[i-kan-misi] e-JEMMi - Edisi 04-13#2001 -- Follow Up

  • e-JEMMi
    Message 1 of 1 , Apr 2 7:42 PM
      DIKIRIM KEPADA: pdrk@...

      Jurnal Elektronik Mingguan Misi (JEMMi) April 2001, Vol.4 No.13

      SEKILAS ISI:

      o [Editorial]
      o [Kesaksian Misi] : "Apakah yang di Tanganmu Itu?"
      o [Profil/Sumber Misi] : Power To Change, WhyChrist, FollowUp,
      World Christians
      o [Doa Bagi Misi Dunia] : Internasional, China, India
      o [Doa Bagi Indonesia] : 40 Hari Doa -- Minggu ke 5
      o [Doa Bagi Suku] : Suku Lintang
      o [Surat Anda] : Terima Kasih atas pokok doanya
      o [URLs Edisi Ini]

      Anda diijinkan mengutip/meng-copy/memperbanyak semua/sebagian bahan dari
      e-JEMMi (untuk warta gereja/bahan pelayanan lain) dengan syarat: harus
      mencantumkan SUMBER ASLI dari masing-masing bahan dan e-JEMMi (sebagai
      penerjemah/penerbit bahan-bahan tersebut dalam bahasa Indonesia). Thanks.

      ** EDITORIAL **

      Salam dalam Kasih Kristus.

      Paskah segera tiba. Bagaimana persiapan anda dalam menghadapi PASKAH
      tahun ini? Semoga PASKAH tahun ini menggugah hati kita untuk semakin
      menghargai pengorbanan Kristus dengan memberitakan kasihNya yang luar
      biasa itu kepada orang lain dengan cara yang sesuai dengan keadaan
      dan kemampuan kita. Kesaksian misi kita kali ini akan menolong kita
      untuk membuka mata dan melihat setiap keadaan sebagai kesempatan
      melayani dan menyatakan kasih Kristus kepada orang lain. Oleh karena
      itu kami ingin menantang anda dengan pertanyaan berikut ini:
      "Apakah satu hal yang akan anda lakukan pada perayaan PASKAH
      tahun ini untuk menunjukkan kasih Tuhan kepada orang lain?"

      Untuk menolong anda maka kami juga sediakan alamat-alamat URL dalam
      kolom Sumber Misi, yang berisi informasi program follow-up, khususnya
      bagaimana menolong petobat baru untuk semakin bertumbuh dalam Tuhan.

      Selamat menunjukkan kasih Tuhan kepada orang lain!

      Redaksi e-JEMMi

      ** KESAKSIAN MISI **

      "APAKAH YANG DI TANGANMU ITU?"
      ------------------------------
      Oleh Harvey Moore, San Diego, California

      Sebagai seorang calon pendeta, saya mendapat kesempatan untuk
      menyampaikan kotbah pada acara informal di rumah perawatan di sebuah
      kota kecil. Tetapi saya baru sadar kemudian bahwa ternyata para
      penghuni rumah tersebut adalah orang-orang yang telah memutih
      rambutnya. Pada pagi Sabtu itu, rasa takut mulai memenuhi benak saya.
      Saat itu saya baru berumur 21 tahun. Apa yang dapat saya sampaikan
      pada orang-orang lanjut usia ini?

      Untuk menutupi rasa cemas saya, maka sebagai langkah awal saya
      menemui mereka terlebih dulu untuk berkenalan. Hampir setiap orang
      menceritakan permasalahan yang sama yaitu bahwa mereka merasa tidak
      mempunyai apa-apa untuk dapat menolong orang lain. Mendengar cerita-
      cerita itu, saya segera tahu pesan apa yang harus saya sampaikan
      dalam khotbah saya, yaitu "Percakapan antara Musa dengan Allah di
      semak duri yang menyala" (Keluaran 3). Pasal itu menceritakan tentang
      Musa yang merasa tidak mampu mengemban tugas untuk memimpin bangsa
      Israel. Kesimpulan dari pasal tersebut adalah bahwa setiap orang,
      entah berapapun usianya, pasti memiliki sesuatu yang dapat dipakai
      untuk menolong orang lain."

      Diskusi yang hidup pun terjadi. Lalu dari ruang sebelah, Ibu Bean
      memanggil saya dari tempat dia terbaring. Dengan memandang mata
      saya, Ibu Bean bertanya, "Nak, apakah engkau yakin dengan apa yang
      engkau sampaikan tadi?" "Ya, sangat yakin," jawab saya.

      Ibu Bean melanjutkan, "Aku telah melekat di tempat tidur ini selama
      lima belas tahun. Katakan padaku, bagaimana aku dapat menolong orang
      lain." Saya mengulang Firman Tuhan dalam Alkitab kepadanya, "Apakah
      yang di tanganmu itu?" (Keluaran 4:2a).

