[i-kan-misi] e-JEMMi - Edisi 04-35#2001

  • e-JEMMi
    Message 1 of 1 , Sep 4, 2001
      DIKIRIM KEPADA: pdrk@...

      Jurnal Elektronik Mingguan Misi (JEMMi) September 2001, Vol.4 No.35

      SEKILAS ISI:

      o [Editorial]
      o [Kesaksian Misi] : Gerakan Perintisan Gereja di Asia Timur
      o [Profil/Sumber Misi] : Mislinks -- Church Planting and Evangelism,
      Church Planting Movements
      o [Doa Bagi Misi Dunia] : China, India Utara, Khamerun
      o [Doa Bagi Indonesia] : Pelayanan Siswa PPA
      o [Doa Bagi Suku] : Suku Singkil (Aceh)
      o [Dari Meja Redaksi] : KKR New Millenium Jakarta 2001,
      Rally Doa Pra-KKR New Millenium Jkt. 2001
      o [Surat Anda] : Trims untuk pengiriman kesaksian
      o [URLs Edisi Ini]

      Anda diijinkan mengutip/mengcopy/memperbanyak semua/sebagian bahan dari
      e-JEMMi (untuk warta gereja/bahan pelayanan lain) dengan syarat: harus
      mencantumkan SUMBER ASLI dari masing-masing bahan dan e-JEMMi (sebagai
      penerjemah/penerbit bahan-bahan tersebut dlm bahasa Indonesia). Thanks.

      ** EDITORIAL **

      Salam dalam Kasih Kristus,

      Dalam edisi ini, e-JEMMi akan mengulas tentang perintisan gereja
      yang dilakukan di beberapa negara di dunia, seperti di Asia Utara,
      China, India Utara, dan Khamerun. Mari kita mendoakan mereka yang
      terbeban dalam gerakan perintisan gereja dan mereka yang sudah
      terjun di ladang Tuhan. Kiranya Tuhan memimpin dan memberikan
      pertolongan dan kekuatan kepada mereka, khususnya untuk mereka yang
      sedang menghadapi rintangan, hambatan, dan kesulitan. Berharap agar
      pengorbanan mereka untuk menyebarkan kabar kesukaan itu menghasilkan
      bau harum bagi kemuliaan Tuhan.

      Soli Deo Gloria !!

      Staf Redaksi

      ** KESAKSIAN MISI **

      GERAKAN PERINTISAN GEREJA DI ASIA TIMUR
      =======================================

      Saat ini, di seluruh dunia, ada banyak orang-orang Kristen baru dan
      gereja-gereja baru yang mengalami perkembangan pesat sehingga
      terjadi perubahan proses pelayanan misi, seperti yang dialami oleh
      di lingkungan gereja-gereja Southern Baptist. Ada dua fakta
      yang perlu diperhatikan dari laporan misionaris Baptis Southern
      tahun lalu:
      * Tiga gerakan perintisan gereja memainkan peran utama dalam memacu
      peningkatan jumlah keseluruhan gereja baru selama tahun 1999
      (sebesar 37,4%).
      * Di Asia Timur, jumlah orang yang dibaptis dalam satu kelompok
      masyarakat mengalami peningkatan dengan mencapai jumlah 114.000
      orang dalam satu tahun. Padahal, delapan tahun yang lalu dalam
      satu propinsi, hanya ada 85 orang Kristen dan tiga gereja saja.

      Timbulnya gerakan perintisan gereja -- yang secara spontan
      meningkatkan multiplikasi murid-murid baru dan jemaat baru -
      memberikan dampak yang dramatis pada statistik International Mission
      Board pada tahun 2000. Peneliti mengharapkan adanya laporan yang
      lebih dramatis lagi di masa mendatang. Gerakan perintisan gereja
      telah mengembangkan jaringannya sampai ke negara-negara yang
      memiliki akses terbatas dan telah menghasilkan buah yang berlimpah.
      Tidak hanya menambah jumlah gereja-gereja baru pada waktu tertentu
      saja, pertumbuhan gerakan perintisan gereja digambarkan oleh
      eksponen -- gereja merintis berdirinya gereja-gereja baru dan para
      petobat juga menghasilkan petobat-petobat baru. "Setelah orang
      petobat baru dan pemimpin baru dibaptis, semangat mereka menyala-
      nyala sampai-sampai kita tidak dapat menahan mereka," kata seorang
      misionaris yang pernah menyaksikan terjadinya gerakan yang sama di
      antara para pengungsi di Belanda. Mereka menyebar di seluruh negara,
      memulai kelompok-kelompok Pemahaman Alkitab, dan, beberapa minggu
      kemudian, kita sudah dapat menerima kabar dari mereka tentang berapa
      banyak kelompok PA yang telah dibentuk. Ini merupakan hal yang
      paling luar biasa yang pernah kita lihat! Kita tidak memulainya,
      namun kita tidak akan dapat menghentikannya meskipun kita
      menginginkannya."

