Indah, Cita-cita dan Preeek !!!

  • rio wardhanu
    Message 1 of 15 , Aug 1, 2004
      penuh hormat,
      Masalah bisnis pending dulu ya bung supri, buku uda
      nyampe? belum? sabar ya...
      ehm...sekarang ada yang ngasih umpan tapi dijawab oleh
      ikan yang sengaja pengen kena pancing...seorang umpan
      dwi yang dijawab si ikan dodong...
      Yang bilang hidup ini indah berarti orang itu goblok
      banget..(ga perlu di perhalus kata-katanya, kecuali
      kalo kata-kata ini (indah -red) dianggap "indah" juga)
      Apa dodong ngerasa "ujian" itu Indah..goblok kamu
      dong!!(ini gak becanda tapi serius lho!)...
      Hidup ini diutak-atik juga nggak bakalan indah..yang
      ngerasa hidup ini indah berarti orang itu lagi
      melakukan proses masturbasi kehidupan!
      coba kamu bangun,sadar dan berusahalah terjaga...!
      sekali kamu berpikir indah, berarti kamu ngerasa hidup
      ini udah cukup buat kamu..
      padahal masalah indah apa nggak itu bukan urusan kamu,
      apalagi berusaha ngindah-indahin yang sebetulnya jelek
      banget..
      kita analogikan pas kita ujian semesteran..apa gak
      bisa ngerjain ujian terus bilang "wah ujiannya indah
      ya" bisa dianggap sebagai fakta bawa ujiannya
      indah..padahal faktanya ujian itu ya sulit, tapi opini
      atau jangan-jangan cuma angan-angan kamu kamu aja yang
      karena emang gak bisa, jadi pelariannya bilang
      ujiannya lumayan indah dan pendapat yang membuat itu
      diindah-indahkan..bahkan bagi orang-orang yang bisa
      ngerjain ujian itu-pun dan berhak bilang ujian itu
      indah pun mesti sepanjang satu semester belajar terus,
      gak sistem kebet semalem..dia berusaha keras,
      skeras-kerasnya yang bisa dilakukan..ya mesti bisa lah
      ngerjain soal-soalnya yang tentunya lewat
      belajar..Bung dodong,jangan gampang nerima lah...kalo
      kita emang masih banyak kekurangannya banyak-banyaklah
      menyesal..terus ya berusaha sebaik-baiknya kalo bisa
      ya menjadi yang terbaik..nah kalo uda sukses baru
      bilang hidup ini indah..kalo ujian aja gak bisa, kamu
      gak berhak bilang ujian itu indah..yang berhak bilang
      ya yang bisa ujian..dia sudah teruji!
      gitu juga hidup..apa kamu pengen "maksa" hidup ini
      indah, padahal kamu sendiri aja gak tau hidup kamu itu
      bisa dipandang indah dengan parameter apa?alat ukur
      apa?standarnya apa?
      masalahnya kalo kamu bilang hidup kita harus
      disyukuri..nah ini lumayan betul..tapi dibilang
      indah...maaf-maaf kata kalo itu masih juga jadi
      keyakinan seseorang..makin goblok aja...bukankah hidup
      ini semuanya ujian?bahkan ketika merasa kita selesai
      menjalani sebuah ujian, berarti kita melangkah pada
      ujian selanjutnya yang lebih dari sekadar ujian?
      oh ya dong..jangan terus-terusan melakukan hal-hal
      yang kamu anggap benar ya...?ntar kamu jadi orang yang
      ngerasa kamu paling benar..
      benar-apa salah itu jelas kok, dan itu tentunya kamu
      pun tahu dengan apa kamu menuju kebanaran, kendaraan
      mana yang trayeknya menuju kebenaran dan ongkos apa
      yang mesti kamu persiapkan dan kamu bayar untuk
      menjalani bahkan sebelumnya mencapai kebenaran...
      mau contoh..?gampang..aku nulis ini aja aku ngerasa
      salah kok, soalnya ngawur dan terlalu menohok hati
      seorang dodong..kalo sekarang aku ngerasa benar dan
      kamu membiarkan perasaan tentang kebenaranku, mau
      apa?bukankah itu yang dinamakan aniaya? makanya
      sebelum dan sesudahnya aku minta maaf karena telah
      menganiaya kamu..

