Teh Grade BOP - Produksi PPTK Gambung

  • James Arifin
    Message 1 of 12 , Jul 5, 2011
      Hasil jalan jalan sambil menemani anak pertama saya retret mengantar saya ke
      kawasan Gambung di Ciwidey. Karena ini orientasi lokasi dan juga hendak
      mencoba jalan tembus dari Wisma Aloysius ke Situ Cileunca maka perjalanan
      saya dimulai siang hari. Belum terlalu lama menyetir kendaraan, ketemulah
      PPTK (Pusat Penelitian Teh dan Kina) dan karena penasaran sebagai warga
      JSers dengan kesukaan akan teh, maka mampirlah saya ke lokasi PPTK dengan
      niatan membeli teh hasil produksi dari PPTK ini.

      Bertemu dengan pihak keamanan dianjurkan untuk bertemu dengan salah satu
      pengurus Dharma Wanita, namun sayang sekali saat itu pengurus Dharma Wanita
      tersebut tidak berada di tempat sehingga diputuskan untuk kembali ke tempat
      ini sore hari setelah menyelusuri perjalanan ke Situ Cileunca. Perjalanan ke
      Situ Ciluenca sangat menantang adrenalin dan keahlian menyetir karena
      ternyata jalan tersebut adalah jalan sirtu bukan jalan aspal dan hanya cukup
      untuk 1 mobil saya. Jalan tersebut cukup menanjak dan turun naik karena pada
      dasarnya perjalanan dari Gambung ke Cileunca menembus gunung, perkebunan teh
      dan hutan. Namun perjalanan tersebut tidak sia sia karena ada beberapa spot
      menarik untuk berfoto diri dan mengekspresikan diri. Rasanya worthed untuk
      perjalanan tersebut. Selain PPTK Gambung ternyata di sisi lain gunung adalah
      PTP XIII, sayang lokasi pabriknya jauh sehingga batal rencana untuk membeli
      teh dari PTP ini.

      Kami tidak kembali melalui jalur ini untuk kembali ke Gambung karena tidak
      berapa lama setelah kami sampai di Cileunca, hujan turun dengan derasnya dan
      rasanya sangat beresiko melalui jalan hutan tersebut. Akhirnya diambil jalan
      raya untuk kembali ke Gambung yang notabene memakan waktu yang cukup lama.
      Setelah sampai di Gambung, saya kembali ke PPTK untuk menanyakan soal
      pembelian teh dan diinformasikan bahwa stok sedang habis karena kemarin
      pabrik tidak beroperasi. Sempat diceritakan bahwa teh dari PPTK Gambung ini
      termasuk grade unggulan - istilah mereka BOP - saya yang awam soal pertehan
      terus terang nggak tahu apa benar informasi tersebut. Mohon pencerahan dari
      rekan-rekan JSers dan pecinta teh mengenai informasi ini.

      Akhirnya disepakati bahwa teh dapat tersedia besok karena pabrik akan mulai
      beroperasi kembali. Berhubungan saya telah memutuskan untuk kembali ke
      Bandung maka dititiplah produk teh tersebut ke adik saya yang masih bermalam
      di Wisma Aloysius.

      Singkat cerita, setelah hampir putus asa karena kiriman teh tidak datang
      juga akhirnya sampai juga teh yang saya pesan tersebut.
      Stok teh dari PPTK Gambung ini cukup banyak sekali dan saya tidak punya
      pengalaman soal tea tasting sehingga saya seduh saja seperti biasa. Mungkin
      ada yang tertarik untuk melakukan tea tasting untuk produk teh dari PPTK
      Gambung?

      Regards,
      JA

      http://www.ritc.or.id/

    • Dadan Rohdiana
      Message 2 of 12 , Jul 5, 2011
        Yth Pak James Arifin

        BOP singkatan dari Broken Orange Pecco, salah satu grade utama dalam Teh Hitam Orthodox. Perlu sedikit sy update, bahwa PTP XIII yang Bapak maksud, kini sdh beralih nama jadi PTP Nusantara VIII, yg merupakan Gabungan dari PTP XI, XII dan XIII. Utk ngetes teh, Bapak bisa kontak Pak Bambang dan Bu Ratna CS yg sangat aktif dlm kegiatan serupa. Demikian info dari saya,
        Salam

        Dadan
        Sent from my BlackTEABerry

        Message 3 of 12 , Jul 5, 2011
          Pak Dadan,

          Terima kasih untuk informasinya. Sangat menarik sekali informasi tersebut.
          Tapi saya tidak yakin teh yang saya beli tersebut BOP karena bentuk hitam
          dan berbentuk serpihan.

          Anyway, terima kasih untuk informasinya

          Regards

        • Dadan Rohdiana
          Message 4 of 12 , Jul 5, 2011
            Yth Pak James,

            BOP memang serpihan, dia lolos mesh ukuran 10 dan tertahan mesh ukuran 12 atau 14. Sekedar tambahan Pak.
            Selamat Beraktivitas
            Salam

            Dadan
            Sent from my BlackTEABerry

> [...]

            > PTP XI, XII dan XIII. Utk ngetes teh, Bapak bisa kontak Pak Bambang dan Bu
            > Ratna CS yg sangat aktif dlm kegiatan serupa. Demikian info dari saya,

          • Budi
            Message 5 of 12 , Jul 5, 2011
              di cawan sering ada pertemuan tiap hari kamis sore kalo ga salah. mereka
              sering tea tasting.
              coba ditanyakan ke pak julian yang sering hadir disana :) ....

            • BambangM
              Message 6 of 12 , Jul 6, 2011
                Pak James,
                Sekedar menambahkan informasi dari pak Dadan.