      Sumber: NEWSBRIEF--2001-07-12

      ** PROFIL/SUMBER MISI **

       MISLINKS -- CHURCH PLANTING AND EVANGELISM
      ==> http://www.mislinks.org/
      ==> http://www.mislinks.org/church/chplant.htm
      ==> http://www.wheaton.edu/missions/Courses/546/Default.htm
      MisLinks adalah sebuah Web-based Missions Directory yang
      dikembangkan oleh Scott Moreau of {Wheaton College} dan Mike O'Rear
      of {Global Mapping, International}. Link-link yang dapat diakses
      melalui Situs ini akan mengajak anda untuk menjelajahi sumber-sumber
      pelayanan misi yang ada. Link-link tersebut dikelompokkan dalam 5
      kategori utama, yaitu Practical Missions, Church/Ministry, Academic
      Research, Infozar, dan Continental.

      Salah satu sub-kategori yang ditampilkan di bagian Church/Ministry
      adalah Church Planting Resources. Halaman dari Church Planting
      Resources ini menyajikan sumber-sumber/daftar link yang akan
      menolong anda untuk belajar lebih banyak lagi tentang bagaimana
      mengembangkan metode-metode perintisan gereja dari berbagai
      perspektif. Kategori-kategori seperti Gateways; Demographics &
      Statistics; Denominational Organizations; Articles, Magazines,
      Reports; Parachurch Organizations; dan Educational & Fee-Based
      Training and Consulting akan memudahkan anda dalam mencari informasi
      seputar perintisan gereja. Selain itu, jika anda mulai dari halaman
      paling bawah dan meng-klik "intr. 546...", maka anda akan menemukan
      seluruh materi perkuliahan yang dibawakan oleh Moreau (tentang
      Church Planting and Evangelism), baik teks, bibliografi, tugas-
      tugas, catatan kelas, dan semuanya ditampilkan secara online.

       CHURCH PLANTING MOVEMENTS
      ==> http://www.imb.org/cpm/
      ==> http://www.newwway.org/cpm/
      ==> http://www.newwway.org/cpm/CPM%20Book.htm
      Banyak dari anda akan akrab dengan isi booklet Church Planting
      Movements yang dibuat oleh David Garrison. David bekerja dengan
      lembaga Southern Baptists. Dalam booklet tersebut, ia menyertakan
      pula hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Church Planting
      Movements di seluruh dunia. Kita dapat mempelajari apa saja yang
      dapat membuat Church Planting Movements ini bekerja dan berhasil
      baik, dan apa saja yang dapat menghalangi gerakan ini. Booklet ini
      merupakan fenomena global yang mendapat sambutan hangat dan
      bersemangat dari para pemimpin gereja dan misi di seluruh dunia.
      Keseluruhan isi booklet tersedia dalam format Adobe PDF maupun
      format Microsoft Word dan dapat juga didownload dari situs web di
      atas. Anda bebas untuk mendownloadnya dan membagikan informasinya
      kepada yang lain, karena memang itulah yang diinginkan David dan
      Southern Baptists. Juga tersedia satu versi dalam bahasa Spanyol
      dalam Situs web-nya.