      kalo ada apa-apa, yang bikin kamu gak enak hati jangan
      marah ya, bukankah hidup ini indah, walaupun kamu
      belum lulus juga, walaupun amien rais jagoan kamu gak
      jadi presiden, atau kamu belum juga dapet istri..
      kamu tau gak kalo anak kuliahan itu tujuannya supaya
      dapet ilmu dan jerih payahnya diberikan gelar atas
      keilmuannya..lantas sampe sekarang apa kamu sudah
      melakukannya?
      PREK...
      oh ya satu lagi..cita-cita itu jangan cuma
      digantung..cita-cita itu diraih, dikantongin di saku
      bajumu, ato kalo nggak pake baju ya setidaknya genggam
      lah...kalo perlu rebut..kalo digantungin mau diapain?
      mau cuma dipelototin, diimpiin?ato digantung terus
      dimasukin ke dalam lemari? wah...kalo gitu hidup ini
      "indah " benar ya..walaupun kita gak jadi bagian dari
      "indah" itu sendiri..seperti anak kampung kumuh, IDT
      yang ngeliat rentetan ke'indahan' apartemen mewah di
      kampung sebelahnya..dia gak ngeliat apakah dirinya
      indah, yang diliat cuman keindahan yang ada
      dihadapannya..
      Dong..Merdeka!!!
      Wi...Merdeka !!!
      Bung Supri, sabar ya..tapi Merdeka juga lah...!!!
      (semua kata-kata yang dianggap kasar dan tidak
      selayaknya pantas, angap saja sebagai batu ujian
      apakah bisa dianggap indah oleh sang manusia
      "keindahan", Mas Dodong "indah" Priyambodo...)

      Buat mas Dwi...sepertinya yang boleh saya lakukan
      hanya mengganti kata konsistensi dengan sebuah istilah
      yang bagi saya lebih tepat yakni "Iman", yakni
      selarasnya hati, ucapan dan perbuatan..

      sekali lagi sembah Nuwun...
      mas Rio, dari kampung Gorongan!

      Message 2 of 15 , Aug 1, 2004
        sip...

        Take Yahoo! Mail with you! Get it on your mobile phone.
        http://mobile.yahoo.com/maildemo
      • supri hono
        Message 3 of 15 , Aug 7, 2004
          Kalian itu podo ngrembug opo?

          Buat Mas Rio, ngak usah ngotot-ngotot berargumen sampe
          otot lehernya kelihatan gitu, kayak orang lagi ngedeng
          di WC. Hidup itu terserah yang memaknai, mau dimaknai
          indah, cantik, jelek, kejam, rakus, terserah yang
          menjalani karena pengalaman tiap orang sejak lahir
          berbeda-beda.

          Buat Mas Dodong, tetaplah berangan-angan bahwa hidup
          itu indah, ngak ada yang melarang, undang-undang pun
          kayaknya ngak ada yang melarang kita menganggap hidup
          itu indah. Tapi ingat mas dodong, kadangkala ada
          manusia yang saling membunuh hanya gara-gara katanya
          memburu keindahan.

          Tambah mumet tho? lha wong aku waton ngomong

          --- rio wardhanu <wardhanu@...> wrote:

> [...]
          >

          > sekali lagi sembah Nuwun...
          > mas Rio, dari kampung Gorongan!

          > Yahoo! Mail is new and improved - Check it out!

