Re: RSGISForum: Re: pembagian zona koordinat utm indonesia

  • Bambang Eko Susilo
    Message 1 of 10 , Oct 8, 2011
    Pak Aris Ysh,

    setahu saya itu ada rumus perhitungannya, tapi ini saya lampirkan zona peta untuk wilayah Indonesia. Zona "N" untuk north atau utara dan "S" untuk selatan, keduanya dipisahkan oleh garis khatulistiwa. Misalnya, Kalimantan Timur itu ada di zona 50 utara. Demikian, semoga bermanfaat :)

    Tabik,
    Bambang Eko Susilo
    [+628133166xxxx]

    Message 2 of 10 , Oct 8, 2011
      Pak Darkono betul...zona UTM bisa kita buat sendiri dengan menggunakan ARCVIEW extension Edit Tool 3.6.
      click Edit Tool 3.6.
      pilih miscelaaneous
      x spacing 6 degree
      y spacing 8 degree
      dan kalo ngga salah dulu saya udah pernah kirim zona UTM Indonesia format SHP.

      Dari: ninja bego <ninjabego@...>
      Kepada: rsgisforum-net@yahoogroups.com
      Dikirim: Kamis, 6 Oktober 2011 19:02
      Judul: Re: RSGISForum: pembagian zona koordinat utm indonesia

      caei aj di inigis.com...setau gw seh ada shpnya

      2011/10/6 Darkono Tjawikrama <no503078@...>

      Pak arie

      Kalau file spasial saya ndak punya, tapi saya biasanya menggunakan grid layout sebagai bantuan.

      Konsepnya, Zona UTM memiliki lebar 6 derajat (setiap zone), biasanya saya buat grid layout dengan interval 6 derajat bujur timur. Karena saya banyak menggunakan zone 49 (kalbar, kalteng) maka tinggal menghitung aja.. Jika ke kanan (timur) zone nya 50, 51, dst... Sebaliknya jika ke kiri (barat).

      Demikian,

      Salam

      Darkono
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      From: "arie" <arie_plano06@...>
      Date: Wed, 05 Oct 2011 04:09:03 -0000
      Subject: RSGISForum: pembagian zona koordinat utm indonesia

[...]

    • KSATRIA NUSA BANGSA
      Message 3 of 10 , Oct 10, 2011

        Lebih baik tahu dulu dasar pembagiannya,

        Bumi dibagi atas 60 zone, 30 zone di barat dan 30 zone di timur, kebetulan Indonesia masuk dalam zone timur jadi kodenya bujur timur (BT).

        Setiap zone berjarak 6 derajat, permulaan zone di hitung dari barat ke timur, karena zone barat adalah 30 zone, maka zone timur dimulai dari zone 30 sampai 60, maka cara mengetahui zone suatu daerah di Indonesia gunakan saja rumus :

        Derajat lokasi daerah dibagai jarak zone ditambahkan 30 (karena Indonesia berada di zone timur), dan hasil perhitungannya selalu di gunakan pembulatan ke atas, sehingga kita hanya mendapat angka yang bulat. Sedangkan untuk utara atau selatan tinggal perhatikan positif atau tidak, kalau positf kodenya “N” kalau negative codenya “S” (N berarti north, S berarti south)

        Akhirnya rumusnya  è (derajat lokasi /6) + 30 = zone lokasi

        Misal daerah di lokasi :  103 15 33  dan 2 45 S maka zone nya adalah (103/6)+30 = 47.1666 ( pembulatan ke atas berarti 48) maka daerah tersebut adalah

        Zone 48 S

        Terimakasih untuk bapak Asmarul Amri, ilmu ini sudah 15 tahun lebih saya terima dari anda, dan sampai sekarang masih bermanfaat, semoga ilmu ini bermanfaat untuk yang lain…

        Salam

        Satria…2011