Re: [ponpeslangitan] Re: Terima kasih (Belajar baca kitab)

  • fina afidatussofa
    Message 1 of 5 , Jun 22 2:03 AM
      sementara ini saya mash belajar di rumah, tapi saya sering malas,,,
      bagaimana ya menumbuhkan semangat,,,!!!

      kalau di langitan santrinya banyak ya???
      dengar-dengar juga ada program sekolah umum juga???

      saya ingin mendapat banyak cerita dari langitan,,,

      Message 2 of 5 , Jun 22 8:23 AM

        Ngatasi malas?  Kalo aku sich ngikuti “petuah” Mbahnya aja dech… mungkin perlu ditambah dengan mengingat2 ungkapan, “Malas pangkal Bodoh” … kali aja nafsu kita bisa sadar..hehehe

> [...]

        > santri Langitan yg bersedia memberikan gambaran lebih
        > detail lagi agar mbak yg bertanya punya sedikit

      • paiyes_aku
        Message 3 of 5 , Jun 22 9:13 AM
          Seinget saya dulu yg ada itu "hemat pangkal kaya, rajin pangkal
          pandai" atau memang saya dah lupa?

          Nambah dikit ya.. Kalau males dgn 1 hal, coba lakukan hal lain yg jg
          sama2 bermanfaat, makanya wiridan, sholawat, dan ibadah pada umumnya,
          itu kan bermacam2 hehehe.. Intinya buat hal2 yg bermanfaat itu jd
          bervariasi&tdk monoton. (enak ngomongnya, tp sering jg mengalami,
          hiks hiks )

          --- In ponpeslangitan@yahoogroups.com, Arinil Haqqa
          <putri_plankwetan@...> wrote:

> [...]
          dengan mengingat2
          > ungkapan, "Malas pangkal Bodoh" … kali aja nafsu kita bisa

        • mbahnya
          Message 4 of 5 , Jun 23 8:48 AM
            waduh kalo bicara malas saya kira semua sama, :-). penyakit bawaan
            manusia. he...3X. Ya mungkin dengan mengingat tujuan kita belajar dan
            hasil yang akan kita capai mungkin akan sedikit menjadi penyemangat.

            Alhamdulillah di Langitan walaupun termasuk pesantren salaf tapi santri
            yang mondok di sini cukup banyak. sedang untuk program "sekolah umum" (
            saya lebih sreg pake tanda petik) dihandle oleh program wajar dikdas,
            paket B, dan Paket C. Selain program tersebut, banyak sekali
            dilaksanakan kursus/pelatihan-pelatihan yang tujuannya untuk mendidik
            kemandirian santri. mulai dari jurnalistik, komputer, menjahit, dll
            bahkan yang baru saja dilaksanakan diadakan pelatihan mekanik sepeda
            motor dan sablon dengan mengundang tutor dari orang2 yang memang
            berkompeten dibidangnya.