          Express yourself with Y! Messenger! Free. Download now.
          http://messenger.yahoo.com
        • DS Adi Pratomo
          Message 4 of 15 , Aug 10, 2004
            Assalamu alaikum,

            Mas Supri, saya masih menantikan email dari anda
            tentang deskripsi peluang usaha yang anda tawarkan.
            Harap segera mengkonfirmasi keseriusan anda untuk
            mewujudkan peluang ini, terima kasih

            Wassalam,

            -DS Adi Pratomo-

            Yahoo! Mail is new and improved - Check it out!
            http://promotions.yahoo.com/new_mail
          • Doowey The Cool
            Message 5 of 15 , Aug 12, 2004

              ini tanggapan buat mas rio....jujur aja, yo...aku udah rada2 nggak konek dengan tulisan itu...soalnya mungkin aku yang udah agak pikun, atawa ternyata rimba pikiran ini tumbuh dengan sebegitu suburnya, sampe2 dengan cepatnya tulisan ang kukirim buat mas dodong itu sudah beristirahat di lapisan terbawah bersama dengan lumut2 dan pakis....bukan di atas pucuk2 beringin lagi.....

              tapi itu indahnya hidup, yo....kita bisa bikin ini jadi apa aja.....karena nggak ada ukurannya...nggak ada objektif....karena manusia itu adalah sebuah buntelan raksasa yang berisi subjektifitas....

              bahkan sebagai makhluk yang diseragamkan sebagai makhluk bertulang belakang...tulang belakang kita tetap saja subjektif...ada yang osteophorosys....ada yang encok....ada yang kayak kayak kebo kuatnya....

              apalagi dalam menentukan sikap.....ukurannya itu tambah tidak jelas.....

              kalo kita mau manjadi katak yang menghabiskan hari di kolam dengan resiko mati yang kecil kebanding lompat2 di tengah jalan trus jadi bangkai di awal pagi yang seger....itu terserah kita....terang aja ini pake personafikasi katak yang bisa milih...emank bulan aja yang bisa ngomong.....

              apa kita bisa dengan pasti mengatakan bahwa katak itu membuat keputusan yang salah? jika tidak, kita maish bisa mendengar desahannya saat bersenggama dalam satu periode musim hujan lagi....

              tapi kan mungkin juga, katak itu bosan terus saja diganggu oleh komentar2 nakal kita setiap kali dia sedang melepaskan hasrat biologisnya....jadi dia berkata pada dirinya sendiri, "alangkah indahnya, jika aku dapat berhubungan tanpa harus dikelilingi komentar2 mengganggu ini...", dan mengambil keputusan yang menurut kita salah itu....

              kupikir tidak pernah salah membayangkan sebuah tujuan akhir yang secara subjektif kita anggap indah...karena satu hal yang pasti kusetujui, hidup ini selalu saja kita anggak semakin tidak indah....

              tk itu lebih menyenangkan dari sd, sd lebih bebas dari smp, sma menuntut lebih dari smp, kuliah lebih banyak tekanan, lulus menderitanya bukan main, kawin itu sebuah kekangan seumur hidup.....

              ketika aku menganjurkan salah satu temanku untuk menyelesaikan studinya secepeatnya, dan mengharuskan dia menyelesaikan sebelum aku selesai....dia kemudian menetapkan sebuah standar subjektif, yang tidak bisa dan tidak mau kutentang....dia harus belajar mengaji sebelum lulus, sedangkan aku hanya harus membaca buku....yaahhhh....mungkin baginya mengaji lebih sulit dari membaca buku.....

              tapi semua hal yang tidak menyenangkan itu tetap saja kita lakukan....kenapa?

              karena.......

              jawablah itu sendiri....

              jawabanku, secara subjektif, adalah untuk mencapai tujuanku. dan jika kalian tidak bisa menjawab apa tujuan kalian, mungkin itu adalah saat kalian banar2 sadar bahwa hidup kalian itu tidak indah SAMA SEKALI....karena kalian hanya sosok biologis....

              carilah tujuan kalian....dan bila gus dur pernah berkata ketika kita membuka hubungan dagang dengan israel, kita diperbolehkan bersekutu dengan setan untuk mencapai tujuan kita....

              secara personal, aku setuju dengan dia...karena setan2 itu yang memiliki hampir semua akses yang kita butuhkan....hanya pastikan saja, walaupun akan sangat sulit, kita tidak menjadi salah satu dari mereka.....

              nb: kok nggak ada yang nulis, neehh....isi pake apa, kek...kalo lagi ada inspirasi....dari pada dipendem sendiri, ntar jadi tumor...jangan cuman diisi lowongan kerja doank...