      ** DOA BAGI MISI DUNIA **

       C H I N A
      Bayangan apa yang terlintas dalam pikiran anda saat anda berpikir
      tentang pulau Hainan? Mungkin gambaran tentang satu pesawat
      pengintai Amerika yang rusak? Atau mungkin gambaran sebuah foto
      yang buram di surat kabar mengenai 24 orang wajib militer, pria dan
      wanita, dari Amerika yang ditahan di sana selama 11 hari pada bulan
      April? Kami ingin memberikan gambaran lain dalam pikiran anda
      mengenai pulau Hainan ini. Sebagai orang Kristen, kami memiliki
      keluarga di pulau Hainan. Ada satu gereja yang bersemangat dan
      bertumbuh di antara orang Hainan. Selama enam tahun terakhir ini,
      satu gerakan perintisan gereja telah mendirikan 550 gereja rumah
      yang baru, dimana lebih dari 55.000 lebih orang Kristen baru datang
      bersekutu untuk menyembah Tuhan! Jumlah ini dua kali lipat lebih
      banyak dari jumlah orang Kristen di Hainan pada tahun 1992. Walaupun
      demikian, masih ada banyak hal yang perlu dikerjakan di sana. Ada
      lima juta lebih orang Hainan, dan 68% dari mereka belum pernah
      mendengar berita Injil. Di sana juga ada 11 kelompok masyarakat,
      yang semuanya belum pernah terjangkau oleh Injil. Kebanyakan dari
      kelompok masyarakat ini belum memiliki Alkitab atau sumber-sumber
      Kristen lain dalam bahasa mereka.
      Sumber: NEWSBRIEF--2001-08-03
      * Bersyukur untuk proses PI dan perintisan gereja yang saat ini
      yang dilakukan di Hainan.
      * Berdoa agar setiap gereja baru dan petobat baru dapat dipakai
      menjadi sarana untuk mengabarkan Injil bagi jutaan penduduk Hainan
      yang belum mendengar-Nya.

       I N D I A U T A R A
      Wolfgang Simson (editor dari FridayFax) sedang mengatur satu
      perjalanan untuk mengunjungi India Utara pada bulan Januari 2002
      nanti. Saat menjelaskan idenya, Wolfgang berkata, "Saya menganggap
      saatnya telah tiba untuk mengundang anda mengikuti satu perjalanan
      menarik untuk melihat salah satu gerakan yang jelas dari Roh Tuhan
      pada saat ini. Saya baru saja kembali dari kunjungan lain di India
      Utara. Gerakan Roh Kudus yang terjadi baru-baru ini di bagian utara
      India dan Pakistan memiliki satu rasa yang khas: gairah, doa,
      rekonsiliasi, tujuan strategis, mobilisasi strategis dari orang
      Kristen biasa, mengatasi denominasionalisme, dan kerjasama dari
      lima pilar utama pelayanan (Efesus 4:11). Hasilnya adalah merebaknya
      suatu gerakan yang mungkin akan menjadi satu gerakan perintisan
      gereja yang tercepat pada saat ini."
      Sumber: CMD Net WEEKLY UPD@TE August 5, 2001
      * Bersyukur atas gerakan Roh Kudus yang terjadi di India dan
      berdoa agar gerakan tersebut semakin mendorong perintisan
      gereja di India.

       K H A M E R U N
      Khamerun adalah sebuah tempat perlindungan yang aman di tengah-
      tengah benua Afrika yang porak-poranda akibat adanya pertumpahan
      darah, perang dan AIDS. Ketika koran-koran yang terbit negara-negara
      tetangga menyajikan berita-berita utama percobaan kudeta, kerusuhan
      dan penyakit, berita-berita utama di Khamerun justru mengulas
      tentang sepak bola. "Khamerun benar-benar merupakan oasis di tengah-
      tengah gurun permasalahan dan merupakan tempat untuk refreshing."
      kata DS dari Global Advance. "Tampaknya tidak ada konflik-konflik
      berarti yang melanda negara ini. Oleh sebab itu, saat ini merupakan
      kondisi yang cocok bagi Injil. Gereja-gereja segera mengambil
      "keuntungan" dari kondisi tersebut. DS mengatakan bahwa gereja-
      gereja di Khamerun telah cukup dewasa dalam hal pengembangan gerakan
      misi bagi penduduk asli, untuk mengabarkan Injil bagi mereka yang
      terabaikan tidak hanya di negara-negara perbatasan Afrika, tetapi
      ke Afrika Utara juga. Gereja-gereja menunjukkan semangat yang tinggi
      dalam menjalin kerja sama, dan terjadi gerakan Roh Kudus di
      Khamerun.
      Sumber: July 2001, What In The World
      * Bersyukur atas kegerakan Roh Kudus dan perintisan gereja yang
      terjadi di Khamerun.
      * Berdoa agar melalui pelayanan mereka, banyak orang di Afrika
      dimenangkan.

