Re: [pelaut] Pajak penghasilan Pelaut yang bekerja di kapal asing

  • achmad.fitriyanto
    Message 1 of 7 , Mar 7, 2013
      Saya pernah tanya ttg masalah ini jg.. Mgkn sudah 1thn yg lalu di milist ini.. Dan salah satu jawaban yg menarik spt dibawah ini....

      Dalam peraturan Dirjen Pajak tertanggal 12 Januari 2009, nomor PER-2/PJ/2009 tentang Perlakuan PPh bagi Pekerja Indonesia di Luar Negeri, ditegaskan bahwa TKI yang berada di luar negeri lebih dari 183 hari dalam jangka waktu 1 tahun, tidak akan dikenai pajak penghasilan (PPh) atas penghasilan yang diperoleh semasa berada di luar negeri

      Ini cuman sharing pengalaman aja, Berikut kutiban penjelasannya:

      1. Pelaut adalah katagori pekerja bebas, karena tidak sepanjang tahun penuh bekerja dan mendapatkan penghasilan.
      2. SPT yang digunakan tentu SPT Form 1770S ada 6 lembar
      3.�Perhitungan pajaknya menggunaka PERHITUNGAN NORMA ada formulirnya
      4. Isi formulir Daftar Susunan Keluarga yang menjadi tanggungan wajib pajak
      5. Isi formulir Ringkasan Catatan/Peredaran/ Penerimaan wajib pajak
      dalam 1 tahun.
      6. Isi formulir Surat Pemberitahuan Penggunaan Norma Perhitungan
      untuk SPT (Undang-Undang No.7 Thn 1983 Pasal 14 ayat, diperbaharui oleh Undang-Undang No.17 tahun 2000)
      7. Data dari item No.5 dimasukkan ke Formulir 1770-I halaman 2
      8. Hasil dari item No.7 dimasukkan ke Formulir 1770 Semua formulir tersedia di kantor pajak, tinggal diminta dan diisi

      Berikut adalah contoh perhitungan: Ucok bekerja sebagai pelaut punya
> [...]
      > = 42 juta
      >
      > Pengurangan karena wajib pajak yang Kawin + 3 anak = 18juta
      >
      > Jadi Penghasilan yang kena pajak = 42juta - 18juta = 24juta, maka pajak
      > yg harus dibayar 5% = 1,2juta.
      >
      > Isi semua formulir 1770, 1770-I (lembar 1 & 2), 1770-II, 1770-III,
      > 1770-IV, serta keterangan item No. 4, 5, 6 (di atas). Kemudian ke
      > kantor pos bayar pajaknya sebesar 1,2 juta, kemudian bukti pembayaran
      > dan semua dokumen SPT diserahkan ke kantor pajak. Maka anda akan
      > diberikan bukti penerimaan SPT dan pelunasan pajak.
      >
      > Semoga dapat membantu kawan-kawan seperjuangan

      Sent from my BlackBerry� wireless device from STC

      Message 2 of 7 , Mar 8, 2013
        Yang namanya pajak  hanya dikenakan satu kali pada objek pajak yg sama,karena penghasilan kita sudah dipotong pajak di Negara dimana kita bekerja,makanya tidak dikenakan pajak lagi di Negara kita.dan undang2nya pun sdh jelas seperti;
[...]

        Peraturan ini sudah jelas;TIDAK DIKENAI PAJAK PENGHASILAN (PPh) atas PENGHASILAN YANG DIPEROLEH SEMASA BERADA DI LUAR NEGERI.
        Jadi apapun alasannya jangan mau bayar Pajak SEBELUM PERATURAN INI di Cabut atau di Rubah...!!!

        Dari: "achmad.fitriyanto@..." <achmad.fitriyanto@...>
        Kepada: "pelaut@yahoogroups.com" <pelaut@yahoogroups.com>
        Dikirim: Jumat, 8 Maret 2013 13:15
        Judul: Re: [pelaut] Pajak penghasilan Pelaut yang bekerja di kapal asing