                Untuk teh hitam, untuk standard international dibagi 2 macam grade, yaitu full leaf dan broken leaf.
                Untuk yang full leaf, daunnya memang lebih utuh, wiry dan lebih panjang.
                Di Indonesia, full leaf amat jarang. Kalau toh ada, biasanya special order, dan seringkali kita mendapatkannya di luar negeri. Misalnya saja, grade Orange Pekoe dari Malabar, saya dapatkan web site yang dijual di Perancis. TGFOP (Tippy Golden Flowery Orange Pekoe) dari Talun Sentosa, malahan mbak Ratna mendapatkannya disebuah tea house di Jepang. Baru-baru ini saya mendapatkan TGFOP dari Dewata, nanti saya akan tulis khusus.

                Di Indonesia kebanyakan gradenya Broken Leaf. Untuk sistem produksi Orthodox, paling tinggi BOP, sedangkan sistem CTC disebut BP1 (bisa didapatkan di Gunung Mas Puncak).

                BOP memang biasanya hanya bisa di dapat dikebun langsung, yang dijual koperasinya.

                Untuk menebak apakah itu BOP atau bukan, tidak terlalu sulit. Pertama, perhatikan ukuran partikelnya, apakah bubuk lembut, atau serpihan agak besar. Kalau bentuknya Bulet seperti Granule, berarti itu CTC, kalau wiry, seperti potongan berarti itu Orthodox.

                Kedua perhatikan warnanya, Kalau warna hitam lebih dominan,sedikit sekali warna coklat, dan tampak ada serpihan berwarna putih, bisa di duga itu BOP.

                Warnah hitam dihasilkan dari daun muda, warna coklat, kalau bukan tangkai daun, bisa batang. Warna putih, biasanya dihasilkan oleh tippy atau pucuk daun yang masih kuncup, yang seringkali disebut sebagai pekoe.

                Untuk membandingkan warnanya, coba buka kantong teh celup teh hitam.

                Salam,

                Bambang

              • agusfam@yahoo.com
                Message 7 of 12 , Jul 6, 2011
                  Kalau tdk ikut komentar, rasanya salah n tdk bertanggung jawab, walaupun pengetahuan sy juga msh terbatas. Sbg orang PTPN8 yg membidangi teh, sy ingin menambahkan penjelasan p Bambang n p Dadan. N8 memprod the hitam, Putih n Hijau. Ada 2 jenis pengolahan the hitam, yaitu Orthodox n CTC. Orth terbagi dlm 3 grup grade yaitu Leaf(al OPS,OP,BS,FF), Broken(al BOP,TGBOP,BOPF) n Small(al PF,DUST,BP). Leaf grade jml sedikit n pembelinya trader LN, shg jarang didapat di DN. Small grade mrpkan bahan baku the celup. Kalau ada gathering pencinta the, N8 bersedia hadri utk sharing pengetahuan tentang the. Tks
                  Powered by Telkomsel BlackBerry�

> [...]

                  > Yth Pak James,
                  >
                  > BOP memang serpihan, dia lolos mesh ukuran 10 dan tertahan mesh ukuran 12 atau 14. Sekedar tambahan Pak.

                • Andrew
                  Message 8 of 12 , Jul 6, 2011
                    Pak Agus,

                    Jadi loose tea (black tea) yang bisa dibeli di Indonesia yg mana Pak? Dan
                    bisa didapatkan di mana? Thanks

                  • Bambang laresolo
                    Message 9 of 12 , Jul 6, 2011
                      Pak Agus, menarik sekali. Ada beberapa grade yg masih asing. OPS (orange Pekoe Souchung?), saya pernah mencoba. BS dan FF singkatan apa?

                      Kemudian ada TGBOP apakah singkat Tippy Golden Broken Orange Pekoe?

                      Salam,

                      Bambang

[...]

                      [The entire original message is not included]
                    • BambangM
                      Message 10 of 12 , Jul 6, 2011
                        Pak Andrew,
                        Kalau hanya sekedar loose tea, di Supermarket dapat dibeli. Ada merk Goalpara, Tong Tjie, Mawar dsb. Untuk merk Walini, dulu di Gerai Alfamart bisa di dapat black Tea Orthodox. Hanya akhir-akhir ini kok jarang ngeliat ada lagi. Khusus kualitas BP1, bisa di dapat di Gunung Mas.

                        Di Kedai saya, menggunakan black Tea Orthodox BOP dari Tambi.

                        Salam,

                        Bambang

                        --- In pecinta_teh@yahoogroups.com, Andrew <andrewgou@...> wrote:

                        > Pak Agus,
                        >
                        > Jadi loose tea (black tea) yang bisa dibeli di Indonesia yg mana Pak? Dan
                        > bisa didapatkan di mana? Thanks>
                      • Heru Sutanto
                        Message 11 of 12 , Jul 6, 2011
                          Pak Bambang,

                          Saya nubie ttg teh.

                          Boleh tau ttg kedai teh bapak lebih detail ?

                          Ada rencana jual teh n kopi gitu lho pak.

                          tks,

                          Message 12 of 12 , Jul 7, 2011
                            Yth Pak Bambang, pak James, OPS Orange Pekoe Super, FF Fine Flowery, Broken Souchong, FBOP Flowery Broken Orange Pekoe, TGBOP Tippy Golden Broken Orange Pekoe. Yg dijual eceran hanya Walini BP1 dan Walini The Hitam dan The Hijau. Bisa didpt di Alfamart, Jogja, Borma, Lotte Mart n Terace Walini di Jln Dago 92 Bdg. Tks