[i-kan-misi] e-JEMMi - Edisi 04-39#2001 -- Sumber Online Bagi Tuna Rungu

  • e-JEMMi
    Message 1 of 1 , Oct 3, 2001
      DIKIRIM KEPADA: pdrk@...

      Jurnal Elektronik Mingguan Misi (JEMMi) Oktober 2001, Vol.4 No.39

      SEKILAS ISI:

      o [Editorial]
      o [Kesaksian Misi] : Tuhan Celikkan Mataku
      o [Profil/Sumber Misi] : Silent Word Ministries,
      Deaf Ministries List,
      Daftar Sumber Online Bagi Tuna Rungu
      o [Doa Bagi Misi Dunia] : India, Nigeria, Amerika Serikat
      o [Doa Bagi Indonesia] : Situasi Perekonomian Indonesia
      o [Doa Bagi Suku] : Suku Tamiang (Aceh)
      o [Dari Meja Redaksi] : Global Congress On Church Ministry,
      Retreat Pembinaan Doktrinal SAAT,
      o [Surat Anda] : Kiriman Pokok Doa Penginjilan Sedunia
      o [URLs Edisi Ini]

      Anda diijinkan mengutip/mengcopy/memperbanyak semua/sebagian bahan dari
      e-JEMMi (untuk warta gereja/bahan pelayanan lain) dengan syarat: harus
      mencantumkan SUMBER ASLI dari masing-masing bahan dan e-JEMMi (sebagai
      penerjemah/penerbit bahan-bahan tersebut dlm bahasa Indonesia). Thanks.

      ** EDITORIAL **

      Salam Sejahtera.

      Amanat Agung Yesus adalah ... "Karena itu pergilah, jadikanlah
      semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak
      dan Roh Kudus." Semua bangsa berarti semua orang ... tanpa
      terkecuali. Nah, pernahkah anda terpikir untuk melayani orang-orang
      tuna rungu? Bukankah mereka juga sangat membutuhkan jamahan kasih
      Kristus dan keselamatan di dalam Dia?

      Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, dalam edisi
      penerbitan kali ini, Redaksi mengetengahkan dua sumber pelayanan
      bagi mereka yang tuna rungu di kolom Sumber Misi. Juga disajikan
      kesaksian-kesaksian misi dari India, Nigeria dan Amerika Serikat
      yang mensharingkan tentang pelayanan bagi orang buta dan tuna
      rungu.

      Kiranya hal ini dapat menggerakkan kita untuk melayani orang-orang
      tuna rungu yang ada di lingkungan kita.

      Staf Redaksi

      ** KESAKSIAN MISI **

      TUHAN CELIKKAN MATAKU
      =====================

      "Dulu, saya adalah penganut agama Hindu dan terbiasa untuk memuja
      semua dewa dan dewi, sedangkan suami saya melakukan praktek
      perdukunan," kata Jeewa saat dia mulai men-sharingkan kisahnya di
      desa Rajasthan dimana mereka tinggal. "Suatu hari saya sakit demam
      selama beberapa hari. Setelah sembuh, saya kehilangan penglihatan
      saya dan menjadi buta total. Suami saya mencoba melakukan segala
      kemampuannya sebagai dukun, tetapi saya tidak sembuh. Lalu dia
      membawa saya kepada beberapa dukun lain yang dianggapnya lebih
      mampu dan bahkan ke beberapa dokter spesialis mata, tetapi mereka
      tetap tidak mampu menyembuhkan penglihatan saya. Saya
      mempersembahkan banyak sajian untuk dewa dan dewi yang menjadi
      kepercayaan kami sekeluarga. Saya juga melakukan berbagai upacara
      ritual, dan menjanjikan banyak hal kepada dewa bila memberikan
      kesembuhan. Namun tak ada yang terjadi. Tujuh tahun berlalu. Suatu
      hari seorang misionaris dari Every Home for Christ, Brother Shanti,
      datang ke desa saya dan menceritakan berita baik mengenai
      keselamatan. Dia juga menceritakan bagaimana Yesus Kristus membuat
      orang lumpuh dapat berjalan, mencelikkan mata orang buta, dan
      menyembuhkan orang bisu dan tuli. Brother Santi juga menceritakan
      tentang Kasih Tuhan yang tertulis dalam Alkitab. Akhirnya, saya
      menerima Injil itu. Saya bertobat dan berjanji tidak akan lagi
      menyembah patung dewa-dewi, namun hanya mau menjadi pengikut Yesus.
      Lalu saya mulai bergabung sekelompok orang yang selalu bersekutu
      bersama tiap hari Minggu untuk memuji dan menyembah Yesus Kristus."

