Re: RSGISForum: Pengolahan citra ALOS L1B

  • lmjaelani
    Message 1 of 30 , Dec 31, 2010
      Saya barusan download sample image dari ALOS AVNIR dan mencoba membukanya
      dengan ENVI, berjalan lancar tak ada kendala

      triknya:

      BUKA

      2011/1/1 badrus zaman <badruszaman@...>

      > Urun Rembug...
      >
      > Untuk ERDAS IMAGINE 9.3 dan 2010 dan sekarang 2011 sudah tersedia untuk
      > data
      > ALOS.
      > baik AVNIR, PRISM dan PALSAR.
      > Untuk konversi, bisa menggunkan menu import atau buka data di GLT Viewer
      > dan
      > Save As sebagai file baru dgn format *.TIFF maupun *.IMG.

> [...]

    • lmjaelani
      Message 2 of 30 , Dec 31, 2010
        wah putus, maaf

        lanjutkan...

        triknya:

        yang dibuka adalah file image nya aja : IMG untuk semua bandnya (1-4), file
        lain yang mnyertai (5 file) ndak perlu dibuka.

        setelah berhasil dibuka, silahkan dilanjutkan dengan proses yang sama
        (seperti pada PRISM yang saya tulis dibagian atas sana)

        Terimakasih

        Lalu M. Jaelani

      • Bayu
        Message 3 of 30 , Jan 1, 2011
          Salam GISser,

          Untuk Tutorial Ekstraksi DEM dari ASTER dan koreksinya dapat dilihat di www. GIS - Service. com dengan artikel berjudul :

          CORRECTING DEM EXTRACTED FROM ASTER STEREO IMAGES

          Terima Kasih semoga dapat bermanfaat,

          www. GIS - Service . com
          (untuk akses silahkan gunakan url di atas, hilangkan spasinya)

          --- In rsgisforum-net@yahoogroups.com, ajeng anggraeni <ajeeeng_87@...> wrote:

          > Assalamualaikum
          >
          > Yth. Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu ahli GIS dan Remote sensing
          >
          > adakah yang pernah melakukan DEM Extraction dari citra ASTER pake software ENVI
          > / ERDAS / ArcGIS?
          >
          > tp adakah yang tau langkah-langkah nya dan punya tutorialnya?
          > saya sudah mencoba tutorial yang pake ENVI, tapi kurang detail hasilnya.
          > mungkin ad tutorial envi yang lain?
          > mohon informasi dan bimbingannya.
          >
          > wassalamualaikum.
          >

          > Ajeng Anggraeni
          > National Chiayi University Taiwan
          > Department of Forestry and Natural Resource
> [...]
        • Ari Nur Ariffianto
          Message 4 of 30 , Jan 1, 2011
            Thx infonya
            Sent from my BlackBerry�powered by Sinyal Kuat INDOSAT

> [...]

            > Ajeng Anggraeni
            > National Chiayi University Taiwan
            > Department of Forestry and Natural Resource

          • ajeng anggraeni
            Message 5 of 30 , Jan 5, 2011
              makasil banyak pak tutorialnya.
              saya coba ya Pak. klo ada yang kurang paham nanti saya tanya lagi :)
              Ajeng Anggraeni
              National Chiayi University Taiwan
              Department of Forestry and Natural Resource
              GIS and Remote Sensing

              ________________________________
> [...]

              > Ajeng Anggraeni
              > National Chiayi University Taiwan
              > Department of Forestry and Natural Resource

            • Seftiawan Samsu Rijal
              Message 6 of 30 , Jan 5, 2011
                Waalaikumsalam

                bagaimana kalo pake global mapper saja ?

                Dari: ajeng anggraeni <ajeeeng_87@...>
                Judul: Re: RSGISForum: Re: DEM extraction dari ASTER pake ENVI / ERDAS
                Kepada: rsgisforum-net@yahoogroups.com
                Tanggal: Rabu, 5 Januari, 2011, 12:00 AM

              • ajeng anggraeni
                Message 7 of 30 , Jan 5, 2011
                  kemarin dapat masukan dari Pak Khairil Fahmi Faisal.
                  beliau pakai LPS 9.2 dan ngambil 11.000 tie point secara manual untuk DEM
                  extraction.
                  yang ajeng kerjain kemaren baru ambil 100 point karena berdasarkan paper yang
                  dibaca (ternyata sama dengan yang pak Bayu kirim) hanya pakai 51 titik sudah
                  cukup. Setelah ajeng tambah tie point nya jadi 527. hasilnya lebih baik (masih
                  pake ENVI). apa mesti tambah lagi sampe 11.000 point juga ya baru hasilnya
                  detail :) ?

                  bisa ya pak pake global mapper?boleh pak di share tutorialnya.
                  tapi di lab ga ada global mapper pak.
                  btw global mapper ad versi free / trial nya ya?