      ** DOA BAGI INDONESIA **

      PELAYANAN SISWA PPA
      -------------------
      Membentuk siswa yang yakin akan keselamatannya, mencintai, dan
      bertumbuh dalam perbuatan yang positif (kepada diri sendiri,
      keluarga, gereja, dan masyarakat), dan berbuah dalam pelayanan
      adalah cita-cita pelayanan siswa PPA. Sungguh disadari bahwa hanya
      dengan kekuatan dari Tuhan saja hal ini dapat terwujud. Karena itu
      setelah visitasi ke sekolah pada bulan Mei yang lalu, kami
      memutuskan untuk membuat buletin doa, yang khusus memuat pokok-pokok
      doa, yang sesuai dengan kondisi Kelompok Kecil (KK), untuk kemudian
      dibagikan kepada beberapa orang yang dengan setia mendoakan KK PPA.
      Kegiatan ini akan kami tindaklanjuti dengan pertemuan doa satu bulan
      dua kali. Pertemuan yang melibatkan volunteer dan staf PPA ini
      mendoakan pelayanan KK.

      * Kami sangat mengharapkan dukungan dari pembaca yang terbeban untuk
      bersama-sama berdoa bagi pemimpin KK agar mereka semakin mengasihi
      anak-anaknya, tidak undur walau lelah, tidak putus asa walau
      rintangan begitu banyak menghadang.

      * Juga berdoa agar anak-anak kelompok kecil (AKK) semakin mempunyai
      kerinduan untuk bertumbuh dalam KK. Hal ini perlu terus didoakan,
      mengingat dari beberapa anggota mengalami kemunduran, bahkan ada
      KK yang sudah tidak aktif lagi.

      * Doakan retreat yang akan diadakan pada bulan November tahun ini,
      PPA berharap akan hadir kelompok-kelompok kecil yang semakin
      bertumbuh kecintaannya akan Firman Tuhan.

      Sumber: buletin PARTNER

      ** DOA BAGI SUKU **

       SUKU SINGKIL
      Rumpun : Aceh
      Wilayah : Sumatera

      Jumlah Penduduk : 50.000
      Kristen yang diketahui : 0
      Persentase Kristen : 0%
      Alkitab : Belum
      Film Yesus : Belum
      Radio : Belum

      Suku ini berdiam di wilayah Aceh Selatan dan mendiami 4 kecamatan :
      Singkil, Simpang Kiri, Simpang Kanan dan Pulau Banyak. Orang Singkil
      diperkirakan hasil pembauran dari Mandailing, Aceh, Minangkabau dan
      Nias. Daerah kediaman orang Singkil ini berbatasan langsung dengan
      wilayah Sumatera Utara. Mata pencaharian utamanya adalah bertani dan
      menangkap ikan dan sebagian menjadi buruh perkebunan kelapa sawit
      atau memuat balok-balok kayu ke kapal yang akan di ekspor ke luar
      negeri atau Jakarta. Orang yang di golongkan terpandang menurut suku
      ini adalah ahli adat, alim ulama dan orang kaya. Belum di ketahui
      adanya orang Singkil yang sudah mengalami ciptaan baru, marilah kita
      membawa orang Singkil kepada-Nya melalui doa yang kita naikkan.

      POKOK DOA
      ---------

      1. Berdoa agar Tuhan melembutkan hati orang Singkil agar mereka
      menjadi terbuka dan mau menerima Injil.

      2. Berdoa agar gereja-gereja di Aceh dan di Sumatera Utara dipenuhi
      rasa belas kasihan dan kasih Allah, menjawab panggilan Amanat
      Agung Yesus Kristus untuk melayani dan memberitakan kabar baik
      sehingga suku Singkil dapat mengalami kebangunan rohani yang
      besar.