      "Suami saya menjadi terganggu dengan kepercayaan saya yang baru dan
      meminta saya untuk tidak menyembah Allah orang Kristen. Tetapi saya
      terus mencoba meyakinkan dia agar bersedia meninggalkan praktek
      perdukunannya. Hal ini memerlukan waktu selama 20 hari dan akhirnya
      suami saya mau menerima Yesus dan mulai menghadiri ibadah pada hari
      Minggu. Meskipun mata saya tidak menjadi sembuh, saya memiliki
      kedamaian dalam hati saya, yang juga dialami oleh suami saya. Namun
      pada hari ke 30, sesudah persekutuan, Brother Santi dan kami
      berdoa, tiba-tiba saya merasakan satu sentuhan di kedua mata saya
      dan saya pun dapat melihat. Saya berteriak kegirangan! Semua orang
      takut mendengar teriakan saya, mereka berpikir bahwa ada roh jahat
      yang telah menyerang saya. Tetapi ketika saya mengatakan pada
      mereka mengenai pulihnya penglihatan mata saya, setiap orang mulai
      memuji Allah! Sekarang, saya sehat dan seluruh keluarga saya telah
      menerima Yesus Kristus."

      Para pekerja dari Every Home for Christ (EHC) di India telah
      membagikan lebih dari 473 juta booklet Injil dari rumah ke rumah.
      Hasilnya: mereka mendapatkan 7,3 juta respon dan terbentuknya
      22.522 persekutuan desa, yang disebut dengan kelompok Kristus.

      Sumber: Fax of the Apostles, April 2001

      ** PROFIL/SUMBER MISI **

       SILENT WORD MINISTRIES
      ==> http://www.SilentWordMinistries.org/
      Silent Word Ministries adalah sebuah pelayanan untuk menjangkau
      orang-orang tuna rungu yang terabaikan. Dalam Situs ini tersedia
      materi-materi yang bagus untuk orang tuna rungu, termasuk materi-
      materi pelatihan bagi pelayanan orang tuna rungu, bahan-bahan
      pemahaman Alkitab, dan materi-materi tentang bahasa isyarat, dan
      juga video. Semuanya itu dapat menolong mereka yang terbeban untuk
      mendirikan pelayanan bagi orang-orang tuna rungu.

       DEAF MINISTRIES LIST
      ==> http://members.aol.com/deaflist/web.html
      Dalam Situs ini tersedia banyak list tentang Situs-situs Web yang
      memberikan pelayanan khusus bagi orang-orang tuna rungu, dan telah
      dikelompokkan dalam beberapa kategori, yaitu: Deaf Churches,
      Churches Worldwide, Interpreted Services, Magazines, Videos, Camps,
      Schools, Ministries, Services, dan Websites. Selain itu, ada link
      ke organisasi/pelayanan bagi tuna rungu, antara lain: Deaf Video
      Communications, Christian Deaf Fellowship, Christian Mission for
      the Deaf, Deaf Opportunity Outreach, dsb.

       DAFTAR SUMBER-SUMBER ONLINE BAGI TUNA RUNGU
      ==> <endah@...> ; Subject: DAFTAR SUMBER TUNA RUNGU
      Ada sebuah daftar menarik sebesar 23k yang khusus berisi mengenai
      sumber-sumber online (dalam bahasa Inggris) bagi orang tuna rungu
      dan juga banyak pelayanan yang mengurusi mereka. Thanks <Ken@>,
      yang telah menyediakan daftar tersebut. Bagi anda yang tertarik
      untuk memilikinya, silakan menghubungi <endah@...>.