                • Seftiawan Samsu Rijal
                  Message 8 of 30 , Jan 5, 2011
                    oh maaf
                    ternyata yang pake global mapper tu SRTM
                    bukan aster :)

                    Dari: ajeng anggraeni <ajeeeng_87@...>
                    Judul: Re: RSGISForum: Re: DEM extraction dari ASTER pake ENVI / ERDAS
                    Kepada: rsgisforum-net@yahoogroups.com
                    Tanggal: Rabu, 5 Januari, 2011, 9:10 AM

                    From: Bayu <bayyanmc@...>

> [...]

                    > Ajeng Anggraeni

                    > National Chiayi University Taiwan

                    > Department of Forestry and Natural Resource

                  • harry novie
                    Message 9 of 30 , Jan 6, 2011
                      Salam RSGIS,

                      saya mengalami kendala saat proses pansharpening pesan errornya seperti ini
                      "Projections don't match / Missing parameters for reproject" mohon pencerahan
                      nya. apakah itu belum terkoreksi imagenya atau bagaimana, tp saya cek di erdas
                      define projection kedua file sama antara high resolution dan multispektral...
                      help me

                      ** Something Can`t Be Change Before We Change It **

                      ** Regards,
                      ** Harry Nopiyanto

                    • harry novie
                      Message 10 of 30 , Jan 6, 2011
                        Salam RSGIS,

                        Saya mengalami kendala saat proses pansharpening citra ALOS PRISm dan AVNIR-2
                        pesan errornya seperti ini "Projections don't match / Missing parameters for
                        reproject" mohon pencerahan nya. apakah itu belum terkoreksi imagenya atau
                        bagaimana, tp saya cek di ARCGIS 9.3 define projection kedua file sama
                        proyeksinya antara high resolution dan multispektral... help me

                        ** Something Can`t Be Change Before We Change It **

                        ** Regards,
                        ** Harry Nopiyanto

                      • Lilik Budi Prasetyo
                        Message 11 of 30 , Jan 6, 2011
                          Coba di cek di image info (erdas) apakah sudah tercantum pada tab projection info, kalau belum, edit -> add/change projection, samakan kedua image tsb.

                          Lilik Budi Prasetyo

                          Forest Resources Conservation Department

                          Forestry Faculty

                          Bogor Agricultural University

                          email : lbpras@...

                          lbprastdp@...

                          http ://lbprastdp.staff.ipb.ac.id

                          Message 12 of 30 , Jan 6, 2011
                            pak apakah di georeference lagi atau cuma add aja di edit/change projection, oh
                            change projectionnya di viewrnya erdas or dimana pak? baru otak atik pansharpen
                            pak, mohon bantuannya

                              Message 14 of 30 , Jan 7, 2011
                                masih belum bisa pak ya, tepatnya menunya di viewer projection yang belum
                                terkoreksi atau di menu bar erdasnya? saya rubah di viwer projection nggak
                                berubah juga projectionnya

                                  Message 16 of 30 , Jan 7, 2011
                                    Saya coba buat print  screen, muga2 bisa di attach, kalau tidak sudah saya titipkan di http://lbprastdp.staff.ipb.ac.id/lecture/

                                    Di pelajaran KSH 643, di bagian terakhir aku selip add change projection.

                                    Bila tidak bisa, tolong kirim subset (kecil saja) kedua image tsb,akan saya lihat.
                                    chrs,

                                    From: harry novie <harry_novie@...>

                                    To: rsgisforum-net@yahoogroups.com

                                    Message 17 of 30 , Jan 7, 2011
                                      Selamat pagi Pak,

                                      saya sudah mengikuti langkah-langkah yg diberikan pak, sampai dengan add/cange
                                      proejection tetapi setelah saya coba Resolution Merge dri input high image dan
                                      multispektral ada pesan erorr seperti ini pak "Zero or negative size in layer
                                      creation, file c://landak baru/test.img" . salah dimana ya?
                                      d:/landak_baru/test.img** Something Can`t Be Change Before We Change It **

                                      ** Regards,
                                      ** Harry Nopiyanto

                                      ________________________________

                                        From: harry novie <harry_novie@...>

                                        To: rsgisforum-net@yahoogroups.com

                                        From: Lilik Budi Prasetyo <lbprastdp@...>

                                        From: harry novie <harry_novie@...>

                                        To: rsgisforum-net@yahoogroups.com

                                        Date: Thursday, January 6, 2011, 6:20 AM

                                      • harry_novie@yahoo.com
                                        Message 19 of 30 , Jan 8, 2011
                                          Salam RsGis Kalo untuk pansharpen data alosnya bisa nggak dgn arcgis 9.3. Klo bisa ada nggak link tutornya?
                                          Powered by Telkomsel BlackBerry®