      Ibu Bean menjawab, "Tidak ada, hanya sebuah telepon. Dan apakah
      manfaat telepon itu sedangkan aku tidak memiliki seorang pun untuk
      aku telepon?"

      "Saya tidak memiliki jawaban untuk saat ini," jawab saya dengan
      jujur. "Tapi mengapa kita tidak mendoakan hal ini?" Lalu kami
      berdoa bersama dan dia terlihat lebih baik.

      Malam itu saya mulai memikirkan Ibu Bean dan pernyataannya bahwa
      dia tidak memiliki seseorang untuk ditelepon. Bagaimana kalau saya
      mencarikan orang-orang yang dapat diteleponnya?

      Di gereja tempat saya ditugaskan, saya mulai bertanya kepada ketua-
      ketua komisi, "Tidakkah lebih baik bila kita memiliki seseorang yang
      dapat menelepon dan mengingatkan setiap anggota komisi setiap kali
      mengadakan pertemuan/rapat?" Hari itu juga, saya memperoleh daftar
      36 nama dari sebuah buku catatan yang segera saya berikan pada Ibu
      Bean. Meskipun ragu-ragu, dia setuju untuk menghubungi nama-nama
      tersebut lewat telepon dan mengingatkan mereka tentang jadwal
      pertemuan.

      Selama seminggu itu, saya mengumpulkan nama-nama dari kelompok lain.
      Lalu pada hari Sabtu berikutnya, bahkan sebelum saya sempat duduk di
      kursi, Ibu Bean sudah menanyakan mengenai nama-nama lain yang dapat
      dia hubungi. Ibu Bean bercerita, "Pada mulanya aku berpikir bahwa aku
      hanya sekedar mengingatkan mereka. Tetapi ada beberapa di antara
      mereka yang ingin tahu dan mengenalku, dan kami benar-benar
      melanjutkan percakapan kami. Mereka mengatakan keinginan mereka untuk
      sharing lagi dengan saya pada minggu berikutnya!"

      Saat saya lulus dari seminari, Ibu Bean telah mengenal hampir setiap
      orang di kota itu. Dan kami berdua memahami bahwa ketika kita
      memakai apa yang Tuhan berikan dan sediakan pada kita, maka tidak
      dapat dibayangkan lagi tentang berapa banyak hal yang dapat kita
      lakukan dengan pemberian itu.

      Sumber: Guidepost, March 1999

      ** PROFIL/SUMBER MISI **

      Melayani orang yang telah mengenal Kristus, khususnya petobat baru
      adalah cukup vital, karena mereka masih harus terus bertumbuh.
      Bagaimana menolong jemaat Tuhan yang masih baru untuk mendapatkan
      pelayanan follow-up? Berikut ini adalah beberapa Situs (berbahasa
      Inggris) yang dapat anda gunakan sebagai referensi:

       POWER TO CHANGE
      ==> http://www.powertochange.com/
      Dilaporkan, setiap hari ada 5 sampai dengan 6 orang menerima
      Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat setelah mengunjungi Situs
      "Power To Change" ini. Situs ini menyediakan sebuah paket berkualitas
      tinggi yang terdiri dari kesaksian, berita Injil dan bahan-bahan
      penginjilan lain. Tapi selain itu tersedia juga bahan-bahan
      follow-up yang berguna untuk menolong petobat baru bertumbuh.

       WHYCHRIST
      ==> http://www.whychrist.com/admin/
      "WhyChrist", salah satu Situs Penginjilan yang memiliki jangkauan
      yang cukup luas. Di dalamnya tersedia juga program koordinasi follow-
      up yang sangat bagus. Melalui Situs ini, anda juga dapat mengetahui
      program dan rencana Penginjilan "WhyChrist" di masa mendatang.

       FOLLOWUP
      ==> http://www.webauthors.org/guide/webcounsel.html
      Berbagai macam informasi untuk bahan follow-up dapat anda temukan
      dalam Situs "FollowUp" ini. "FollowUp" juga menyediakan bahan-bahan
      literatur yang cocok untuk para petobat baru. Selain itu Situs ini
      juga menyediakan link-link ke Situs Web Penginjilan yang lain.

       WORLD CHRISTIANS
      ==> http://www.worldchristians.org
      Orientasi tema dari Situs yang berisi 85 pelajaran gratis ini adalah
      "Help Finish The Great Commision" (Membantu menyelesaikan Amanat
      Agung).