            • supri hono
              Message 6 of 15 , Aug 13, 2004
                mungkin lebih dari seratus pasang mata memelototi
                milis ini, namun kayaknya hanya beberapa pemilik
                pasang bola mata saja yang berniat mengeluarkan
                uneg-uneg isi hatinya, itupun orang-orangnya itu-itu
                saja, tak lebih dari sepuluh orang. kita nggak tahu
                apakah temen-temen kita yang lain sudah pada jadi
                pejabat sehingga sudah pada lupa dengan teman-temannya
                yang lain, sebab kursi dan uang adakalanya melupakan
                segalanya, wallahu a'lam bishshawab, semoga aja tidak
                demikian.
                buat mas dwi di ujung benua seberang, mungkin
                teman-teman kita kebanyakan pada saat ini sudah pada
                lulus kuliah dan kebanyakan pula masih kebingungan
                mencari pekerjaan sehingga wajar saja bila yang
                diperbincangkan adalah lowongan pekerjaan, sudah malas
                membicarakan tujuan hidup, hakekat hidup, dan
                sebagainya dan sebagainya. yang terpenting sekarang
                bagaimana bisa survive dalam hidup dengan cara-cara
                yang tidak merugikan manusia lain.
                Jauh di pelosok desa, di pantai utara pulau jawa, saya
                senantiasa mengikuti perkembangan milis ini, sekalipun
                harus meluangkan waktu khusus pergi ke warnet di kota
                kecil terdekat (karena di tempatku tinggal belum ada
                jaringan telepon) untuk bisa mengikuti informasi dari
                teman-teman fakultas hukum tercinta. kayaknya saya
                juga termasuk yang tidak puas dengan kurangnya
                partisipasi teman-teman lainnya dalam milis ini.
                kebetulan kemarin-kemarin saya cuma jadi pembaca
                setia, okey, sekarang saya tak ikut-ikutan meramekan
                milis ini walaupun tulisan saya kurang bermutu,
                daripada diem saja, bosan cuma jadi pembaca. VIVA
                JUSTICIA !!!!

                Buat panitia album angkatan, piye album angkatane? aku
                wis mbayar lunas lho!!! he...he... he....
                khusus buat Raden Mas Janu Wiyanto yang rumahnya dekat
                Keraton Solo, piye kok sak iki ora pernah nongol ning
                milis? sudah jadi pengacara besar dengan
                masalah-masalah besar ya? nggak sempat ke warnet?
                kemarin saya lihat kamu di televisi lho.

                Hidup Janu Wiyanto!!!!!

                Message 7 of 15 , Aug 15, 2004

                  buat pasangan2 bola mata yang menatapi,

                  kemaren....mungkin sekitar waktu matahari lagi kena jam sibuknya....mungkin kalo biasanya, itu waktu kita semua mengeluh dengan hausnya kerongkongan yang dibarengi dengan guyuran segelas cairan...

                  mas rio, yang mungkin ikut2an diterpa badai di florida sana, tiba2 saja mengirmkan pesan pendek lewat teknologi (baca: sms). jujur saja isinya tidak begitu kumengerti....

                  tapi...ada kata2 yang begitu menggelitik dan mungkin juga sangat sesuai dengan konteks bangsa kita yang saat ini sedang akan, dan sekali lagi juga entah berapa kali lagi yang tersisa, merayakan ulang tahun....

                  kata2nya yang menggelitik itu sangat pendek...dan setelah melihat email terakhirnya ke milis...mungkin mas rio ini sedang keranjingan dengan kata2 ini...

