Bls: [puskur] File Draft Kurikulum 2013

  • Akbarunsyah M.Pd
    Message 1 of 5 , Dec 12, 2012
      Sip pak kami tunggu draft jika ada. Terutama SMK neh pak yg sering terabaikan.

      Dari: I Wayan Tingkah <wayan_tingkah@...>
      Kepada: "puskur@yahoogroups.com" <puskur@yahoogroups.com>
      Dikirim: Kamis, 13 Desember 2012 8:31
      Judul: Bls: [puskur] File Draft Kurikulum 2013

      Terimakasih banyak atas berbagi informasi.
      Perkembangannya tetap kita monitor.
      Salam

      Dari: Fidelis Waruwu <waruwu@...>
      Kepada: puskur@yahoogroups.com; bn-indonesia@...; pendidikan_katolik@yahoogroups.com
      Dikirim: Sabtu, 8 Desember 2012 5:49
      Judul: [puskur] File Draft Kurikulum 2013

      Dear All,

      Mungkin ada teman-teman yang telah memperoleh file lengkap Draft Kurkulum 2013. Karena saya aya telah mendownload draft kurikulum yang ingin di-uji-pbulikan tersebut pada http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id/main/pengantar, namun hanya ada file berupa slide-slide dan ada tempat komentar. Jadi sebenarnya kita belum melihat draft kurikulum yang sesungguhnya. Saya lihat sudah banyak komentar mengenai slide-slide tersebut. Tapi karena hanya slide, jadi komentar-komentarpun hanya sepotong-sepotong. Tidak ada komentar yang komprehensif.

      Agar kita dapat memberi komentar -- lebih lagi "uji publik" -- sebenarnya pemerintah menyediakan draftnya dan bukan hanya slide-sliednya. Apakah draft kurikulum itu sudah siap dibuat oleh pemerintah? Atau masih sambil jalan disusun, slidenya sudah ada dan kemudian sudah dirancangkan untuk dilaksanakan? Kalau demikian keadaannya, kita perlu mendorong pemerintah menaruh draft kurikulum itu di website-nya. Jadi bagaimana kita uji publik kurikulum 2013 -- padahal yang ada di sana hanya slide kurikulum 2013?

      Apakah proses ini dapat disebut sebagai proses uji publik?

      Mungkin lembaga resmi -- MNPK atau KOMDIK, atau institusi resmi yang diundang waktu sosialisasi kurikulum itu untuk bisa memperoleh draft kurikulum 2013 tersebut. Melalui e-mail saya telah memohon draft kurikulum tersebut pada e-mail: ujipublik.kurikulum@... (semoga dapat ada respon). Saya akan mengirimkan ke milis kita kalau sudah saya memperolehnya.

      Salam pendidikan,
      Fidelis

    • irtaufikm@yahoo.com
      Message 2 of 5 , Dec 12, 2012
        SMK nampaknya tdk ad perubahan dan bukankah baru diluncurkan SPÉKTRUM 2008 kurikulum SMK

        From: "Akbarunsyah M.Pd" <akbarunsyah@...>
        Sender: puskur@yahoogroups.com
        Date: Thu, 13 Dec 2012 09:24:06 +0800 (SGT)
        To: puskur@yahoogroups.com<puskur@yahoogroups.com>
        ReplyTo: puskur@yahoogroups.com
        Subject: Bls: [puskur] File Draft Kurikulum 2013

        Sip pak kami tunggu draft jika ada. Terutama SMK neh pak yg sering terabaikan.