      ** DOA BAGI MISI DUNIA **

       I N T E R N A T I O N A L
      Proyek "Jesus Film" dalam salah satu laporannya mengatakan bahwa
      mereka telah berhasil dalam melakukan kerjasama pelayanan outreach.
      Mereka mengatakan bahwa banyak orang telah memberikan respon positif
      terhadap cara-cara kreatif yang digunakan orang Kristen untuk
      memberitakan Injil, seperti yang mereka lakukan dengan menyajikan
      Film YESUS. Saat ini, para pekerja "Operation Mobilization" dari kapal
      "Logos II" akan mengunjungi kota-kota pelabuhan di seluruh dunia, dan
      mereka akan menggunakan Film YESUS dan metode-metode pelayanan
      outreach yang lain untuk mengabarkan Injil.
      Sumber: Mission Network News March 27th 2001
      * Doakan untuk para pekerja "Operation Mobilization" dari kapal
      "Logos II" agar dapat menjalankan tugas "Amanat Agung" dengan
      sebaik-baiknya.
      * Berdoa juga agar gereja-gereja setempat dapat memelihara iman
      para petobat baru tersebut.

       I N D I A
      Meskipun televisi tidak lagi menayangkan peristiwa dan korban
      bencana gempa bumi, masih banyak kebutuhan yang diperlukan oleh para
      korban. Gempa bumi yang melanda Gujarat bulan Januari yang lalu
      telah mengakibatkan ratusan ribu orang kehilangan rumahnya.
      Perwakilan dari "Operation Mobilization" mengatakan bahwa gempa itu
      telah membuka jalan bagi orang-orang Kristen untuk menceritakan
      tentang Injil. Mereka tidak pernah merasa diterima sebaik ini,
      sebelum gempa bumi terjadi. Untuk melayani para korban itu, masih
      dibutuhkan dokter, perawat dan juga dana. Selain itu, "Operation
      Mobilization" berencana untuk menjangkau wilayah yang sangat sedikit
      menerima bantuan atau bahkan belum menerima bantuan sama sekali.
      Sumber: Mission Network News March 28th 2001
      * Doakan untuk pelayanan "Operation Mobilization" agar segera
      mendapat tambahan tenaga medis dan juga dana.
      * Berdoa juga supaya para petobat baru dapat terpelihara imannya
      sehingga dapat terus bertumbuh.

       C H I N A
      Kebangunan rohani baru-baru ini telah melanda sebuah kampus di China
      Utara, yang membuahkan 48 orang petobat baru. Dosen-dosen Kristen di
      kampus tersebut sedang mendoakan diraihnya 100 orang petobat baru
      sebelum semester ini berakhir. "Kebangunan rohani ini sungguh-
      sungguh merupakan karya Allah yang luar biasa," kata seorang dosen
      yang menyediakan waktu malamnya selama beberapa minggu ini untuk me-
      follow up dan memuridkan para petobat baru tadi. "Allah telah
      menggerakkan baik orang Amerika maupun China yang beragama Kristen
      untuk bekerja sama dalam sebuah tim. Ada yang menanam benih Injil,
      yang lain menyiram, ada pula yang memanen dan ada lagi yang
      menyiapkan persemaian." Ketika para mahasiswa Kristen ini
      menyelesaikan kuliahnya dalam beberapa tahun mendatang, mereka akan
      tersebar ke seluruh propinsi di seluruh China untuk bekerja. Mereka
      akan melakukannya bersama dengan Kristus dalam hati dan dengan
      kerinduan untuk menceritakan tentang Kabar Baik bagi penduduk China
      yang belum pernah mendengarnya.
      Sumber: NEWSBRIEF--2001-03-02
      * Bersyukur untuk kebangunan rohani yang telah terjadi di kampus
      di China Utara.
      * Berdoa agar para mahasiswa yang baru bertobat tersebut dengan
      sungguh-sungguh menempa kerohanian dan pengetahuan mereka di kampus
      untuk mempersiapkan diri menjadi saksi-saksi Kristus yang akan
      mengabarkan Injil ke seluruh propinsi di China.

      ** DOA BAGI INDONESIA **

      40 Hari Doa untuk Gerakan Kebangunan Rohani Nasional dan Global
      4 April: Berdoa agar Kristus segera datang untuk mengakhiri semua
      peperangan.
      # Mazmur 46:8-10, Lukas 20:18, Efesus 2:17
      5 April: Mintalah pada Kristus untuk memenuhi nubuatan-Nya.
      # Mazmur 102:18-22, Markus 11:17, Wahyu 5:9-10
      6 April: Mintalah pada Yesus untuk memberikan petunjuk pada setiap
      orang sesuai dengan cara-Nya.
      # Yesaya 2:2-3, Yohanes 8:2, Kolose 1:19-20
      7 April: Berdoa agar segala bangsa dapat mengakui keTuhanan Kristus.
      # Zakharia 9:9-10, Yohanes 12:19, Roma 15:12
      8 April: Minggu Palem - mintalah agar Allah melawat dunia dengan
      kuasa keselamatan-Nya.
      # Mazmur 24:3-10, Lukas 19:37-40, Wahyu 22:20

