Re: RSGISForum: Re: Tanya tentang slope/kemiringan tanah

  • Agustiar Hamdani
    Message 1 of 4 , May 1, 2003
      Sekedar menambahkan. Mengenai konsep lereng seperti telah dijelaskan di
      bawah.
      Untuk membuat peta Lereng di ArcView, tidak bisa hanya menggunakan ArcView
      yang standar, tetapi harus ada extension 3D Analyst atau Spatial Analyst.
      Jenis data yang digunakan misalnya Kontur atau data lainnya yang memiliki
      nilai Z. Kalau menggunakan 3D, telebih dahulu harus di konversi ke TIN baru
      kemudian tinggal "Derive Slope" aja. Perlu diingat nilai default yang
      digunakan adalah dalam satuan degree. Kalau seandainya punya Spatial
      Analyst, bisa gunakan ext Model Builder, disitu kita dengan bebas Lereng
      yang akan dihasilkan mau dalam satuan degree atau percent, dan kita juga
      bisa mendefinisikan kelas yang kita inginkan tergantung kebutuhan. Agar
      resolusi output kebih tinggi, tinggal diset aja output grid nya mau berapa
      meter. Output data yang akan dihasilkan dalam format grid. Untuk dikonversi
      ke vektor format, tinggal "convert to shapefile" aja...beres dehhh

      Selamat Mencoba
      ------------------
      Salam
      ADOET

> [...]
      >piksel yg digunakan)
      >
      >Modalnya cuma kontur dengan posisi X,Y) dan nilai konturnya (Z). Jika
      >data yang dipunya dalam format ArcINFO/ArcView, tidak masalah, ada
      >fasilitas impor disana. Hasil yang diperoleh berupa data raster yang
      >menunjukkan nilai kemiringannya dalam dua versi sekaligus (derajad
      >maupun persen). Tinggal diklasifikasikan sesuai dengan tabel
      >klasifikasi yang dimiliki. Data hasil klasifikasi dapat diubah ke
      >format .shp. Gunakan saja Raster-to-Polygon, kemudian export.
      >
      >Demikian, semoga membantu. Mohon koreksi jika ada yang salah.

      The new MSN 8: smart spam protection and 2 months FREE*
    • Rahmat Hotari Harahap
      Message 2 of 4 , May 1, 2003
        Sekedar info saja, kalau mau coba penghitungan untuk persentase lereng bisa
        juga
        dengan aplikasi murah meriah tapi sangat powerful. Silakan coba dengan GRASS
        dan hasil yang sama dari ArcInfo/Spatial Analyst bisa anda generate dengan
        mudah.

        Kalau soal grid size harus hati-hati karena besaran grid harus sesuai dengan
        resolusi peta
        topografi yang dipakai.

        salam
        rahmat

        home : hotari@...
        office : rahmat.h.harahap@...
      • Fitriani Agustin
        Message 3 of 4 , May 1, 2003

          Mau tanya nih..
          ILWIS terbaru sekarang udah seri keberapa??
          trus kalo dari data MapInfo bisa gak di export ke ILWIS
          makasih ya..soalnya saya baru coba-coba nih..
          ]

          GRDC Website (http://www.grdc.esdm.go.id)
        • Heri Sutanta
          Message 4 of 4 , May 2, 2003
            dear all,

            Saya baru saja meng-install ILWIS 3.11 versi akademik,
            yang baru dirilis bulan kemarin. Beberapa feature baru
            di ILWIS 3.11 adl:

            Aster Import
            Aster satellite images level 1a and 1b can be directly
            imported into ILWIS, including all needed geometric
            and radiometric corrections. This functionality is
            integrated in the Import Map Wizard.
            StereoPair from DTM
            The Stereo pair from DTM operation creates a stereo
            pair from a single raster map and a Digital Terrain
            Model (DTM). These stereo pairs have the same
            usability as the Epipolar Stereo Pair.
            Bug Fixes
            Most important bug fixes in 3.11 are:
            Raster maps with domain image do not use 2 bytes per
            pixel anymore
            User defined representations of type Value also work
            with system domain Image
            Densify, Filter and Resample Forms allow input map of
            all domain types
            CoKriging bug causing significant differences with the
            result of version 2

            Saya sudah mencoba untuk mengimport citra ASTER Level
            1A, dan ternyata hasilnya langsung ter-georeference.

            Sebelumnya saya menggunakan ENVI utk membuka citra
            ASTER yang berformat .HDF. Dengan ILWIS 3.11, tidak
            ada kesulitan utk membaca format HDF. Sampai saat ini,
            setahu saya, baru ENVI, ILWIS 3.11 dan IDRISI32 rel.
            2, yang bisa membaca format HDF ASTER.

            Untuk membaca format MapInfo? Saya belum mencek lagi,
            seingat saya yang bisa dibaca adl: .DXF, .SHP, .IMG,
            .E00, dan lainnya.

            salam,

            Heri
            Geodesi UGM

            --- Fitriani Agustin <afitchan@...> wrote:

> [...]
            > trus kalo dari data MapInfo bisa gak di export ke
            > ILWIS
            > makasih ya..soalnya saya baru coba-coba nih..

            The New Yahoo! Search - Faster. Easier. Bingo.
            http://search.yahoo.com