                    dan 4 juta untuk bisnis)
                  • Rahmat Harahap
                    Message 9 of 21 , Jul 3, 2003
                      rekan Budi,

                      Seperti yang diutarakan oleh mas Tri dan Dwi untuk 'stable version'--->
                      versi 4.x dan 5.0x
                      umumnya sudan ada dalam binari/rpm dan tinggal di install. Untuk versi
                      experimental 'alpha/beta' --->versi 5.1 sebagian masih harus di kompile
                      sendiri. Demikian juga untuk beberapa modul tambahan yang tidak termasuk
                      formal release kadangkala perlu di kompile sendiri.

                      Untuk official release bisa cek ke http://grass.baylor.edu/ karena
                      kadangkala ada beberapa rekan yang menggunakan link-link yang tidak up to
                      date.
                      URL untuk downloadnya ada di http://grass.baylor.edu/download.html. Disini
                      umunya sudah tersedia dalam format tgz standard dan bisa di run di
                      macam-macam distribusi linux. Seluruh instalasi grass akan ada dlm dalam
                      folder /usr/local/grass*.
                      Untuk versi 5.* sudah ada script instalasinya sehingga lebih mudah dari
                      instalasi versi 4.x.

                      Saya sudah coba instalasi langsung di silicon graphics, redhat 6 - 7.x sama
                      Suse 7.x dan 8.x semuanya lancar kalau mandrake sudah jadi paket
                      instalasinya akan lebih enak lagi tuh ...8-). Versi windowsnya juga ada tapi
                      tidak semua fungsinya ada.

                      Kalau kompile sendiri sebetulnya cukup /relatif mudah yang penting seluruh
                      librari dan kompilernya tersedia (gcc dsbnya). Begitu di run dia akan
                      kompiling sendiri hanya kadang-kadang perlu waktu kalau mesinnya relatif
                      lambat

                      GRASS menggunakan model X Server client untuk gui front endnya. Untuk
                      mengaksesnya bisa dengan mempergunakan tcl/tk (free), grassxmi (bayar) dan
                      command line (free). Saya suka pakai tcl/tk dan juga command line. Kelebihan
                      command line adalah kita bisa menggabuingkan berbagai proses fungsi dalam
                      unix script. memang sedikit repot untuk hapal perintahnya tapi kalau udah
                      coba pasti suka ...8-)

                      Iya deh itu saja dulu, maaf jadi kepanjangan. Mudah-mudahan bisa membantu

                      salam
                      rahmat

> [...]

                      untuk pake tcl/tk (gratis) atau grassxmi (bayar sekitar 2 juta utk personal

                      Forum Remote Sensing dan GIS Indonesia @ http://www.rsgisforum.net

                    • Noor Hidayat Suyudi
                      Message 10 of 21 , Jul 3, 2003
                        Saya sudah dapat filenya dalam bentuk tar.gz. bagaimana
                        cara menginstallnya. soalnya saya sudah pernah mencobanya
                        tetapi gagal...
                        On Tue, 1 Jul 2003 17:11:04 +0700

                        Message 11 of 21 , Jul 3, 2003
                          Pada Thursday 03 July 2003 17:24, Noor Hidayat Suyudi menulis:
                          > Saya sudah dapat filenya dalam bentuk tar.gz. bagaimana
                          > cara menginstallnya. soalnya saya sudah pernah mencobanya
                          > tetapi gagal...

                          dari distribusi resminya...
                          baik source maupun binary sama2 dikompres dengan gzipped tarball (tar.gz atau
                          tgz)
                          nah yg mas rahmat punya itu source apa binary (dari mana dl-nya.. bisa dilihat
                          dari url waktu dl.)

                          ekstrak aja file itu dulu, tar -zxvf grass5.xxxxxxxxxx.tzr.gz (ganti xxx
                          sesuai versi filenya)
                          trus pindah ke direktori hasil ekstrak dan untuk instruksi selanjutnya baca
                          file README atau INSTALL
                        • Rahmat Harahap
                          Message 12 of 21 , Jul 3, 2003
                            Mungkin bisa diinfokan gagalnya dimana, atau ada pesan tertentu pada saat
                            instalasi/dijalankan?

                            rahmat