info lowongan

  • Ibnu Rusdan
    Message 1 of 4 , Aug 11 12:32 AM
      akhir-akhir ini banyak beredar di mailsit tentang lowongan di BI sebagai
      pegawai tata usaha,
      saya mau bertanya apakah info tersebut legal ?, sebab sampe sekarang pihak
      BI belum menginformasikannya di web BI ( seperti penerimaan yang lalu ).
      terusnya ada info dari Perusahaan Gas Negara yang ternyata para pelamar
      harus mengirim ulang,
      mohon pencerahan teman2 mailist ini thx ya
    • ruzli_g
      Message 2 of 4 , Aug 12 4:12 AM
        LOWONGAN DI BI LEGAL
        DI KAMPUS SAYA (UNIVERSITAS INDONESIA)ADA PENGUMUMANNYA,PALING LAMBAT
        15 AGUSTUS.
        KENAPA NGGA DI UMUMKAN DI KORAN?
        MUNGKIN LAGI BUTUH CEPET N BIAR YG NGIRIM TIDAK TERLALU BANYAK(CAPE
        NYELEKSINYA)

        THATS ALL I KNOW

        Mungkin ini ada kaitannya !!!

        From: "vergina_papilaya" <vergina_papilaya@...>
        Date: Tue Jul 1, 2003 4:09 pm
        Subject: Materi Seleksi BI (Berdasarkan Seleksi Pegawai BI Th. 2002)

        Materi dalam Seleksi Pegawai di Bank Indonesia yang dialami kawan
        saya yang akhirnya juga diterima di BI tahun 2002 yang baru lalu sbb:

        1. Tahap Awal/pertama adalah Tes Potensi (semacam/sejenis TPA) namun
        Tes Potensi Intelektual ini lebih sederhana dibanding TPA OTO
        Bappenas dan dari segi waktu juga lebih singkat. Bila rekan-rekan
        pernah mengikuti Pelatihan TPA di Gerbang Psikologi & Studi (GPS)
        tentu tidak mengalami kesulitan untuk lulus dan melenggang di tahap
        pertama seleksi ini. Tahap pertama sangat menentukan karena sistem
        seleksinya memakai sistem gugur.

        2. Bila tahap pertama berhasil dilalui maka tahap kedua berupa Materi
        Pengetahuan Secara Umum tentang Bank Sentral (Buku Pengantar Teori
        Ekonomi Makro perlu dibaca juga) kemudian Materi Seleksi Bidang Studi
        dan Bahasa Inggris (umum/bukan TOEFL).

        3. Tahap ketiga (bila lulus tahap kedua) adalah Psikotes dan untuk
        ini yang perlu disiapkan cuma mental dan istirahat cukup. Lihat file
        tentang kesiapan menghadapi psikotes di situsnya GPS yaitu
        http://www.geocities.com/gpsjakarta/artikel.html

        4. Tahap keempat adalah diskusi kelompok kecil masalah perbankan.
        masalah diskusi ini saya juga pernah baca di file milis ini silahkan
        klik di http://groups.yahoo.com/group/persiapan-seleksi/
        setelah itu cari melalui "search archive box" dengan kata kunci
        tentunya.

        5. Tahap kelima seleksi di BI adalah tes kesehatan lengkap (bila
        selesi tahap keempat telah diumumkan tentunya, baru tes kesehatan)

        6. Tahap keenam adalah Wawancara dengan Calon Direksi kita dan untuk
        wawancara bahan acuannya bisa belajar dari file di milis ini sebab
        saya baca banyak materi tentang "teknik dan strategi wawancara" yang
        diposting oleh moderator milis.

        Demikian mudah-mudahan pengalaman seleksi BI tahun 2002 masih sama
        dengan materi seleksi tahun 2003 ini (seandainya berubah tidak akan
        banyak/karena memang sudah standart)

        Vergina

        NB Mod : Tks. Vergi atas infonya karena banyak ditanyakan oleh anggota milis
        ini. Untuk Pelatihan TPA hubungi bagian pendaftaran di 021-4222586 atau SMS ke
        081 310 350 324 (pelatihan di GPS tetap sehari saja 09.00 s.d 17.00 di hari
        Minggu). Untuk jadwal pelatihan diumumkan melalui situs GPS dan tinggal diklik
        http://www.geoities.com/gpsjakarta/jadwal.html
      • iwang_b
        Message 3 of 4 , Aug 12 6:42 PM
          Karena ada pertanyaan dari teman-teman di milis ini tentang
          bagaimana cara melamar di instansi pemerintah, baik BUMN maupun
          Departemen, saya akan berbagi pengalaman dan informasi kepada anggota
          milis ini. (mungkin bagi teman lain yang telah bekerja di instansi
          pemerintah bisa membantu menambah atau melengkapi informasi yang akan
          saya sampaikan)

          Untuk lamaran kepada instansi pemerintah, sebaiknya menggunakan
          bahasa indonesia, bahkan dalam penerimaan Deplu tahun lalu pun, Deplu
          tetap meminta lamaran dalam bahasa indonesia. Untuk penerimaan di
          instansi Departemen, sebaiknya menggunakan tulisan tangan, sedangkan
          untuk ke BUMN sebaiknya dengan komputer (kecuali ada permintaan
          khusus supaya menggunakan tulisan tangan dalam informasi/iklan
          lowongan).

          Untuk memperoleh informasi lowongan di Departemen atau BUMN, rajin-
          rajinlah main ke kampus terutaman PTN atau memonitor website dan
          milis alumni PTN, surfing ke website-website instansi pemerintah
          (kalau main internet jangan chating aja *_+ )atau kalau ada duit,
          langganan koran yang terbit nasional (belum tentu kompas lho, karena
          seperti lowongan di Depkeu, iklan yang gede jusru di republika dan
          media Indonesia).
          Biasanya, kalau ada lowongan di departemen selain departemen keuangan
          informasi lowongan biasanya untuk kalangan tertentu misalnya untuk
          universitas yang di tunjuk (setahu saya BPK, sebagaian BUMN,
          Kejaksaan Agung, Departemen Pertambangan dan Energi, Bapenas dan
          Setneg) atau bahkan kadang-kadang hanya untuk kalangan intern mereka
          saja.

          Terakhir, menurut saya (berdasarkan pengalaman) ternyata lebih enak
          bekerja di private sector (swasta) karena GAJINYA GEDE TANPA HARUS
          KKN (HALAL itu yang penting).

          rgd's
          Budi

          --- In persiapan-seleksi@yahoogroups.com, "ruzli_g" <ruzli_g@y...>