                  MERDEKA, bung....

                  cuma itu ....

                  untuk selingan saja ....kenapa kita suka dengan kata2 merdeka, di hari HUT negara kita itu...bukankah kata itu menyiratkan bahwa kita masih terbelenggu dengan sesuatu...dan membutuhkan satu momentum untuk meneriakkan kebebasan itu...bukankah akan lebih indah (walaupun hanya kelihatannya saja...), jika merdeka itu dirubah dengan....

                  selamat ulang tahun ..(kalo tidak ingin ketinggalan globalisasi, diganti dengan happy birthday)...

                  ato pembangunan, bung....ato jujur, bung.....

                  tapi siapakah kita yang ingin meubah kebiasaan masyarakat yang sudah nyaman dengan semboyan itu....

                  mungkin sekarang ini saatnya, kita membahas kemerdekaan itu...

                  mungkin aku hanya ingin, dan mugnkin baru ini btaas kemampuanku, membahas dua dimensi....semboyan merdeka itu...

                  yang pertama itu, merdeka versi mr. rigen, ms ngasiyem n buah hati mereka benny prasojo (mereka ini tokohnya kolom umar kayam di jaman orde baru, yang serba relatif itu. kalo pengen penjelasan yang detil tentang ini, hubungin aja dedi. dia bisa jelasin, malah pake kromo inggil segala)

                  mereka ini meneriakkan merdeka dengan lantangnya...mengejawantahkannya dengan memanjat pinang yang licin,namun menjanjikan kemewahan lewat hadiah2nya....berlari sekencang2nya dengan kelereng dan sendok di mulutnya...menggoreng segala persediaan makanannya untuk disantap bersama semua orang yang dikenalnya...kemudian menydiakan seluruh masa di malam hari untuk menikmati lakon wayang (kolom ini dibuat tahun 80-an, kalo sekarang apa masih ada wayang semaleman, ya?)....

                  ketika matahari kembali bertugas, dia juga kembali kepada pengabdiannya....melayani pak ageng, sebagai ndoronya...apa dia kembali dijajah? tapi dia tidak keberatan....

                  ato versi pak ageng...ndoro dengan pemikiran2 kontemporer mengenai isu2 sosial dan sangat menghormati perbedaan pendapat....

                  dia meneriakkan kata merdeka selantang2nya di dalam hatinya...dan kemudian merenungkan hal2 yang telah membelenggunya selama 58 tahun dia bernafas di dunia...dibangkitkannya semangat untuk membebaskan diri selama lagu indonesia raya dikumandangkan, dan lagu mengheningkan cipta melantun....

                  dia tahu benar bahwa indonesia belum merdeka...kita masih dibelit kepentingan2 amerika dan australia (ini konteksnya udah 2004)...atau tekanan perdagangan bebas terhadap dunia industri indonesia....bahkan ancaman kiamat yang disebabkan pembabatan hutan....

                  tapi harus dimulai dari mana wahai para pahlawan....

                  dengan bijaksana dia membagi waktu malam, dengan bersosialisasi bersama rekan2nya untuk menyantap nasi goreng sepuluh (yang entah di jogja bagian mana).... dan mengatupkan kedua kelopaknya agar esok bisa kembali....kembali kepada birokrasi?

                  apa dia kembali dijajah? tapi dia tetap menjalaninya

                  versi merdeka yang mana yang kita inginkan?

                  sebagai kaum intelektualis yang sudah menghabiskan uang rakyat, tentu saja seharusnya versi pak ageng....tapi kita juga sudah tahu bahwa yang tahu itu akan mengeluh lebih banyak....mr. rigen tidak tahu dan tidak mengeluh...

                  bukankah hidup ini lebih indah jika kita tidak terlalu banyak mengeluh?

                  wassalam

                  http://mail.yahoo.com

                • pronggo joyo
                  Message 8 of 15 , Sep 18, 2004
                    buat mas rio.. piye kabarmu, hari ini aku liat kamu siang tadi di kampus, ngapain? kayanya kamu ama hendrik di PKBH. sebenernya aku pengen banyak cerita, tapi ini udah malem aku mo pulang dulu, mas rio, minta komentarnya dong masalah 100 hari pertamaku menjadi cakim. tengkyu, sukses buat Mas Rio&Mbak Rima.