      ** DOA BAGI SUKU **

       SUKU LINTANG (Sumatera Selatan)
      Populasi : 70.000
      Bahasa : Lintang
      Anggota Gereja : 0%
      Alkitab dalam bahasa Lintang : Tidak Ada
      Film Yesus dalam bahasa Lintang : Tidak Ada
      Siaran radio pelayanan dalam bahasa Lintang : Tidak Ada

      Kawasan pegunungan Bukit Barisan di Sumatera Selatan merupakan
      tempat tinggal suku Lintang, diapit oleh suku Pasemah dan Rejang.
      Suku Lintang merupakan salah satu suku Melayu yang tinggal di
      sepanjang tepi sungai Musi di Propinsi Sumatera Selatan. Secara
      geografis, ada 4 `pintu masuk' ke daerah mereka: Muarapinang,
      Pendopo, Tebingtinggi dan Ulumusi.
      Suku Melayu Lintang hidup dari bercocok tanam yang menghasilkan:
      kopi, beras, kemiri, karet dan sayur-sayuran. Mereka juga beternak
      kambing, kerbau, anjing, ayam, itik, bebek, dll. Kondisi
      perekonomian suku Lintang masih sangat memprihatinkan, sehingga
      mereka tidak segan-segan melakukan hal-hal yang negatif untuk
      memenuhi kebutuhan hidup mereka.
      Pemimpin masyarakat biasanya adalah kaum pria dan orang Lintang
      asli. Kepemimpinan kaum pria ini sudah melekat kuat dalam masyarakat
      Muslim. Bila timbul konflik, mereka menyelesaikannya di tingkat
      keluarga; bila masih tidak bisa diselesaikan, masalahnya akan dibawa
      ke para pemimpin/penatua desa. Kalau tetap tidak bisa diselesaikan,
      biasanya akan dibawa ke polisi/makamah agama.
      Saat ini orang Lintang membutuhkan perbaikan sarana-sarana
      kesehatan, karena banyaknya penyakit yang menyerang mereka, antara
      lain: malaria, typhus, penyakit kulit, diare, infeksi saluran
      pernafasan, dll, akibat cara hidup mereka yang kurang bersih. Mereka
      juga butuh saluran air bersih karena selama ini masih sepenuhnya
      bergantung pada air sungai. Dalam bidang pendidikan mereka
      membutuhkan guru karena banyaknya sekolah yang kekurangan tenaga
      pengajar. Sektor pertanian pun masih sangat perlu diperbaiki guna
      meningkatkan produksi pertanian masyarakat di daerah ini.

      POKOK DOA
      ---------
      1. Berdoa bagi agar ada orang/lembaga/gereja yang digerakkan oleh
      Tuhan untuk melayani dan mengadopsi suku Lintang.
      2. Berdoa agar ada perbaikan sarana-sarana kesehatan dan tenaga
      medis Kristen yang terbeban untuk melayani suku ini.
      3. Berdoa agar ada tenaga pengajar Kristen yang juga terbeban
      untuk melayani suku Lintang ini.

      Sumber: CD-ROM SABDA
      ** DARI MEJA REDAKSI **

      PASKAH telah di ambang pintu, bagi anda yang ada di ladang misi yang
      ingin membagikan kesaksian seputar PASKAH yang terjadi di daerah
      anda, silakan kirim kesaksian tsb. ke <Endah@...>

      ** SURAT ANDA **

      Dari: Sapta Putra <Sapta.Putra@>
      Subject: Re: [i-kan-misi] e-JEMMi - Edisi 04-12#2001 -- Doa
      >Dear e-misi
      >Terima kasih atas pokok-pokok doanya. Kami dalam PA mahasiswa
      >Kristen Indonesia di James Cook University - Townsville, ikut
      >menggumuli dengan doa khususnya untuk Indonesia.
      >Tuhan memberkati

      Redaksi:
      Puji Tuhan! Kami yakin Tuhan akan mendengar doa umatNya yang bersatu
      untuk memohon belas kasihan Tuhan bagi bangsa kita tercinta,
      Indonesia. Marilah kita terus menggalang persatuan iman melalui doa.

      ** URLS Edisi Ini **

      * FridayFax http://www.egroups.com/groups/FridayFax/
      * IFC http://www.gospelcom.net/ifc/newsletter.shtml
      * What In The World... http://www.egroups.com/messages/whatintheworld
      * Guidepost http://www.guidepost.org/

      Bahan-bahan dalam e-JEMMi disadur dengan izin dari macam-macam pihak.
      Copyright(c) 2001 oleh e-JEMMi/e-MISI --- diterbitkan: YLSA dan I-KAN

      "Hidup Bagi Yesus adalah Alasan yang Terbaik untuk Hidup"

      'Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata:
      "Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?"
      Maka sahutku: "Ini aku, utuslah aku!"' (Yesaya 6:8)