      ** DOA BAGI MISI DUNIA **

       I N D I A
      Istri dan anak perempuan Sudhir ditabrak sebuah bis tepat didepan
      matanya. Dia berteriak untuk menghentikan mereka, tetapi terlambat
      -- karena bis telah menabrak mereka. Ibu dan anak perempuan itu
      terluka parah dan megeluarkan banyak darah. Sudhir membawa mereka
      ke rumah sakit di atas ricksaw motornya, sambil berdoa, "Mari Yesus
      kembalikan mereka padaku." Hasil diagnosis dokter menghancurkan
      hati Sudhir. Istrinya, Renuka, mengalami luka serius di kepala, 12
      patah tulang dan pinggulnya telah pecah menjadi 42 bagian. Anak
      perempuannya, Chaksu, kemungkinan besar akan mengalami cacat akibat
      luka dalam yang dideritanya. Meskipun begitu, Sudhir mulai berdoa
      bersama-sama orang-orang Kristen lainnya sampai kondisi istri dan
      anaknya mulai mengalami perubahan. Dokter yang menangani Chaku
      melaporkan bahwa dia tidak jadi cacat, dan luka dalamnya dapat
      disembuhkan. Dokter yang menangani Renuka telah merencanakan 9 jam
      operasi. Setelah berdoa, Renuka dibawa memasuki ruang operasi
      dengan senyum menghiasi wajahnya. Ajaibnya, operasi berakhir
      sebelum dimulai. Para dokter bedah dengan keheranan keluar dari
      ruang operasi untuk berbicara dengan orang-orang yang menunggu di
      luar kamar operasi. "Kepada Allah yang mana kalian berdoa?" tanya
      seorang dokter bedah. "Istrimu tidak memerlukan operasi lagi.
      Tulang-tulangnya yang patah tiba-tiba telah tersambung kembali pada
      tempatnya." Tidak lama kemudian Renuka pun dapat berjalan dengan
      kakinya. Allah telah menjawab doa keluarga Sudhir.
      Sumber: FridayFax, August 10, 2001
      * Berdoa agar kesaksian keluarga Sudhir dapat menolong penduduk
      India di sekitarnya untuk mengenal Kristus.
      * Doakan para pekerja dari organisasi-organisasi pelayanan Kristen
      yang saat ini melayani penduduk India agar mereka tetap setia dan
      kuat dalam menghadapi segala rintangan.

       N I G E R I A
      Christian Blind Mission (CBMI) memberikan penglihatan baik secara
      fisik maupun spiritual kepada orang-orang buta di Nigeria. Direktur
      CBMI untuk Overseas Operations, JW, baru saja kembali dari Nigeria
      dan menceritakan bahwa pertikaian yang terjadi di wilayah tersebut
      tidak mempengaruhi pelayanan mereka. "Saat pertama kali mengunjungi
      komunitas-komunitas di wilayah itu telah tersiar kabar burung bahwa
      kami mencoba mengontrol populasi penduduk, karena pil-pil/obat yang
      kami berikan memang sama besarnya dengan pil KB yang mereka kenal.
      Tetapi, sekali mereka menerima perawatan yang kami berikan dan
      melihat bagaimana kami mengasihi mereka, penduduk di wilayah itu
      menyadari bahwa kami benar-benar datang ke wilayah itu untuk
      menolong mereka." Menurut JW, pelayanan yang mereka lakukan telah
      membukakan pintu-pintu bagi pelayanan lain. "Kami tidak ingin hanya
      menolong mereka secara fisik, tetapi juga rindu untuk menolong
      kerohanian mereka. Beberapa komunitas penduduk telah meminta kami
      untuk memutarkan film Yesus. Ada juga yang mengundang kami untuk
      diajak berbincang-bincang tentang iman percaya kami. Kami pikir
      mereka telah melihat iman kami melalui pelayanan yang kami
      lakukan."
      Sumber: NEWSBRIEF--2001-06-21
      * Doakan setiap pelayanan CBMI agar dapat menolong komunitas
      penduduk Nigeria untuk mengenal Yesus.
      * Berdoa juga untuk setiap pekerja CBMI dalam melakukan
      pelayanannya, agar mereka tetap setia dan bersandar pada Allah
      dalam menghadapi setiap hambatan.

       A M E R I K A S E R I K A T
      Assemblies of God National Deaf Culture Fellowship mengadakan
      pendidikan bagi para pendeta pada tanggal 18 - 22 Juni 2001 di
      Santa Cruz, California. Fokus pendidikan itu adalah memberikan
      dorongan, inspirasi, dan pelatihan bagi para pendeta, misionaris
      dan pemimpin kelompok orang-orang tuna rungu.