[...]

                    vote.yahoo.com - Register online to vote today!
                  • rio wardhanu
                    Message 9 of 15 , Oct 26, 2004
                      Semoga hikmah dalam perjalanan hidup kita bermanfaat
                      dunia dan akhirat...

                      Mas Prong, 100 hari cakim-mu bernuansa nelangsa dan
                      perih getir sebuah nilai kebenaran yang engkau niatkan
                      untuk selalu kau amalkan..
                      100- hari cakimmu ini semoga bermuara kepada
                      kebahagian hidup yang lebih baik..

                      Saya sebenarnya sedikit bingung, karena 100 hari
                      akhir-akhir ini sering terdengar berkaitan dengan
                      penugasan para pembesar kita..karena saya biasanya
                      tahu 100- hari itu berkaitan dengan orang-orang sepuh
                      yang telah dahulu mendahului kita..seperti peringatan
                      100- hari Ibu Tien Soeharto..100- hari berpulangnya
                      Bapak,Kakak, Adik, Mertua Cap Go Meh ke alam
                      nirwana..yang dimaksud bukan yang seperti ini
                      khan?Bahkan kalau Mas Pronggo tahu di Pasar
                      tradfisional kita, biasanya angsuran peminjaman pada
                      Bank Perkreditan berjalan alias renternir biasanya
                      dihitung per 100- hari..

                      Yah, berbuatlah yang terbaik, mungkin medan amalanmu
                      jauh lebih berat dari kita yang lain..tapi bukankah
                      itu makin menunjukkan derajat kemanusiaan kita , Mas
                      Prong?

                      Penuh harap saya, Mas Prong untuk bertamu ke tempatku,
                      sembari makan kudapan yang kami sediakan, dan
                      bercerita dari barat hingga timur, bahkan hingga
                      suntuk..biarlah kita bercakap dalam roman mimik yang
                      kita saling rayapi, karena terkadang kata bernas tak
                      sampai pada makna..kata-kata terlalu menyederhanakan
                      makna yang hanya bisa ditularkan lewat tatap muka..
                      saya tunggu selalu kehadirannya...

                      Teruntuk Mas Dwi,
                      cobalah selami arti nama Mas Pronggo Djoyonegoro..
                      lebih dasyat dari sekadar Susilo Bambang Yudoyono..
                      Bayangkan ketika Mas Dwi menjadi pengacara di
                      persidangan dan berdirilah semua dan menyambut
                      kedatangan hakim yang mulia Bapak Hakim Pronggo
                      Djoyonegoro..Pengacara terhenyak, bahkan untuk
                      terdakwa pun terbebani sebuah aras nama yang beratnya
                      selayak bass..yang sepertinya jauh dari deras air kali
                      winongo,..

                      Mas Dwi, pendidikan begitu merubah tiap huruf yang
                      terangkai dalam tulisanmu..sungguh indah nian, bahkan
                      kami, saya dan D.S, menyangka betul Mas Dwi bakalan
                      jadi pujangga yang tulisannya mencerahkan para
                      pembaca, semoga!

                      Saya butuh jawaban yang semerdeka-merdekanya tentang
                      sebuah pertanyaan: APa perbedaan yang cukup mendasar
                      antara pola pendidikan sini dan sana? bagaimanapun
                      juga Janu & Rio Law School belum sekarat-sekarat
                      amat..
                      terima kasih
                      sembah nuwun,

                      Mas Rio Wardhanu
                      (buat sekadar hidup untuk apa mati..)

