Bls: RSGISForum: Pengolahan citra ALOS L1B

  • badrus zaman
    Message 1 of 30 , Dec 31, 2010
      Urun Rembug...

      Untuk ERDAS IMAGINE 9.3 dan 2010 dan sekarang 2011 sudah tersedia untuk data
      ALOS.
      baik AVNIR, PRISM dan PALSAR.
      Untuk konversi, bisa menggunkan menu import atau buka data di GLT Viewer dan
      Save As sebagai file baru dgn format *.TIFF maupun *.IMG.

      Semoga membantu.

      Badruszaman
      PT. Almega Geosystems
      Jakarta
      Mobile: +62815 850 156 25

      Office: +6221 658 33731
      www.gi.leica-geosystems.com
      6?8' 57, 15411" S
      106? 53' 5, 53765" E

      ________________________________
      Message 2 of 30 , Dec 31, 2010
        Saya barusan download sample image dari ALOS AVNIR dan mencoba membukanya
        dengan ENVI, berjalan lancar tak ada kendala

        triknya:

        BUKA

        2011/1/1 badrus zaman <badruszaman@...>

        > Urun Rembug...
        >
        > Untuk ERDAS IMAGINE 9.3 dan 2010 dan sekarang 2011 sudah tersedia untuk
        > data
        > ALOS.
        > baik AVNIR, PRISM dan PALSAR.
        > Untuk konversi, bisa menggunkan menu import atau buka data di GLT Viewer
        > dan
        > Save As sebagai file baru dgn format *.TIFF maupun *.IMG.

> [...]

      • lmjaelani
        Message 3 of 30 , Dec 31, 2010
          wah putus, maaf

          lanjutkan...

          triknya:

          yang dibuka adalah file image nya aja : IMG untuk semua bandnya (1-4), file
          lain yang mnyertai (5 file) ndak perlu dibuka.

          setelah berhasil dibuka, silahkan dilanjutkan dengan proses yang sama
          (seperti pada PRISM yang saya tulis dibagian atas sana)

          Terimakasih

          Lalu M. Jaelani

        • Bayu
          Message 4 of 30 , Jan 1, 2011
            Salam GISser,

            Untuk Tutorial Ekstraksi DEM dari ASTER dan koreksinya dapat dilihat di www. GIS - Service. com dengan artikel berjudul :

            CORRECTING DEM EXTRACTED FROM ASTER STEREO IMAGES

            Terima Kasih semoga dapat bermanfaat,

            www. GIS - Service . com
            (untuk akses silahkan gunakan url di atas, hilangkan spasinya)

            --- In rsgisforum-net@yahoogroups.com, ajeng anggraeni <ajeeeng_87@...> wrote:

            > Assalamualaikum
            >
            > Yth. Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu ahli GIS dan Remote sensing
            >
            > adakah yang pernah melakukan DEM Extraction dari citra ASTER pake software ENVI
            > / ERDAS / ArcGIS?
            >
            > tp adakah yang tau langkah-langkah nya dan punya tutorialnya?
            > saya sudah mencoba tutorial yang pake ENVI, tapi kurang detail hasilnya.
            > mungkin ad tutorial envi yang lain?
            > mohon informasi dan bimbingannya.
            >
            > wassalamualaikum.
            >

            > Ajeng Anggraeni
            > National Chiayi University Taiwan
            > Department of Forestry and Natural Resource
> [...]
          • Ari Nur Ariffianto
            Message 5 of 30 , Jan 1, 2011
              Thx infonya
              Sent from my BlackBerry�powered by Sinyal Kuat INDOSAT

> [...]

              > Ajeng Anggraeni
              > National Chiayi University Taiwan
              > Department of Forestry and Natural Resource

            • ajeng anggraeni
              Message 6 of 30 , Jan 5, 2011
                makasil banyak pak tutorialnya.
                saya coba ya Pak. klo ada yang kurang paham nanti saya tanya lagi :)
                Ajeng Anggraeni
                National Chiayi University Taiwan
                Department of Forestry and Natural Resource
                GIS and Remote Sensing

                ________________________________
> [...]

                > Ajeng Anggraeni
                > National Chiayi University Taiwan
                > Department of Forestry and Natural Resource

              • Seftiawan Samsu Rijal
                Message 7 of 30 , Jan 5, 2011
                  Waalaikumsalam

                  bagaimana kalo pake global mapper saja ?

                  Dari: ajeng anggraeni <ajeeeng_87@...>
                  Judul: Re: RSGISForum: Re: DEM extraction dari ASTER pake ENVI / ERDAS
                  Kepada: rsgisforum-net@yahoogroups.com
                  Tanggal: Rabu, 5 Januari, 2011, 12:00 AM

                • ajeng anggraeni
                  Message 8 of 30 , Jan 5, 2011
                    kemarin dapat masukan dari Pak Khairil Fahmi Faisal.
                    beliau pakai LPS 9.2 dan ngambil 11.000 tie point secara manual untuk DEM
                    extraction.
                    yang ajeng kerjain kemaren baru ambil 100 point karena berdasarkan paper yang
                    dibaca (ternyata sama dengan yang pak Bayu kirim) hanya pakai 51 titik sudah
                    cukup. Setelah ajeng tambah tie point nya jadi 527. hasilnya lebih baik (masih
                    pake ENVI). apa mesti tambah lagi sampe 11.000 point juga ya baru hasilnya
                    detail :) ?

                    bisa ya pak pake global mapper?boleh pak di share tutorialnya.
                    tapi di lab ga ada global mapper pak.
                    btw global mapper ad versi free / trial nya ya?

