Minum Teh Walini Fresh From Penggorengan

  • dewinese
    Message 1 of 3 , Jun 9, 2008
      Secara tidak sengaja kemaren sambil menunggu antrian konsultasi dengan
      dokter di sebuah rumah sakit saya nonton acaranya Wied Hendry. Di salah
      satu segmen itu dia jalan-jalan di perkebunan teh Walini mulai deh
      pasang antena karena rumah sakitnya rame...saya majuin badan dan pasang
      telinga.

      Pertama dia cerita tentang sejarah dan detail perkebunan tersebut serta
      manfaat teh kemudian kamera ngikutin dia jalan si Wied Hendry menuju ke
      semacam tenda terpal kaya jualan kopi gitu ternyata oh ternyata dia
      jualan teh...ah pikir saya jualan teh di tengah perkebunan biasa aja
      paling juga hasil perkebunan itu.

      Tapi eit...s tunggu dulu kok ada wajan besar dan tungku arang seperti
      untuk bakar jagung ya... Kemudian Wied Hendry berdialog dengan si
      empunya warung kalau merek itu jualan minum teh panas segar (aduh
      gimana ya maksudnya).

      Jadi gini lo caranya:
      -Teh segar yang baru dipetik di sangrai di wajan diatas arang sampai
      layu.
      -Teh yang sudah layu dipindah ke tampah (aduh bahasa indonesianya apa
      yah)trus diperas-peras mengurangi kadar airnya, kemudian disangrai
      lagi sampai berubah warna menjadi agak kuning (bukan hitam dan kering)
      -Terakhir tuang ke gelas dan tuang air panas...dan siap diminum

      Saya sih belum bisa bayangin gimana rasanya itu teh...jadi saya
      lemparkan aja kepada para pecinta teh apa yah jenis teh yang saya
      ceritakan diatas dan gimana sih rasanya...?Ada yang bisa bantu!

      dewi ps
    • ratna somantri
      Message 2 of 3 , Jun 11, 2008
        Dear Dewi,

        Teh yang diproses dengan cara seperti tersebut adalah teh hijau, prosesnya dengan "pan frying" pengeringan dengan uap kering, sehingga hasil daun tehnya hijau kekuningan agak kearah coklat. Biasanya aroma dari hasil seduhannya memiliki after taste yang manis dengan sedikit aroma kacang-kacangan ("nutty flavour"). Teh-teh fresh from dioven ini banyak dijual di Hangzhou (Long jing atau Lung Ching) tapi saya belum pernah mencoba teh indonesia yg fresh from dioven seperti ini, seru juga kalau bisa nyobain.

        Regards,
        Ratna

        To: pecinta_teh@yahoogroups.comFrom: dewinese@...: Tue, 10 Jun 2008 04:59:23 +0000Subject: [pecinta_teh] Minum Teh Walini Fresh From Penggorengan

[...]

      • bambang
        Message 3 of 3 , Jun 14, 2008
          Dear Dewi, mbak Ratna dan teman-teman pecinta teh,
          Model proses pembuatan teh hijau semacam ini juga ada di daerah Banjarnegara. Cuma disana bukan untuk dijual fresh from oven seperti itu, melainkan untuk konsumsi sehari-sehari. Jadi tanaman teh ditanam seperti tanaman hias disekitar rumah. Mereka petik sendiri, di fan frying, lalu disimpan. Karena untuk disimpan, proses pengeringannya agak gosong seperti halnya teh hijau wangi melati umumnya.

          Di daerah Tasik seorang teman saya di MP pernah mengatakan kalau ibunya juga sering memproses pembuatan teh sendiri seperti itu.

          Saya sendiri pernah mencoba, hanya karena penasaran, dan tentunya tanpa ilmu sama sekali. Jadi ketika jalan-jalan di kebun Teh Walini, saya coba petik beberapa pucuk (maaf ya pak Dudhie, gak izin, tapi dikit banget kok pak, cuma buat percobaan saja). Saya tidak menggunakan metode fan frying, tapi saya steaming. Hasilnya gagal total. Teh tidak langsung saya seduh dan diminum, tetapi disimpan. Selang beberapa hari, karena tidak dikeringkan dengan sempurna tehnya jadi jamuran.... ;-)

          Salam,

          Bambang