                      Message 10 of 15 , Nov 5, 2004
                        PENGOEMOEMAN !!!

                        DAG INLANDER,.....HAJOO URANG MELAJOE,...KOWE MAHU
                        KERDJA???
                        GOVERNEMENT NEDERLANDSCH INDIE PERLU KOWE OENTOEK DJADI BOEDAK ATAOE
                        TJENTENK DI PERKEBOENAN-PERKEBOENAN ONDERNEMING KEPOENJAAN GOVERNEMENT
                        NEDERLANDSCH INDIE

                        DJIKA KOWE POENYA SJARAT DAN NJALI BERIKOET:
                        1. Kowe poenja tangan koeat dan beroerat
                        2. Kowe poenja njali gede
                        3. Kowe poenja moeka kasar
                        4. Kowe poenja tinggal di wilajah Nederlandsch Indie
                        5. Kowe boekan kerabat dekat pemberontak-pemberontak ataoepoen maling
                        ataoepoen mereka jang soedah diberantas liwat actie politioneel.
                        6. Kowe beloem djadi boedak nederlander ataoepoen ondernemer ataoe toean
                        tanah ataoe baron eropah.
                        7. Kowe maoe bekerdja radjin dan netjes.

                        KOWE INLANDER PERLOE DATANG KE RAWA SENAJAN DISANA KOWE HAROES DIPILIH
                        LIWAT
                        DJOERI-DJOERI JANG BERTOEGAS:
                        1. Keliling rawa Senajan 3 kali
                        2. Angkat badan liwat 30 kali
                        3. Angkat peroet liwat 30 kali

                        Kowe mesti ketemoe Mevrouw Shanti, Meneer Tomo en Meneer Atmadjaja Kowe
                        nanti akan didjadikan tjentenk oentoek di
                        Toba, Buleleng, Borneo, Tanamera Batam, Soerabaja, Djakarta en
                        Riaoeeiland.

                        Governement Nederlandsch Indie memberi oepah :
                        1.
                        Makan 3 kali perhari dengan beras poetih dari Bangil
                        2.
                        Istirahat siang 1 uur.
                        3. Oepah dipotong padjak Governement 40 percent oentoek wang djago.

                        Haastig kalaoe kowe mahoe..

                        Pertanggal 31 Maart 1889
                        Niet Laat te Zijn Hoor..
                        Batavia 1889
                        Onder de naam van Nederlandsch Indie Governor Generaal
                        H.M.S Van den Bergh S.J.J de Gooij

                        Do you Yahoo!?
                        Check out the new Yahoo! Front Page. www.yahoo.com
                      • rio wardhanu
                        Message 11 of 15 , Nov 8, 2004
                          Ngajogjakartohadiningrat 1889

                          Peroentoek Toean H.M.S Van den Bergh S.J.J de Gooij,

                          Perkenanken sahaja oentoek menjebarloeasken
                          kepribadijan sahaja. Nama sahaja Thomas Matulessy,
                          aseli poelaaoe Boeroe, Mollucas. Kelahiran 2 Maart
                          1828.
                          Sahaja poenja keahlian mata jang awas, lengan jang
                          koewat, biasa membikin prahoe boewat orang boegis.
                          Sekarang sahaja masi bekerdja di perkeboenan
                          Madoekismo, Bantoel sebagao Mandoor.
                          Prestasiie jang sahaja miliki boekanlah main-main.
                          Sebagai Ambtenaar terbaik oentoek wilajah perkebonan
                          seDjawa taoen 1876. Sebagai kepala tjenteng jang
                          membawahi 24 kepala regoe dalam memboemihangoesken
                          antek Diponegoro jang bersissa taoen 1855.

