Royal Earl Grey

  • bambang
    Message 1 of 4 , Aug 1, 2008
      Dear teman pecinta teh,
      Malam ini saya ingin membuatkan sesuatu yang special buat istri saya. Dia suka sekali dengan Earl Grey Tea. Teh ini adalah teh luar negeri pertama yang saya kenal. Pada waktu itu saya mencoba merk Twinning, dan langsung membuat saya mabuk kepayang. Pada waktu itu Earl Grey tea adalah teh yang paling enak di dunia.

      Tetapi itu masa lalu. Seiring dengan makin banyaknya segala macam jenis teh yang dicoba, lama-lama kelamaan early grey menjadi aneh rasanya. Saya setuju dengan mbak Ratna, minum earl Grey serasa minum teh dicampur parfum. Pasalnya, aroma khas dari Early Grey adalah aroma Bergamot, yang seringkali dibuat campuran parfum.

      Tetapi karena istri saya suka, ya ndak papa-papa, saya belikan special Early Grey dari Tea Galery, yaitu Royal Early Grey. Teh ini adalah campuran dari Darjeeling dengan Bergamot. Warna tehnya agak light, dengan aroma bergamot yang tidak terlalu tajam. Untuk menutupi rasa bergamotnya, saya tambahkan gula lebih banyak, jadi memang terasa manis banget.

      Hmm.... selera boleh beda, tetapi kalau dinikmati berdua, enak aja tuh .. ;-)

      Bambang

    • andari karina anom
      Message 2 of 4 , Aug 2, 2008
        Mas Bambang and all,

        Mumpung lagi bicara Earl Grey, saya punya Afternoon Earl Grey buatan
        Whittard Tea, salah satu produsen teh paling terkenal di London. Kalo
        ndak salah, cuma Inggris yg memproduksi Afternoon Earl Grey dan
        Breakfast Earl Grey. Versi Afternoon dibikin utk no milk, sedangkan yg
        Breakfast adalah versi strong-nya shg lebih sedap ditambahi susu
        seperti kebiasaan orang Inggris.

        Rasanya beda banget dng Earl Grey biasa. karena racikannya memang
        beda. Meskipun tetap "bau parfum" (meminjam istilah Mbak Ratna), tapi
        menurut saya Afternoon Earl Grey rasanya lebih segar dan lebih enak--
        dengan atau tanpa gula.

        Ini sekedar sharing. Mudah2an ada yg bisa kasih masukan lagi soal Earl
        Grey-- teh "bule" favorit saya.

        Thanks,

        Karina

        --- In pecinta_teh@yahoogroups.com, "bambang" <laresolo@...> wrote:

> [...]
        manis banget.

        > Hmm.... selera boleh beda, tetapi kalau dinikmati berdua, enak aja

      • Bambang
        Message 3 of 4 , Aug 2, 2008
          Dear mbak Karina dan teman pecinta teh,
          Kalau koleksi Tea Galery, saya lebih suka dng Earl Grey romantika. Kalau gak salah ingat, kata mbak Ratna teh yg digunak adalah ceylon. Karakter ceylon dng rasa citrus cocok dng bergamot (sejenis citrus juga).
          Ngomong soal Whittard, jg trading tea lainnya, menurut saya tergantung teh yg digunakan. Saya pernah dapat sencha racikan Whittard (jg trader lain spt twinning dll, dalam ingridientnya tertulis pure green tea form indonesia. Dan tampaknya bukan dihasilkan dari klon yabukita (mungkin ada jg sìh, hanya prosentasenya tdk besar). Tapi karena model celup, digunakan finest yg kecil, Jd ya tdk bisa terlalu banyak diharapkan kualitas rasanya. (bambang)
          Subject: [pecinta_teh] Re: Royal Earl Grey
          From: "andari karina anom" <andarika@...>
          Date: 02/08/2008 21:35

          Mas Bambang and all,

> [...]
          --- In pecinta_teh@yahoogroups.com, "bambang" <laresolo@...> wrote:

          > Hmm.... selera boleh beda, tetapi kalau dinikmati berdua, enak aja

        • ratna somantri
          Message 4 of 4 , Aug 4, 2008
            Dear Pak Bambang, Mbak Karina dan pecinta earl grey...

