Second Habitat Assessment

  • Adhie Hariyadi
    Message 1 of 4 , Jun 2, 2009
      Bapak & Ibu anggota RTF Yth,

      Ada sedikit update mengenai perkembangan rencana dan pendanaan untuk assessment 2nd habitat untuk badak jawa. Rencana ini kelihatannya sudah mendapatkan dukungan teknis dan finasial dari beberapa institusi (AREAS, IRF, ARP, WWF-NL, USFWS) dan idealnya akan dilakukan pada bulan Juni pertengahan atau akhir dengan kegiatan berupa Rapid assessment pada beberapa potential sites di P Jawa.

      Berkenaan dengan ini saya mengusulkan agar Rhino Task Force menominasikan beberapa orang sebagai "local expert" untuk mendampingi international expert yang akan melakukan assessment ini. Untuk sementara saya mengusulkan:
      1. Ir. U.M Rahmat MSi, staff PHKA - Mahasiswa Pascasarjana IPB
      2. Ridwan Setiawan - staff WWF Indonesia dengan pengalaman mempelajari habitat dan perilaku badak

      Mohon masukan dari bapak/ibu barangkali ada usulan lain untuk local expert tsb:
      - dari YABI
      - dari LIPI
      - dari IPB
      - Instansi lain

      Terimakasih atas perhatian bapak dan ibu sekalian.

      Salam,
      Adhi
      Moderator RTF Mailing List - Sekretariat online
    • Harini Muntasib
      Message 2 of 4 , Jun 8, 2009
        Saya setuju ada Expert  lokal yg akan mendampingi Expert nanti, namun apakah pasti yg akan jadi Expert harus dari luar ? Usulan nama-nama juga bagus dan sebaiknya dari para mahasiswa Pasca uyg baru mau ambil disertasi Badak bisa berkompetisi untuk posisis tersebut.

        Salam
        Harini

        Message 3 of 4 , Jun 8, 2009
          Idealnya expert lokal yang mendampingi expert luar negeri yang setara dan punya banyak pengalaman di lapangan, jangan hanya menguasai teori saja. Diharapkan expert lokal memang orang-orang yang benar-benar mau  menekuni badak sepanjang hidupnya, jangan hanya aktif kalau ada proyek yang ditawarkan. Karena survei ini dilakukan untuk memberikan rekomendasi. Jadi tidak bisa kalau sifatnya coba-coba, apa lagi dipakai sebagai ajang pemagangan bukanlah moment yang tepat. Terus terang menurut pendapat saya di LIPI tidak ada yang memenuhi syarat. Tetapi kami punya staf muda yang diarahkan akan menekuni mamalia besar termasuk badak. Namun demikian pengumuman Mas Adhie saya masukkan juga ke milist Puslit Biologi, LIPI. Menurut pendapat saya mungkin nantinya yang paling sulit adalah pendekatan kepada masyarakat untuk bisa menerima kalau misalnya harus terpaksa dipindahkan dari kawasan taman nasional, atau untuk tetap tinggal di kawasan taman nasional tetapi tidak memelihar binatang apa pun. Last but not least kalau tidak ada expert lokal yang sepadan dalam mendampingi expert asing ya sekurang-kurangnya didampingi staf yang mengelola Taman Nasional Ujung Kulon lebih masuk akal.

          Message 4 of 4 , Jun 11, 2009
            Saya setuju dengan pendapat pak Agustinus Suyanto, expert Indonesia yang akan menangani adalah yang betul-betul memang senang dan total dalam menangani Badak dan bukan orang-orang yang hanya kalau ada proyek atau pas lagi suka badak saja. Juga pernah saya diingatkan oleh senior saya bahwa meatinya yang paling tahu tentang badak Indonesia ya peneliti kita. Tetapi biasanya banyak yang kurang bisa menghargagai hasil karya bangsa sendiri. Juga bagi yang akan memberikan tes terhadap calon peneliti bukanlah orang-orang yang baru sekali dua kali ke Ujung kulon. tetapi yang betul-betul memahami tentang badak dan habitatnya.
            salam
            harini