Re: [panther-mania] Re: Mesin bergetar sehabis mudik

  • Wahyu Ardianto
    Message 1 of 14 , Nov 1, 2006
      On 11/1/06, Halim Bsr <halim_bsr@...> wrote:
      > To Om Waay..
      > Iya Om mesin meraung keras di rpm tinggi dan temperature naik, tapi klo
      > sampe kec 90kpj mesin halus dan gak ada getaran.
      > Kalo ban sih emang kayaknya udh minta di balance&spooring, oli pake std
      > BeRes (meditrans kali ya?). kira2 oli sintetis yang bagus pake apa om wahyu,
      > klo top1 gimana??? yang harga menengah kebawah aja. (lagi bokek sehabis
      > mudik)

      menurut salah satu kabeng isuzu, olie full mineral sebaiknya diganti
      sekitar 3000-an km maks 4000.
      Kemungkinan sih memang meditrans. Kalau mau ganti ollie sebaiknya di
      flush dulu, kalau perlu pakai 2 kaleng, setelah itu, baru ganti filter
      & diisi olie baru. Setelah selesai, silahkan langsung test drive,
      pasti terasa betul bedanya hehehe
      Olie yang pernah saya pakai dan saya enjoy dengan performa-nya
      Elf, khusus yang ini performa ok cuman penyusutan terlalu banyak
      Adnoc
      Krieger, udah putus nggak ada supply lagi
      Petronas, tapi yang ini di putaran tinggi agak berat, di tulisan dalam
      emang dibilang untuk heavy duty & offroad, mungkin ini sekelas Shell
      Rimula

      Kalau teman-teman lain disini yang belum pernah saya coba
      SHDP (Shell Helix Diesel Plus)
      Delvax MX
      dll
      ada bandarnya koq disini.
      Kalau masih mau pakai olie beres, coba deh ditambah aditive, sayang
      pengetahuan saya untuk aditive mesin atau olie minim sekale, jadi
      nggak bisa kasih saran

      > To Om Kamka..
      > Oli kayaknya naik, di dashboard ada indicator tekanan oli, cara ceknya
      > gimana?

      Heheh cuman mesin 2.3L versi HG yang ada indicator ini.
      ini indikator di posisi full terus atau naik turun ? Kalau Poll terus,
      dibersihin atau dibenirin dulu tuh sensor.
      Nanti ada koq yang kasih petunjuk gimana pakainya.
      Sayang beliau sedang tidak di Indonesia

      Mesin 2.3L kondisi std bisa lari 130 lebih hehehe..
      Dulu waktu masih belum terlalu ngerti mesin & belum ada milis ini,
      jakarta merak, dihajar terus kec segitu, meisn meraung, temp naik,
      kalau udah terlalu tinggi abis itu jalan slow hehehehe, sukses sampai
      lebih 300k km masih jalan & belum overhaul

      > Saluran air pendingin bagus, sebelum mudik udah di servis, waktu itu ada
      > rembesan di radiator.
      > * klo oli kebanyakan pengaruh gak Om? Kayaknya klo cek oli sblm mesin hidup
      > lebih diatas max, klo habis dipanasin sedikit di atas digaris max, idealnya
      > bagaimana?
      > Klo selain oli kira2 apalagi ya om, saya pengen bisa tembus 120kpj klo di
      > tol. Kayaknya klo gak ada getar dan temperature naik mungkin bisa.

      Coba deh kalau sempat dikalibrasi pompa injectornya, sekalian cek nozzel.
      Bengkel Injector yang direkomen oleh member milis, Unggul jaya di
      Jatinegara, & cahaya serpong diesel
    • robby pratama
      Message 2 of 14 , Nov 1, 2006
        Meditran SX juga mempunyai stabilitas oksidasi yang lebih baik sehingga aman dipakai hingga 10.000 km.
        SOURCE : Pertamina FAQ

        tp mungkin gk sih bs 10.000 km....??

        Message 3 of 14 , Nov 1, 2006
          Bisa, asal bahan bakar yg digunakan FT Syn Diesel fuel yg sulphurnya
          nyaris 0 ppm atau DME / Dymethyl Ether yg sulphurnya juga nyaris 0,
          trus dah itu 10.000 km harus dicapai dalam waktu max. 4 bulan.

          :P

          --- In panther-mania@yahoogroups.com, robby pratama <robby_prat@...>
          wrote:

          > Meditran SX juga mempunyai stabilitas oksidasi yang lebih baik
          sehingga aman dipakai hingga 10.000 km.
          > SOURCE : Pertamina FAQ
          >

          > tp mungkin gk sih bs 10.000 km....??
        • Kamka
          Message 4 of 14 , Nov 1, 2006
            kalo bicara bisa sih,
            emang bisa!
            suka-suka kita kan?
            asal mesin sehat, penguapan ngga signifikan,
            fungsi pelumasan tetap jalan biar oli item.
            ada banyak mobil NGGA PERNAH GANTI oli,
            aman-aman aja tuh?
            coba cek postingan yg lalu mengenai taft yg ngga pernah ganti oli,
            ogut juga pernah naik Holden Kingswood 4848,
            sopirnya ngga pernah sempat ganti oli, mobil jalan terus jkt-bdg pp,
            tutup olinya aja ngga ada!
            tiap kali oli berkurang, tinggal tambah, gitu katanya!

            tapi kan ada faktor psikologis yg jadi sasaran sales?
            apa mau mesin kesayangan kita direndem pake oli yg udah kotor?
            ditambah lagi faktor kenyamanan,
            mesin yg halus suaranya, tarikan yg enteng, dsb,
            mau ngga bayar itu semua seharga 100ribu tiap 3 bulan?
            (kira-kira)

            tapi kalo mesin ngga sehat, lain cerita!
            misalnya ring udah aus atau banyak kerak piston,
            pastilah sisa pembakaran masuk ke oli,
            olinya juga masuk ke ruang bakar,
            ancur deh!

            Message 5 of 14 , Nov 1, 2006
              Saya pernah pake shell rimula dan petronas, cuman bukan di panty,

              Masih lebih enteng rimula untuk kecepatan tinggi, petronas lebih berat
              bok.

              Endi Harijoso

> [...]

              kalau udah terlalu tinggi abis itu jalan slow hehehehe, sukses sampai
              lebih 300k km masih jalan & belum overhaul

              This message may contain confidencial and/or proprietary information of Garuda Maintenance Facility Aero Asia, PT., and /or their affiliated companies. This message is intended only for use of the named addressee(s). If you are not named addressee or receive this message in error you may not disclose, copy, distribute or use this information for any purpose.