      Seorang peserta, dan juga 64 peserta lainnya dari berbagai negara,
      mengatakan bahwa Allah telah memberikan kesempatan yang sangat baik
      untuk bertemu di Washington, D.C., di Universitas Gallaudet.
      Keistimewaan universitas ini adalah memberikan pelatihan bagi
      mereka yang menderita tuna rungu dan yang pendengarannya mengalami
      kesulitan. David dan Yoon Raxdale yang menjadi dosen baru di
      Gallaudet akan mengelola pelayanan kampus pertama dan satu-satunya
      yang menangani orang-orang tuna rungu. Sangatlah penting bahwa para
      pendeta dan pelayan Tuhan berkumpul untuk belajar bagaimana dapat
      melayani orang tuna rungu sebaik mungkin.
      Sumber: ReligionToday, July 25, 2001
      * Doakan pelayanan Assemblies of God National Deaf Culture
      Fellowship dalam melatih para pendeta, misionaris dan pemimpin
      kelompok orang-orang tuna rungu.
      * Berdoa untuk setiap peserta agar dapat mengembangkan pengetahuan
      yang diperolehnya di gereja mereka masing-masing.

      ** DOA BAGI INDONESIA **

      Situasi Perekonomian Indonesia
      ------------------------------
      Dalam sebuah acara wisuda sarjana di sebuah universitas di Padang,
      Wapres Hamzah Haz mengatakan bahwa ibarat kapal, Indonesia adalah
      kapal yang sudah hampir tenggelam karena rapuhnya dasar fundamental
      ekonomi yang dibangun. "Sekarang tingkat kemiskinan makin tinggi,
      pengangguran makin banyak, daya beli makin berkurang sehingga makin
      jauh tertinggal dengan negara-negara yang dulunya banyak belajar
      dengan kita." Padahal sebelum ini, ungkap Hamzah, Indonesia
      termasuk negara kelompok menengah yang diprediksikan akan mencapai
      kemajuan bersama-sama dengan Jepang, Korea, Malaysia, dan Taiwan.
      Tetapi kenyataannya, Indonesia makin jauh tertinggal dan terpuruk
      akibat dilanda oleh krisis ekonomi dan moneter yang menghantam
      sejak beberapa waktu lalu.
      Sumber: Surat Kabar edisi Senin, 1 Oktober 2001
      * Doakan pemerintah Indonesia agar Tuhan memberi bijaksana dalam
      memikirkan proses pemulihan dan pengembangan ekonomi di
      Indonesia.
      * Berdoa agar segenap rakyat dari seluruh lapisan dapat bersama-
      sama bersatu untuk saling membantu dan membangun harapan baru
      bagi kemajuan dan pemulihan bangsa, baik secara materi maupun
      rohani.

      ** DOA BAGI SUKU **

       SUKU TAMIANG
      Rumpun : Aceh
      Wilayah : Sumatera
      Jumlah Penduduk : 50.000
      Kristen yang diketahui : 0
      Persentase Kristen : 0
      Alkitab : Belum
      Film Yesus : Belum
      Radio : Belum

      Suku ini berdiam di bagian tenggara dari Kab. Aceh Timur dan
      tersebar dibeberapa kecamatan seperti Kuala Simpang, Bendahara,
      Karangbaru, Seuruway, Kejuruanmuda dan Kec. Tamiang Hulu. Di daerah
      ini banyak diketemukan benda-benda pra sejarah. Bahasa mereka
      adalah bahasa Tamiang. Saat ini suku Tamiang hidup berbaur dengan
      suku lain seperti: Aceh, Batak, Jawa, Minangkabau, dan Cina. Mata
      pencaharian utama adalah bercocok tanam padi di sawah atau
      diladang. Menurut informasi yang ada pada kami belum ada orang
      percaya dari suku ini. Marilah kita mendoakan suku Tamiang ini.

      1. Berdoa agar Tuhan melembutkan hati orang Tamiang supaya mereka
      menjadi terbuka terhadap orang luar, mau berkomunikasi serta
      mendengarkan "Kabar Sukacita".

      2. Berdoa untuk gereja-Nya di Aceh Timur dan daerah lain di
      Indonesia agar mereka peduli dan berbelas kasihan sehingga
      mereka mau melayani dan memberitakan kabar baik kepada suku ini.

      3. Berdoa agar sejumlah murid Kristus (pendatang) yang tinggal di
      daerah kab. Aceh Timur dan sekitarnya dapat di penuhi kuasa Roh
      Kudus sehingga dengan berani dan penuh hikmat menceritakan Kabar
      Keselamatan. Doakan untuk pola pendekatan yang cocok kepada
      mereka.

      4. Berdoa bagi pemerintah daerah dan tokoh-tokoh masyarakat
      setempat agar dapat menerapkan program-program pembangunan yang
      menyetuh kebutuhan masyarakat secara langsung.