                  • Seftiawan Samsu Rijal
                    Message 9 of 30 , Jan 5, 2011
                      oh maaf
                      ternyata yang pake global mapper tu SRTM
                      bukan aster :)

                      Dari: ajeng anggraeni <ajeeeng_87@...>
                      Judul: Re: RSGISForum: Re: DEM extraction dari ASTER pake ENVI / ERDAS
                      Kepada: rsgisforum-net@yahoogroups.com
                      Tanggal: Rabu, 5 Januari, 2011, 9:10 AM

                      From: Bayu <bayyanmc@...>

> [...]

                      > Ajeng Anggraeni

                      > National Chiayi University Taiwan

                      > Department of Forestry and Natural Resource

                    • harry novie
                      Message 10 of 30 , Jan 6, 2011
                        Salam RSGIS,

                        saya mengalami kendala saat proses pansharpening pesan errornya seperti ini
                        "Projections don't match / Missing parameters for reproject" mohon pencerahan
                        nya. apakah itu belum terkoreksi imagenya atau bagaimana, tp saya cek di erdas
                        define projection kedua file sama antara high resolution dan multispektral...
                        help me

                        ** Something Can`t Be Change Before We Change It **

                        ** Regards,
                        ** Harry Nopiyanto

                      • harry novie
                        Message 11 of 30 , Jan 6, 2011
                          Salam RSGIS,

                          Saya mengalami kendala saat proses pansharpening citra ALOS PRISm dan AVNIR-2
                          pesan errornya seperti ini "Projections don't match / Missing parameters for
                          reproject" mohon pencerahan nya. apakah itu belum terkoreksi imagenya atau
                          bagaimana, tp saya cek di ARCGIS 9.3 define projection kedua file sama
                          proyeksinya antara high resolution dan multispektral... help me

                          ** Something Can`t Be Change Before We Change It **

                          ** Regards,
                          ** Harry Nopiyanto

                        • Lilik Budi Prasetyo
                          Message 12 of 30 , Jan 6, 2011
                            Coba di cek di image info (erdas) apakah sudah tercantum pada tab projection info, kalau belum, edit -> add/change projection, samakan kedua image tsb.

                            Lilik Budi Prasetyo

                            Forest Resources Conservation Department

                            Forestry Faculty

                            Bogor Agricultural University

                            email : lbpras@...

                            lbprastdp@...

                            http ://lbprastdp.staff.ipb.ac.id

                            Message 13 of 30 , Jan 6, 2011
                              pak apakah di georeference lagi atau cuma add aja di edit/change projection, oh
                              change projectionnya di viewrnya erdas or dimana pak? baru otak atik pansharpen
                              pak, mohon bantuannya

                                Message 15 of 30 , Jan 7, 2011
                                  masih belum bisa pak ya, tepatnya menunya di viewer projection yang belum
                                  terkoreksi atau di menu bar erdasnya? saya rubah di viwer projection nggak
                                  berubah juga projectionnya

                                    Message 17 of 30 , Jan 7, 2011
                                      Saya coba buat print  screen, muga2 bisa di attach, kalau tidak sudah saya titipkan di http://lbprastdp.staff.ipb.ac.id/lecture/

                                      Di pelajaran KSH 643, di bagian terakhir aku selip add change projection.

                                      Bila tidak bisa, tolong kirim subset (kecil saja) kedua image tsb,akan saya lihat.
                                      chrs,

                                      From: harry novie <harry_novie@...>

                                      To: rsgisforum-net@yahoogroups.com

                                      Message 18 of 30 , Jan 7, 2011
                                        Selamat pagi Pak,

                                        saya sudah mengikuti langkah-langkah yg diberikan pak, sampai dengan add/cange
                                        proejection tetapi setelah saya coba Resolution Merge dri input high image dan
                                        multispektral ada pesan erorr seperti ini pak "Zero or negative size in layer
                                        creation, file c://landak baru/test.img" . salah dimana ya?
                                        d:/landak_baru/test.img** Something Can`t Be Change Before We Change It **

                                        ** Regards,
                                        ** Harry Nopiyanto

                                        ________________________________

                                          From: harry novie <harry_novie@...>

                                          To: rsgisforum-net@yahoogroups.com

                                          From: Lilik Budi Prasetyo <lbprastdp@...>

                                          From: harry novie <harry_novie@...>

                                          To: rsgisforum-net@yahoogroups.com

                                          Date: Thursday, January 6, 2011, 6:20 AM

                                        • harry_novie@yahoo.com
                                          Message 20 of 30 , Jan 8, 2011
                                            Salam RsGis Kalo untuk pansharpen data alosnya bisa nggak dgn arcgis 9.3. Klo bisa ada nggak link tutornya?
                                            Powered by Telkomsel BlackBerry®