      3. Berdoa untuk sejumlah murid Kristus (pendatang) yang tinggal di
      daerah kab. Aceh Selatan dan sekitarnya supaya mereka dipenuhi
      kuasa Roh Kudus sehingga dengan berani dan bijaksana menceritakan
      Injil kabar keselamatan kepada orang Singkil.

      4. Berdoa bagi Pemerintah daerah dan tokoh-tokoh masyarakat setempat
      agar dapat menerapkan program-program pembangunan yang menyentuh
      kebutuhan masyarakat secara langsung dan agar mereka juga membuka
      diri bagi pelayanan Injil.

      5. Berdoa agar ada Alkitab, literatur, pelayanan radio dan Film Yesus
      yang dapat diterjemahkan dan disebarkan kepada suku Singkil
      sehingga mereka dapat mengenal berita Injil.

      Sumber: CD-ROM SABDA

      ** DARI MEJA REDAKSI **

       UNDANGAN KKR NEW MILLENIUM JAKARTA 2001

      Doakanlah dan hadirilah KKR NEW MILLENIUM JAKARTA 2001 yang bertema:

      "INIKAH NILAI HIDUPKU"

      yang akan diselenggarakan oleh STEMI (Stephen Tong Evangelistic
      Ministries International) pada:
      Tanggal : 20 - 23 (Kamis, Jumat, Sabtu) September 2001
      Jam : 18.30 WIB
      Tempat : Istora Senayan Jakarta
      Pembicara: Pdt. Dr. Stephen Tong
      Bagi yang ingin hadir, silakan mengambil undangan gratis yang dapat
      diperoleh di: Sekretariat GRII/STEMI/Toko Buku Momentum
      Jl. Tanah Abang III/1, telp. 3810912 Fax. 3811021
      Jakarta Pusat

       RALLY DOA PRA-KKR NEW MILLENIUM JAKARTA 2001

      Untuk mengawali KKR NEW MILLENIUM JAKARTA 2001 di atas, panitia akan
      mengadakan Rally Doa PRA-KKR bagi para Panitia, Konselor, Humas,
      Paduan Suara, dan anda semua yang terbeban untuk mendukung dan
      mendoakan KKR ini agar berhasil. Rally Doa Pra-KKR ini akan
      dilaksanakan pada:
      Tanggal : 15 September 2001
      Jam : 19.00 WIB
      Tempat : Gedung Granadha
      Pembicara: Pdt. Dr. Stephen Tong

      [Kiriman dari Panitia KKR NEW MILLENIUM JAKARTA 2001 -- STEMI
      (Stephen Tong Evangelistic Ministries International)]

      ** SURAT ANDA **

      Dari: "Steven L." <@...>
      >Yth Pimpinan JEMMI,
      >Terima kasih atas pengiriman kesaksian2 missionary yang baik dan
      >menumbuhkan kehendak dan beban untuk memberitakan Injil. Mohon
      >terus kirim kepada saya. Terima kasih.
      >Yours truly, Stephen L.

      Redaksi:
      Dengan senang hati, kami akan mengirimkan rutin berita-berita
      kesaksian dari seluruh tempat melalui edisi-edisi e-JEMMi ke
      alamat anda. Kiranya anda boleh semakin giat berdoa bagi pelayanan
      dan pelayan Tuhan. Dan jangan lupa bagikan kepada teman yang lain
      supaya mereka juga bisa mendukung dan berdoa bagi pekerjaan Tuhan
      yang besar ini. Selamat melayani.

      ** URLS Edisi Ini **

      * FridayFax http://www.egroups.com/groups/FridayFax/
      * IFC http://www.gospelcom.net/ifc/newsletter.shtml
      * WHAT IN THE WORLD... http://www.egroups.com/messages/whatintheworld

      Bahan-bahan dalam e-JEMMi disadur dengan izin dari macam-macam pihak.
      Copyright(c) 2001 oleh e-JEMMi/e-MISI --- diterbitkan: YLSA dan I-KAN

      "Jangan lelah bekerja di ladang-Nya Tuhan,
      Roh Kudus pasti memberi kekuatan."

      'Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata:
      "Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?"
      Maka sahutku: "Ini aku, utuslah aku!"' (Yesaya 6:8)