      5. Berdoa agar Alkitab, literatur, pelayanan radio dan Film Yesus
      dapat diterjemahkan dalam bahasa suku Tamiang.

      Sumber: CD-ROM SABDA

      ** DARI MEJA REDAKSI **

       GLOBAL CONGRESS ON CHURCH MINISTRY AND MISSIONS (GCCMM)
      ==> http://www.worldevangelical.org/efacongress.htm
      GCCMM yang saat ini sedang berlangsung (1 - 5 Oktober 2001) di
      Pattaya, Thailand, mengambil tema "The Church in The 21st Century:
      Holiness in The Innermost and Witness to The Uttermost." Acara ini
      bersifat umum dengan 3 alasan:
      1. Keinginan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai
      pelayanan di Asia.
      2. Kerinduan agar para pemimpin gereja di belahan dunia lainnya
      ikut hadir dan membagi pengalaman dan visi bersama-sama.
      3. Kerinduan untuk bersekutu bersama sebagai anggota Keluarga
      Allah, di dalam persekutuan yang unik di dalam Yesus Kristus.
      [Sumber: Buletin PANGGILAN, Edisi Agustus - Oktober 2001]

      Pokok Doa:
      * Doakan setiap pemimpin gereja, utusan Injil, pendeta, dan
      mahasiswa yang mengikuti GCCMM (Diharapkan, 600-800 peserta
      hadir dalam acara ini), agar mereka bisa menambah pengalaman
      dalam hal pelayanan misi melalui kongres ini.
      * Berdoa agar berkat melimpah yang mereka terima dalam kongres
      tersebut, nantinya dapat dibagikan, diterapkan, dan
      dikembangkan guna menunjang pelayanan misi mereka di negaranya
      masing-masing,.

       RETREAT PEMBINAAN DOKTRINAL
      ==> <saat@...> ; Subject: STANDING FIRM
      Dalam rangka memperingati Hari Reformasi 2001, Seminari Alkitab
      Asia Tenggara (SAAT), Malang akan mengadakan Retreat Pembinaan
      Doktrinal dengan tema "STANDING FIRM IN THE TRUTH". Penyelenggaraan
      diadakan pada:
      Tanggal : 29-31 Oktober 2001
      Tempat : Hotel Kusuma Agrowisata, Batu, Jawa Timur
      Info dan Pendaftaran: <saat@...>

      Pokok Doa:
      * Doakan segenap panitia retreat dalam melakukan persiapannya.
      * Doakan para pembicara, termasuk satu pembicara yang datang dari
      luar negeri.
      * Doakan juga para peserta yang akan hadir dalam retreat supaya
      berkat yang mereka terima bisa dibagikan kepada gereja/pelayanan
      masing-masing.

      ** SURAT ANDA **

      Dari: "PT ****" <perdagangan@>

      Dari: Jimmy_Handoko@
      >Syalom,
      >Saya ingin mendapatkan buletin Pokok-pokok Doa Penginjilan Sedunia
      >PD Timotius untuk bulan Oktober 2001
      >Tuhan memberkati

      Redaksi:
      Terima kasih atas responnya. Buletin ini dibagikan secara gratis.
      Sebagai informasi, kami telah memberikan alamat email anda kepada
      pengasuh PD Timotius. Kiranya Buletin itu dapat memberikan panduan
      bagi kita untuk berdoa bagi pekerjaan Tuhan di seluruh dunia.
      Selamat berdoa. Bagi pembaca lain yang juga ingin menerima Pokok-
      pokok Doa Penginjilan Sedunia untuk bulan Oktober 2001, silakan
      menghubungi <endah@...>.

      ** URLS Edisi Ini **

      * BRIGADA TODAY http://www.brigada.org/today/
      * Every Home For Christ http://www.ehc.org/
      * FridayFax http://www.egroups.com/groups/FridayFax/
      * IFC http://www.gospelcom.net/ifc/newsletter.shtml
      * Religion Today http://www.crosswalk.com/lists/

      Bahan-bahan dalam e-JEMMi disadur dengan izin dari macam-macam pihak.
      Copyright(c) 2001 oleh e-JEMMi/e-MISI --- diterbitkan: YLSA dan I-KAN

      "Setia dalam tugas yang kecil,
      menyiapkan kita untuk menyongsong tugas yang lebih besar."

      'Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata:
      "Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?"
      Maka sahutku: "Ini aku, utuslah aku!"' (Yesaya 6:8)