            Sedikit koreksi Pak, Royal Earl Grey punya Tea Gallery bukan dari darjeeling tapi dari green tea dari india, ceylon dan jepang. Kalau diperhatikan warna daun teh nya ada yg lebih hijau dan ada yang sedikit pucat seperti white tea (ini green tea darjeeling). Dan seperti yang Pak Bambang ceritakan seduhannya lebih light dari earl grey klasik yg dibuat dari black tea.

            Saya kurang begitu suka earl grey dari teh hijau, karena buat saya earl grey enaknya dikasi sedikit gula dan seiris lemon segar (saya kurang suka susu jd biasanya with no milk). Dan teh yang paling enak buat dicampur2 ya black tea.

            Koleksi earl grey Tea Gallery yang saya pilihkan ada Royal Grey, Earl Grey Imperior (darjeeling + bergamot ini baunya paling strong), Earl Grey Romantica (ceylon black tea+bergamot+pink blossom) dan Earl Grey Lady violet (First flush darjeeling+bergamot+cornflower). Earl Grey Lady violet ini aromanya lebih lembut dan seduhannya lebih ligth (krn dari first flush darjeeling). Fave saya sama dengan Pak Bambang yaitu Earl Grey Romantica, karena saya kalau minum darjeeling paling enak tanpa tambahan apapun sedangkan ceylon adalah teh yang enak utk dicampur dengan susu or gula.

            Klasik earl grey biasanya menggunakan black tea seperti assam dari india, ceylon black tea, black tea indonesia. Jadi bisa dicampur dengan susu, gula atau lemon.Kalau mengenai breakfast dan afternoon earl grey, saya pikir berbeda di teh yang dipakai. Untuk Breakfast biasanya dipakai black tea yang lebih strong seperti assam sedangkan utk afternoon tehnya dipilih yang lebih light seperti darjeeling atau ceylon dari perkebunan yg tinggi.

            Regards,
            Ratna

            To: pecinta_teh@yahoogroups.comFrom: andarika@...: Sat, 2 Aug 2008 14:35:21 +0000Subject: [pecinta_teh] Re: Royal Earl Grey

            Mas Bambang and all,Mumpung lagi bicara Earl Grey, saya punya Afternoon Earl Grey buatanWhittard Tea, salah satu produsen teh paling terkenal di London. Kalondak salah, cuma Inggris yg memproduksi Afternoon Earl Grey danBreakfast Earl Grey. Versi Afternoon dibikin utk no milk, sedangkan ygBreakfast adalah versi strong-nya shg lebih sedap ditambahi sususeperti kebiasaan orang Inggris.Rasanya beda banget dng Earl Grey biasa. karena racikannya memangbeda. Meskipun tetap "bau parfum" (meminjam istilah Mbak Ratna), tapimenurut saya Afternoon Earl Grey rasanya lebih segar dan lebih enak--dengan atau tanpa gula. Ini sekedar sharing. Mudah2an ada yg bisa kasih masukan lagi soal EarlGrey-- teh "bule" favorit saya.Thanks,Karina--- In pecinta_teh@yahoogroups.com, "bambang" <laresolo@...> wrote:>> Dear teman pecinta teh,> Malam ini saya ingin membuatkan sesuatu yang special buat istrisaya. Dia suka sekali dengan Earl Grey Tea. Teh ini adalah teh luarnegeri pertama yang saya kenal. Pada waktu itu saya mencoba merkTwinning, dan langsung membuat saya mabuk kepayang. Pada waktu ituEarl Grey tea adalah teh yang paling enak di dunia.> > Tetapi itu masa lalu. Seiring dengan makin banyaknya segala macamjenis teh yang dicoba, lama-lama kelamaan early grey menjadi anehrasanya. Saya setuju dengan mbak Ratna, minum earl Grey serasa minumteh dicampur parfum. Pasalnya, aroma khas dari Early Grey adalah aromaBergamot, yang seringkali dibuat campuran parfum.> > Tetapi karena istri saya suka, ya ndak papa-papa, saya belikanspecial Early Grey dari Tea Galery, yaitu Royal Early Grey. Teh iniadalah campuran dari Darjeeling dengan Bergamot. Warna tehnya agaklight, dengan aroma bergamot yang tidak terlalu tajam. Untuk menutupirasa bergamotnya, saya tambahkan gula lebih banyak, jadi memang terasamanis banget. > > Hmm.... selera boleh beda, tetapi kalau dinikmati berdua, enak ajatuh .. ;-)> > Bambang> > > > [Non-text portions of this message have been removed]>