Teh rempah

  • bambang
    Message 1 of 6 , Dec 8, 2007
      Walau punya beberapa koleksi teh, terkadang tiba juga saatnya untuk bingung mau menyeduh teh apa. Padahal beberapa macam teh masih menunggu untuk di coba. Tapi kok rasa-rasanya agak bosen. Iseng-iseng coba-coba meramu teh rempah.

      Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan oleh Pepper tea dari mbak Susan Chandra. Rasa peppernya tidak begitu kentara, kebetulan tehnya adalah teh celup, jadi kualitas teh juga kurang mengena di lidah saya. Kenapa gak coba bikin sendiri begitu pikir saya.

      Saya pilih Teh Malino BTC. Teh ini cukup strong, dengan harapan dapat mengimbangi rempah yang akan saya campurkan. Kemudian saya ambil 1/2 sendok teh Merica hitam. Saya berani ambil cukup banyak, karena biasanya merica hitam tidaklah terlalu pedas. Kemudian saya turunkan koleksi beberapa rempah. Saya lihat ada cengkeh, Kayu Manis, Kapulaga, Kapulaga Arab, Jinten. Ah, ini sih udah biasa. Paling-paling jadinya mirip-mirip Masala Chai. Saya lihat lagi masih ada beberapa rempah italy. Ada Basil, Oregano, Thyme, Marjoram dan Rosemary. Hmm.... boleh juga coba rempah italy ini.

      Saya ambil satu drop oregano dan Marjoram. Kemudian saya blend dengan Malino Hitam. Kocok sebentar biar rata, lalu seduh air panas. Tunggu lima menit, saring campur gula, dan Slurfff...

      Bujubuset!!! Pedes!. Ternyata porsi Merica hitam yang saya gunakan terlalu banyak. Rasa dan aromanya terasa paling dominan. Kemudian, secara perlahan mengalir aroma Marjoram dan Oregano serta teh. Hmm... ternyata sedap juga bagi lidah saya. Hmm..nanti saya coba bikin lagi dengan mengurangi merica hitam atau malah tanpa sama sekali.

      Salam,

      Bambang