                          Sahaja beloem kawin dan sepertija tidk berminat
                          oentoek membagi randjang dengan bini.
                          Sahaja poenja toeboeh koewat dan fisiek sahaja adalah
                          tinggi 2 depa, berat 87 kilawgram.

                          Soedilah kiranja toean ataawa poean jang sahaja
                          hormati dapet menerima sahaja mendjadi ambtenar di
                          Batavia.
                          Boekan sadja otjapan terima kasi, melainken djoega
                          kesehatan dan kemakmoeran jang berlimpah bagi toean
                          ayaawa poean jang sahaja hormati

                          Terima kasi,

                          Thomas Matulessy

                          Message 12 of 15 , Nov 10, 2004

                            melbourne, 11 november 2004

                            hati menggundah dan dunia tetap berjalan

                            dua hal yang terbersit dalam pikiranku ketika ingin menuangkan tulisan ini. yang pertama adalah, judul yang dipilih ini sangat mungkin mengingatkan kita kepada lirik lawas doel sumbang....anjing menggonggong dan khafilah berlalu...tapi mungkin kenyataannya adalah memang pada dasarnya judul ini bekerja pada prinsip yang sama...tapi dengan kemasan yang lebih membuai, daripada menggelitik hati...

                            yang kedua adalah sangat mungkin jika tulisan ini hanya akan membuat para pembacanya kehilangan 6 sampai 7 menit dari waktunya yang berharga...dan kemudian ketika tanda baca yang terakhir telah dijemput, bertanya dalam hati 'apa pula yang baru kubaca ini...'

                            tulisan ini memang bukan ditujukan untuk menghibur siapa2...tapi diriku...

                            entah kenapa kira2 60 menit yang lalu, sang sepi mengetuk pintu nurani dan memutuskan untuk bergunjing sebentar di dalam ruang pikiran yang sedang penuh dengan arus lalu lintas berbagai aktifitas berpikir...dan begitu saja, semua kesibukan lalu lintas pesan2 saraf itu juga memutuskan untuk mengaso barang sejenak...

                            sayangnya, tidak saja sang sepi ini menghentikan lalu lintas berpikirku....tapi celakanya dia juga mengunci katup di dalam dada sehingga ada perasaan sesak di dalam hati...pikiran yang hampa mungkin adalah sebuah kesialan, tapi hati yang sesak....itu sebuah bencana kawan...

                            banyak formalitas kegiatan studi yang menunggu, tapi justru bencana yang menghampiri...

                            tapi apakah iya?

                            karena begitu ketelusuri paparan kejadian dunia...bencana menurut versiku ini bukanlah sesuatu yang penting...ketika nilai sesosok manusia begitu diagung2kan oleh para humanis...tapi toh dunia tetap melenggang, entah riang entah muram, dengan urusan2nya...

                            jadi siapakah yang salah....ajaran humanisme itu atau kenyataan bahwa kepentingan yang lebih besar selalu berjalan menggilas (kalaupun bukan kepentingan yang besar itu hanya sebuah manipulasi media)...

                            aku..???kurasa yang kedua...karena pada kenyataannya, memang begitu...jangan bicara tentang hak hidup ketika hak untuk menggugurkan bayi dan perkawinan sesama jenis lebih mendapat prioritas daripada penggilasan kota, rumah, mimpi, dan jiwa jutaan (jika saja ada yang bingung, sindiran ini ditujukan kepada amerika)

                            kita, satu per satu, tidak ada gunanya, harganya atau apa pun...jika kita hanya berpikir sebagai kita, satu per satu....

                            kita, satu per satu, akan ada gunanya, harganya atau apa pun....hanya jika mampu mengintegrasikan diri pada sistem...bukan sistem korup yang selalu diagung2kan negara2 maju...tapi sistem yang ada dalam nurani kita...yang telah dicontoh beberapa, yang jumlahnya tidak seberapa, dari tokoh bangsa kita...

                            yang akan menuntun bangsa kita yang buta pada terangnya dunia....dan insya allah akhirat...